25 Juni 2015

Ada Miom Didalam Kandunganku

Liburan di Bumi Bandhawa - Bandung

Kangen waktu hamil dulu, dimana pada masa hamil dulu enak banget kehamilannya. Enggak ngerasai capek, enggak ngerasain mual, enggak ngerasain pusing-pusing dan alhamdulillah lancar pada waktu itu. Maret 2013 tepatnya hari rabu saya melakukan test kehamilan menggunakan testpack dari Andalan, dimana pada pagi hari itu deg-degan liat hasilnya, sambil nunggu garis merahnya muncul sempat berdoa dan pasrah. Setelah menatap testpack yang sudah mengeluarkan hasilnya, mataku langsung berkaca-kaca dan senang. Langsung saat itu keluar dari dalam kamar mandi dan membangunkan suamiku yang sedang tidur untuk memberitahukan hasilnya. Suami saya bangun dan meraih testpacknya dan langsung berucap syukur kepada Allah SWT. Kami berdua pagi itu senang sekali begitu melihat hasilnya, karena 2013 adalah tahun ketiga kami menjalani rumah tangga dan tahun ketiga itu kami diberikan hadiah dan sekaligus amanah dari Allah. Pagi itu setelah kami bersiap berangkat kerja dan tak henti-hentinya kami tersenyum dan suamiku juga tak hentinya memegang perut dan juga mencium tanganku. Hari sabtu kami sudah merencanakan ke dokter kandungan untuk mengecek segalanya.

Hari sabtu pun tiba dan kami bersemangat pergi ke dokter kandungan di rumah sakit Asri yang terletak didaerah Duren Tiga - Jakarta Selatan. Kebetulan kami datang ke dokter yang memberikan program kehamilan, dokter Damar. Sampai di rumah sakit Asri sudah ada beberapa pasien yang datang, kali ini kami datang sebagai pasangan yang sedang menunggu buah hati. Begitu sampai giliranku untuk diperiksa, aku senang sekaligus deg-degan juga sih. Dokter Damar pun memberikan selamat kepada kami karena sudah positif hamil, dengan ini alhamdulillah program anak yang aku dan suami jalankan membuahkan  hasil yang baik.Dokter Damar pun memeriksa aku kali ini sebagai wanita yang mengandung, bukan wanita yang sedang menjalankan program kehamilan seperti sebelumnya. Setelah diperiksa alhamdulillah janinku berkembang, tetapi saat pengecekan jantungnya agak kurang pada saat itu. Jantung bayi normal pada saat itu harusnya dengan minimal 200 tetapi pada saat pemeriksaan itu detak jantungnya 180 jadi saya diharuskan untuk bedrest dirumah selama 2 minggu. Dan dokter pun memberikan saya vitamin dan penguat kandungan, sedih rasanya tapi senang bisa memilih dokter Damar menjadi dokter kandunganku, karena dokter Damar selalu memberikan semangat dan tidak pernah membuat pasiennya panik. 
22 Juni 2015

Bermain Air

Meratapi Air Kolam Renang

Sabtu kemarin 20 Juni 2015 ngabuburit di sport center komplek, lumayanlah bisa main di kolam renang sama ayah, Biaya masuknya juga gak mahal cuma Rp 15.000,- perorang tapi Kelvin masih gratis. Sampai sana anaknya girang liat kolam renang, langsung ganti baju renang dan nappy untuk berenang. Eh begitu mau nyemplung dia ngantuk mukanya, emang sih ini anak belum tidur siang setelah bangun tidur jam 9.00 pagi. Emaknya bagian motoin doang, maklum saya gak anti air alias gak bisa berenang.

Muka Ngantuk

Main Air 
Sebelum masuk kolam dia biasanya duduk-duduk dipinggir kolam, nyemplungin kakinya dulu sambil main air dulu. Hitung-hitung pemanasan, pemanasan cek suhu air kolam. Hahahahaaa.... Kelvin jarang mau langsung nyemplung karena dia anaknya agak santai banget.

Negosiasi sama Ayah

Ini masih negosiasi dulu sama ayahnya, antara males nyemplung sama ngantuk berat. Tapi ayahnya terus membujuk biar dia turun untuk berenang.

Ayah liat ada cewek cantik 

Begitu ada cewek umur 3 tahun masuk ke area kolam dia langsung nunjuk kearah anak cewel yang sedang berjalan sama orang tuanya. Dasar bocah gak bisa liat cewek cantik dikit. Tapi tetap aja ayahnya selalu maksa dia supaya main air terus.


