SOCIAL MEDIA

Minggu, 03 Juni 2018

Ramadhancation di Batiqa Hotel Cirebon


Haiiii... haaaiiiii... Sudah ada rencana kemana untuk liburan nanti? Adakah yang bulan ramadan ingin melakukan staycation? Bulan ramadan gini bukan berarti kita gak bisa melakukan staycation loh bersama teman-teman atau keluarga. Apalagi kalau letak hotelnya startegis dari tempat wisata dan kulineran. Ini yang biasanya menjadi pertimbangan saya kalau melakukan staycation.

Kebetulan saya dan teman-teman dari Blogger Crony minggu lalu ke Cirebon, iya keluar kota. Terus gimana puasanya? Alhamdulillah kami semua berpuasa kok dan lancar, justru kegiatan kali ini bisa sekalian ngabuburit bersama teman-teman.

Sabtu pagi kami berangkat ramai-ramai dari stasiun Pasar Senen dengan menggunakan kereta Tegal Express menuju stasiun Prujakan Cirebon, oh ya terakhir saya ke stasiun Pasar Senen itu tahun lalu waktu ke Semarang dan gak nyangka sekarang sudah tambah bersih dan keren loh stasiunnya.

Muka-muka happy begitu sampai di Cirebon (photo by: kakak Satto)
Waktu keberangkatan dari stasiun Pasar Senen jam 7.35 WIB dan selama dalam perjalan setelah ngobrol banyak lalu kami melanjutkan tidur, karena saya sendiri sehabis sahur langsung siap-siap berangkat ke stasiun karena takut bablas kalau tidur lagi. Setelah menempuh perjalanan hampir 4 jam akhirnya kami pun sampai di stasiun Prujakan Cirebon, dengan wajah gembira dan semangat karena bakalan ngabuburit bareng-bareng sama blogger dari Cirebon juga nih.

Begitu keluar dari stasiun sudah dijemput sama pihak Batiqa Hotel Cirebon, jarak dari stasiun menuju hotel kurang lebih 20 menitan. Yang ada dipikiran saya saat itu adalah empal gentong, nasi Jamblang dan kulineran lainnya di Cirebon. Selain makanan khas Cirebon ada lagi nih yang bikin penasaran buat saya, Batiqa Hotel Cirebon yang akan menjadi tempat menginap bersama teman-teman dari blogger Crony.





BATIQA HOTEL CIREBON

Sebagai hotel bisnis yang terletak di jantung kota Cirebon yang kalau lihat di google maps hotel ini tuh strategis banget, mau kemana-mana tuh dekat banget apalagi kalau mau kulineran atau sekedar ingin jalan-jalan. Bangunan hotel yang bergaya modern minimalis tetapi tidak luput dari sentuhan etnik Indonesia membuat hotel ini terasa berbeda dengan hotel bisnis lainnya yang pernah saya kunjungi. Sambutan petugas hotel pun saat kami memasuki lobi hotel begitu sangat ramah dan murah senyum.

Batiqa Hotel
Lobi Batiqa Hotel Cirebon
Area lobinya kece nih dan berkesan mewah menurut saya dengan berdesain etnik Indonesia pada bagian dindingnya dan terdapat bunga anggrek berwarna biru sesuai dengan icon Batiqa Hotel Cirebon. Waktu saya ingin mengambil foto di area ini agak lumayan nih nunggunya karena kebetulan pada saat saya tiba disana lagi banyak tamu hotel juga yang melakukan check in dan check out. Nah petugas resepsionis juga bisa membantu kita untuk memesankan taksi online loh, terlihat dimeja sebelah kanan ada perangkat untuk memesan taksi online.

Grabcar
Aplikasi Grab
Nah ini kita bisa langsung memesan taksi atau ojek online langsung di lobi hotel jadi ya kalau menurut saya sekarang mah kalau keluar kota sudah dipermudah dengan adanya aplikasi untuk memesan kendaraan. Jadi kalau mau kemana-kemana gak pakai ribet harus sewa mobil dulu.

