Pages

SOCIAL MEDIA

Senin, 09 April 2018

Keseruan Liburan Bareng Emak-emak Hobi Motret di Semarang


Siapa sih yang gak senang kalau bisa liburan, apalagi liburan bersama keluarga, teman-teman atau sendirian tapi kalau saya sih jarang liburan sendirian. Ditambah kalau kita memiliki destinasi liburan terfavorit atau liburan impian, seperti belakangan ini bahwa wisata Indonesia lagi gencar-gencarnya bahkan banyak yang menawarkan fasilitas atau paket-paket liburan yang menggiurkan. Kali ini saya bakalan cerita tentang keseruan saya dan teman-teman waktu liburan ke Semarang yang seru banget mulai dari milih hotel, menentukan maskapai penerbangan dan yang pasti transportasi selama Semarang.

Berawal dari rencana saya, mamih Enjih dan uni Dian yang emang sudah butuh banget "me time" akhirnya diputuskan untuk liburan tanpa berlama-lama dan langsung cari semua tentang Semarang. Yup kali ini kita lebih memilih explore Semarang, Jawa Tengah. Waktu itu kita pergi berdua belas dan mulailah membuat grup di line untuk kordinasi liburan Semarang ini dan langsung membagi tugas untuk siapa yang pesan tiket pesawat, penginapan, sampai soal mobil untuk selama disana dan menentukan tempat-tempat kemana kita akan pergi. Kebetulan juga di Semarang ada teman-teman dari komunitas yang sama dengan kami. Untuk mencari tiket pesawat dan penginapan kebetulan adalah tugasku nih, karena kali ini yang pergi terima beres jadi lebih enak nih buat nentuin semuanya. 


Waktu itu sempat voting dulu pas nentuin mau berangkat hari apa? Jam berapa? Terus mau naik pesawat apa? Akhirnya untuk penerbangan kami sudah menentukan memilih Garuda Indonesia selain dia memang memiliki rute yang sangat lengkap untuk semua destinasi di Indonesia yang menjadi alasan kita semua sih lebih ke pelayanan, kenyamanan, ketepatan keberangkatan dan makanannya enak-enak. Saya yakin semua sepakat dengan saya soal hal ini. Jadi saya langsung tuh nyari tiket pesawat Garuda Indonesia apalagi perginya banyakan gini biar kita bisa duduknya deket-deketan, gak mau pisah banget anaknya. Begitu urusan pesawat kelar lalu saatnya kita menjabarkan kemana saja kita selama di Semarang dan berhubung ini yang pergi adalah emak-emak hobi motret yang sudah pasti dicari sih tempat-tempat yang bisa untuk hunting foto dong.

Masjid Agung Jawa Tengah


Karena kita sampainya sebelum subuh, jadi begitu sampai Semarang langsung buru-buru ke Masjid Agung Jawa Tengah yang terletak di jalan Gajah Raya, Gayamsari Kota Semarang. Masjid Agung Jawa Tengah ini diresmikan pada tanggal 14 November 2006 oleh Presideng Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhonyono, yang dirancang dalam gaya arsitektural campuran Jawa, Islam dan Rowami. Saya sendiri pas tau kesini senang banget loh karena ini pertama kali saya ke Masjid Agung Jawa Tengah, bagian dalam masjid ini luas sekali. Air wudhu pagi itu terasa sejuk sekali, tempat wudhunya pun besar dan bersih. Kelar sholat sudah lumayan terang nih dan saya bersama teman-teman mencoba mengabadikan momen selama berada di Masjid Agung Jawa Tengah, sayang banget waktu itu saya hanya bawa fix lensed jadi agak kurang maksimal sekali kalau mau foto landscape. Sebelum meninggalkan Masjid Agung Jawa Tengah kita harus pose dulu dong ah.

