Hidup Enak Dengan Cemilan Sehat dari Soyjoy


Siapa disini yang gak suka ngemil? Belum lagi kalau liburan bareng sama teman-teman, dijamin sering ngemil karena terbukti sama saya selama melakukan perjalanan bersama teman-teman.pasti kalau yang satu ngunyah maka yang lainnya ikutan ngunyah. Tapi hati-hati ya dengan apa yang kita konsumsi karena kadar gula dalam makanan sangat bahaya untuk tubuh kita kalau tidak dikontrol. 

Nah gimana caranya kita ngemil tapi tetap bisa hidup enak? Iya hidup enak... tanpa mikir bakal kena diabetes, tanpa takut obesitas, tanpa takut kena penyakit lainnya. Sebenarnya ada cara mudah untuk bagaimana kita mengetahui bahwa kita bisa berpotensi terkena diabetes, dengan cara mengukur lingkar pinggang dan yang normal adalah 4jengkal kebetulan saya hampur 5 jengkal kalau mencoba mengukur jadi harus hati-hati juga nih.


Pada kesempatan siang itu mbak Seala Septiani, S.Gz, M.Gizi memberikan sharing kepada teman-teman Blogger Perempuan mengenai Diabetes. Yang tanpa sadar ini bisa menjadi menyeramkan jika kita tidak  mengubah pola hidup sehat. Lima penyebab kematian di Indonesia adalah kanker, jantung, stroke, diabetes dan TBC. Penyebab utama dari penyakit tersebut adalah kelebihan berat badan atau obesitas. Untuk mengetahui apakah ukuran ideal tubuh kita bisa menghitungnya dengan rumus sebagai berikut:


Nah... gimana hasilnya? Untuk hasil Body Mass Index (BMI) pada orang Asia normalnya 18,5 - 24,9 kalau hasilnya ternyata melebihi ini maka harus berhati-hati ya karena kemungkinan besar kamu masuk kategori obesitas. Perempuan di Indonesia adalah penyumbang terbesar obesitas dan diabetes dan Indonesia masuk dalam urutan kelima untuk diabetes dan obesitas. Beruntungnya nih waktu saya ikutan seminar di Kemenkes saya sempat mengecek kadar gula darah juga, alhamdulillah masih normal tapi saya tidak boleh berbangga diri dulu siapa tau kalau saya tidak menjaga makan bisa jadi saya merupakan penyumbang diabetes untuk kalangan perempuan.

Di Indonesia faktanya oleh lebih senang menimbun karbo, kenapa begitu? Karena orang Indonesia kebanyakan berasumsi "kalau belum makan nasi, ya belum makan" dan menurut hasil survey dari Beritagar bahwa konsumsi nasi di Indonesia terus bertambah. Yakin kalau konsumsi karbo berlebih tidak menyebabkan diabetes?

Lalu bagaimana solusi untuk mencegah diabetes? 
  • Perbaiki pola makan: Kurangi Karbo!
  • Manajemen snacking
  • Pastikan bergerak minimal 150 menit perminggu

Mengapa kita harus fokus pada karbohidrat?
  • Diet tinggi karbohidrat dengan menu kentang, nasi, roti sama dengan resep menuju Diabetes Mellitus tipe 2.
  • US dan New Zealand malakukan diet rendah karbo untuk menurunkan berat badan lebih besar daripada diet lainnya.
  • Tetap mengkonsumsi karbohidrat dengan dominasi tinggi serat, membantu untuk menurunkan berat badan.
Berapa konsumsi karbo yang kita butuhkan? Idealnya untuk berat badan normal: 250 - 300 gr karbohidrat, berat badan lebih: 150 - 180 gr karbohidrat dan untuk orang diabetes: 100 - 150 gr karbohidrat. 

Untuk mengetahui kalau kita berpotenti terkena diabetes atau tidak, mudah saja. Kita tinggal mencoba 4 jengkal movement. Sebuah langkah yang bertujuan untuk mengetahui secara dini penyebab terjadinya diabetes. Caranya, cek lingkar pinggang kita, hanya dengan 4 jengkal, tentunya 4 jengkal tangan.



