Dukung Tumbuh - Kembang si Kecil untuk Jadi Generasi Cerdas Indonesia



Hi Bunda... Yakin si kecil sudah cukup cerdas? Cerdas itu apa sih? Kemampuan apa saja yang harus dimiliki anak cerdas? Punya prestasi segudang apakah sudah dikatakan cerdas? Pada hari Kamis, 9 Agustus 2018 saya menghadiri Blogger dan Media Gathering dari Cerebrofort di AEON Mall BSD. Saya kalau acaranya berhubungan dengan tumbuh kembang anak pasti semangat banget karena ini merupakan tambahan ilmu bagi saya sebagai orang tua.

Sebagai orang tua pasti kita ingin yang terbaik bagi anak kita, apalagi jika anak tumbuh dengan sangat baik. Jangan lupa ya bunda bahwa #AnakCerdaItu juga berpengaruh terhadap apa yang dia asup. Dan tumbuh kembang setiap anak tidaklah sama jadi jangan pernah membandingkan anak sendiri dengan anak tetangga.

Terlebih lagi saya semenjak memutuskan untuk berhenti kerja kantoran agar bisa menemani Kelvin beraktivitas dan belajar, tidak ada kata terlambat untuk semua itu. Kelvin ini sebenarnya banyak sekali yang dia suka, mulai dari gambar, main games (kalau libur) dan yang ia suka hanya Mine Craft, bermain lego dan masih banyak aktivitas lainnya.

Karena Kelvin sudah sekolah, gurunya pun suka laporan bahwa mas Kelvin di sekolah aktif dan selalu mau mengerjakan semuanya yang diminta oleh bu guru. Cuma memang sih Kelvin ini agak kurang sabar anaknya kalau lagi gambar menurut bu guru. 

Jadi saya dan ayahnya belum begitu dapat gambaran nih bakatnya apa? Karena beberapa aktivitas di sekolah di ikuti dengan senang dan gembira. Nah saya penasaran nih sama kampanye dari Cerebrofort tentang #AnakCerdasItu siapa tau bisa ada gambaran tentang kecerdasan yang dimiliki mas Kelvin juga informasi untuk para bunda. 

Bunga Mega (Moderator & MC), Dra. Kasandra Putranto (Psikolog Klinis, Pendiri Kasandra & Associates)
Johan Leo (Head of Vitamin PT. Kalbe Farma Tbk.) dan Dr. Anggi

PT. Saka Farma Laboratories dengan produk multivitamin anak Cerebrofort meluncurkan kampanye #AnakCerdasItu. Peluncuran kampanye #AnakCerdasItu ditandai dengan melakukan diskusi yang bertemakan "Menciptakan Anak Cerdas yang Sehat" dengan pembicara Dra. A. Kasandra Putranto. 

"Kalbe berkomitmen dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, salah satunya dengan mendukung masa tumbuh kembang anak untuk menghasilkan anak cerdas" ujar bapak Johan Leo selaku Head of Vitamin PT Kalbe Farma Tbk. 

"Melalui Cerebrofort kami ingin mengajak keluarga Indonesia menjadi orang tua yang cerdas, untuk membentuk anak-anak yang memiliki kepedulian, keberanian, kreativitas dan kesehatan sejak usia dini" lanjut bapak Johan Leo.

Menurut Dra. A. Kasandra Putranto "Anak cerdas (bright child) tidak hanya pintar tapi memiliki kemampuan menyerap informasi dengan cepat, memiliki ingatan dan pemahaman yang baik, memiliki kompetensi di satu atau lebih bidang, dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik, serta memiliki ketangguhan dan kemampuan sosial emosional yang baik".




