social media sidebar

Minggu, 06 Mei 2018

Sehat Dan Cantik Kebutuhan Wanita Masa Kini


Wanita kalau sudah berkumpul bersama teman-temannya pasti yang diomongin gaya hidup, berat badan, skincare, asupan tambahan, merencanakan hidup sehat yang rencana harus dijalankan bareng-bareng karena biar sama-sama sehat, pokoknya apa-apa harus barengan deh. Apa lagi pada sekarang ini hidup sehat dan skincare termasuk kedalam lifestyle. Tapi yakin kalau apa yang kita makan sudah seimbang dari segi nutrisi? pemakaian produk perawatan dan pilihan gaya hidup yang tepat akan membantu meningkatkan kualitas kecantikan serta kesehatan dari dalam hingga luar.

Kalau kata saya "cantik itu dirawat bukan diedit" atau "mau sehat itu bukan diet mati-matian tapi konsumsi makanan dan minuman yang sehat" Tapi saya merasakan kok setelah umur 30 tahun kalau makannya gak dijaga jadi payah banget badannya, bawaannya kalau gak malas ya ngantuk. Padahal menurut saya pola makan saya bukan yang gila-gilaan, masih normal banget tapi saya sadar pasti ada yang salah sama pemilihan makanannya. Saya masih suka jajan tuh tanpa memikirkan efeknya untuk tubuh saya.

Padahal normalnya pada wanita itu sehari harus mengkonsumsi 2.000 kcal/day dan untuk laki-laki 2.600 kcal/day. Tapi saya nih kadang tipe yang malas banget buat ngitungin itu semua, pokoknya sekarang ini beneran lagi menata kembali hidup sehat yang sudah pernah saya jalankan.

Bagaimana proses pencernaan dan penyerapan makanan dalam tubuh?
  • Makanan diolah menjadi lebih kecil untuk dicerna 
  • Makanan diteruskan kesaluran pencernaan
  • Makanan diserap via jaringan saluran pencernaan untuk diteruskan ke aliran darah
  • Komponen yang baik dan tidak baik bagi tubuh dapat dicerna (serat) dimakan oleh bakteri baik untuk membuat senyawa asam
  • Kuman dari kehidupan sehari-hari dan makanan masuk ke saluran pencernaan
  • Pestisida, antibiotik dan racun lain masuk dari mulut kita dan masuk ke saluran pencernaan. Ini dapat menyakiti bakteri baik dan menghambatu komponen baik ditubuh
Hal-hal berikut yang dapat mendukung usus menjadi sehat:
  • Makanan dan minuman kaya probiotik
  • Probiotik, serat dan karbohidrat komplex (tidak dicerna sempurna)
  • Masa ketika pencernaan tidak bekerja
  • Kebahagiaan
  • Makanan rendah gula dan mudah dicerna
  • Bebas toxin (racun)
  • Tinggi kandungan air




Ada yang sudah tau tentang FIB sebelumnya? Kebetulan banget nih saya waktu itu bisa hadir untuk diacara "Beautiful Me Inside Out" dari FIB dan dr.Care. Dari permasalahan pencernaan yang sempat dibahas diatas, FIB hadir untuk menjadi minuman prebiotik dan probiotik dalam bentuk serbuk yang bisa disajikan dengan air dingin. FIB hadir dengan rasa mangga dan lemon yang menjadi satu dalam sekali penyajian.

Apa yang dimaksud dengan probiotik dan prebiotik?
Probiotik adalah mikroorganisme baik yang hidup di dalam tubuh kita, terutama didalam pencernaan. Sebanyak 70% probiotik didalam tubuh kita ditemukan di usus, bermanfaat menjaga ekosistem saluran pencernaan. Manfaat lainnya termasuk menjaga kestabilan tubuh dalam menyerap nutrisi dan mencegah infeksi.

Prebiotik adalah golongan tumbuhan berserat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh, tetapi berperan penting sebagai sumber makanan bakteri baik (probiotik) yang ada diusus. Faktanya, tanpa prebiotik, probiotik tidak dapat bekerja maksimal. 

Dengan mengkonsumsi FIB kita sudah dapat:
  1. Mengontrol nafsu makan dan menghindari obesitas
  2. Menjaga keseharan lambung dan usus
  3. Melancarkan pencernaan dan pencegahan kanker usus
Sementara FIB memiliki tiga konsep diantara lainnya adalah:
  1. Detoksifikasi, mengikat racun, logam berat, lemak jahat, protein berlebih dan gula berlebih.
  2. Nutrisi, memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, air dan antioksidan
  3. Metabolisme, menyerap nutrisi yang didapatkan dari makanan, air dan nutrisi penunjang/suplemen
Dan FIB sendiri mengandung Psyllium Husk:
  1. Merupakan serat larut (soluble fiber)
  2. Mengandung serat tinggi
  3. Menjaga kadar kolestrol
  4. Mencegah diare dan inflamasi
  5. Mencegah konstipasi
  6. Membantu menjaga kestabilan berat badan
  7. Mencegah obesitas 
Selain itu FIB juga mengandung inulin yang tergolong prebiotik, dapat menekan jumlah bakteri kahat dalam usus. Dapat mencegah kontipasi atau sembelit, dapat membantu menurunkan berat badan dan kolestrol. Inulin juga dapat menjaga kadar gula darah dalam tubuh, membantu mencegah kanker usus dan baik untuk gluten - intoleran.

