Pages

SOCIAL MEDIA

Sabtu, 24 Maret 2018

Suka Ngopi? Atau Hanya Eksistensi Social Media?

Hot Cappucino Caribou Coffee
Berbicara soal kopi pasti beberapa setuju dengan saya bahwa "mulailah harimu dengan secangkir kopi" saya setuju dengan kalimat tersebut. Karena saya sendiri sangat menyukai wanginya kopi, bahkan setiap kopi akan memiliki rasa berbeda jika diracik dengan caranya masing-masing. Dan saya lebih suka berdiam lama di kedai kopi daripada harus ke mal, biasanya saya kalau ingin berlama-lama mencari kedai kopi yang menyediakan makanan berat jadi biar gak pindah tempat kalau mau cari makan siang karena kebanyakan memang kedai kopi hanya menyediakan makanan ringan saja. Bahkan ada juga kedai kopi yang hanya menyediakan kopi saja tanpa makanan kecil untuk sebagai pendamping minum kopi.

Apalagi sekarang banyak bermunculan kedai kopi yang instagramable diberbagai penjuru kota Jakarta, bahkan terkadang dalam satu jalan saja ada beberapa kedai kopi yang pernah saya sambangi tapi tidak dalam satu hari. Tapi ada juga yang suka saya datangi kembali karena misal tempatnya enak buat meeting sama klien, tempatnya gak terlalu ramai, ada beberapa kedai kopi yang memang pengunjungnya rata-rata suka pada sibuk sama laptopnya. Kadang ada kedai kopi yang selalu ramai sama abg yang biasanya beli kopi atau minuman apapun yang ada ditempat itu lalu foto-fotonya lebih lama dan terkadang berisik banget, ini kadang beli minumnya hanya satu loh tapi dipakai gantian buat foto-foto.

Kroma Koffee

Nitro Coffee
Banyak juga sekarang kedai kopi yang memiliki es kopi susu dengan khasnya masing-masing, sama halnya seperti Kroma yang memiliki beberapa varian es kopi susu. Kalau pengen sekalian makan siang atau ngemil yang rada berat di Kroma pun menyediakan makanan berat loh, jadi jangan khawatir buat coffee hoping kalau memang ingin makan-makanan berat disini tersedia nih. Jadi saya sempat lihat postingan di instagram tapi lupa instagram siapa dengan menuliskan caption "Sayang disini gak ada makanan beratnya" tapi memang kebanyakan kedai kopi yang saya datangi tidak menjual makanan berat/ Tetapi lain dengan Nitro Coffee yang memang tidak menyediakan makanan berat dan untuk varian kopinya pun dia tidak menyediakan es kopi susu seperti beberapa kedai kopi kekinian 

Onthree

Nitro Coffee

Crematology - Cipete
Akhir-akhir ini banyak sekali bermunculan coffee shop hoping yang tau banget tempat ngopi enak dan tentunya instagramable, apa sih yang dicari para coffee shop hoping? Saya juga termasuk coffee shop hoping tapi saya dan beberapa teman juga punya kedai lopi favorit yang bikin kita bakal balik lagi kesana untuk sekedar bertemu dan minum kopi bersama. Terkadang kalau lagi rajin bisa motoin kedai kopinya dengan detail tapi kalau malesnya kumat ya cuma insta story saja. Beberapa kali menyambangi kedai kopi juga suka mendengarkan cerita para barista mulai dari yang seneng banget punya pelanggan tetap tapi ada juga yang bikin jengkel.

Sama halnya waktu saya dengan beberapa teman ngopi main ke salah satu coffee shop di Jakarta, pas pelayan membawakan kopi teman saya lalu dia bertanya?

"bu... maaf ini saya taruh mana?"
"oh taruh situ dulu ya mas" (karena teman saya sedang moto kopi dimeja sebelahnya)
"tapi beneran diminum ya bu jangan cuma difoto saja" ini bikin kaget sih, lalu kita beramai-ramai menjawab
"ya iyalah mas diminum masa dibuang!"

Ternyata selidik punya selidik kenapa pelayannya berbicara seperti itu, mereka sering mendapati beberapa pengunjung datang hanya untuk foto-foto saja lalu meninggalkan minumannya tanpa mereka minum sebelumnya, kalau menurut saya sih ini parah ya. Walau memang kita hanya sebatas ingin mempercantik feed instagram, bawalah makanan atau minuman yang dipesan dan berikanlah kepada tukang parkir atau satpam ini lebih berguna juga loh. Selain bisa menyenangkan orang lain, kita juga dapet pahala.