Lawang Sewu 







Lawang Sewu yang memiliki arti seribu pintu ini pun adalah tempat favorit para wisatawan yang datang ke kota Semarang, termasuk kami semua yang antara senang banget sama deg-degan banget karena terlalu banyak mendengar cerita yang macam-macam tentang Lawang Sewu tapi begitu masuk girang malah foto-foto melulu. Dan kami pada hari itu adalah pengunjung pertama nungguin sampai Lawang Sewu ini dibuka, untuk tiket masuk Lawang Sewu ini saya sedikit lupa. Lawang Sewu pun merupakan salah satu gedung bersejarah di Indonesia, dulunya Lawang Sewu ini merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau disebut NIS yang terletak di Tugu Muda. 

Di Lawang Sewu ini spot foto wajib adalah dilorong karena saya dan teman-teman paling lama berada dilorong karena memang kece banget hasilnya. Kalau disini gak boleh ngomong sembarangan apalagi bengong, waktu didalam juga kita sempat mencar-mencar jalan kesana kemarin, sementara saya dan Penny salah satu teman dari berdua belas yang ikut selalu bersama selama di Lawang Sewu. Dan memang setiap orang kalau ke Semarang harus mampir kesini ya. Akhirnya titik kumpul kami pun ditaman dan sempat berlama-lama disana sambil menikmati angin sepoi-sepoi. Lalu sehabis dari Lawang Sewu kami menuju klenteng Sam Po Kong.

Klenteng Sam Po Kong






Sehabis dari Lawang Sewu kami menuju klenteng Sam Po Kong dan pas masuk sini lagi ada gladi resik perlombaan gitu, sempat liat sebentar sih karena sebenarnya kepo lagi ada apa sih kok ramai-ramai banget. Nah disini cuma bisa foto dari luar untuk masuk ke dalam hanya di khususkan untuk orang yang sedang berdoa, bahkan sebenarnya tidak boleh foto menggunakan kamera profesional untuk beberapa spot disana. Kami sangatlah maklum akan hal ini, jadi tetap bisa memanfaatkan dengan banyak tau ada apa saja di klenteng Sam Po Kong ini.

Klenteng Sam Po Kong yang terletak di Simongan, Semarang ini didominasi dengan warna merah. Sebenarnya bangunan inti dari klenteng adalah sebuah Goa Batu yang dipercaya sebagai tempat awal mendarat dan markas Laksamana Cheng Ho beserta anak buahnya ketika mengunjungi pulau Jawa di tahun 1400-an dan didalam Goa Batu tersebut terdapat patung Cheng Ho yang dilapisi emas dan digunakan untuk ruang sembahyang. 

Spiegel Bar & Resto







Sehabis makan siang di sate dan gule kambing 29 yang terletak dekat gereja Blenduk yang terkenal di Semarang itu lalu kami menuju Spiegel Bar dan Bistro yang letaknya pun tidak jauh dari tempat sate, daerah ini bernama Kota Lama Semarang jadi kalau di Jakarta kayak Kota Tua. Di Spiegel Bar & Bistro ini kami janjian dengan teman-teman dari komunitas UploadKompakan yang berdomisili di Semarang, surprise banget disambut sama teman-teman dari Kompakers Semarang sebegitu meriah sampai dibawain bekal dihari pertama kami di Semarang. 

Spiegel Bar & Bistro ini menempati bangunan tua lalu pada tahun 2015 dilakukan restorasi yang cukup lama untuk membangun sebuah cafe seperti sekarang ini dan bangunannya sendiri pun sudah berusia 120 tahun lebih. Spiegel Bar & Resto ini menyediakan menu-menu ala Eropa, bagi saya kemana perginya dan makannya saya harus mencoba kopi didaerah tersebut. Karena waktu siang sampai disana dan Semarang lagi panas-panasnya saya mencoba pesan affogato terlebih dahulu, setelah itu saya pesan hot cappucino untuk menjelang sore hari. Karena cukup lama juga berada di Spiegel Bar & Bistro ini. Karena sudah makan cukup kenyang sebelumnya jadi waktu disini saya hanya memesan minuman saja dan sambil foto-foto bangian dalam Spiegel. 

