Pages

SOCIAL MEDIA

Jumat, 06 Juli 2018

Berat Badan Naik Sehabis Lebaran? Ini Solusinya!


Heyhooo... Gimana kemarin libur lebarannya? Wah pasti senang banget nih, apalagi bisa berkumpul dengan sanak saudara. Yang tak lupa kalau mudik pasti kulineran dong? Ya kan? Aduh saya jadi laper kalau bahas makanan. 

Siapa yang lebarannya kalau ada tamu dirumah atau bertamu kerumah saudara dan tetangga selalu ada makan besar? Saya!! Kebetulan lebaran kemarin saya berkeliling ke saudara-saudara dan pasti kalau bertamu disuguhka makan besar, yang ini gak boleh nolak karena pamali nolak rejeki. 

Kali ini saya mau memberikan tips ala saya untuk "Menurunkan Berat Badan Pasca Lebaran" sebelumnya ada artikel bagus yang ditulis oleh mbak Farida Zulkaidah Pane bisa menambah referensi untuk menurunkan berat badan dengan melakukan puasa syawal. 



Belajar dari pengalaman sebelumnya, sebenarnya kalau saya lebih memilih mengatur pola hidup sehat dan pola makan sehabis lebaran. Walau dimulai sekarang gak ada salahnya dan belum terlambat. Waktu bulan ramadhan kemarin saya jarang makan nasi, bahkan karbo saya hindari.

Tapi setelah lebaran ini godaannya banyak banget, selain makan saat berkunjung ke rumah saudara dan teman ternyata menurut survey saya di beberapa group yang saya ikuti adalah ngemil kue lebaran ini paling tinggi. Yang saya masih ingat waktu lebaran karena sambil nonton dan ngobrol bersama mamah, saya menghabiskan setengah toples kastengel. 

Akhirnya saya mengubah pola hidup sehat dan makannya nih, sayang banget soalnya berat badan sudah turun tapi begitu lebaran tak terkontrol makannya malah naik lagi. Tips berikut bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan.
  1. Olah raga, setiap pagi atau sore hari. Buat para ibu-ibu mengerjakan pekerjaan rumah biasanya sudah termasuk olah raga, tapi saya menambahkan dengan jalan pagi atau sekedar lari keliling komplek.
  2. Setelah bangun tidur di pagi hari, lebih baik meminum air putih 2 gelas terlebih dahulu untuk menghilangkan racun yang ada pada tubuh kita. Selain itu dengan mengkonsumsi air putih di pagi hari juga dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh, mencegah kenaikan berat badan, mencegah gangguan pencernaan dan kulit menjadi lebih sehat.
  3. Sarapan dengan buah atau oatmeal, saya biasanya menyiapkan yogurt yang dicampur dengan buah-buahan atau granola.
  4. Mengkonsumsi buah setiap hari, saya biasa melakukan ini di jam-jam kronis menuju lapar. Daripada ngemil gak karuan jadi saya mengganti dengan buah.
  5. Makan siang dengan menu yang sesuai dengan piring gizi dari Kementerian Kesehatan
  6. Mengganti makan malam dengan konsumsi buah dan air putih yang cukup.


Nah ini salah satu menu favorit dan andalan selama menjalankan pola makan yang baik untuk menurunkan berat badan. Ini saya menggunakan plain yogurt dengan toping buah dan granola. Kalau makan siang saya sebenarnya jarang makan nasi dan kadang makan nasinya saya ganti dengan nasi merah.

Nah silakan di coba beberapa tips dari saya, karena saat ini pun saya sedang menjalankan tips tersebut untuk mengurangi berat badan saat ini. Semoga kita bisa sehat sama-sama ya dan kalaupun berat badannya turun itu bonus.


#KEBloggingCollab





8 komentar :

  1. Habis lebaran kita memang harus diet ya, Mak? Harus fokus sama kesehatan dan berat badan biar timbangan enggak drastis ke kanan hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya karena sudah pasti kalau pas lebaran dan setelah lebaran suka kebablasan deh

      Hapus
  2. Wow, saya jg suka tu menu paling bawah ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menu sehat yang gampang banget dibuat kalau buatku hahahahaa

      Hapus
  3. Makasih tipsnya mak.. Sepertinya memang harus coba menerapkan menu sehat nih, pasca lebaran makin lebaran ni badan

    BalasHapus
  4. Makasih tipsnya mbak chichie. Saat ramadhan kemarin aku nyoba puasa dengan metode FC, BBku turun lumayan banyak. Tapi tetep aja saat lebaran dan liburab khilafnya ampun-ampunan, udah balik lagi kr BB semula ini, huhuhu

    BalasHapus
  5. Iya betul, minum air putih setelah bangun tidur.. itu sudah aku lakuin sejak SMA. Senoga konsisten, ini susah banget ngurangin karbo :(

    BalasHapus
  6. Hihi sama aja ya Mak.. dimana-mana kalo lebaran.. makanan berlimpah dan pantang menolak.. Boleh nih tipsnyaa... biar selalu sehat..

    BalasHapus