social media sidebar

Senin, 14 Mei 2018

Pola Makan Sehat di Bulan Ramadhan dengan Penyimpanan Yang Pintar




Sebentar lagi akan memasuki bulan ramadhan, pasti sudah pada mempersiapkan segalanya. Biasanya kalau saya langsung ngelist menu untuk berbuka dan sahur, biar tertata rapih aja dan tau asupan selama bulan ramadhan. Karena dulu saya masih bekerja jadi list ini wajib saya buat agar memudahkan saya untuk berbelanja kebutuhan selama bulan ramadhan. Ada gak sih yang sama kayak saya gini?

Kalau tahun lalu ngabuburitnya dikantor sama teman-teman, tahun ini ngabuburit dirumah bisa sambil bikin cemilan untuk berbuka. Karena anak saya belum mulai berpuasa jadi selain menyiapkan santap sahur dan berbuka, saya juga harus menyiapkan makan untuk anak saya. 

Minggu lalu saya bersama teman-teman dari Blogger Crony berkesempatan hadir di acara Woman Talk bersama Polytron dengan tema "Healthy Plan For Ramadhan" cocok banget kan temanya dalam menyambut ramadhan. Penasaran banget kan apa saja makanan yang baik dan harus dihindari selama bulan puasa?  

Jocevlyn Halim, Diana dan Fifi Alvianto
Siang itu diawali dengan talkshow mengenai Healthy Plan for Ramadhan yang dibawakan oleh Jocevlyn Halim dari Klinik Medifit, mbak Diana dan Fifi Alvianto.

Dengan berpuasa kita mendapatkan beberapa manfaat seperti: 
  • Membentuk pola makan sehat
  • Mengistirahatkan sistem pencernaan
  • Meningkatnya sistem imun
  • Menurunkan kadar insulin, gula darah, kolestrol, dan trigliserida
  • Kerja hormon ghrelin lebih efektif
Selama berpuasa baiknya kita makan seimbang dan sesuai dengan porsi yang sesuai dengan pedoman Departemen Kesehatan Republik Indonesia, dengan banyak konsumsi sayur dan buah. Selama berpuasa hendaknya membatasi konsumsi gula, garam dan minyak,

Saat sahur ada baiknya kita makan dengan gizi seimbang, minum air putih minimal 2 gelas, dan perbanyak asupan serat yang bisa didapatkan dari buah dan sayur. Dan usahakan konsumsi makanan sahur 30 menit sebelum imsak. Sementara jangan mengkonsumsi makanan pedas dan berlemak tinggi karena dapat menimbulkan rasa tidak nyaman untuk perut kita. Makanan yang terlalu asin dan minuman soda dapat menimbulkan rasa haus dan dehidrasi.

Pola makan saat berbuka puasa dimulai dengan minum air untuk mengembalikan cairan tubuh, berbuka dengan porsi kecil untuk menghindari sakit perut, kalau saya selalu bawa kurma dalam wadah kecil yang selalu saya bawa kemana-mana dan biasanya saya makan 3 - 4 buah kurma setelah berbuka. Nah kadang kalau udah buka pakai kurma saya merasa jadi kenyang palingan untuk makanan utama bisa suka saya ganti hanya makan sayur atau buah saja. 

Siapa yang kalau buka puasa suka makan gorengan? Ini nyaris banyak orang suka konsumsi, padahal makan gorengan atau makanan berminyak tidak baik bagi tubuh. Hindari minuman yang terlalu manis dan berlebihan karena dapat menyebabkan berat badan malah naik loh?!

Sementara Fifi Alvianto juga sharing mengenai kebiasaan "foodprep" ini juga sudah saya lakukan dirumah karena mempermudahkan saya pada saat masak sih dan tanpa kita sadari dengan menggunakan metode ini juga dapat menghemat loh. Kalau kita sudah melakukan kebiasaan ini kita juga bisa menjalani pola hidup sehat. Selain itu, tips jitunya adalah jangan simpan makanan di kulkas dalam kondisi masih panas. Tunggu dingin seperti suhu ruangan. Ini akan membuat uap air makanan keluar, sehingga makanan tak lembab dan tak cepat rusak.