Dekorasi Dinding - Batiqa Hotel Cirebon

Bunga Anggrek dengan motif batik - Batiqa Hotel Cirebon

Selain itu yang bikin menarik perhatian saya adalah dinding resepsionis terdapat beberapa motif batik yang dibuat sebagai dekorasi dinding. Tak hanya itu dilorong menuju lift pun terdapat hiasan dinding dengan motif batik megamendung dengan bentuk bunga anggrek yang super cantik banget, jadi sebagian besar dekorasi pada hotel ini tuh dengan motif batik dan juga ada beberapa hiasan anggrek biru itu mengapa dinamakan Batiqa.

Sebenarnya nama Batiqa itu berasal dari kata Batik dengan kualitas A jadi Batiqa ini ingin selalu memberikan pelayanan dengan kualitas grade A. Dan ini yang terus dilakukan oleh Batiqa Hotel Group.

Dilantai 2 akan kita temui pada bagian dinding ada dekorasi kayu-kayu yang dibalut dengan beberapa motif batik yang dikerjakan dna dipilih sendiri oleh ibu Catleya Parengkuan selaku General Manager Batiqa Hotel.

Fresqa Bistro
Fresqa Bistro - Batiqa Hotel Cirebon

Fresqa Bistro - Batiqa Hotel Cirebon

Fresqa Bistro - Batiqa Hotel Cirebon

Diseberang area lobi terdapat restaurant dengan beranama Fresqa Bistro, makanan yang disediakan disini beragam mulai dari makanan khas Cirebon atau makanan Indonesia juga terdapat beberapa makanan lainnya yang bisa dicoba dengan harga yang sangat terjangkau. Disini juga tersedia avocado coffee juga loh tapi sayang kemarin pas mau pesan sudah kehabisan.

Biasanya untuk standar hotel pada saat bulan ramadan, mereka akan menyediakan makan sahur sebagai pengganti sarapan pagi bagi yang menjalankan ibadah puasa untuk yang tidak menjalankan ibadah puasa bisa melakukan sarapa seperti biasa. Menu sahur yang diberikan oleh Batiqa Hotel sangat beragam, mulai dari makanan berat, cemilan dan buah.

Pada area Fresqa Bistro ini pun pada bagian dindingnya ada mural batiknya juga nih, berasa banget Indonesianya kan? Tidak banyak pernak-pernik pada area restaurant ini, hanya dinding dengan mural batik dan lampu hias yang menggantung. Membuat area ini lebih clean dan simple menurutku.


Kamar di Batiqa Hotel Cirebon



Penasaran kan seperti apa sih kamar yang saya tempati? Kebetulan saya dan kak Elly menempati kamar dilantai 5 tepatnya kamar 502 yang berada dipojok, entah gimana ini apa kebetulan ya saya kalau nginep dihotel selalu menempati kamar dipojok.

Kartu kunci kamar di Batiqa Hotel Cirebon ini pun dengan motif batik loh dan tak hanya itu, begitu masuk kamar menemukan sandal hotelnya pun bermotif batik dengan dominasi warna biru. Yang paling penting sesuai dengan tulisan yang terdapat dikartu kamar "high speed internet wifi" ini beneran cepat koneksi internetnya karena saya merasakannya waktu ingin mendownload beberapa foto yang harus saya kerjakan hari itu.


Superior Twin Bed - Batiqa Hotel Cirebon 

Batiqa Hotel
Meja Kerja dan Mini Bar didalam kamar 502

Handuk dengan balutan kain batik megamendung

Kamar yang saya tempati ini adalah tipe Superior, untuk luasan kamar ini tidak terlalu besar hanya 20 sqm. Tempat tidurnya twin bed dan kasurnya super nyaman dan empuk karena menggunakan kasur ternama yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Kenyaman tidur di hotel itu sangat penting loh, apalagi kalau kita bepergian untuk melakukan bisnis trip atau sekedar liburan bersama keluarga.

Sebagai hotel bisnis kamar ini memang sesuai sekali untuk orang yang melakukan bisnis trip karena didalam kamar selain tempat tidur kita akan mendapati meja untuk bekerja, selain itu ada tv berukuran 32" flat screen dan terdapat mini bar. Ada 1 lemari untuk penyimpanan pakaian dan yang penting bagi saya kalau menginap ke sebuah hotel itu dia memiliki setrikaan.

