Merencanakan Investasi Dengan Mudah dan Nyaman

dok. Stock Image

Berbicara mengenai investasi pasti menjadi pembahasan yang seru antara saya dan suami begitu juga kalau sedang kumpul bersama teman-teman. Karena kami berdua memang memiliki impian jika tua nanti bisa tinggal didaerah jauh dari hiruk pikuk ibu kota seperti sekarang. Selain itu kami juga menginginkan pendidikan yang layak untuk anak kami dan masih banyak impian-impian untuk masa tua nanti.

Seperti sekarang ini di jaman yang semua kadang bisa dibilang "serba mahal" apalagi kalau lihat harga rumah yang kadang gak masuk akal, belum lagi biaya sekolah swasta yang bikin mata melotot dan ngelus dada. Belum lagi kalau butuh liburan untuk memberikan reward pada diri sendiri atau memiliki agenda tahunan berlibur ke luar negeri.

Kadang mau berinvestasi masih suka ragu dan takut-takut, apalagi banyak cerita dari teman-teman yang beberapa gagal berinvestasi karena kesalahan dalam cara menginvestasikan uang mereka. Sementara yang tersirat dari investasi adalah keuntungan yang besar dimasa mendatang, dimana kita sudah pensiun.

Investasi dapat dilakukan dalam beberapa cara seperti, investasi tanah atau properti, membeli emas batangan, asuransi, reksa dana dan masih banyak beberapa investasi yang ditawarkan. Bahkan sekarang ini banyak investasi yang ditawarkan secara online.

Beberapa waktu lalu saya dan teman-teman dari Kumpulan Emak-emak Blogger mengikuti acara Sharing Session "Langkah Cerdas Berinvestasi Untuk Wujudkan Impian" bersama Bank Danamon dengan pembicara Budi Rahardjo sebagai Financial Planning dan bapak Eko Fitri sebagai Affluent Product Manager Bank Danamon Indonesia.

Ini alasan kenapa kita harus merencanakan keuangan:

  1. Perubahan cara mengelola keuangan
  2. Inflasi
  3. Demografi
  4. Mandiri finasial
  5. Gaya hidup
  6. Resiko ekonomi
  7. Resiko kehidupan
  8. Teknologi
Sebelum kita melakukan investasi ada baiknya kita melakukan tahapan perencanaan keuangan, apalagi jika suami dan istri sama-sama bekerja atau bahkan hanya suami saja yang bekerja atau memang single parent. Tahapan-tahapan ini sangat penting untuk mengetahui seberapa sehat keuangan kita? 

Tahapan perencanaan keuangan:
  1. Menetapkan tujuan keuangan
  2. Analisa kondisi keuangan saat ini
  3. Kalkulasi kebutuhan keuangan di masa depan
  4. Membuat rencana keuangan
  5. Implmentasi dan monitoring

dok. Stock Image
Sementara saat ini saya dan suami masih terus berdiskusi untuk menentukan investasi apa lagi ya yang tepat dan nyaman untuk kami. Gak muluk-muluk deh setidaknya kami bisa memberikan kehidupan yang layak untuk anak semata wayang, bukan berarti sekarang ini gak layak tapi kami ingin lebih baik dalam mengalokasikan dana yang kami miliki.

Akhirnya setelah mendapat pencerahan dari pak Eko tentang beberapa produk Bank Danamon yang bisa menjadi pilihan untuk berinvestasi, lalu saya melihat kira-kira produk apa saja sih yang bisa dipilih dari bank Danamon. Yang pasti saya ingin mencari yang mudah, aman dan nyaman. Apalagi kalau semuanya bisa dilakukan dalam satu genggaman, sudah memiliki aplikasi untuk smartphone.


Tanpa berfikir panjang dong sore itu saya langsung membuka tabungan Bank Danamon yang menurut saya akan memudahkan saya bertrasaksi saat investasi nantinya. Dimana Bank Danamon juga memiliki produk-produk investasi seperti Deposito Syariah, Reksa Dana, Danamon Reguler Investment Plan, Obligasi, dan Valas.

Menariknya adalah untuk melakukan buka rekening di Bank Danamon kita cukup mengunduh aplikasi D-Bank di smartphone.

dok. Akuchichie
dok. Bank Danamon

Nanti kalau sudah mengunduh aplikasi D-Bank tampilannya seperti diatas ini, kalau belum memiliki rekening dari Bank Danamon kita bisa memilih "Daftar Sekarang" nanti tinggal mengikuti langkah-langkahnya saja dan mudah banget. Kalau sudah memiliki rekening Bank Danamon tinggal pilih yang "Aktivasi". Semakin kesini semakin mudah banget ya.

Saya memilih Tabungan D-Save karena Tabungan D-Save adalah produk tabungan baru khusus untuk nasabah individu dalam mata uang Rupiah. Tabungan D-Save  membantu kita dalam mengatur keuangan untuk beragam kebutuhan, baik untuk mengatur pengeluaran bulanan maupun untuk kebutuhan perencanaan jangka panjang.