Nah Spiegel Bar & Bistro ini wajib dikunjungi ya jika ingin melihat bangunannya dan bagian dalam restonya gak kalah menarik loh dari bangunan gedungnya yang sekarang jauh lebih cantik sebelum dilakukan restorasi. 

Pantai Marina dan Mangrove Edu Park





Sorean kita janjian lagi nih kali ini ke pantai Marina dan Marngrove Edu Park, waktu ke pantai Marina ini anginnya super kencang banget dan yang paling menggoda sepanjang pantai banyak tukang jajanan. Pas jalan kaki dari tempat kita parkir mobil sudah tercium aromanya bakso kalau gak inget masih kenyang pasti sudah melipir untuk beli. Karena agak mendung yang ceritanya mau sunsetan gak jadilah malah duduk-duduk aja menikmati si pantai sama foto-foto, lumayan saya suka jadi objek foto. 

Lalu kita menuju Mangrove Edu Park yang tidak jauh dari situ, senang banget waktu tau mau ke Mangrove. Ternyata sampai sana super ramai banget padahal kita kesana bukan weekend tapi ternyata warga Semarang pun menikmati si Mangrove, senang kalau memang warga daerag sekitar juga mendukung pariwisata disana. Waktu si Mangrove tidak terlalu banyak foto-foto karena bocor dimana-mana. 


Pondok Kopi Umbul Sidomukti







Berangkat dari hotel jam 4.30 untuk menuju Bandungan biar bisa lihat sun rise dari sana tapi kita agak telat berangkat harusnya jam 4.00 sudah jalan jadilah kita lihat sun rise sebelum sampai ke Kedai Kopi Umbul SidoMukti, karena saya masih ngantuk jadi waktu beberapa teman turun untuk mengabadikan sun rise lalu saya memilih tidur di mobil. Sesampainya di kedai koppi ternyata mereka baru akan buka jam 8.00 itu pun hanya kopi saja belum ada menu sarapan, tapi sebelum berangkat kita bekal sarapan dari hotel. Sambil sarapan yang dibawa sendiri dari hotel, ngobrol-ngobrol sambil olah raga ala-ala. Jalan melihat sekitaran si kedai kopi dan menemukan beberapa spot foto kece nih. 

Buat yang penasaran coba main deh kesini, masih sejuk banget daerah Bandungan dan yang paling penting tempatnya super kece. Akhirnya kita bisa pesan segelas kopi panas dan saya selalu pesan menu favorit temannya si kopi, pisang goreng. Kedai kopi Umbul Sido Mukti ini merupakan salah satu spot wisata di Bandungan yang tereletak di desa Sidomukti.

Candi Gedong Songo




Yang ini juga termasuk salah satu objek wisata di Semarang, candi Gedong Songo yang terletak di desa Candi. Kita hanya mengeliling candi saja jadi kalau gak salah gak beli tiket macam-macam deh, yang kita beli cuma satu tiket saja karena memang didalam sini banyak sekali aktivitasnya. Waktu kita masuk mau menuju candi pertama banyak sekali yang menawarkan untuk naik kudu agar bisa ke candi kelima karena menurut mereka jauh sekali candinya tapi kita gak ada yang mau karena mau jalan sendiri saja. Waktu kita mendekat ke penginapan pemandangan disini bagus banget dan kita sempat main-main sebentar disana.

Tips nih kalau mau main ke candi gunakan baju senyaman mungkin, alangkah baiknya menggunakan sneakers, bawa kacamata, gunakan topi dan yang paling penting jangan lupa pakai sunblock.