Main ditengah kolam

Girang main air
Akhirnya setelah bujuk rayu panjang sama ayahnya, mulai main prosotan dulu dan lainnya dia akhirnya mau berenang juga malahan gak mau diajak udahan. Kelvin ini udah gak mau lagi pakai ban lagi, jadi maunya dipegangin sama ayahnya. Disini enggak ada kolam untuk balita, adanya untuk anak kecil. Mungkin next bisa main di Pantai Indah Kapuk yang ada kolam babynya.
21 Juni 2015

Omelet Bayam

Iseng bikinin cemilan buat Kelvin hari ini, omelet bayam. Resepnya nyontek dari buku Wied Harry, cuma ini ada beberapa yabg ditambahkan sendiri seperti wortel dan sosis ayam. Kelvin lagi ogah makan nasi jadi maunya ngemil, kebetulan dia juga lagi sakit flu.

Bahan:
- 2 butir telur
- 1 ikat bayam
- 1 buah sosis ayam
- 1 buah wortel
- keju kraft
- garam
- 1 sendok makan minyak goreng

Cara Membuat:
- potong bayam tipis-tipis dan buang batangnya dan parut wortel
- rebus bayam dan wortel sebentar
- rebus sosis ayam sebentar
- kocok telur dan kasih garam sedikit
- masukkan bayam, wortel, sosis ayam dan keju parut dalam kocokan telur.
- aduk rata sampai tercampur
- panaskan minyak diatas teflon lalu masukan adonan tadi dan goreng.
- siap sajikan

Karena ini porsi besar kalau untuk anak 20 bulan jadi nanti bakalan dibawa buat bekal ngabuburit sore ini. Setiap hari nyobain resepnya pak Wied Harry biar tau apa kesukaan Kelvin.

20 Juni 2015

Martabak Nasi Keju


Pagi tadi iseng buatin Kelvin sarapan Martabak Nasi Keju, tentu nyari yang simpel dan cepat masaknya. Udah beberapa kali kalau makan nasi cuma awalnya doang palingan cuma 3x suap dan sisahnya hanya makan lauknya aja. Jadi tadi pagi sambil mikir gimana ya caranya ini anak makan nasi tapi dia gak tau ada nasi didalam makanannya?! Teringat pernah bikin bola-bola nasi yang di goreng sebelumnya, jadi kali ini mencoba membuat martabak nasi keju aja. 

Bahan:
- 2 butir telur ayam
- Nasi secukupnya atau sesuai selera makan si anak
- Keju kraft di parut
- Garam sedikit saja

Cara Membuat:
- Kocok telur dan kasih sedikit garam
- Tuangkan nasi lalu campur dengan telur
- Masukan keju parut dalam campuran nasi dan telur
- Panaskan butter diatas teflon
- Tuangkan campuran tadi kedalam teflon lalu masak dengan api kecil
- Bolak - balik sampai matang lalu sajikan diatas piring si kecil
- Taburkan keju parut diatas martabak nasi dan siap disajikan



Kira-kira begini penampakan si martabak nasi kaju kalau dipotong bagi 4, nasinya ngumpet dalam telur dan keju. 

Senang begitu tadi liat reaksinya pas makan, dia senyum-senyum dan tepuk tangan. Aaahhhhh... Senangnya lihat Kelvin makannya doyan dan semangat, dan dia menghabiskan setengah. Kira-kira nanti siang bikin apa lagi ya? Hhhmmmmmmm....


15 Juni 2015

Program Hamil Itu Menyenangkan


Setelah menikah 8 bulan, aku dan suami memutuskan untuk mengikuti program kehamilan. Sebelumnya sempat tanya-tanya juga sama klien yang pernah menjalankan program kehamilan dan rata-rata ke dokter yang sama. Dokter Spog ini hanya praktek di rumah sakit Brawijaya dan Asri, karena yang weekend hanya ada di rumah sakit Asri, maka hari sabtu aku dan suami dateng ke rumah sakit Asri. Sebelumnya aku mendaftar dulu sebagai pasien yang ingin konsultasi, memang sih di rumah sakit Asri banyak dokter Spog tetapi kami memilih dokter Damar Prasmusinto. Setelah menunggu beberapa jam praktek dimulai, mulailah giliran saya dipanggil untuk masuk ke dalam. Dr Damar adalah dokter yang sangat ramah, murah senyum dan bisa membuat pasiennya tidak panik atau takut.