Fifi Alvianto juga menyarankan untuk membedakan setiap wadah foodprep agar lebih enak dan gampang untuk mengetahuinya. Misal untuk sayur-sayuran dengan menggunakan wadah berwarna hijau, lauk dan bahan bumbu-bumbu menggunakan wadah berwarna putih. Oh ya, jangan takut untuk kandungan nutrisinya ya karena kalau kita tepat dalam menyiapkan bahan makanan sebelum dimasak dan pastikan juga tempat penyimpanan kita bersih. Dan pastikan juga kulkas kita dalam kondisi bagus untuk suhu dinginnya.


Selain talkshow tentang pola makan sehat selama bulan ramadhan,  juga ada talkshow tentang Healthy Snack kali ini mbak Joanita Ary pemilik Healthy Catering Kangen Langsing sharing mengenai pembuatan Chia Seed Puding dan kita juga diajak untuk membuat sama-sama topingnya. Mbak Joanita selalu membuat sendiri almond milk miliknya. Untuk membuat Chia Seed Puding siapkan beberapa bahan seperti, chia seed yang bisa didapatkan di toko-toko yang menjual makanan sehat, almond milk yang dibuat sendiri oleh mbak Joanita, yang terakhir jangan lupa untuk buahnya sebagai pemanis.

Yang seru itu adalah saat kita semua diajak untuk membuat toping pada masing-masing puding yang sudah dibagikan, jujur saja saya kalau disuruh styling itu suka bingung dan emang belum biasa mungkin. 


Taddddaaaaaaa... Ini adalah hasil karya saya siang itu, untuk chia seed pudingnya sudah jadi dan dibagikan ke kita satu persatu lalu tinggal hias saja deh, jangan ditanya apa nama styling yang ini karena ini dengan ide kepepet pas dimeja  saja. Lebih senangnya lagi adalah saya sebagai salah satu pemenang untuk menghias si chia seed ini. Oh ya ada cerita lucu dibalik Chia Seed Puding ini karena setelah foto bersama dan saya kembali ke meja dan saya tidak menemukan punya saya ini tapi beruntungnya sudah saya foto cantik dulu ini styling ala-ala.

Kalau tadi kita sudah bahas tentang pola makan sehat, foodprep dan cara membuat healthy snack yang mana dari semua itu kita butuh tempat penyimpanan yang bagus dan baik. Apalagi kalau menyimpan bahan - bahan makanan butuh banget yang namanya kulkas. Belleza 3 dari Polytron dengan perpaduan kesempurnaan yang memukau. 


Belleza 3 dari Polytron


Ada pak Sugiat dan mbak Shasa dari Polytron yang akan menjelaskan sekaligus menjawab semua pertanyaan seputar Belleza 3 dari Polytron. Dan sebagai informasi bahwa Polytron adalah produk asli dari Indonesia, keren banget kan? Kalau tadi diawal kita sudah membahas semua tentang pola makan sehat selama menjalankan ibadah puasa, foodprep dan pembuatan healthy snack. Dan ini semua pasti membutuhkan tempat penyimpanan yang tepat dong? Apalagi kalau menyimpan buah dan sayur.



Waktu saya datang memasuki lantai 2 di Tanamera Coffee pas lihat kulkas Polytron Belleza 3 ini langsung jatuh cinta karena warna hitam dipadu dengan list gold pada sisi kiri bukaan pintunya bikin Polytron Belleza 3 ini lebih terlihat elegan dan sempurna. Dan dia memiliki ruang penyimpanan buah dan sayur tersendiri untuk menjaga kualitas penyimpanan.


pic from webiste Polytron

POLYTRON BELLEZA 3 dengan unsur ‘Zen Design’ merupakan keseimbangan antara penyempurnaan interior dan eksterior dengan sentuhan desain Borderless dan pilihan motif baru yang lebih memukau. Kalau disuruh milih sih aku pilih warna hitam karena sesuai dengan dapurku yang bertema Scandinavia. Belleza 3 ini hadir dengan 2 ukuran kapasitas diantaranya 240 liter dan 210 liter.