Memulai hidup sehat atau mengatur pola makan menurut saya gampang-gampang susah nih, karena kalau keluar rumah ada saja godaannya. Belum lagi kalau ada acara diluar, itu makanan manis suka dadah-dadah kalau pas dilewatin kan? Hidup sehat itu perlu niat dari diri sendiri dan jangan sampai nunggu sakit.

Mengatur pola makan sehat ini sangat penting untuk kita bisa hidup enak, siapa sih yang gak kepengen hidup enak? Kita perlu mengatur pola makan sehat dengan:
  1. Jumlah makanan yang dikonsumsi mencukupi, seimbang antara yang kita keluarkan dan kita asup.
  2. Berasal dari sumber yang baik dan terjamin mutunya, serta memenuhi ketentuan proporsi gizi seimbang antara karbohidrat, protein dan lemak. Komposisi yang disarankan adalah 55 - 65 % karbohidrat, 10 -15 % protein dan 25 - 35 % adalah lemak baik.
  3. Jadwal makan teratur, ini penting banget apalagi buat yang memiliki kegiatan super aktif.



Sekarang ini saya suka bawa cemilan nih kemana-mana, iya saya suka bawa SOYJOY dan paling suka yang coklat ini walau sekarang ini ada varian baru Crispy Vanila yang gak kalah enak sama Soyjoy cokelat. Karena saya kan suka ngemil jadi sekarang ini mencari cemilan yang sehat juga dong.

Sebagai The King of Beans, kedelai memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Kedelai bersifat unik, karena merupakan sumber protein (38%) maupun serat (18%) yang baik bagi kesehatan. Protein kedelai yang dikonsumsi secara tradisional atau sebagai ingredien dalam pangan, telah secara nyata memberikan kontribusi untuk menanggulangi masalah kekurangan protein di masyarakat. Banyak studi klinis maupun edidemiologis yang telah dilakukan selama 35 tahun terakhir ini menunjukkan pentingnya kedelai untuk kesehatan dan pencegahan berbagai macam penyakit. 

Penelitian-penelitian mutakhir membuktikan bahwa kedelai dan produk-produk hasil olahannya mempunyai sifat lipokolesterolemik (menurunkan kadar kolesterol) dan bahkan antikarsinogenik. Serat yang terkandung dalam kedelai membuat kedelai termasuk makanan yang rendah glikemik indeks, memperlihatkan dapat memperbaiki toleransi terhadap glukosa dan respon insulin pada pasien diabetes. Selain itu, kedelai juga memberikan pengaruh positif terhadap osteoporosis dan mengurangi gejala-gejala menopouse. 


Soyjoy merupakan pelopor snack sehat yang terbuat sepenuhnya dari kedelai. Kedelai sebagai bahan dasar memiliki kandungan serat dan protein yang tinggi. Soyjoy juga dibuat tanpa pemanis buatan dan tanpa pengawet. 
Soyjoy termasuk dalam kategori snack low GI sehingga mampu memberikan rasa kenyang lebih lama dan membuat nafsu makan terkendali. Waktu yang disarankan untuk mengonsumsi Soyjoy adalah 2 jam sebelum makan besar sehingga bisa membantu mengurangi porsi karbohidrat berlebih.

Soyjoy sebagai snack sehat memiliki kemasan praktis, mudah dibawa dan tidak merepotkan. Cocok dengan gaya hidup kita, masyarakat urban yang serba cepat. Perpaduan rasa yang unik dari kedelai dan buah dalam Soyjoy tersedia dalam 5 varian rasa yaitu: Almond & Chocolate, Banana, Raisin Almond, Strawberry, dan Hawthorn Berry. 

Yuk sayangi tubuh dengan hidup enak dengan mengonsumsi cemilan sehat dari Soyjoy.



Happy Reading!




















Tidak ada komentar