Museum Kereta Api Ambarawa







Museum kereta api Ambarawa adalah sebuah stasiun kereta api yang sekarang di alih fungsikan sebagai museum yang memiliki kelengkapan kereta api yang berjaya di zamannya. Waktu kita main kesini gak terlalu ramai cuma kira-kira ada dua rombongan yang kayak kita dan ada turis asing juga yang main kesini, tapi senengnya waktu foto-foto di gerbong kereta api berasa itu kereta milik pribadi karena cuma kita yang naik-naik sampai dalam gerbong. 

Kampoeng Rawa Ambarawa




Sorenya kita main-main ke Kampoeng Rawa Ambarawa yang letaknya tidak jauh dari dari museum stasiun kereta api Ambarawa, kali ini kita hunting fotonya dipinggir danau, pokoknya seru banget deh liburan waktu itu bersama teman-teman. Kalau main ke rawa ini adalah pengalaman pertama saya main dan hunting foto dipinggir danau.

Kota Lama Semarang





Setelah pagi selesai sarapan, kami semua sepakat main ke daerah Kota Lama Semarang karena disana banyak bangunan-bangunan tua yang photogenic apalagi disana terdapat jalan kecil yang memang sudah tidak pernah dilewat mobil atau pun motor. Yang tidak boleh dilewatkan untuk difoto adalah gereja Blenduk, Gedung Jiwa Seraya, Spiegel Bar & Bistro, Gedung Marba dan banyak bangunan disekitarnya memang juara buat jadi incaran foto. Sehabis motret beberapa gedung disekitaran sana lalu kita jalan kaki sedikit untuk menuju jalan kecil tersebut, Untungnya salah satu teman saya membawa tripod jadi bisa pakai di remote dari handphone deh kalau mau foto versi lengkap, semuanya disini pada punya foto andalan. Paling lama waktunya kita habiskan bermain didalam gang karena efek cahaya matahari dan u

Nah di zaman yang serba mudah seperti sekarang ini semuanya bisa di akses darimana saja, termasuk waktu saya memilih untuk memesan Tiket Pesawat Garuda Indonesia sampai untuk urusan kamar hotel yang mana saya harus pesan sebanyak enam kamar. Karena waktu itu pergi ini hanya direncanakan beberapa minggu dari keberangkatan kami, jadi saya pun memutuskan untuk mencari semuanya di SKYSCANNER kenapa harus pesan disana?



Skyscanner adalah andalan saya banget untuk bepergian yang mengharuskan mencari Tiket Pesawat Garuda, hotel diluar kota dan juga yang gak kalah penting disini kita juga bisa sewa mobil juga. Apalagi seperti saya ini maunya yang serba praktis dan harus terjadwal, jadi semua sudah bisa didapatkan lewat Skyscanner. Selain via website untuk Skyscanner juga sudah bisa di unggah di handpone juga loh, kadang kalau iseng saya suka buka aplikasinya sekalian tes ombak harga tiket pesawat. Enak sekalikan zaman sekarang ini mau traveling saja dimudahkan berkat adanya Skyscanner.

Kenapa pakai Skyscanner?
1. Gratis dan jujur
2. Hemat waktu dan uang
3. Situs travel percaya diseluruh dunia

Kalau saya selain mengakses via website biasanya suka dari handphone juga kalau pas lagi dijalan dan mengharuskan saya mencari tiket pesawat, hotel dan sewa mobil. Kemudahan mengakses lewat handphone karena banyak sekali fitur-fiturnya apalagi ada beberapa fitur baru seperti:
  • Perjalanan akhir pekan - temukan harga tiket pesawat murah untuk liburan akhir pekan.
  • Top Deals - jelajahi penawaran tiket pesawat murah dengan tujuan domestik dan internasional.
  • Pantau Penerbangan - pantau penerbangan sehingga Anda selalu dapat menemukannya dengan mudah nanti.
  • Hotel & Mobil - sekarang disinkronkan secara otomatis dengan penerbangan Anda.
  • Rating penerbangan - dapatkan penerbangan terbaik dengan sistem penilaian yang menggunakan kode warna yang mempertimbangkan faktor harga, jumlah pemberhentian, dan durasi penerbangan.
  • Tips Perjalanan - Selalu tahu harga tiket pesawat termurah, perbedaan waktu, perkiraan waktu ketibaan, dan masih banyak lagi.
Yuk! Rencanakan liburan kalian dengan Skyscanner dan cari semua destinasimu sekarang juga. Dan supaya kamu update tentang Skyscanner bisa juga cek disemua akun social media:

Facebook: Skyscanner
Instagram: Skyscanner
Twitter: Skyscanner

Dear mamih Enjih, uni Dian, mak Renny, Penny, mbak Wenny, teh Hilda, Meena, Devi, Manda, mbak Ienk dan ceu Ame kapan kita menjelajah lagi nih? Gak kangen apa? Happy reading!


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh ID Corners dan Skyscanner.





17 komentar :

  1. Ahh emang seru banget ya kalo piknik bareng, apalgi sama sama hobi motret..Berasa menikmati ikot jalan jalan, palng seneng di pinggir pantaii, huhuu sepoi2..

    BalasHapus
  2. Itu cewe semua mba,ga da cowo

    Super wonderwomen nniihh

    BalasHapus
  3. Aku suka banget sm kota semarang. Selain kuliner nya Enak2, Daerah nya pun nyaman buat aku mbak. Rindu deh mw ke Semarang lagi

    BalasHapus
  4. Fotonya keren-keren. Jadi penasaran sama semarang :)

    BalasHapus
  5. wahh asik banget ya traveling sambil hunting foto bareng yaa..
    seru-seru banget euy..

    BalasHapus
  6. Sy nyesel banget kemaren g sempat singgah ke lawang sewu pas di semarang. Liat ini jadi ngiri euy. Kekurangab waktu soalnya. Hiks. Smg bs jalan2 lagi kesana. Nice info nih tempat2 kecehnya. :)

    BalasHapus
  7. Wah asik banget nih bisa sambil hunting foto buat stok feed instagram hehe.. Di Bengkulu blm ada komunitas begini, semoga kedepannya bisa ada nih

    BalasHapus
  8. Seru pastinya kalau perginya sama teman2 yang satu hobi. Apalagi perginya ke lokasi yang bisa buat hunting foto ya mbak :D

    BalasHapus
  9. Aaaah dulu ke Semarang kayaknya belum sempat ke tempat-tempat kece ini. List ah biar nanti jalan-jalan ke sana. Keren foto2nya, Mbak. Salam kenal.. ^_^

    BalasHapus
  10. Serunyaa liburan bareng bareng ...
    Pasti heboh suasananya, apalagi cewek semua ya, kak 😁

    Para cowoknya pada kemana, kok ngga ikut, kak ?

    BalasHapus
  11. keren juga semarang ya, bagus foto-fotonya mbak

    BalasHapus
  12. enaknya pakai skyscanner kita bisa langsung tahu perbandingan harga tiket, jadi yang terendah yang mana tinggal klik hehe

    BalasHapus
  13. Di semarang ternyata banyak tempat wisata yang Instagramable juga ya.

    BalasHapus
  14. Banyak banget yang bisa di-eksplor di Semarang dan sekitarnya. Seru deh lihat emak-emak motret. Eh trus siapa yang motret saat kalian foto rame-rame?

    BalasHapus
  15. Keren dan kompak banget ya Mba, semoga tetep kompak selamanya ya.....

    BalasHapus
  16. Wih.. seru banget Mbak.. jalan-jalan rame-rame.. saya kalo ke Semarang, gak ada agenda jalan-jalan sih..

    BalasHapus
  17. duhhh fotonya kece-kece banget ya mbaaa, apalagi yang di Spiegel itu suka dehh....kayak di akun flatlay-flatlay gitu hihihi

    BalasHapus