Mengapa setrikaan itu penting bagi saya, karena saya banyak menggunakan baju-baju panjang atau tunik maka biasanya baju suka sedikit lecek dan saya lebih suka menyetrika sendiri sih. Atau kalau pun tidak disediakan dikamar tapi mereka bisa meminjamkan.

Selain itu terdapat kamar mandi dengan pemisahan area bilas dan area buang air kecil dan besar. Kamar mandinya pun bersih sekali serta terawat semua sanitarinya. Untuk area kamar pun sangat bersih dan tidak berbau, jadi bagi saya hotel bintang 3 ini berasa mewah karena fasilitas dan kebersihannya.

View dari dalam kamar 502 - Batiqa Hotel Cirebon
Bonusnya adalah dari kamar yang saya tempati ini bisa melihat langsung gunung Ciremai loh, indah bangetkan? Jadi kemarin pas lagi staycation yang niatan mau tidur sebentar jadi batal karena ingin menikmati kamar dan keindahan view dari dalam kamar ini.


Superior Room Batiqa Hotel Cirebon

Working Desk & Mini Bar 
Batiqa Hotel Cirebon hanya memiliki dua tipe kamar, Superior dan Suite, kalau kamar yang saya tempati adalah tipe Superior. Nah untuk kamar dengan tipe Suite ini lebih luas lagi dan kamar dengan tipe Suite hanya tersedia 11 kamar saja, sementara kalau Superior tersedia dalam jumlah 97 kamar.

Kamar Suite ini memiliki luas 40 sqm, dua kali lipat dari ukuran kamar Superior. Pada bagian dalamnya hampir sama dengan kamar Superior namun untuk meja kerja dia terpisah dari mini bar, yang bikin beda untuk kamar Suite ini terdapat sofa.

Kalau untuk keluarga dengan membawa anak, pemilihan kamar Suite ini sangat cocok sekali, apalagi seperti saya yang memiliki satu orang anak pasti akan memilih kamar ini selain lebih luas si anak juga butuh ekplorasi dan bisa bercengkrama diarea livingroom.

Kalau hotel bintang 3 modelnya seperti Batiqa Hotel Cirebon ini pasti semua tamu berasa nyaman sekali, saya saja jadi ingin membawa keluarga untuk main ke Cirebon dan melakukan staycation di Batiqa Hotel Cirebon.

Setiap kamar di Batiqa Hotel Cirebon pada bagian dinding diatas kasur selalu terdapat ukiran yang terbuat dari kayu, sebagai penanda identitas diri dai hotel tersebut. Sesuai dengan desainnya yang modern dan etnik untuk dekorasi hotelnya.


Blogger Gathering bersama Batiqa Hotel Cirebon

Akuchichie
OOTD di lobi Batiqa Hotel Cirebon
Menurut saya setiap melakukan staycation itu tetap harus ada foto OOTD (outfit of the day) apalagi sudah ada dekorasi yang super gemas ini di area lobi, sayang bangetkan kalau gak dimaksimalkan. Dan memang untuk spot foto ini diperuntukan bagi tamu yang ingin berfoto.

Batik Trusmi
Pembatik dari Batik Trusmi
Disamping tempat saya foto ootd tadi ada ibu-ibu yang sedang membatik, kebetulan Batiqa Hotel Cirebon bekerjasama dengan batik Trusmi. Ngelihat ibu-ibu sedang membatik itu seru banget ya, nah kalau beli batik kalau bisa jangan yang printing ya.

Sore hari menjelang buka puasa ada acara seru nih bersama para blogger dan Batiqa Hotel Cirebon, selain blogger dari Jabodetabek ada juga blogger dari Cirebon dan Kuningan jadi nambah teman baru deh.

Ibu Catleya - General Manager Batiqa Hotel
Sore itu ibu Catleya menjelaskan tentang Batiqa Hotel Cirebon, mulai dari asal-usul nama "Batiqa" dan juga membuka sesi tanya jawab kepada para blogger seputar Batiqa Hotel Cirebon. Tepat dibelakang ibu Catleya berdiri pun pada bagian dinding terdapat mural batik sebagai identitas dari Batiqa Hotel.