Inulin dapat kita jumpai pada gandum, bawang bombay, bawang putih, bengkoang, pisang, chicory roots, artichoke dan asparagus.


Komposisi yang terkandung didalam FIB antara lain:
Psyllium Husk
Inulin
Ekstra campuran buah dan sayur
Ekstrak Mangga 
Ekstrak Lemon
Fruktosa
Maltodesktrin

Jadi dengan kita mengkonsumsi FIB setiap harinya bermanfaat sebagai:
  1. Menurunkan dan mengendalikan gula darah dalam tubuh
  2. Menurunkan dan mengendalikan kadar lemak jahat dalam darah (LDL, Kolestrol, Trigliserida)
  3. Meningkatkan efektifitas penyerapan nutrisi dan pengikatan sampah metabolisme atau racun dalam usus halus.
  4. Meningkatkan efektifitas pembuangan sampah metabolisme atau racun dalam usus besar
  5. Mencegah dan mengatasi obesitas
  6. Meningkatkan produksi enzim pencernaan dan kinerja bakteri baik
  7. Mencegah konstipasi atau diare
  8. Mencegah CA Colon
  9. Mencegah penyakit sistemik lainnya
Saya sendiri sekarang ini sedang menata kembali untuk hidup lebih sehat, selain sehat itu mahal tapi kalau kita tidak menjaga makanan, rajin olah raga sama saja seperti ingin menggapai cita-cita tapi gak pakai usaha. Jadi selain pola makan, sering berolah raga dan jangan lupa ya untuk konsumsi FIB. 

Apalagi seperti jaman sekarang ini rasanya kurang greget kan kalau bada sudah sehat tapi malas nih ngerawat wajah, karena saya yakin bahwa dengan kita mengkonsumsi buah maka kulit kita akan terlihat bagus dan sehat. Tapi banyak juga dari sekian wanita merasa kurang puas, apalagi sekarang ini banyak sekali produk skincare dijual bebas. 

Biasanya keputusan seseorang mengambil keputusan untuk membeli adalah lihat iklan, lihat teman pakai dan gak mau kalah, terinspirasi dengan idolanya atau memang karena butuh. Selain kita sudah sehat secara pola makannya, tidak ada salahnya kalau kita mempercantik luarnya. 


Kebanyakan wanita sepertinya sama deh ingin wajahnya selalu sehat, bersih, halus dan mulus. Tapi kadang permasalahan pada kulit wajah tidaklah sama. Sebagai contoh saya, kulit wajah saya bermintak pada area T saja dan beruntungnya tidak berjerawat. Palingan jerawat muncul kalau mau menstruasi dan saya rasa ini wajar karena disebabkan oleh hormon kan? 

Apa saja sih permasalahan pada kulit wajah? Diantaranya sebagai berikut:
  1. Tekstur kulit yang buruk
  2. Pori-pori besar
  3. Produksi minyak berlebih
  4. Hiperpigmentasi
  5. Jerawat
  6. Penuaan dini
  7. Kulit sensitif
Penyebab permasalahan pada kulit wajah banyak dijumpai sebagai berikut:
  1. Radiasi sinar UV
  2. Stress kronis mempercepat penuaan dini dengan mempengaruhi panjang DNA. Stress juga dapat memacu respon hormonal sehingga meningkatkan produksi minyak dan dapat menyebabkan inflamasi
  3. Gaya hidup tidak sehat, seperti perokok berat dan peminum memiliki rasio yang lebih tinggi dalam timbulnya kerutan - kerutan pada wajah dan timbulnya masalah pada area mata, dibandingkan dengan orang-orang yang memiliki gaya hidup lebih sehat.
Menjawab permasalahan yang ada seputar kulit wajah, kini telah hadir produk perawatan untuk sehari-hari dari dr. Care. Pada awal tahun ini dr. Care mengeluarkan produk perawatan wajah yang mendasar yang harus digunakan untuk sehari-hari yang aman dan efektif bagi kulit wajah seperti facial cleanser, facial toner dan sun protector.

Facial cleanser bermanfaat untuk membantu pengelupasan kulit mati, membantu regenerasi selular tekstur kulit dan menjadikan kulit sehat dan lembut. Facial toner bermanfaat untuk mengembalikan pH normal pada kulit, membantu pengelupasan kulit mati, optimasi penyerapan produk perawatan wajah seperti cream atau serum dan merawat tekstur kulit dan memberi tampilan sehat berkilau.


Menurut saya yang paling penting digunakan sehari-hari itu adalah Sun Protector, apalagi seperti saya yang sering melakukan aktivitas luar ruang ini harus banget digunakan. Manfaat menggunakan Sun Protector dengan SPF 25 PA ++ ini adalah melindungin kulit wajah dari sinar UV, menjaga kelembaban kulit wajah, menenangkan dan juga memerikan vitamin pada kulit wajah. 