Alhamdulillahnya saya adalah penyuka kopi, begitu juga dengan teman-teman yang suka bareng saya moto kopi. Kalau ditanya apa yang kami cari, jawabannya adalah passion! Selain janjian buat moto bareng itu sebagai ajang silaturahim kita dan mengasah kemampuan moto, setiap bertemu kita selalu ada unggahan bersama foto kopinya misal foto tetesan kopi, tumpukan cangkir atau movement dan lainnya yang bisa dipelajari dari setiap kali bertemu. Dari moto bareng ini kita banyak sharing tentang teknik foto dari masing-masing, jujur deh dulu mah saya gak bisa moto ala dripping gitu loh pasti suka blur, akhirnya karena sering moto bareng jadi lebih lumayanlah.

Crematology - Cipete

Asagao Tanjung Duren

Fillmore Coffee Jakarta
Banyak juga dari beberapa orang yang saya kenal juga, mereka tidak suka kopi sebenarnya tapi kenapa mereka suka ke kedai kopi? Ternyata hanya untuk kebutuhan social media semata atau karena gak mau kalah sama si teman yang lain. Hunting ke coffee shop yang hits misalnya akan menjadi selling point dia, tapi sebenarnya dia gak ngopi tapi dia memiliki effort yang memang harus saya acungi dengan jempol karena ngebelain banget pergi jauh demi ke tempat ngopi. 

Bahkan teman saya pernah bertemu dengan beberapa abg yang cukup terkenal di jagad instagram, mereka datang ke coffee shop tersebut hanya untuk ootd semata, karena makin maraknya moto di cafe jadi sekarang nih beberapa coffee shop jadi banyak banget aturannya. Seperti kemarin saya sempat menemani Winda Priandita di coffe shop yang juga restaurant dibilangan Jakarta Pusat untuk ngajar privat fotografi, pelayan mengira kita mau foto ala ootd gitu padahal kamera yang kita bawa untuk moto makanan. Lalu si pelayan akhirnya paham dan meminta maaf, padahal dua kali sebelumnya saya kesana moto makanan yang saya pesan dan sempat minta fotoin teman juga gak ada masalah. Iya sih saya bukan yang ootd searea Paradigma, cuma disatu spot aja cuma agak kaget aja kalau kemarin gak ada peraturan baru. Tapi ya memang ada juga yang coffee shop membolehkan kita berfoto disetiap sudut, justru mereka senang berarti mereka sukses membuat tempat itu untuk berfoto. 

Kalau saya lebih senang mencari coffee shop yang ada musholanya, wifinya stabil gak lepas-lepas karena belakangan ini saya lebih sering ketemu klien di coffee shop. Carilah juga yang menyediakan makanan berat seperti pasta-pasta jadi gak cuma menyediakan pastry tapi kadang ada juga kayak Kroma Koffee, Gordi, Walking Drums  menyediakan makanan berat seperti nasi. Kalau kamu pilih yang mana? Penikmat kopi atau eksistensi di social media? 


Happy reading!

25 komentar :

  1. Hai kak! Sejujurnya aku suka sebel kalau liat orang foto-foto sampe ninggal makanan atau minuman lama banget. Kasihan orang yg bikin, serasa ga dihargai. Apalagi kalau akhirnya cuma buat foto, ga dimakan atau diminum sama sekali. Makanya aku menghindari coffee shop yg instagramable, karena biasanya rame. Aku milih coffee shop yg tenang, kopinya enak, dan toiletnya bersih. Hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sih aku sebenarnya lebih suka coffeeshop yang sepi dan gegara banyaknya orang yang suka ootd di coffeeshop jadi banyak banget peraturan gak boleh foto kamera padahal aku terkadang moto kopi doang gak pernah ootd di coffeeshop.

      Hapus
  2. hahhh seriusan ada yg cuma pepotoan trus kopinya ditinggal??!!. Duh, sebagai pecinta kopi, gak rela banget rasanya huhuhu.. btw, fotonya cakep2 banget mba Chicie, sukakkk...

    BalasHapus
  3. Aku suka banget sama kopi. Baunya duh senneg bnaget. Tp skg mulai mengurangi kopi

    BalasHapus
  4. Saya penikmat bau wangi kopinya mbak, kalau untuk minum hanya sesekali saja ��

    BalasHapus
  5. aku sekali ke caribou, dan langsung suka dengan rasa kopi dan beragam camilannya..