Sejalan dengan kampanye #AnakCerdasItu, Cerebrofort mendefinisikan 4 aspek penting yang dimiliki oleh seorang anak cerdas diantaranya:
  1. Anak Cerdas Itu Berani, keberanian akan menumbuhkan kepercayaan diri dan kemandirian pada anak, sehingga anak akan lebih siap menghadapi tantangan, mengambil resiko, mencoba pengalaman baru, siap menerima kegagalan, dan tegas dakan mengambil tindakan dan keputusan. 
  2. Anak Cerdas Itu Kreatif, kemampuan berfikir menemukan solusi atau sudut pandang baru akan membantu anak untuk menyelesaikan masalah-masalah unik di era globalisasi dan digital.
  3. Anak Cerdas Itu Peduli, memiliki rasa peduli merupakan salah satu tanda bahwa anak memiliki kecerdasan sosial-emosional dan memiliki empati. Penelitian membuktikan bahwa individu dengan kemampuan sosial-emosional dapat menjalin hubungan dan bekerja sama dengan lebih baik, serta meningkatkan prestasi akademik.
  4. Anak Cerdas Itu Sehat, sehat ditandai dengan tumbuh-kembang yang optimal. Pertumbuhan dan perkembangan anak terjadi secara simultan dan berkesinambungan. Apabila ukuran tubuhnya dapat tumbuh dengan baik, maka harus diikuti juga dengan bertambahnya kemampuan dan fungsi tubuhnya.

Kecerdasan merupakan hasil keseimbangan dari kemampuan analitis, kreatif, dan praktik yang berfungsi secara bersamaan sehingga individu dapat mencapai tujuan hidupnya dalam konteks sosio-kultural -Dr. Robert J. Sternberg (1988,1997,1999)

Tak hanya itu, Dra. A. Kasandra Putranto juga memberitahukan bahwa ada beberapa faktor yang harus diperhatikan oleh orang tua dari A - G. Apa sajakah A-G itu?
  • A = Attitude & Achievement
  • B = Big Brain & Heart
  • C = Care & Love
  • D = Dance & Exercise
  • E = Eat Healthy Food & Drinks
  • F = Fun Edutainment
  • G = Good Quality of Sleep

Tips Untuk Mendukung Tumbuh Kembang si Kecil:

#AnakCerdasItuBerani
  1. Hindari mengontrol si kecil terlalu ketat. Jika terlalu mengintervensi kegiatan si kecil dapat menurunkan kepercayaan diri anak.
  2. Berikan dukungan pada si kecil dan ajarkan self-encouragement.
  3. Hindari paksaan untuk hal yang tidak/belum ingin dia lakukan. Berikan si kecil waktu lebih untuk mempersiapkan dan menenangkan diri.
  4. Latih si kecil untuk tampil di depan orang misalnya dengan mengikuti kompetisi sesuai dengan minatnya.

#AnakCerdasItuKreatif
  1. Ciptakan kesempatan bagi si kecil untuk bermain, berkarya, bereksplorasi dan mendapatkan pengalaman baru.
  2. Biarkan si kecil berimajinasi dengan berbagai resource.
  3. Hindari perilaku terlalu mengatur
  4. Yuk, ajari si kecil untuk melakukan brainstorm ide-ide atau mind-mapping.
  5. Kenali minat dan bakat si kecil sejak dini
#AnakCerdasItuPeduli
  1. Bunda, tampilkan perilaku yang baik karena pada dasarnya anak akan meniru perilaku orang tua. Ajarkan si kecil untuk berbicara dengan ramah dan berperilaku lembut.
  2. Ajari si kecil untuk berbagi, misalnya dengan menyumbangkan mainan lamanya kepada korban bencana.
  3. Ajak si kecil untuk bertanggung jawab di mulai dari rumah, misalnya dengan merapihkan mainannya atau memberi makan binatang peliharaan.
  4. Berikan pujian untuk kebaikan yang si kecil lakukan, misalnya dengan memujinya ketika ia mau berbagi mainan dengan saudaranya.
#AnakCerdasItuSehat
Tahukah bunda, jika pada usia dini, pertumbuhan nutrisi paling penting dibutuhkan untuk pertumbuhan otak anak. Penentunya adalah nutrisi dan stimulasi.

Makronutrien:
  1. Karbohidrat, sebagai sumber energi.
  2. Lemak dan asam lemak, untuk energi dan pertumbuhan sel-sel otak. Contohnya AA, DHA, Omega 3, Omega 6 untuk kecerdasan 
  3. Protein, untuk pertumbuhan sel dan fungsi otak, perlinfungan infeksi.
Mikronutrien:
  1. Mineral, contohnya zat besi (FE) untuk pembentukan myelin.
  2. Vitamin, untuk pertumbuhan sel-sel otak.


