Pages

SOCIAL MEDIA

Selasa, 31 Juli 2018

Happy With Montessori Method

montessori

Semenjak ada Kelvin saya tuh termasuk yang kalap kalau soal beli mainan edukatif, bahkan sampai beberapa buku untuk cara belajar anak dirumah pun saya suka beli. Pokoknya rajin banget deh ngumpulin ini itu buat Kelvin.

Ketika Kelvin berusia 2,5 tahun saya sudah masukan dia ke sekolah play group yang belajarnya 3 kali seminggu tapi anaknya happy banget. Saya sudah jatuh cinta sama sekolah Kelvin yang sekarang, sebenarnya yang bikin Kelvin senang itu karena ada kolam renangnya jadi setiap bulan ada pelajaran renang.

Ada cerita lucu sih dulu waktu mau masukin sekolah, saat saya memilih beberapa sekolah ada satu sekolah yang namanya memang ada kata "montessori" lalu saya pikir itu nama sekolahannya, tapi ternyata saya salah.


Beruntungnya waktu minggu lalu saya bersama teman-teman blogger mengikuti "Montessori Approach in Parenting Young Children" bersama Montessori Haus Asia, jadi banyak nambah ilmu dan belajar lagi nih. 

Berkenalan Dengan Metode Montessori

Metode Montessori adalah suatu metode pendidikan untuk anak-anak, berdasar pada teori perkembangan anak dari Dr. Maria Montessori, seorang pendidik dari Italia di akhir abad 19 dan awal abad 20. Metode ini diterapkan terutama di pra-sekolah dan sekolah dasar, walaupun ada juga penerapannya sampai jenjang pendidikan menengah.

Maria Montessori percaya bahwa setiap orang harus mengedukasi dirinya sendiri, sedangkan guru hanya menyediakan informasi dan bimbingan kepada anak didik di lingkungan yang edukatif. Nah kali ini saya mendapat pencerahan dari Montessori Haus Asia

Montessori Haus Asia, memahami bahwa kehidupan dapat mendahului kita. Namun demikian penting untuk menghargai dan mengejar hal-hal yang kita sukai. Bagi Montessori Haus Asia, pengalaman adalah sangat penting dan Montessori sudah merupakan gaya hidup untuk memfasilitasi cara hidup ini bersama Montessori Haus Asia.


montessori haus asia
Mr. Allan Ang dari Montessori Haus Asia

Montessori Haus Asia di Singapore didirikan oleh Mr. Allan Ang untuk membuat dan mengadvokasi lingkungan belajar Montessori. Didukung oleh yang terbaik tahun-tahun awal prefesional di wilayah Asia Pasifik, kantor pusat Montessori Haus Asia berada di Singapore.

Saya sangat senang sekali saat Mr. Allan menerangkan tentang metode Montessori ini, karena memang setiap anak itu memiliki kreativitas yang berbeda. Sesuai dengan tagline yang dimiliki #MontessoriMadeSimple Montessori Haus Asia membuat Montessori dan pendidikan awal tahun yang berkualitas sederhana dan terjangkau untuk semua orang tua.





Beberapa prinsip dasar metode Montessori:
  1. Pendekatan perorangan untuk belajar
  2. Kombinasi pendidik akademik dan sosial
  3. Memupuk rasa keinginan anak, dan mereka didorang untuk berani melakukan ekspresi
  4. Konsep abstract dipresentasikan secara nyata
  5. Ketrampilan dan rutinitas yang diajarkan di sekolah akan diterapkan anak dalam kehidupannya sehari - hari hingga dewasa
Dan yang harus diketahui bahwa metode Montessori mengajarkan 5 bidang utama seperti:
  1. Kemampuan Berbahasa, anak akan terlatih bahasanya hika diajarkan untuk berbicara didepan orang banyak. Karena dengan begini juga akan menumbuhkan rasa percaya diri sang anak. Anak juga bisa diperkenalkan terhadap hurup-huruf melalui permainannya.
  2. Konsep Matematika, tanpa disadari bahwa anak-anak pada jaman sekarang ini belajar mengenai angka dan hitungan melalui permainan dan lgu.
  3. Budaya, anak-anak selalu diajarkan untuk mengantri, bersikap sopan dan santun, tata krama dan kebaikan. 
  4. Sensorik, di Sekolah metode Montessori untuk anak-anak diperkenalkan dengan mainan yang melatih indra sensorik, misalnya botol sensorik, bermain pasir, kacang-kacangan dan sebagaunya.
  5. Kehidupan sehari-hari, anak-anak diajarkan berbagai ketrampilan seperti menggunakan kaos kaki, sepatu, baju dan celana sendiri.Mereka juga harus diajarkan cara memegang piring dan gelas.


Pada kesempatan sore itu Ms. Rosa mengajak para mommies untuk ikutan mencoba permainan yang ada pada sore itu. Seru banget karena semuanya sangat antusias sekali, jadi permainan ini pun bisa di praktekan dirumah dengan media yang ada. 

Trial Box
Nah kemarin pada saat belajar bersama Montessori Haus Asia, setiap para mommies yang hadir diberikan trial box yang didalamnya benar-benar permain edukatif sekali. Waktu dibawa pulang kerumah saya minta Kelvin sendiri yang buka jadi biar dia seperti mendapatkan kado. 

Mungkin kalau untuk beberapa dia sudah pernah mencoba di sekolah dan di rumah bersama saya, tapi agak berbeda pada saat dia menemukan kapas dan kacang hijau. Dia pun agak kaget waktu saya beritahukan bahwa itu bisa menjadi tanaman.


Cemilan Selama Belajar Montessori


Ada yang sudah tau Toru? Nah kebetulan kemarin pada saat belajar mengenai Montessori sambil ditemani oleh Toru, saya kebagian mencoba Arabica Blend. Kalau waktu pertama lihat pada bagian ingredientsnya kok agak aneh ya ini udah Arabica Coffee tapi ada Oatmilknya. Eh ternyata enak banget deh, apalagi kalau diminum pada saat dingin atau menggunakan es batu. Yang bikin jatuh cinta Toru ini glutten free loh!


Ternyata kemarin itu juga ada macaroni schotel favorit saya nih, Makkeik dari Dapur Ibu. Ini juara banget ngejunya deh. Enaaaaakkkkkkk.... Kalau saya biasanya selalu pesan loyang besar, jadi emang paling bener deh ini belajar sambil ngemil macaroni schotel.


Setelah tadi ada minuman sehat, kali ini cemilan untuk sarapan yang super sehat. Sebenarnya si granola ini bisa langsung dimakan seperti itu atau bisa diberikan yogurt atau susu cair UHT.


Yang satu lagi nih gak boleh ketinggalan, cemilan masa kini yang sebelumnya sudah saya lihat di instagram teman-teman yang pada motret si kue pepe warna-warni ini. Jadi sudah gak penasaran lagi deh karena ada pada waktu acara kemarin.


Ini dia jagoannya ayam gepuk dari Mpo Oneng, kalau buat saya sambalnya kurang pedas dan kurang banyak. Hahahahaaa... Tapi saya suka semua cemilan dan minuman pada hari itu.



Happy Reading!




1 komentar :

  1. Asik juga belajar metode montessori bersama praktisinya langsung. Ditambah banyak hidangan yang bikin semangat nimba ilmu.

    BalasHapus