Ibu Catleya juga berharap bahwa acara bersama para blogger ini dapat mendekatkan diri dengan blogger dan momen ini diharapkan mampu menjalin relasi yang lebih akrab dengan para blogger. Setelah melakukan pengenalan Batiqa Hotel, ibu Catleya mengajak kita berkeliling hotel.

Ruang Olah Raga - Batiqa Hotel Cirebon
Sebagai hotel bisnis, Batiqa Hotel Cirebon ini tidak memiliki fasilitas kolam renang tetapi untuk fasilitas lain seperti tempat gym, meeting room, spa and massage, lounge, Fresqa bistro, laundry service dan mushola. Selain itu Batiqa juga memberikan service pelayanan penjemputan di stasiun bagi para tamu yang akan menginap, ini sama seperti yang dilakukan Batiqa pada saat kami tiba di stasiun Prujakan.

Trip Advisor

Ada yang tau Trip Advisor? Biasanya yang kalau mau liburan pasti tau nih Trip Advisor, karena saya sendiri kalau mau liburan biasanya suka cari referensi penginapan dan tempat wisata di Trip Advisor ini, nah dari gambar diatas menunjukkan bahwa Batiqa Hotel Cirebon memiliki certificate dari Trip Advisor sebagai hotel bisnis terbaik, ini dikarena banyak ulasan positif mengenai Batiqa Hotel Ciebon.







Selama bulan ramadan, Batiqa Hotel Cirebon memiliki paket berbuka puasa dengan nama Bu Ramdan yang merupakan singkatan dari buffet ramadan, dengan harga paketnya sebesar Rp 60.000,- nett. Menu yang disajikan oleh Fresqa Bistro ini sangat beragam, selain takjil untuk berbuka juga ada makanan berat.

Yang bikin saya takjub kemarin itu pas makan aneka gorengan tidak ada minyaknya dan enak banget loh ini. Sampai-sampai saya dan beberapa teman bolak-balik hanya untuk mengambil gorengan. Sayangnya saya kalau buka puasa lebih suka makan cemilan, jarang banget makan besar. Beruntungnya di Batiqa ini penyediaan takjilnya banyak ragamnya.

Jadi nih kalau main ke Batiqa Hotel Cirebon saat bulan ramadan pasti seneng banget karena variasi makanan yang begitu banyak, untuk harga paket ramadannya pun sangat terjangkau sekali. Mau buka puasa bersama keluarga atau teman-teman juga oke banget. Atau mau sahur bersama? Juga bisa loh.


Ini foto bersama para blogger dan pihak Batiqa Hotel Cirebon setelah selesai acara pengenalan Batiqa Hotel Cirebon sambil menunggu beduq adzan maghrib, pokoknya staycation kali ini lebih seru. Selain bisa merasakan bagaimana menginap di hotel bisnis juga menambah tali silaturahmi bagi sesama blogger.

Akuchichie

Kemarin sebelum check out meyempatkan berfoto sambil mengisi rekomendasi di Trip Advisor dan membagi pengalaman saya di social media selama berada di Batiqa Hotel Cirebon. Jadi kalau ditanya nih bakalan balik lagi gak sih ke Batiqa? Ya iyalaaaahhhh... Karena Cirebon itu bikin kangen makanannya dan kayaknya ini masih belum move on dari Ramadhancation kemarin nih.

Untuk detail mengenai Batiqa Hotel Cirebon bisa lihat dibeberapa akun social media berikut:
Facebook: Batiqa Hotel Cirebon
Instagram: Batiqa Hotel Cirebon

Atau mau langsung memesan kamar hotel untuk liburan bersama keluarga dan teman? Langsung cek aja di Batiqa Hotel Cirebon

Happy reading and happy holiday.







24 komentar :

  1. Suka banget, deh, sama aksen batik yang selalu muncul di pernak-pernik maupun interiornya 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak, aku pun suka apalagi pas masuk kedalam hotel malah terkesan mewah loh.

      Hapus
  2. Waah unik ya semua serba batik. Bisa jadi alternatif nih kalau kecapekan nyetir pas mudik perjalanan balik. Tahun kemarin juga nginap di Cirebon pas mudik.Istirahat semalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaahhhh,,, seru banget mudik, iya betul ini bisa jadi alternatif sambil kulineran Cirebon ya mbak. Mudik kemana mbak?