Tabungan D-Save terdiri dari dua rekening: 

  1. Rekening tabungan utama D-Save, yang berfungsi sebagai rekening tabungan utama dari tabungan D-Save  dan juga berfungsi sebagai rekening untuk bertransakti.
  2. Rekening tabungan D-Save Plus, yang merupakan rekening tambahan untuk rencana berbagai tujuan finansial. Rekening ini berfungsi hanya sebagai rekening simpanan, tidak dapat digunakan untuk bertransaksi. Dana yang terdapat pada rekening ini hanya dapat digunakan jika rekening ditutup.
D-Save memberikan banyak keuntungan, seperti:
  1. Persyaratan pembukaan rekening yang sangat mudah.
  2. Bebas biaya administrasi bulanan,
  3. Bebas biaya tarik tunai, cek saldo, dan transfer online antar bank melalui ATM jaringan Prima/ATM Bersama/ALTO, masing-masing 10x dalam sebulan.
  4. Bunga berjenjang yang lebih tinggi sesuai dengan saldo penempatan kita.
  5. Proses pembukaan rekening tabungan D-Save dan D-Save Plus kapan saja dan dimana saja tanpa harus datang ke cabang melalui aplikasi mobile banking Danamon yaitu D-Bank.
  6. Fitur transaksi terkini melalui Internet Banking Danamon yaitu Danamon Online Banking dan aplikasi D-Bank.
Jadi kemarin itu waktu buka rekening Bank Danamon saya pun melakukan dari smartphone saya, karena penasaran beneran bisa gak sih? Dan ternyata beneran loh, sekarang ini semuanya sudah dibuat mudah oleh teknologi. Jadi sekarang ini memang sudah saatnyadbank karena mudah, aman dan nyaman.

Raih dan wujudkan impianmu bersama D-Save!

Happy Reading!











15 komentar

  1. Investasi itu zaman sekarang perlu banget ya mbak. Aku sendiri sih belum berinvestasi yang lebih, baru emas aja. Itu pun kadang dijual klo kepepet hihihi. Kayaknya perlu perencanaan khusus nih supaya investasi bisa terwujud. Dbank dari Danamon bagus ya mbak, aku jadi mw buka rekening Danamon langsung nih jadinya Senin.

    BalasHapus
  2. Sama Bun. Saya dan suami juga kepikiran buat investasi apalagi biar bisa dinikmati di masa tua dan suami pensiun. Klo saya pribady lbh suka investasi berupa properti

    BalasHapus
  3. Di zaman sekarang memang segalanya makin mudah ya. Mau nabung bisa di smartphone juga. Dan trntunya sekoga kita istiqomah dalam menabung :D

    BalasHapus
  4. Aku sendiri baru2 aja jg kepikiran buat investasi berupa hal lain nih. Maklum klo baru memulai hidup punya rmh sendiri aj susah. Hihi. Masih ngambang memilih investasi yg sesuai. Ak blm prnh nyb bank danamon ini sih. Tp info ini bikin kepo. Makasih sharingnya ya. :)

    BalasHapus
  5. Bener kita suka gatal kalau lihat duit makanya perlu Dsave plus. Miss mau suruh none M buat nabung

    BalasHapus
  6. zaman now semakin canggih ya, mau buka rekening aja gak perlu dateng langsung ke banknya.. praktis juga ya, aku mau coba download aplikasinya juga deh

    BalasHapus
  7. Investasi memang harus dipikirkan dan direncanakan sejak sekarang ya..agar ke depannya lebih terjamin untuk anak-anak dan hari tua nanti.

    BalasHapus
  8. Sebagai single di era milenial begini aku sadar bangey harus segera investasi karena penghasilan habis buat gaya hidup. Aku coba ah buat rekening D-save di Bank Danamon

    BalasHapus
  9. Pertama harus banyak bersyukur dulu dengan apapun dan bagaimana pun kondisi kita saat ini. Investasi sedari dini dipersiapkan. Karena masa depan tak nampak jelas terlihat. Pernah kah terbesit bagaimana nasib seorang Ibu ditinggal suami nya (janda) harus membesarkan dan menghidupi 3 orang anak nya? Entah bagaimana memikirkan investasi. Semoga setiap provider yang menawarkan begitu banyak benefit investasi. Menawarkan kita menjadi investor juga memiliki CSR bagi masyarakat yang belum beruntung. Thanks for sharing

    BalasHapus
  10. Baru melakukan investasi standar aja sih. Dan memang kayaknya jadi ibu atau istri itu harus makin banyak belajar mendalami tentang perencanaan keuangan ini ya mba

    BalasHapus
  11. wah, danamon udah punya tabungan digital juga ya, seru nih. Mustinya sih kalau udah digital begini, bebas biaya admin ya, kan yang transaksi semuanya digital

    BalasHapus
  12. D Save plus itu digunakan kalau rekening ditutup? Apa hampir sama kayak deposito gtu ya mbak Chichie? TFS

    BalasHapus
  13. Produk bank makin inovatif ya, semua dimanjakan dengan memanfaatkan kemajuan digital. Semoga masyarakat makin pintar ya mengelola keuangannya seiring perkembangan zaman.

    BalasHapus
  14. sekarang semuanya memang serba digital termasuk pembukaan rekening pun sudah banyak banyak bank yang memfasilitasi dan mempermudah nasabahnya untuk melakukan transaksi seperti melakukan transfer dana misalnya. Ini bermanfaat banget buat ibu rumah tangga ya mba, bisa menyisihkan uang dapur melalui Dbank

    BalasHapus
  15. Wah suka nih dengan fitur bebas biayanya. Rekeningku yang sekarang cuma numpang lewat aja hihi

    BalasHapus