Pertemuan pertama...
Dr Damar menanyakan kepada kami sudah berapa lama kami menikah? Begitu kami jawab baru 8 bulan, dokternya hanya senyum-senyum karena dikiranya kami sudah menikah lebih dari 5 tahun sehingga mengikuti program kehamilan. Menurutnya banyak pasiennya yang ikut program kehamilan yang sudah menikah lebih dari 5 tahun. Setelah percakapan yang ringan dan penuh dengan canda tawa, berubah ketika dr Damar memeriksa isi rahimku dan mendapati miom bersarang dalam rahimku. Jujur saja sebagai perempuan aku sangat takut sekali begitu mengetahui ada miom dalam rahimku, bisakah aku hamil? Apakah harus operasi terlebih dahulu? Banyak pertanyaan dikepalaku dan membuat hari itu serasa ditabrak oleh truk pembawa permen lolli pop. Dr Damar menyarankan kepadaku tidak usah panik karena banyak pasiennya yang didapati miom dan bisa hamil. Setelah itu aku diprogram mulai dari masa subur dan mengatur jadwal kapan boleh campur dengan suami, ini bisa dilihat selama 4 bulan jadi setelah 4 bulan tidak juga hamil, aku harus kembali lagi dengan rentetan program lanjutan.
12 Juni 2015

Mashed Potato

Kelvin dan Cemilan
Setiap pergi kemana pun aku selalu bawa bekal buat Kelvin untuk di mobil, si bocah doyan banget ngemil jadi bundanya dituntut untuk kreatif menyiapkan bekal Kelvin. Sebenarnya aku punya resolusi tahun 2015 ini kalau makanan Kelvin haruslah masakan bundanya, sejauh ini sih alhamdulillah Kelvin selalu makan masakan bundanya.

Waktu itu buatin Kelvin mashed potato, karena dia suka banget sama kentang. Tentunya para ibu, mama, bunda, mommy pada bisa menyiapkan mashed potato ini adalah makanan paling gampang dibuat.

Bahan:
1 buah kentang
3 keju block
Susu UHT
Butter unsalted

Cara masak:
1. Kukus kentang sampai lunak
2. Hancurkan kentang dengan garpu atau sendok
3. Masukan keju block dan campurkan
4. Tambahkan susu uht sesuai selera
5. Masak di pan dengan butter unsalted kurang lebih 1 menit
6. Sajikan di piring kesukaan si anak 

Biasanya dalam menyajikan makan untuk Kelvin selalu menggunakan wadah yang berbeda-beda agar dia semangat makan. Belajar dari pengalaman waktu pertama Kelvin makan, karena menggunakan wadah dengan warna yang sama (putih) kadang makannya lama, Sambil berfikir juga, gimana caranya biar si anak ini lahap makan, dan ternyata ada di peralatannya. Sekarang setiap belanja bulanan, bundanya suka hunting piranti makanan buat Kelvin. 
11 Juni 2015

Kaki Lima by The Sea


Warna-warni di Kaki Lima by The Sea
Restaurant Kaki Lima by The Sea ini terletak di Pantai Batu Bolong daerah Canggu, waktu ke Bali November 2014 memang sudah di agendakan untuk mampir ke Kaki Lima ini. Karena penasaran dengan tempatnya yang super kece ini, pemilihan furniturnya juga simple dan bermain pada warna-warna yang sangat menarik dan sudah tentu tempat ini Photaable. Pertama masuk kedalam restaurant Kaki Lima by The Sea akan menemui area duduk dengan sofa berbantal merah dan ada kursi dan meja dari kayu sebagai pendukung, selain itu juga terdapat lukisan wanita pada dinding merah. Waktu masuk ke restaurant ini langsung jatuh cinta sama tatanan interior dan outdoornya.

Milkyway Pudding

Milkyway Pudding

Pertama kali nyobain ini waktu di Plaza Senayan dan belinya cuma 2 doang, ternyata pas di cobain enak banget. Beberapa hari lalu sekalian belanja di Kem Chicks dan siapa yang nyangka disana juga dijual si Milkyway Pudding ini. Untuk ukuran botol asi dengan harga Rp 18.000,- cukup terjangkaulah, aku beli  12 botol karena sekalian buat anakku yang masih 18 bulan. Aku beli rasa Green Tea, Milky Berry, Choco Caramel, Cookies and Cream dan Milky Caramel ada beberapa yang dibeli dengan 2 - 3 botol. Untuk rasa ini pas banget, enggak terlalu manis juga. Kelvin juga suka banget, aku cobain ke dia yang Green Tea dan Choco Caramel. Biasanya dia makan ini kalau setelah selesai bermain.