      Hapus
  3. wah hotel ini dekat rumahku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mbak Tira mampir kesini buat buka puasa bersama keluarga karena ada paket Bu Ramdan yang sangat menarik loh.

      Hapus
  4. Super cute dan instagramable banget ya mbakkk wihiyyyy motif batik mega mendungnya sukakkk. Mampir juga dunk mbak ke http://ceritamakvee.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak salam kenal ya, iya ini instagramable juga hotelnya. Mampir kesini ya kalau ke Cirebon

      Hapus
  5. Waw hotelnya eksotis gitu ya Mba. Minimalis tapi elegan. Penjelasan mbanya juga panjang, detail dan lengkap. Semoga suatu hari nanti saya dan keluarga saya bisa maen k sana juga

    BalasHapus
  6. Cantik n unik banget. Semya serba batik ya. Klasik tapi mewah. Penasaran deh jadi pengen kesini. Aku tmsk yg suka pilah pilih kalo ad view klasik nyambung ama mukaku kadang keliatan deso. *apaan seh. Tp yg ini cakep. Pengen foto2 disini deh. :)

    BalasHapus
  7. Seru banget pengalaman staycation di Batiqa Hotel. Hotel yang menjunjung brand lokal ya. Cirebon memang khas dengan batik trusminya.Aku juga mau rasain bobo disana.

    BalasHapus
  8. Whuaa, noted nih. Dulu pas ke Cirebon sempat bingung cari hotel, biasa di Karisma ternyata udah tutup karena kebakaran. Insya Allah next pas ke Cirebon mau juga nyobain Baliqa...

    BalasHapus
  9. Seru hotel nya ya
    Sesuai namanya..didominasi batik
    Unik dan etnik kesannya
    Jd ingat dgn batik cirebon hadiah GA yg blm sy jahit, bagus batiknya

    BalasHapus
  10. Bagus banget hotelnya, semua ada unsur batiknya. Bisa jadi referensi kalo main-main ke Cirebon nih.

    BalasHapus
  11. Wah mbak chichie ikut ke cirebon ternyata, kenapa daku nggak dibawain oleh-oleh? Hehehe. Bisa jadi rekomendasi nih Batiqa kalau ke cirebon nanti

    BalasHapus
  12. Hotelnya bagus banget ya, ada nuansa batiknya sesuai sama namanya batiqa. Itu harga paket ramadhannya murah ya 60rb, lengkap lg. Sayang jauhhh

    BalasHapus
  13. Belum pernah ke cirebon tapi sering lewat kalau naik kereta ke Surabaya hehe. Bagus hotel Batiqanya. Lokasinya kyknya juga strategis ya, bisa baut rekomendasi tempat menginap nih kalau maen ke Cirebon.

    BalasHapus
  14. Lumayan ya fasilitasnya mba. Boleh banget neh kalau ke cirebon.

    BalasHapus
  15. Aku udah pernah nih kak nginap di bhatiqa yang di palembang. Memang sebagus itu. Makamamnya juga enak dan beragam. Interiornya indonesia banget.

    BalasHapus
  16. Itu gimana bisa kesana mbak? Apa iurang per orang? Mau dong diajak kesana, buat merasakan nyamannya tidur dan bersantai saana

    BalasHapus
  17. Waah seruu ngetrip bareng temen2. Sesuai nama hotelnya ya mba berbagai ornamennya di dominasi nuansa batik, suka deh.

    BalasHapus
  18. Terpukau sama semua yang serba batik. Lucu banget sih hotel ini. Aku belom pernah ke cirebon. Mungkin nanti main kesana sama anak anak bisa mampor ke hotel batiqa

    BalasHapus
  19. Wah konsep hotelnya suka banget sesuai dengan namanya Batiqa,lengkap banget ulasan hotelnya mba, gak bakal dilewatin kalo ke Cirebon nginepnya di Batiqa Hotel

    BalasHapus
  20. Seruuu banget bisa main sampai Cirebon! Aku malah belum pernah hehehe. Makasih rekomendasi hotelnya mbak :)

    BalasHapus