Sekedar mau sharing dari saya yang memang kebetulan sudah dua minggu terakhir ini mengkonsumsi FIB setiap hari dan juga menggunakan produk dr. Care untuk perawatan dasar pada wajah saya. Waktu pertama dapat produk FIB ini jujur saya penasaran dong, dimana pada manfaat dan kegunaan FIB ini ada untuk menurunkan kolestrol dan dapat mencegah segala macam resiko penyakit. Oh ya kalau minum FIB ini langsung sekali minum ya jangan ditunda karena dia akan menjadi jelly kalau kelamaan.

Badan saya sekarang ini lebih enteng dan enak banget untuk dipakai gerak gak banyak kompromi deh, selain itu yang paling penting nih pembuangan BAB saya leboh lancar minimal sehari sekali saya melakukan BAB. Hal ini juga harus diimbangi dengan olah raga ya, yang ringan-ringan juga tidak apa asal tubuh kita gerak kalau saya sendiri memilih olah raganya lari atau jalan yang merupakan olah raga termurah. Mudah-mudahan nanti kalau sudah periksa ke dokter kadar kolestrolku turun atau bahkan bisa normal ya jadi gak takut-takut lagi kalau mau konsumsi makanan yang bisa meningkatkan angka kolestrol.

Jujur saja saya adalah orang yang selalu mencoba beberapa produk pembersih wajah, termasuk dari produk lokal sampai produk mancanegara sudah saya coba. Karena saya penasaran sama rangkaian pembersih wajah dari dr. Care ini, sekarang ini wajah jadi tampak bersih bahkan beberapa teman juga sudah ada yang bilang "mukanya sekarang lebih sehat dan bersih" kalai dikomen gini tuh senang banget loh. Pasti semua perempuan juga sama deh.

Nah cobain deh FIB dan dr. Care untuk cantik luar dan dalam ya. Happy reading...

Kalau masih penasaran dan mau kepo dulu bisa cek ke semua akun social media FIB dan dr. Care

Facebook FIB Indonesia: FIB
Facebook dr. Care: dr. Care
Instagram FIB: FIB
Instagram dr. Care: dr. Care

21 komentar :

  1. wah boleh nih kak aku cobain, baru denger juga produk FIB

    BalasHapus
  2. Penasaran sama rangkaian skin care-nya deeh, kebetulan permasalahan kulit aku sma nih. Cantik memang tidak hanya di luar saja, tetapi juga di dalam dalam bentuk kesehatan dan juga sifat baik.

    BalasHapus
  3. bari tau ada produk seperti ini mba, mkasi banyak infonya ^^

    BalasHapus
  4. Sebagai wanita memang butuh peremajaan kulit, biar selalu cantik dan segar

    BalasHapus
  5. Aku suka rangkaian dari Dr care, Bagus loh!! apalagi pembersihnya, bikin kulit kenyel-kenyel kaya jeli. haha

    BalasHapus
  6. FIB di konsumsi tiap hari nggak masalah ya ini. Ini rangkaian skincarenya bikin mupeng lho hahaha

    BalasHapus
  7. Lihat gambar Fib ada lemonnya kayaknya seger bgt dech

    BalasHapus
  8. Wanita memang perlu aktif dengan segala aktivitasnya...nice info!

    BalasHapus
  9. wah, aku pengen kulitnya seger. boleh juga nih FIB

    BalasHapus
  10. apalagi kalau perempuan yah mbak chichie tambah umur pinginnya luar dalam itu ttp muda... hihihi

    BalasHapus
  11. kak chichie, ini aman ngga kalo dipakaijangka panjang?

    BalasHapus
  12. Wah lihat review nya, kayaknya FIB asik juga nih buat dicoba

    BalasHapus
  13. Lengkap banget nih informasinya mba

    BalasHapus
  14. Wah... jadi kebayang nih ingin nyoba produknya juga.

    BalasHapus
  15. Selain menjaga kesehatan dan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, merawat tubuh dengan sun protector buat yang sering kerja di luar ruang memang penting banget!

    BalasHapus
  16. Keren infonyaa, aku setuju Mba kalau ingin cantik itu dirawat bukan diedit

    BalasHapus
  17. Menarik kombinasinya.. dari makanan juga perlengkapan kecantikan yang membuat semuanya satu paket. Mudah2an bermanfaat nih. Rekomen ah ke bini

    BalasHapus
  18. wah, ini nih yang namanya cantik dimulai dari dalam dan luar, lengkap!

    BalasHapus
  19. Penasaran deh dengan minuman FIB ini. Kayaknya bikin tubuh cantik dan sehat semakin mudah.
    Btw font di bagian komen kenapa kecil-kecil ya mbak?

    BalasHapus
  20. Hallo, Kak! Btw aku suka foto-fotomu, coba aja ukurannya agak diperbesar pasti lebih manis.
    Btw, ini kok seperti menjawab kebutuhan aku ya heuheu.. maaci yak udah ditulisin di sini. Brb beli FIBnya

    BalasHapus