#AnakCerdasItu juga harus mendapatkan asupan yang baik, karena menurut hasil dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bahwa pada tahun 2017 anak di Indonesia mengalami  peningkatan untuk anak yang stunting. 

Apa sih  stunting itu? Stunting merupakan  masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu cukup lama akibat pemberian makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. Stunting terjadi mulai janin masih dalam kandungan dan baru nampak saat anak berusia dua tahun.

Untuk pola makan anak juga ada baiknya mengikuti piring gizi yang dianjurkan oleh Kemenkes RI. Biasakan anak untuk memakan buah dan sayur, orang tua juga harus memberikan contoh agar anak mau makan sayur dan buah. 



Selain anak sudah mendapatkan asupan yang baik, anak juga harus diberikan multi vitamin tambahan. Cerebrofort membantu memenuhi nutrisi dan vitamin harian anak-anak dalam masa tumbuh-kembang,  sehingga mereka dapat mengeksplore dan mengasah potensi diri untuk terus berprestasi. Cerebrofort hadir dalam 2 varian, Cerebrofort Gold Syrup dengan kandungan multivitamin lengkap, AA, DHA, EPA, lysine untuk menambah nafsu makan, dan Biotin yang berperan dalam metabolisme dalam tubuh, sehingga zat gizi dari makanan dapat terserap sempurna.
Kini Cerebrofort hadir dalam bentuk gummy, Cerebrofort Marine Gummy dengan 4 rasa yang yummy, rasa jeruk, stroberi, mangga dan anggur. Cerebrofort Marine Gummy mengandung minyak ikan tuna yang banyak mengandung omega-3. Omega-3 merupakan salah satu nutrisi penting untuk perkembangan otak. Kandungan omega-3 pada ikan air laut, seperti ikan tuna, adalah 28 kali lebih banyak daripada ikan air tawar.


Nah buat para bunda juga harus tau nih bahwa Cerebrofort memiliki rangkaian kegiatan untuk mengetahui bakat si anak. Kegiatan Cerebrofort Kids Got Talent (KGT) akan berlangsung sejak tanggal 9 – 12 Agustus 2018 di Atrium Utama Mall AEON Tangerang. Cerebrofort KGT adalah suatu event audisi mencari bakat-bakat potensial untuk berkembang bagi anak usia 4-12 tahun, baik secara individu maupun kelompokCover Model Competition adalah suatu audisi untuk mencari next model cover majalah Sang Buah Hati, yang rutin diadakan setiap tahun dengan target peserta usia 1-6 tahun dan Zona Anak Cerdas yang merupakan zona berisi permainan dan aktivitas untuk menumbuhkan kepedulian, kreatifitas, keberanian pada anak.

Bunda juga bisa catat nih beberapa agenda acara dari Cerebrofort yang akan dilaksanakan diberbagai daerah seperti:
  • AEON Mall BSD, Tangerang pada tanggal 9 - 12 Agustus 2018
  • Hartono Mall, Solo pada tanggal 31 Agustus - 2 September 2018
  • AEON Mall Cakung, Jakarta Timur pada tanggal 7 - 9 September 2018
  • Botani Square, Bogor pada tanggal 5 -7 Oktober 2018
  • Baywalk Mall Pluit, Jakarta pada tanggal 26 - 28 Oktober 2018
  • Nipah Mall, Makassar pada tanggal 2 - 4 November 2018
Dan untuk Grand Final akan dilaksanakan pada saat Indonesia Mother and Baby Expo di Jakarta Convention Center pada bulan Desember 2018.




Sebelum selesai acara kemarin berfoto bersama para mom’s blogger, yuks bunda kita #DukungCerdasnya. 


Happy Reading!













29 komentar

  1. kece beud ah fotonya... tapi bener banget ya kak, kalo mau anak cerdas memang dimulai dari orangtua nya dulu..

    BalasHapus
  2. Setuju banget anak pintar itu cerdas, kreatif, berani dan sehat, kurekomendasikan ke keponakanku ah cerebrofotnya :)

    BalasHapus
  3. Suka dengan tagline-nya anak cerdas itu sehat,peduli, berani, dan kreatif. Sip.

