Kuliner Wajib di Cirebon


Bepergian keluar kota tentunya kita akan mencari kuliner khas daerah tersebut, apalagi di Indonesia. Banyak sekali makanan khas daerah dari Indonesia ini, setiap kota memiliki ciri khas makanan utamanya. Seperti halnya dengan Cirebon yang terkenal dengan kota udang, kota petis dan kota wali.

Tapi untuk saya sendiri kalau ke Cirebon malah tidak pernah membeli udang atau petis, yang saya cari adalah makanan yang khas didaerah itu. Apalagi kalau perginya hanya 1 atau 2 malam jadi harus banget nih nyobain kulineran. Waktu saya ke Cirebon beberapa waktu lalu dengan teman-teman dari komunitas UploadKompakan saya menyambangi beberapa tempat makan.

Empal Gentong - Bu Darma


Ini merupakan makanan yang harus banget dicoba kalau ke Cirebon, kalau saya selalu mampir ke Empal Gentong bu Darma karena ini paling enak dari semua empal gentong yang ada di Cirebon. Tempatnya dipinggir jalan dan bukan restoran ya, karena ini semacam kedai biasa banget tapi punya cita rasa makanan yang enak banget. Disini cabai bubuknya beda dengan beberapa empal gentong yang sudah pernah saya sambangi, selain kuahnya yang lekoh banget ini kalau ditambahkan taburan bubuk cabai jadi lebih nikmat.

Selain bu Darma, untuk empal gentong yang terkenal juga ada haji Apud, empal gentong Amarta, empal gentong Krucuk. Untuk bu Darma ini letaknya di jalan P. Diponegoro No.21 Kesenden.


Nasi Jamblang - Bu Nur


Selain si empal gentong, ada lagi nih yang wajib disambangi kalau ke Cirebon. Nasi jamblang Bu Nur. Kalau saya sebenarnya suka mampir ke bu Nur yang menurut saya lauknya lebih banyak dan juga enak. Favorit saya kalau makan di nasi Jamblang harus banget tuh makan si perkedal kentang, ini enak banget loh beneran.

Sepiring biasaya menu saya selalu sama kalau makan di nasi Jamblang, 1 porsi nasi yang ukurannya sekepal tangan orang dewasa, perkedel kentang minimal saya makan 2 tapi suka nambah lagi kadang bisa 5 biji makannya, balakutak atau cumi hitam yang menjadi lauk andalan di nasi Jamblang, pepes tahu, sate-satean dan sambal. Makan yang begini nih bikin menggugah selera kan? Lupakan diet dan nikmati kulineran, hahahahahaa...

Nasi Jamblang selain bu Nur juga ada nasi Jamblang mang Doel yang juga sama-sama enak, kalau saya favorit banget sama bu Nur tapi kemarin pas ke Cirebon saya dan teman-teman makannya di nasi Jamblang mang Doel.


Docang - Ibu Kapsah



Kalau pagi cobain deh sarapan Docang ibu Kapsah, letaknya di jalan Kendrunan 4 beruntung banget pas sampai di Docang Ibu Kapsah ini belum kehabisan karena biasanya kalau weekend suka laris banget. Ada yang tau Docang? Docang juga salah satu makanan khas Cirebon, yang merupakan perpaduan antara lontong, daun singkong, toge, dage dan kerupuk. Sementara kuah Docang itu terbuat dari ampas tahu yang dicampur dengan sedikit bungkil kacang tanah. dan dicampur dengan parutan kelapa.

Saya biasanya kalau keluar kota jarang banget sarapan di hotel karena ingin mencari sarapan khas daerah yang saya kunjungi. 


Nasi Lengko dan Sate Kambing - H. Barno



Kalau mau makan siang mampir ke nasi lengko Haji Barno ya, ini juga salah satu makanan khas Cirebon. Awalnya agak aneg sih denger nama menunya, nasi lengko. Nasi Lengko ini terletak di jalan Pagongan No.15B. Kalau nasi Lengko ini menurut saya mirip dengan nasi pecel, walau memang nyatanya pun ini bukan nasi pecel.