    BalasHapus
  6. Saat ini, ngopi menjadi sebuah gaya hidup bagi sebagian orang, bahkan kata temen saya sendiri kalau ga ngopi kurang enak, dari pada makan nasi.

    BalasHapus
  7. Tak pernah bosan menikmati kopi meski ada pahit2ny gt

    BalasHapus
  8. Aku tiap pagi ngopi mba, kopi sasetan capuccino si. Kayaknya ada yang kurang gitu kalau nggak ngopi. Btw, alamat coffee shop di atas boleh tau ga?

    BalasHapus
  9. Berhubung aku nggak ahli foto makanan, jadi aku kalau pesan makanan atau minuman ya udah langsung hajar aja. Wkwkwkw. Anyway, seriusan itu ada orang yang pesan makanan dan minuman cuma buat difoto terus ditinggalin? Duh coba aku ada di situ, pasti udah aku makan deh. Mubazir.

    Aku termasuk pencinta kopi, setiap pagi pasti minum kopi. Di Depok banyak coffee shop cuma baru beberapa aja yang disambangi dan nggak kepikiran mau review juga (balik lagi soal teknik foto makanan yang amburadul). Ajarin dong kak...

    BalasHapus
  10. Horang kayaaaah....
    pesen kopi kok cuma utk foto doang. wajarlah kalau pelayannya bilang kaya gitu. baristanya udah cape2 ngukir kopi dengan tampilan mewah eh, ga diminum. mubazir kan ya....

    semoga ga ketemu sama orang seperti itu.

    BalasHapus
  11. Saya dulu suka kopi, sejak didiagnosa potensi diabet sy banyakin minum air putih

    BalasHapus
  12. Kalau aku dari kecil suka banget ngupi terutama kopi hitam. Tapi juga senang ngupi cantik.

    BalasHapus
  13. foto2nya keren banget, kak, suka! pengen bisa bikin foto kayak gitu
    biasanya kalo udah ke tempat ngopi, aku seringkali keasikan ngobrol n ngopinyaa
    sampe lupa foto2 malah

    BalasHapus
  14. Ya ampun sayang banget itu kopi nya cuma di buat foto, kalau aku sih pasti aku minum sampe habis kopinya

    BalasHapus
  15. he? ada gitu yang beli kopi buat di poto doang... sini kopinya aku minum... aku ngopi ya buat diminum... kalo buat poto poto mah itu bonus

    BalasHapus
  16. Kalo aku pribadi yang suka banget sama kopi. Krn seiring banyak coffee shop yg kece2, ngopi jadi masuk acitivity list aku tiap weekend :)
    Sampai punya favorit corner tiap coffee shop hihii

    BalasHapus
  17. Aku suka kopi dah lama banget, meski sekarang agak dikurangi. Makanya, kalau memang sekedar cuma poto2 doang tanpa diminum rasanya sayang,ya ha-ha-ha. Kopinya diminumlah sehabis difoto.

    BalasHapus
  18. Niat amat beli kopi cuma buat difoto doang mbak? Jujur saaya bukan pecinta kopi sih, apalagi yng origininal. masih bisa minum kalau ada campuran susunya hehehe. baru-baru ini saya belajar menikmati citarasa kopi :D

    BalasHapus
  19. Aku biasa aja sama kopi, kalau disuguhin ya minum, kalau ga ada ya ga nyariin juga hehe.

    BalasHapus
  20. aku suka kopi dan wangi nya, tapi sekarang maag udah gak kuat.. hixx

    BalasHapus
  21. Hai ka...saya salah satu penikmat kopi dan pecinta makanan. Tapi karena saking cintanya saya ga rela kalo ada orang yg suka buang2 makanan hanya untuk di foto aja. Sering tuh nemuin yg kayak gitu, udah ambil banyak2 eh cuma untuk difoto aja. Thanks tuk remindernya ya ka.

    BalasHapus
  22. Wah kaget saya ada yg cuma foto kopi dan tidak diminum . Mending ajak saya dah. Biar saya yg minum buat nemenin dl.hihi

    BalasHapus
  23. Hae Kak Chichie, baru kali ini aku mampir ke sini dan ternyata bagus banget sih foto-fotonya, sukak!

    Btw, kalau ngopi, kebanyakan aku juga buat foto-foto, setelah dingin baru diminum hahahah efek emang gak suka kopi panas ya begini nih :p

    BalasHapus
  24. aku bukan penyuka kopi, tapi suka nyium wanginya.
    betwe foto-fotonya bagus-bagus banget mba, keren, pasti banyak koleksi foto kopinya ya

    BalasHapus