Pages

SOCIAL MEDIA

Jumat, 08 Juni 2018

#PijarIlmu: Kelas Inspirasi Bersama Adik-adik SDN Mampang Prapatan 01 Pagi

Akuchichie
Bersama adik-adik kelas 5 SDN Mampang Prapatan 01 Pagi

Ada banyak cara untuk dapat menciptakan kebahagiaan, salah satunya dengan berbagi pengalaman untuk memperkaya wawasan dan inspirasi. Asuransi Astra memberikan kelas inspirasi kepada ribuan anak di beberapa sekolah dasar di Jakarta. Program dari Asuransi Astra diberi nama #PijarIlmu dimana para influencer diajak untuk menjadi salah satu perwakilan di kelas inspirasi disetiap sekolah.


Saya mendapat giliran pada waktu itu di sekolah dasar negeri  Mampang Prapatan 01 Pagi yang beralamat di Jalan Tegal Parang Utara III Mampang Prapatan, yang dijadwalkan pada hari Selasa tanggal 24 April 2018. Jujur saja malamnya saya masih bingung nih kira-kira mau ngasih materi apa nanti sama adik-adik, sampai tanya-tanya dulu sama teman yang sudah berpengalaman ngajar dikelas inspirasi. Biar ada gambaran dulu sih sebenarnya.

Akuchichie





Sengaja banget berangkat dari rumah rada lebih awal nih, selain harus kumpul jam 7.00 pagi dari malam tuh hujan terus bahkan sampai saya berangkat untuk melaksanakan kelas inspirasi ini pun ini masih diguyur hujan. Alhamdulillah pada hari itu suami gak lagi tugas keluar kota atau keluar negeri jadi ada yang nganterin pagi-pagi, sesampai disana pun masih gerimis nih. Yang niatan suami saya mau ikut turun karena ingin melihat saya memberikan kelas jadi gagal, waktu kesana tidak dapat parkir karena memang SDN Mampang Prapatan 01 Pagi ini tidak ada lahan parkir untuk mobil. Akses masuknya bukan dijalan besar atau jalan yang bisa dilalui mobil, okelah akhirnya saya berjalan menuju sekolahan dengan bekal nanya sama ibu-ibu yang ada dekat saya. 

Walau sebelumnya saya mencoba memberitahukan team Asurasi Astra jika saya sudah sampai dan mbak Yuni yang akan menjemput saya untuk menuju ke sekolahan namun akhirnya kami bertemu ditengah jalan. Berkah hujan semalaman dan pagi hari untuk saya karena ternyata saya akan diberi kebahagiaan sama Allah dengan dipertemukan oleh adik-adik kelas 5 yang masya Allah pada pintar-pintar banget loh.

Sekolah Negeri jaman sekarang beda banget sama jaman saya dulu masih sekolah dasar, kalau penasaran saya tuh SD tahun 1989 - 1995 di SD Angkasa XII Halim Perdanakusuma Jakarta Timur kebetulan saya dulu sekolahnya swasta bukan negeri. Jadi kemarin saya sempat berkeliling melihat semua kelas dan ruang guru, wah SD Negeri sekarang gak kalah keren loh sama swasta malah kalau saya boleh bilang ini bagus banget.

Akuchichie
Adik-adik kelas 6 SDN Mampang Prapatan 01 Pagi
Kalau SD Negeri jaman sekarang sudah canggih nih, selain disediakan komputer dan ada infokusnya juga loh. Jadi nih ya adik-adik sekalian harus rajin dan semangat biar cita-citanya tercapai. Beruntungnya saya pada hari itu bisa menyambangi SDN Mampang Prapatan 01 Pagi, jadi bisa tau sekarang fasilitas sekolah negeri gak kalah sama sekolah swasta. 

Sebelum memulai belajar anak-anak diwajibkan untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya, selain itu ada membaca surat-surat pendek dan shalawat. Saya sempat mengabadi lewat insta story pada waktu itu karena benar-benar terpana.


Kelas Inspirasi Bersama Asuransi Astra

Akuchichie
Teman-teman dari Asuransi Astra
Selain saya ada juga teman-teman dari Asuransi Astra yang sudah siap untuk memberikan kelas inspirasi kepada adik-adik, dimana semua kelas akan ada perwakilannya. Seru banget kan? Setiap kakak-kakak yang memberikan kelas inspirasi sudah memiliki materinya masing-masing. Kalau saya menyiapkan materi dengan tema "Cita-cita".

Saya mengambil tema cita-cita karena setiap anak pasti memiliki cita-cita dan disini saya akan sharing bagaimana untuk mewujudkan cita-cita itu. Sama halnya seperti saya jaman masih sekolah dulu kalau ditanya sama orang "Cita-cita apa nanti kalau sudah besar?" lalu dengan mudah saya mengucapkan "Jadi dokter!" Tapi pada kenyataannya saya tidak menjadi dokter dan karena hal ini saya berniat agar adik-adik harus serius untuk mewujudkan cita-cita mereka.


Akuchichie
Mbak Riza dan adik-adik kelas 5 SDN Mampang Prapatan 01 Pagi
Saya dan mbak Riza dari Asuransi Astra memegang kelas 5 pada pagi itu, sebelumnya saya sudah sempat ngobrol dulu dengan mbak Riza tentang apa yang akan kami lakukan nanti didalam kelas dan tema yang akan diangkat. Kami sepakat untuk menggiring topik "Cita-cita"

Pagi itu mbak Riza membagikan kertas kecil kepada adik-adik kelas 5 yang harus mereka isi dengan nama dan cita-cita mereka. Oh ya untuk kelas 5 di SDN Mampang Prapatan 01 Pagi ada sekitar 31 siswa, tapi pada hari itu kalau gak salah ada yang tidak hadir. 