Apa sih isi nasi Lengko? Nasi Lengko ini berisikan nasi, tahu, toge, timun dan daun bawang yang dicampur dengan bumbu kacang dan diberikan kecap sedikit. Rasanya enak banget ini dan biasanya saya bersama teman-teman kalau menikmati nasi Lengko ini ditemani oleh sate. 



Nah ini sate kambing yang biasa dimakan bersama dengan nasi Lengko, jadi Haji Barno tidak hanya menjual nasi Lengko saja. Ada sate kambing juga yang menjadi favori para pengunjung disana, terbukti dengan saya dan beberapa teman yang memesan nasi Lengko dan sate kambing. Seingat saya untuk 1 porsi sate kambing sekitar Rp 40.000,- 

Kalau yang malas makan nasi Lengko bisa pesan sate kambing sebagai salah satu alternatif pemesanan makanan. Tapi kalau saya sih tetap pesan keduanya, jangan sampai penasaran.

Nah itu tadi kulineran wajib di Cirebon dan yang harus banget dicobain ya, karena ini semuanya enaaaaakkkkkk... Sekarang kalau ke Cirebon lebih cepat loh semenjak ada tol baru, gak baru-baru banget juga sih tolnya. 

Jangan lupa kulineran ya kalau lagi keluar kota.

Happy reading!

48 komentar

  1. Wahh aq sk bngt nih empal gentong, klo disekitaran baru Nemu yg enak di area cfd FX..duhh pgn bgt nyobain nasi Jamblangnya mba chichie..jd mupeng pgn ke Cirebon :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cus ke Cirebon yok kita kulineran mbak Ri, di GBK ada langgananku empal gentong kalau habis lari biasanya suka makan empal gentong atau ketupat sayur padang. Hahahahaaa

      Hapus
  2. Waduh jadi laper lihat kuliner Cirebon. Memang kuliner khas dari setiap daerah itu punya ciri khas sendiri. Sering dengar Nasi Jamblang tapi belum pernah nyobain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nasi jamblang sebenarnya bisa dibuat sendiri tapi nyari daunnya yang belum pernah ketemu sih kalau di Jakarta. Enak makan ke Cirebon langsung sih kalau kata aku sambil liburan

      Hapus
  3. makanan cirebon baru ketemu empal gentong,, lainnya belum..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh dicobain mas kalau pas ke Cirebon pas ketagihan deh sama kulinernya

      Hapus
  4. aduh aku mendadak lapaaaar hahahah Cirebon memang selalu jadi surga kuliner banget ya mbak, udah lama aku juga ngak ke sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, kuliner dari setiap daerah itu memang selalu ngangenin apalagi kalau pas di lidah kita.

      Hapus
  5. Saya penasaran sama docang, apakah semacam ketoprak? Sepertiny tekstur kuahnya lebih encer ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya lebih ke ketupat sayur sih, karena kuahnya encer banget dan enak banget. Apalagi kalau makannya pakai kerupuk

      Hapus
  6. Pas mampir ke Cirebon rasanya perutku ga punya tempat lowong lagi. Penuh sama makanan semuanya. Hahhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya gak bisa satu malam ya buat nginep di Cirebon biar bisa nyobain semua kulinerannya

      Hapus
  7. Akoo suka semuaaanyaaa Mba Chie..
    Dan di Bandung ada khusus tempat makanan Cirebonan, aku sering ke sanaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ada juga di Bandung teh? Aku mah kalau ke Bandung kudu harus makan iga bakar si jangkung itu, paling enak makan ke Kios K sih

      Hapus
  8. Naaah pas nih. Lum pernah ke cirebon n artikel ini jd bermanfaat.. rencana ksana mau keretaan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keretaan enak kok terus disana bisa pakai kendaraan online deh mau kemana-mana

      Hapus
  9. Aku belum pernah ke cirebon. Tapi bayangin kulinernya koq jd pengen ya ke sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Diah harus cobain tapi beberapa makanan khas Cirebon ada di Jakarta walau tetep saja enak di daerah asalnya.