    BalasHapus
  4. Cerebrofot masih eksis ya sampai sekarang. Saya taunya sejak tahun 80-an

    BalasHapus
  5. gemes ih, ada anakku. hehhehe

    btw itu si darell hampir gak mau pulang karena ketagihan main di event Cerebrofort lho. apalagi pas di zona kreatif. betah beut dia sampe keringetan pulak hahahah

    BalasHapus
  6. Wah narasumber nya psikolog rujukan nih kalau gak salah... Keren ilmunya.

    BalasHapus
  7. Wahhh seru ya acaranya anak-anak have fun banget pasti disana. Btw anak-anakku suka yang Gummy soale kenyal kenyal gitu sekali hap.

    BalasHapus
  8. Berani, Kreatif, Peduli, Sehat. Sip!

    BalasHapus
  9. aku ingat kata-kata psikolog Kassandra: psikolog itu bukan tukang gali jadi jangan suruh menggali bakat anak. Orang tua perlu menanamkan/beri stimulasi ke anak. Benar juga ya.

    BalasHapus
  10. Sehat peduli aktif dan berani ya anak sehat itu. Bukan melulu nilai pelajaran aja. Karena dengan 4 poin ini kebayang kan hasil stimulasi yang udah orang tua berikan.

    BalasHapus
  11. Ga suka makan sayur dan buah memang jd problema buat emak emak supaya anaknya tetap sehat. Makanya dr aku kecil ibu aku sering ngasih minum cerebofort sirup dan skrg gantian deh aku ke anak anak aku juga ngasihnya cerebofort. Udh terpercaya soalnya

    BalasHapus
  12. Aku baru tau tentang si stunting itu loh, ternyata Indonesia termasuk yang cukup besar ya angkanya.....syedih deh. Ikut acara ini jadi makin aware tentang perkembangan anak deh.

    BalasHapus
  13. Anak2 harus dpt perhatian lbh, biar pas besar mereka mempunyai kesadaran akan masa depan, sopan terhadap org tua dan org lain

    BalasHapus
  14. Mantab programnya. Anak cerdas itu ya berani, kreatif, peduli dan sehat! Setuju banget. Semoga keluarga kita bisa menghasilkan generasi anak cerdas ya mba. Aamin.

    BalasHapus
  15. Ada A sampai G yang harus diperhatikan orangtua yah dalam mendidik anak. Tambah wawasan baru nih daku mengenal dunia parenting

    BalasHapus
  16. Tidak hanya makanan, anak agar cerdas juga perlu multivitamin

    BalasHapus
  17. Anak saya termasuk yang sehat dan peduli, tapi kalau untuk keberian kayaknya kirang deh dan kretif juga belum kelihatan. Tapi dia termasuk yang selalu banyak bertanya juga sih. Terimakasih untuk penjelsannya tentang kecerdasn anak, jadi tahu pastinya tentang tingkat kecerdasan anak.

    BalasHapus
  18. makasih sharing ilmunya mbak chichie, jadi bisa melihat anak sendiri kurangnya dimana yah biar makin siap #dukungcerdasnya

    BalasHapus
  19. Haidar suka banget nih minum cerebrofort dan sebagai orang tua aku selalu #dukungcerdasnya

    BalasHapus
  20. Saya baca ini fokus ke faktor A-G dan setuju sekali terutama faktor Big Brain amd Heart, ini benar2 harus dilatih sejak dini bagaimana seorang anak memiliki empati terhadap sesama.

    BalasHapus
  21. Bener banget nih kalau mau perilaku anak baik, orang tua harus jadi contohnya karena pada dasarnya anak akan meniru perilaku orang tua ya. :)

    BalasHapus
  22. Iklan "Anak Pintar Anak Cerebrofot" dulu terkenal banget

    BalasHapus
  23. Sharingnya bagus banget mbak. Buat note nih buat anak2ku nanti.

    BalasHapus
  24. Cerebrofort ini dari zaman adekku kecil deh, multivitamin yang diminum rutin setiap hari

    BalasHapus
  25. Vitamin kesukaan anakku nih

    BalasHapus
  26. Bisa jadi noted buat ibu2... saya mah baca aja buat belajar nanti. Hahah

    BalasHapus