Cermat Memilih Wadah Bekal Untuk Keluarga

Product Technoplast
Membawa bekal sudah menjadi kebiasaan setiap orang, mulai membawa bekal untuk makan siang, snack atau buah pasti menggunakan wadah dari plastik. Ditambah sekarang ini wadah untuk membawa bekal selain warnanya cantik-cantik dan bentuknya pun bagus-bagus, apalagi yang untuk anak-anak banyak tersedia dalam bentuk karakter kesukaan mereka. 

Biasanya apa sih yang mempengaruhi kita untuk membeli wadah plastik untuk membawa bekal? Kalau saya biasanya lihat warnanya dulu karena kebetulan kami dirumah semua menyukai warna-warna netral, biasanya setelah itu saya lihat ke model dan ukuran karena ini penting banget nih. Kalau untuk saya dan suami biasanya kita lebih suka yang polos tidak bergambar tapi beda kalau membelikan untuk anak saya, saya sesuaikan dengan karakter kartun anak. Tapi karena kesukaan kami sekeluarga itu sama, sama-sama menyukai Starwars jadi biasanya cari deh dengan gambar-gambar Starwars.

Nah sekarang ini apakah wadah plastik yang kita gunakan sudah aman untuk keluarga?

Bpk Hartadi - dr. Lula Kamal - DR. Emil
Beberapa waktu lalu saya menghadiri seminar dari Technoplast yang diadakan di Artotel Hotel Jakarta, dengan para pembicara DR. Emil Rudianto - Direktur Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia, dr. Lula Kamal - Public Figure, Pemerhati Kesehatan dan Ibu Rumah Tangga, Hartadi Alamsyah - Vice Chief Production Officer. 

Tema kali ini "Bijak Menggunakan Wadah Plastik Untuk Kehidupan Hebat" ini yang bikin penasaran, karena dengan banyaknya wadah plastik yang beredar diluaran serta diperjual belikan itu kadang ada terbesit pertanyaan "ini aman gak ya?" jujur saja saya sebenarnya agak takut kalau beli yang bukan merk dipakai banyak orang. Sebelumnya kita harus mengenal terlebih dahulu kode atau nomer yang tertera pada wadah plastik yang ada dirumah atau yang kita beli.

Pic by Google
DR. Emil juga memaparkan seputar jenis kode yang ada dikemasan plastik, ini terkadang saya saja masih suka lupa-lupa kodenya. Tapi untuk kode 1 dan 2 saya hafal hanya boleh dipakai 1x alias pakai buang. ”Ke-enam jenis plastik tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Masyarakat Indonesia kini harusnya mulai tahu bahwa setiap jenis plastik memiliki treatment yang berbeda. Ada yang tidak boleh kena panas secara langsung dan ada yang tidak boleh kena suhu dingin. Bijak menggunakan wadah plastik bisa dilakukan dengan tiga cara, yaitu memilih material plastik yang tidak berbahaya bagi kesehatan dan ramah lingkungan, design kemasan plastik yang limbahnya paling sedikit, dan menjadi konsumen yang cerdas.” penjelasan dari DR. Emil.

Sementara dr. Lula Kamal selalu melakukan seleksi produk plastik untuk yang ia gunakan, apalagi untuk anak-anaknya. Selama ini ia memilih wadah plastik dengan tag BPA Free pada beberapa jenis wadah plastik, selain itu pertimbangan lainnya adalah dari segi design dan fungsional. “Sebagai seorang ibu yang turut melaksanakan kewajibannya, ketika hendak mencuci wadah kemasan plastik adalah terdapat noda yang tertinggal. Dan kerap kali menyulitkan saat proses mencucinya. Akhirnya saya browsing dan menemukan cara efektif yang terbukti berhasil. Yaitu, cukup mencuci menggunakan sponge yang lembut dengan jeruk nipis / baking soda . Informasi tadi itu saya dapatkan dari website dan instagram Technoplast”

Yang paling mengerikan sebenarnya kalau saat kita jajan makanan diluar nih, misal membeli gorengan dipinggir jalan. Selama pengalaman saya membeli memang sih abangnya selalu memasukan dalam kantong plastik atau kadang ada juga yang menempatinya dalam kantong kertas tapi apakah plastik tersebut aman? Jawabannya tentu tidak karena makanan apalagi masih dalam keadaan panas tidak boleh langsung masuk dalam kantong plastik. Padahal si gorengan ini adalah favorit hampir semua orang kan? Iya saya pun juga suka gorengan tapi setelah tau jadi tambah berfikir apakah saya harus membawa wadah plastik dari rumah?




