Mau Kemana Libur Lebaran Nanti?



Libur telah tiba, libur telah tibaHore, hore, horeSimpanlah tas dan bukumuLupakan keluh kesahmuLibur telah tiba, libur telah tibaHatiku gembira

Siapa yang sudah mempersiapkan libur lebaran? Gak berasa loh ini libur lebaran sudah di depan mata ya kan? Buat sebagian orang liburan bersama keluarga adalah momen emas, apalagi bisa bersilaturahmi ke sanak keluarga di kampung halaman tapi ini juga kalau yang punya kampung halaman. Terus gimana kalau yang gak mudik? Seperti saya yang gak pernah melakukan mudik lebaran.
Ada beberapa kegiatan nih yang dibagi sama mbak Eri tentang Kegiatan yang bisa dilakukan saat liburan tanpa traveling jadi buat yang gak mudik jangan sedih jangan pilu, coba dibaca dulu artikel mbak Eri dijamin langsung semangat deh.  
Kali ini saya akan berbagi referensi tempat liburan yang bisa dikunjungi bersama keluarga saat tidak melakukan mudik lebaran, apalagi buat para bunda yang memiliki putra dan putri. Beberapa tempat ini bisa menjadi alternatif untuk mengisi liburan bersama keluarga.

Museum Transportasi - Taman Mini Indonesia Indah Jl. Taman Mini I Ceger, Cipayung Jakarta Timur
museum transportasi

Beberapa tempat rekreasi di Jakarta biasanya selalu di padati pengunjung yang tidak melakukkan mudik lebaran, tapi bukan berarti kita harus menghindari tempat tersebut. Sama halnya dengan Taman Mini Indonesia Indah yang menjadi pilihan para warga Jakarta dan sekitarnya untuk melakukan piknik bersama keluarga.
Membawa anak main ke museum bukanlah hal kuno, saya selalu mengajak mas Kelvin anak semata wayang saya untuk selalu mengeksplor museum yang ada di Jakarta ini. Tentunya untuk datang ke museum harus lihat jam yang tepat, karena ini musim libur lebaran maka saya memberikan saran untuk datang lebih pagi agar terhindar dari kemacetan.
Museum Transportasi bisa menjadi pilihan loh bunda, karena kita bisa sambil mengajarkan kepada anak kita tentang berbagai macam transportasi yang ada di dunia. Saya yakin anak-anak juga sudah belajar disekolah atau melakukan kegiatan kunjungan main ke museum.
Untuk jam operasional Museum Transportasi dibuka pada pukul 08.00 pagi dan akan tutup pada pukul 04.00 sore hari. Tiket masuknya sangat murah, Rp 5.000 perorang. 

Scientia Square Park - Gading Serpong TangerangJl. Scientia Boulevard Gading Serpong, Tangerang

Kali ini kita bisa mencoba bermain di Scientia Square Park, waktu awal saya kesini bersama keluarga tempatnya belum lengkap seperti saat sekarang. Dulu dalam setiap minggu saya hampir nyaris kesana terus buat ngajak mas Kelvin main.
Disini banyak sekali aktivitas yang dapat dilakukan, diantaranya seperti jogging bersama keluaga, memberi makan ikan KOI yang tersedia dalam beberapa kolam yang membuat anakku kegirangan, bersepeda, yoga, panjat tebing buatan, wushu, sepatu roda, street workout, mengenal kupu-kupu, futsal, main layangan, windsock, radio control dan masih banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan disini.
Untuk fasilitasnya sendiri ada lapangan futsal, skate park, tempat bermain anak, paddy field, taman kupu-kupu, gravity zone, garden balcony dan masih banyak yang lainnya. Untuk jam operasionalnya terbagi menjadi dua, pada hari kerja dimulai pada pukul 06.00 dan tutup pada pukul 09.00 sementara akhir pekan akan tutup pada  jam 11.00 malam. Harga tiket masuk dimulai dari harga Rp 25.000 sampai Rp 1.000.000 sesuai dengan kategori yang dipilih.
Disini juga ada tempat makannya ya jadi khawatir, lumayan ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi.

Museum Macan - Jakara BaratAKR Tower Level MM, Jl. Panjang No.6 Kebon Jeruk - Jakarta Barat
Dok. Home.co.id
Siapa yang gak tau Museum Macan? Museum yang lagi hype dikalangan milenials dan pecinta seni. Museum Macan merupakan singkatan dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara, Jangan nyari macan disini ya karena gak bakalan nemu loh, heheheee... 
Di Museum Macan ini banyak sekali karya seni yang dipamerkan, hampir 100 karya seni yang ada. Yang paling terkenal dari Museum Macan ini adalah "Infinity Mirrored Room" karya seniman dari Jepang bernama Yayoi Kusama. 
Buat yang belum kesini harus mencoba datang untuk merasakan keindahan karya seni yang ada didalamnya, btw kalau kesini jangan motret menggunakan kamera digital, DSLR atau mirrorless ya. Untuk harga tiket dewasa Rp 50.000 lansia / pelajar Rp 40.000 dan anak-anak Rp 30.000 saja. Buka dari Selasa - Minggu jam 10.00 pagi sampai dengan jam 08.00 malam.