      Hapus
  10. Aku baru nyobain empal gentong Amarta, pingin nyobain di tempat lain juga jadinya.. Selain empal gentong, aku suka banget empal asem mba.. Segeeer.. Nasi lengko juga belum nyoba nih.. Jadi pingin brb ke Cirebon lagi.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah yang empal asem aku belum pernah nyobain nih, nanti kalau ke Cirebon mau nyobain juga ah.

      Hapus
  11. juara semua ini ya klo ke Cirebon nyaaak
    aku docang belum pernah hiihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Docang enak Ci, ini tau docang karena diajak sama mbak Ienk waktu main kesana. Duh jadi kepengen makan ini

      Hapus
  12. Semakin penasaran sama nasi jamlangnya cirebon. Kapan yak bisa nyicip.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dibikin sendiri tapi yang susah nyari daunya sih, heheheheee...

      Hapus
  13. Sebelum ramadan ke Cirebon. Udah makan semuanya. Termasuk juga juga ketan bumbu yang lagi Happening.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah aku belum nyobain si ketan bumbu yang happening itu mbak Gita, ah jadi tambah penasaran dan ingin mencoba

      Hapus
  14. Baru ngerasain Nasi Jamblang Bu Nur. Wah... empal gentongnya menggiurkan bgt dibaca siang2 gini saat puasa ya. Hmm...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau nanti ke Cirebon lagi harus nyobain beberapa kulinernya mas

      Hapus
  15. Pengin banget deh nyobain empal gentongnya. Penasaran banget mbak sama rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang pasti empal gentongnya lebih enak sih di Cirebon walau kadang di Jakarta misalnya juga ada agak beda dikit

      Hapus
  16. Cirebon kaya kuliner, saya pernah kulineran

    BalasHapus
  17. Sate kambing muda nya itu loop, klo ke Cirebon. Maknyus

    BalasHapus
  18. hmm kemaren kok ga ngajakin kita sihh mba cici

    BalasHapus
  19. Yang belum pernah kucobai itu docang. Favoritku nasi jamblang dengan cumi hitam.

    BalasHapus
  20. aduh kak chichie, artikelnya bikin aku kangen cirebon. empal oh empal, itu makanan berkuah terlezat yang pernah aku coba... apalagi panas dan pwedessss

    BalasHapus
  21. Dari sekian banyak kuliner yang disebutin di atas, aku cuma pernah nyoba empal gentong, yang lainnya blm pernah. Pertanda harus balik lagi ke sana niihh ��

    BalasHapus
  22. oalaahh itu nasi lengko sama satenya bikin ngilerrr.. jadi pengen ke cirebon

    BalasHapus
  23. Aku jadi pengen ke cirebon kalau lihat postingan ini, biasanya cuma lewat saja ke cirebon kalau mau ke tegal

    BalasHapus
  24. Jadi kangen sama nasi jamblang

    BalasHapus
  25. Kuliner cirebon emang enak-enak semua ya...aku suka nasi jamblang dan empal gentongnya...rasanya manteepp. Makasih referensinya ya.

    BalasHapus
  26. Kampung nenekku di cirebon tapi belum pernah kulineran gini dong hahaha parah bangetlah aku

    BalasHapus
  27. Aku belu sempat makan docang. Ntar deh, kalau sempat ke Cirebon lagi... tks infonya...

    BalasHapus
  28. Mudik kali ini bakal lewat Cirebon. Mau ah kuliner di sana.

    BalasHapus
  29. Nasi lengko, jadi keinget pas zaman kuliah suka makan ini. Pengen cobain nasi jamblang dan empal gentong asli cirebon

    BalasHapus
  30. Siang-siang puasa baca ini ko jadi gimana ya hahaha...

    BalasHapus
  31. Nasi lengko dan docang aku belum pernah nyobaaaa.. klo empal gentong aku doyan bangett. Hihii. Kuliner cirebon tuh menarik semua ya mbak.

    BalasHapus
  32. makanan favorit semua nih, tiap mudik ke pekalongan pasti mampir keliling ke cirebon bentar, nah dari sekian menu di atas paling suka nasi jamblang

    BalasHapus