Bapak Hartadi Alamsyah, yang merupakan Vice Chief Production Officer. Beliau menjelaskan tentang bagaimana standarisasi yang diterapkan oleh Technoplast sehingga mampu menghasilkan produk yang berkualitas. “kami menganut beragam standarisasi baik nasional maupun internasional. Dalam pemilihan produk pun, kami menganut 3 (tiga) kategori, end user profile, formula dan compliance. End user profile ialah upaya kami memahami keinginan publik melalui jenis umur, fungsional, nilai estetika, dan perilaku konsumen itu sendiri. Formula ialah prosedur yang kami terapkan dalam memproduksi sebuah produk, berdasarkan chemical quality, performance dan processability. Terakhir, kami memproduksi sebuah produk berdasarkan sifat compliance, yaitu product safety, food contact, environment, dan specific requirement .” Papar Hartadi Alamsyah. 

Kebetulan banget nih selama ini saya memang membeli produk dari Technoplast, apalagi semenjak punya anak dan sekarang sudah sekolah. Karena hanya Technoplast yang memiliki gambar karakter-karakter yang dusukai anak saya, bentuk wadah bekalnya pun macam-macam jadi menarik si anak untuk membawa dan biasanya pancingan supaya dia mau makan. Dan beberapa produk keluaran dari Technoplast memang sepaket dengan botol minumnya jadi kalau pas buat jalan-jalan lebih enak bawa-bawanya.




TENTANG TECHNOPLAST
  1. Technoplast adalah perusahaan produsen plastic ware yang berdiri sejak 20 tahun silam dengan pemegang lisensei karakter terbesar di Indonesia yaitu sebanyak kurang lebih 75 karakter berlisensi.
  2. Technoplast telah memiliki pengalaman selama 20 tahun dan didukung oleh pabrik hi-tech serta memiliki 1.000 karyawan yang berpengalaman.
  3. Pabrik Technoplast memiliki sertifikasi lengkap dari lisensi rumah produksi international yang sudah sangat akrab dikalangan masyarakat seperti karaktek Universal, Disney dan WCA Intertek. Selain rumah produksi Internasional di tahun 2017 pabrik Technoplast berhasil mendapatkan sertifikasi ISO 9001: dari SOS Indonesia.
  4. Pabrik Technoplast berada di Cikupa Tangerang dan Tangerang dan memiliki 55 mesin dengan pembagian 3 shift / mesin setiap harinya.
  5. Kapasitas produksi pabrik Technoplast sebanyak 2,5 juta pcs/bulan dengan 90% pengolahan mesinnya berupa plastik.
  6. Technoplast memiliki beragam produk plastic personalware dengan kategori anak-anak, remaja hingga dewasa dengan koleksi generic, berlisensi dan B2B.
  7. Technoplast memiliki visi utama yaitu “Menjadi Produsen Botol Minum Anak Terbesar Di Dunia”. Hal itu dibuktikan dengan konsistensi dan kerja keras dari seluruh karyawan, yang membawa Technoplast menjadi Market Leader produk botol minum untuk pasar lokal.
  8. Technoplast telah mendistribusikan lebih dari 550 produk ke lebih dari 50 negara supplier. Dengan pasar terbesar Technoplast yaitu negara di kawasan Timur Tengah dan Filipina untuk kawasan ASEAN.
  9. Technoplast selalu memberikan design terbaik, produk terbaik dan kualitas terbaik yang dapat menambah percaya diri serta menonjolkan kesan unik bagi penggunanya. Hal ini sesuai dengan tagline Technoplast yaitu “Boost Your Unique Style”.
Jadi sekarang ini memang perlu ekstra hati-hati dalam memilih wadah plastik, ada beberapa tips untuk memilih wadah plastik:
  1. Pilihlah material plastik yang tidak berbahaya bagi kesehatan dan ramah lingkungan.
  2. Design kemasan plastik yang limbahnya sedikit mungkin
  3. Kualitas, termasuk cermat dalam memperhatikan kode atau logo pada kemasan plastik seperti BPA Free dan ada 7 kode jenis plastik. 
  4. Fungsi dari wadah plastik, karena beberapa wadah plastik ada yang bisa untuk makanan panas dan tidak. Ada yang bisa untuk microwave dan ada yang tidak.
  5. Jadilah konsumen yang bijak. 

Happy reading!

33 komentar

  1. Rayyan juga tempat minum dan makannnya pakai technoplast. Lucu 2 gambar nya dan aman dipakai...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau untuk anak-anak si Technoplast sudah jagoan deh

      Hapus
  2. Lucu dan unik banget ya modelnya. Aku kalau ke kantor or buat anak memang selalu bawa bekal, kalau pakai tempat makan kek di atas keknya jadi makin semangat makannya ya hehehehe

    BalasHapus
  3. Waah infonya menarik nich kyknya cocok buat anakku

    BalasHapus
  4. Jujur, baru tahu merk ini padahal pabriknya masih satu daerah. Aku taunya cuma tuppy sama lock&lock. Tapi desainnya lucu-lucu ya, bikin mupeng :D

    BalasHapus
  5. Produk jaminan mutu yang udah familiar buat anak-anak ini. 20 tahun membangun brand ini ya. Acungin jempol

    BalasHapus
  6. Lucu banget ...karakternya macam2... Jadi pengen beli buat Hamid..., Tapi belum sekolah..he2

    BalasHapus
  7. Wah, aku baru tau plastik ada berbagai jenis gini yaa. Thanks for sharing mba, infonya bermanfaat nih!