Buumi Playscape - Pacific Place JakartaPacific Place Mall, Lantai 3 Unit 50
dok. Buumi Playscape
Satu lagi nih yang baru untuk playdate anak-anak, Buumi Playscape yang terletak didalam Pacific Place Mall Jakarta. Dibuka pada awal Mei 2018, Buumi ini sangat menyita perhatian saya waktu lihat foto beberapa teman yang membawa main anaknya kesana. Begitu lihat di instagramnya Buumi Playscape sudah janji sama Kelvin bakalan bawa dia main kesana weekend ini sekalian bundanya mau ngabuburit.
Nah untuk jam bukanya seperti jam buka mall, untuk tiketnya sendiri disesuaikan dengan kategori usia. Anak-anak diatas 2 tahun Rp 100.000, anak dibawah 2 tahun Rp 70.000 dengan tambahan tiket dewasa atau pendamping seharga Rp 30.000. 
Untuk mengikuti kelas yang diadakan di Playscape bisa membayar Rp 170.000 - Ro 175.000 sesuai dengan kelas yang akan diikuti. Ada kelas apa saja sih di Buumi Playscape? Kelas yang bisa diikuti antara lain Music & Movement Class, Ballet Baby Class, Ballet Class, Kids Painting dan Junior Kids Painting. Tak hanya itu, Buumi Playscape juga terdapat Babies Lounge, Sensory Corner dan Reading Corner.
Semoga informasi ini bisa menjadi referensi untuk liburan bersama anak-anak ya, apalagi kalau gak mudik. Pasti bingungkan mau bawa anak-anak main kemana? Sama saya kadang suka gitu kok kadang rencana yang sudah dibuat untuk menyusun liburan bersama anak suka melenceng. Oke, selamat libur lebaran ya.

Happy Reading!#KEBloggingCollab

15 komentar

  1. wah salah satunya museum macan, yang udah diancer2 pengen disambangi hehe :3

    BalasHapus
  2. Semua di DKI.kalau dari tempat saya tetap saja jauuuh...
    Tapi emang di Cianjur juga ga ada museum sih. Paling liburan ke air terjun

    BalasHapus
  3. Wah seru nih..jalan2 ke museum..ga sekedar jalan2 tp ada unsur edukasinya jg ya mba. Dan saya mupeng pengen banget berkunjung ke museum macan.

    BalasHapus
  4. SSQ Park Gading Serpong dekat dari rumahku mbak, tempatnya memang recommended banget untuk ajak ajak anak-anak untuk kenal lebih dekat dengan alam.

    BalasHapus
  5. Kalau mudik aku suka banget jalan-jalan. Tapi, tahun ini enggak mudik enggak bnyak jalan deh. Lebaran ketiga banyak tugas

    BalasHapus
  6. Aku ga kemana mana lebaran, mungkin pengen ke museum macan nih tapi bukan pas liburan begini pasti ramai :D

    BalasHapus
  7. Aku belum pernah ke museum macam yg sangat nge-hits itu mba

    BalasHapus
  8. Wah belum pernah ke museum macan. Next time kalau ke Jakarta lagi sempatin ke sini

    BalasHapus
  9. Aku sama suami udh coba bikin rencana, mau kemana selama libur. Secara lebaran ini cuma di Bekasi doang. Ide bagus tuh ke TMII ya.

    BalasHapus
  10. Kami sedang merencanakan ini niih...mau kemana kalau sedang gak mudik di saat liburan lebaran kali ini 1 bulan full?

    Kemungkinan besar, kami akan ajak jalan ke Lembang saja deeh...hehhe...wisata yang masih dekat dengan Bandung.

    Semoga gak terjebak macet yaa...
    Kan gak seru banget kalo liburan di jalan...

    BalasHapus
  11. kalau lebran mah aku jarang kemana2 hanay di rumah mertua saja

    BalasHapus
  12. Museum Macan, aku penasaran banget. Kayaknya asyik ya main ke situ..

    BalasHapus
  13. museum macan nih bikin penasaran pengen didatengin. belum sempet sempet

    BalasHapus
  14. Wahh jadi mupeng pengen mengunjungi museumnyaa

    BalasHapus
  15. Pengen ke TMII, sudah sejak lama ingin kesana tapi belum kesampaian

    BalasHapus