Spesifikasi Polytron Belleza 3
  • Type: Double doors
  • Capacity: 240 liter dan 210 liter
  • Finishing door: Tempered Glass Door
  • Power Input: 115 watt
  • Voltage Ipunt: 220 v / 50 Hz
  • Refrigerant: R600a
  • Dimension: 568 x 602 x 1609 mm
  • Nett Weight: 60 kg
  • Warranty Compressor: 10 Years

pic from website Polytron
Selain dengan warna-warnanya yang menawan, Polyton Belleza 3 ini memiliki keunggulan sebagai berikut:
  • Shielded Moisture Compartment, mampu mencegah udara luar masuk ke dalam wadah penyimpanan buah sehingga buat tetap segar 2x lebih lama dan tidak cepat keriput
  • Humidity Control Crisper, yang memiliki pengatur tingkat kelembapan sehungga sayuran segar 2x lebih tahan lama tetap segar dan tidak cepat keriput.
  • Photocatalytic Deodorizer, dilengkapi dengan deodorizer yang berfungsi untuk menyerap dan menetralkan bau tidak sedap. Terbuat dari bahan berkualitas tinggi yang bisa dicuci dan digunakan kembali.
  • Tapilan lebih terang, lebih mewah karena dilengkapi dengan lampu LED terang lebih merata serta hemat energi sampai 70%.
  • Bebas rasa khawatir, karena Polytron selalu berkomitmen untuk memberikan kesegaran bagi Anda dan keluarga, dengan memberi garansi selama 10 tahun untuk kompresor Belleza 3
pic form instagram Polytron
Menjelang bulan ramadhan apalagi kita bakal disibukan untuk persiapan menu berbuka dan sahur, apalagi kalau didukung dengan kulkas yang tidak hanya menjanjikan dingin saja tetapi juga kualitas makanan, sayur, buah dan lauk yang akan kita simpat tetap berkualitas, Polytron Belleza 3 bisa menjadi pilihan untuk dirumah. 

Daripada penasaran mending buruan deh pesan langsung ke Polytron Store disana kita bisa juga kok langsung memilih warna kulkas sesuai dengan warna favoritmu. Untuk pembelian area Jawa dan Bali ada free ongkir loh, lumayan kan? Selain harga yang terjangkau dan gak bikin bokek dompet, makanan yang kamu simpan tetap terjaga. 

Happy Reading...

12 komentar :

  1. Asik ya mbak acaranya. Ngomong-ngomong aku jarang bikin foodprep karena sayur tiap hari beli. Yang nyimpen cuma ikan, ayam dan yang masuk freezer. Palingan foodprep itu cabe, tomat. Tapi kalo mau puasa gini, trus aku ngerasa perlu banget. Hihihi. Kudu aku atur ini mbak, supaya memudahkan memasak terlebih pas sahur :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya saya pun baru kok menjalani foodprep ini sebenarnya berawal waktu masih ngantor biar gak ribet pas mau masak dipaginya.

      Hapus
  2. Penasaran banget pengen nyoba food prep ini secara aku kerja pastinya sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, waktu pas kerja kebantu banget bikin foodprep dan bisa hemat loh

      Hapus
  3. warna hitam+silver cakep ya ..

    BalasHapus
  4. warnanya cakep cakeeeep yaaaa. Dan aku setup, penyimpanan yang baik akan sangat membantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak, apalagi perempuan kan gak bisa banget liat kulkas kosong

      Hapus
  5. Food Prep ini memang helpful banget, even masih single... hahaha, hemat dan lebih ter-organized ya, Mbak. Naksir sama Belleza 3 yang punya dua compartment... ��

    BalasHapus