    BalasHapus
  8. tempat makannya lucu lucu dan imut apalagi kalau ditambah masakan bunda . waj jadi semangat makan

    BalasHapus
  9. Wah, tmpt bekal Farisha jg ad yg technoplast. Tp sygny kmrn emaknya salah pilih motif. Akhirnya dy lbh pilih yg lain. Wkwk. Emg kalau anak2 penampilan lbh dinomor satukan y.

    BalasHapus
  10. Produk Technoplast udah familiar sih bagi aku, tapi sayang masih banyak orang2 yang masih memilih wadah makanan tanpa memikirkan kualitasnya. Yang penting harganya murah....
    Kalau aku memang sudah lama sih punya koleksi Technoplast di rumah, botol minuman aja semuanya produk Techhnoplast ^^

    BalasHapus
  11. Wadahnya lucu lucu, anak anak pasti senang nih

    BalasHapus
  12. bekalnya unyu2... aku kasih ah nanti buat calon anak2ku nznti

    BalasHapus
  13. Bagus ya ini? Saya belum pernah coba. Tapi sepertinya recommended ya. Boleh nih dicoba....

    BalasHapus
  14. iihhh, unyu2 banget siiih food container-nya
    sukaakkk banget!
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  15. Lucu2 banget mbak yang buat anak2 tempat makannya, bikin pengen borong... xixii

    BalasHapus
  16. Milih wadah bekal memang harus jeli yah, terutama bahannya, tahan panas apa enggak

    BalasHapus
  17. Aku setiap hari selalu membawa bekal ke kantor untuk menghemat. Hehehe...
    Tp selama ini gak pernah ada kriteria khusus dlm memilih wadahnya. Ternyata harus benar2 diperhatikan ya dlm memilih wadah plastik.

    BalasHapus
  18. Memang paling enak bawa bekel makan dan minum sendiri di wadah yang tahan lama. Apalagi saat jalan-jalan, pasti males banget beli air botolan terus.

    BalasHapus
  19. Wadah plastik memang ga bs sembarangan kita pakai, ada yg sekali pakai hrs kita buang, biasanya yg aman kita pakai yg no5 dan 6, pernah dibahas di seputar Indonesia klo aku ga salah ingat hehe..

    BalasHapus
  20. wahhh kode untuk plastik itu berguna banget buat kita mbak..

    Terima kasih, ijin di save gambarnya ya

    BalasHapus
  21. Wadah plastik kini memang semakin beragam bentuknya, dan saya baru tahu kalau ada kode tertentu sebagai standarisasi masa penggunaan

    BalasHapus
  22. Gambarnya lucu pasti membuat kita ingin membawa bekal. Aku baru tahu kalau plastik ada kodenya, makasih infonya kakak

    BalasHapus
  23. Pernah dengar juga merk ini nih atau jangan2 saya udah punya juga ya. satu hal yg selalu saya perhatikan dlm memilih kemasan plastik musti BPA Free.

    BalasHapus
  24. Aku termasuk emak yang rewel kalau soal kemasan plastik nih. Pasti dipantengin dulu kode-kodenya. Soalnya dulu sempat belajar masalah jenis plastik pas kuliah dan ngeri sama efeknya ke kesehatan. Anyway itu kotak bekalnya lucu-lucu bangeeeet!

    BalasHapus
  25. Ibuku mayan addict nih mba sama kotak makan. Klo kotak makanku ilang dia pasti ngomel hihi. Jadi pengen rekomen yng satu ini deh

    BalasHapus
  26. AAnak aku juga pakai tempat minum dan makan dari Technoplast bagus ebntuknya dan awet!

    BalasHapus
  27. Terima kasih info grade plasticnya Mba. Aku selalu suka beli thumbler atau. Botol minum yang lucu2 ada beberapa yg merk technoplast, ganbarnya lucu dan harganya pas di kantong

    BalasHapus
  28. Desainnya Lucuuu buat bekal anak saat main. Btw makasih info plastik grade tadi ya. Keknya aku nemu yang kode 3. Mau ku buang aja deh.

    BalasHapus
  29. Desainnya lucu sekali mbak ini mah saya juga mau pake hehehee

    BalasHapus
  30. Baru tau macam2 plastik.
    Warna wadahnya lucu2 deh mba.

    BalasHapus
  31. Produknya lucu2 ya mbak.

    Iya betul jadi ngeri kalau misal beli gorengan kan masih panas tuh. Langsung tuh dimasukin ke plastik aplagi plastiknya warna-warni. Kan bahaya ya

    BalasHapus
  32. Suka banget sama design2 nya technoplast.. lucu dan aman untuk si kecil y mbak 😊

    BalasHapus