Akuchichie
Salah satu siswa menulis cita-cita

Asuransi Astra
Beberapa post it tentang cita-cita

Setelah adik-adik menuliskan nama dan cita-citanya, mbak Riza meminta mereka untuk maju kedepan satu persatu dan menempelkan post it tersebut di karton yang sudah ditempel di papan tulis. Beragam sekali cita-cita mereka, mulai dari guru, dokter, pemain sepak bola, ingin menjadi ustad, hafiz Qur'an, suster dan lainnya. 

Anak-anak bisa terus meraih cita-citanya dengan terus belajar dan bermimpi, iya menurut saya tanpa mimpi itu kita rasanya sulit untuk mewujudkan. Bermimpi disini dalam artian kalau kita punya keinginan biasanya saya suka mimpi dulu nih dan secara tidak sadar itu akan mempengaruhi pikiran kita loh. Dan jangan lupa selalu berdoa sama Allah.

Akuchichie
Saya dan mbak Riza (dok. Mbak Yuni)
Akuchichie
(dok. mbak Yuni)
Setelah sesi dari mbak Riza selesai akhirnya giliran saya untuk memberikan inpirasi kepada adik-adik kelas 5 yang mana bahasannya masih sama tentang cita-cita. Sebelumnya saya pun menceritakan siapa saya dan kerjaan saya saat sekarang ini, waktu saya kasih tau kalau saya ini seorang fotografer dan blogger (tukang nulis) mereka agak bengong nih jadi saya menjelaskan dahulu tentang dua profesi saya saat ini.

Yang mana juga sebelumnya foto dan ngeblog bukanlah passion saya tapi dengan seiringnya jam terbang saya lebih suka menekuni kedua hal tersebut pada akhirnya dan mengalahkan kerja kantoran yang 11 tahun saya jalani. 

Disini saya mengajak adik-adik untuk melakukan hal-hal positif dengan menulis, mulai dari menulis di media sosial yang mereka miliki atau sekedar bercerita tentang kegiatan mereka. Selain menulis juga bisa menjadi terapi, dengan menulis kita juga secara tidak langsung mengafirmasi tentang tujuan kita nanti.

Saya pun meminta adik-adik dikelas 5 ini untuk menuliska tentang kenapa ingin memilih cita-cita tersebut dalam 1 lembar kertas A4, kalau jaman saya sekolah namanya mengarang tapi kali ini mengarangnya beda nih. Mereka harus membuat dengan minimal satu paragraf. 

Akuchichie
Adik-adik sedang menuliskan cita-cita
Momen seperti ini yang membuat saya bahagia karena bisa berbagi sedikit tentang profesi saya dan bagaimana mereka bisa mewujudkannya. Sama halnya menjadi seorang blogger, harus terus membuat konten tulisan yang menarik agar pembacanya betah main-main ke blog kita. Apalagi kalau jadi fotografer, banyak hal yang bisa dipelajari untuk mendapatkan peluang.

Kurang lebih sekitar 15 menit para adik-adik mengerjakan tulisan mereka tentang cita-cita, ada yang nulisnya singkat banget dan ada juga yang panjang dengan menjelaskan mengapa ia ingin menjadi profesi yang ia pilih. Setelah selesai saya meminta mereka menuliskan nama dibagian atar kertas agar mudah bagi saya untuk membuatnya nanti dalam bentuk blog. 

Terima kasih Asuransi Astra atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menjadi bagian dalam kelas inpirasi #PijarIlmu semoga semakin banyak lagi anak-anak yang bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari kakak-kakak di Asuransi Astra dan para influencer lainnya.

Sebelumnya saya juga sudah pernah menuliskan tentang apa itu #PijarIlmu semoga bermanfaat dan terus menginspirasi untuk #PijarIlmu.


Happy Reading!


8 komentar :

  1. I'm a big fan of sharing classes like this! Ide bagus untuk bisa menginspirasi anak-anak ini mba

    BalasHapus
  2. Senangnya bisa berbagi di kelas inspirasi...
    Apalagi di SD Negeri yang kebanyakan kalau berada di pusat kota begini...pasti pertanyaan-pertanyaannya pada canggih yaa...

    Repot gak..pas jawab?

    BalasHapus
  3. Pengalaman yang tidak terlupakan. Jadi guru tidaklah mudah dan harus pandai ngomong di depan

    BalasHapus
  4. Beruntung sekali anak2 ini mendapatkan sharring ilmu yg bermanfaat dari program Asuransi Astra.

    BalasHapus
  5. Memang jaman sekarang kelas sd aja udah pakai infocus dan komputer di dalam kelas ya mba.. keren. Tapi semoga semua sekolah juga begitu, dan semoga semakin banyak sekolah yang diajarkan oleh pijarilmu asuransi astra ^^.

    BalasHapus
  6. Wah keren niih, penulis blogger juga bs menginspirasi adek2. :) Senangnya bs berbagi ilmu ke anak SD yang pasti semakin kritis

    BalasHapus
  7. Wah bagus ya programnya Astra bikin kegiatan di sekolah2 kyk gini :D


    Kalau di Surabaya, sekolah negeri masih jadi favorit, apalagi SMP dan SMA yang di tengah kota. Soalnya nilai historinya tinggi, udah ada sejak zaman penjajahan hehe.

    BalasHapus
  8. Bahagianya bisa berbagi dengan adik-adik melalui kelas inspirasi seperti ini ya. Salut dengan programnya Astra.

    BalasHapus