SOCIAL MEDIA

Sabtu, 02 Desember 2017

Doyan Foto Karena UploadKompakan

Tema: Tiket 
Berawal dari ngeliatan instagramnya Puri Natasande (@idekuhandmade) yang pernah posting foto untuk UploadKompakan dengan tema botol. Lalu penasaran dan saya coba follow deh, dan instagramnya UK di gembok, besokannya saya di approve tuh dan langsung kepo dulu sama postingan-posting sebelumnya. Lalu saya baru mengerti, oh ini akunnya bagus juga ya bisa sambil belajar moto dengan mengunggah sesuai dengen tema yang sudah ditentukan. Rata-rata pengikut UK adalah wanita dan lebih surprisenya lagi ini merupakan komunitas positif yang saya ikuti sejak tiga tahun belakangan ini. Jadi UploadKompakan adalah secara bersama-sama mengunggah foto bertema yang sudah ditentukan satu hari sebelumnya, tentunya foto yang diunggah harus memiliki persyaratan sesuai dengan yang diterapkan oleh team UploadKompakan.

Kala itu saya masih menggunakan handphone walau punya kamera tapi males pakainya kalau untuk sehari-hari karena bawa dslr itu berat loh. Akhirnya saya bergabung dengan Kompakers Bekasi (@kompakersbekasi) dimana saya tinggal saat ini dirumah mama karena alasan si anak kecil kesayangan saat itu baru lahir hingga akhirnya sekarang sudah empat tahun tinggal disana lagi. Setiap daerah memiliki grupnya masing-masing seperti Kompaker Bekasi, Kompakers Jakarta, Kompakers Bogor, Kompakers Depok, Kompakers Tangerang dan seterusnya sesuai dengan nama kota. Member UK ini tidak hanya tersebar di Indonesia saja, bahkan sampai keluar negeri pun ada yang mengikutinya seperti Kompakers Qatar, Kompakers Oz dan negara lainnya yang diikuti oleh orang Indonesua yang bertempat tinggal disana. Kebetulan sampai saat ini Desember 2017 saya merupakan ibu lurah Kompakers Bekasi.


Tema: Wastafel

Tema: Kursi

Tentunya tema yang diberikan setiap harinya selalu berbeda dan beragam, mulai dari makanan, bts (behind the scene), minuman, furniture, kitchen appliances, perabotan, bunga, jam tangan, tas, sepatu, sandal, dompet, lampu, roda, sepeda, pantai, tanaman hijau, sabun, buah, sayur, olahan bahan makanan, kosmetik dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi ini benar-benar membuat hobi baru buat saya, gimana tidak karena saya berfikir ini gak noleh absen nih karena membuat kita mengurangi upload foto diri saja di instagram. Ini bener-bener seru karena beberapa foto harus diolah lagi dan belajar untuk mengedit foto, sejauh ini saya gak pernah berlebihan si ngeditnya karena belum jago juga buat ngolah digital imagin. Padahal ada kelas editing dari teman sendiri yang saya kenal berkat UploadKompakan.  

Tema: camera on camera
Camera yang saya gunakan sejauh ini adalah Nikon D3300, ini kamera pertama saya untuk dslr. Kedua saya menggunakan Sony Alpha 7 yang merupakan mirroless fullframe keluaran dari Sony dan saya juga menggunakan handphone untuk foto kalau lagi males bawa kamera. Untuk handphone saya menggunakan Iphone 6s dan Samsung j7 Pro 2017. Sedangkan aplikasi yang saya gunakan masih sama dengan teman-teman Kompakers lain, seperti Snapseed, VSCO, Light Room, Photoshop Express, A Color Story, dan beberapa aplikasi lainnya. Oh iya, settingan kedua kamera saya ini selalu manual kecuali emang motret kegiatan Kelvin pasti mode yang berbeda. 

Tema: Biji Kopi

Saya sendiri lebih sering motret diluar, karena saya kerja jadi sekarang setiap hari saya selalu membawa kamera di tas dengan alasan untuk stok foto dan sekalian belajar. Kan setiap cahaya itu bisa beda-beda walaupun areanya masih sama seperti di coffee shop atau di restaurant sekali pun jatuh cahaya kadang tidak sama. Dan sekarang kalau lihat apapun selalu difoto dulu, walau itu cuma pintu, jendela atau apapun yang menurut saya wajib foto pasti saya foto. Saat ini saya merasa bahwa foto ini pun menjadi hobi saya, karena berkat UK pun saya suka dapet beberapa untuk foto produk dan punya saudara baru alias teman-teman dari member UK dari beberapa daerah. 



Cheers,
Chichie Hariyanto





Tidak ada komentar :

Posting Komentar