Makan Siang di RM Demangan Yogyakarta

RM Demangan Yogyakarta
Mau makan siang kemana? Ini pasti selalu menjadi pertanyaan suami saya kalau pas lagi keluar kota, karena memang biasanya saya suka membuat perencanaan perjalanan selama liburan tapi kali ini gak bikin. Jadi semua serba yang selewatan aja atau pas kepikiran.

Nah kali ini saya mencoba untuk makan siang di RM Demangan yang terletak di Jalan Demangan Baru No. 19 Caturnunggal, Yogyakarta. Sebenarnya ide makan disini spontan aja karena sempat ngebahas sama teman yang belum lama habis ke Yogyakarta juga. Kalau lihat di Google dan instagram @RMDemangan semua menu yang ada disini adalah khas Indonesia atau kalau saya bilang menu rumahan.

Walau memang di instagramnya belum banyak foto yang terunggah setidaknya memang bisa menjadi gambaran, senangnya tuh kalau nemu resto yang menyediakan makanan khas Indonesia. Di RM Demangan, untuk menu bisa langsung pesan didepan kasir dan langsung bayar. 

Karena saya pertama kali kesini jadi si mbaknya menawarkan untuk mencari duduk dulu sambil lihat-lihat menunya. Begitu buka buku menu langsung pusing karena kepengen semua, beberapa menu disini adalah makanan kesukaan saya.

Makan Siang Kami Bertiga (dok. Akuchichie)
Akhirnya setelah memilih menu saya langsung ke kasir untuk memesan makan siang kami bertiga. Beberapa menu kami coba seperti rawon, brongkos daging sapi, sop daging Demangan, tahu gorengan yang dicocol dengan sambal hijau, telur dadar, es teh tawar, es teh lemon, kopi rumahan dan es kopi susu Demangan.

Mas Kelvin makan nasi sama sop daging Demangan, ini pas saya cicipi enak banget sopnya. Kalau saya bilang belum ada yang seenak RM Demangan sopnya, pantesan Kelvin lahap banget makannya. Kalau minumnya jangan ditanya, dia selalu minta es teh lemon. Saya juga pesankan telur dadar tambahan karena mas Kelvin kalau makan kudu ada telor dadar.

Untuk menu makan siang saya brongkos daging sapi tapi sebenarnya dagingnya lebih sedikit sekali sih, selain itu ada telur bulat dan 2 keping tahu. Ini enak juga enak Brongkosnya. Kalau minum seperti biasa saya selalu pesan es teh tawar dan kopi rumahan Demangan panas.

Sementara menu ayahnya nasi rawon daging dan minumanya es kopi susu Demangan. Endingnya, karena menu di RM Demangan ini banyak jadi ayah selalu kebagian menghabiskan makanan mas Kelvin.

Tahu goreng dengan sambal hijaunya ini enak deh, kalau saya lebih suka makannya dibelah dulu dan pada bagian tengah sama olesi sambal lalu dimakan deh. Aduh lagi nulis ini jadi kepikiran buat balik sana lagi.

Es Kopi Susu Demangan dan Kopi Panas Rumahan (dok. Akuchichie)
Karena da menu kopinya jadi penasaran dong, ayah pesan es kopi susu Demangan dan saya sendiri pesan kopi panas rumahan. Es kopi susunya enak, untuk rumah makan dia memiliki rasa kopi yang enak banget. Nah si kopi panas rumahan ini juga gak kalah enak sama es kopi susu, saya tidak menambah gula pada kopi saya. Kurang nikmat nampaknya kalau saya tambahkan gula.


Interior RM Demangan Yogyakarta


Kalau pas masuk ke RM Demangan pasti menemukan dimana ada kaca bulat disebelah kanan dan rak yang berisikan vas-vas super gemas ini, saya pas lihat pengen ngankut banwaannya. Yang bikin cantik RM Demangan ini adalah penataan interior dan pemilihan warnanya. 


Yang ini dindingnya berwarna pink, dengan beberapa pernak-pernik di rak serta ada tanaman monstera dimeja membuat pojokan ini cantik. Ini posisinya menghadap ke jalan. Waktu masuk kedalam sini saya sih sudah jatuh cinta, karena semuanya serba cantik banget.

Keranjang-keranjang rotan itu juga bikin menarik perhatian, kalau di kalangan komunitas saya ini keranjang yang wajib dimiliki dirumah. Jadi biar kalau meletakkan tanaman didalam rumah jadi cantik.

Ternyata RM Demangan awalnya berwarna putih dan setelah itu di renovasi menjadi cantik sekali sekarang.






Ini beberapa bagian dalam RM Demangan, gimana? Nyejukin mata kan? Sambil makan dengan dimanjakan sentuhan warna-warna pastel dan furnitur yang kalah keren. Sambil nunggu makanan datang saya menyempatkan berkeliling restaurant, kalau di area indoor memang agak ramai dan meja kosong tuh cuma dipojokan yang bolak-balik dipakai foto para pengunjung.

Nah saya mencoba jalan ke area luar yang ternyata gak kalah keren dari area dalamnya, yang ini lucu-lucu loh. Yang keren sih ide buat ngebikin RM Demangan jadi berasa dirumah dan design interiornya yang super keren.


Yang menarik perhatian saya adalah bagian luar yang ini, karena ini benar-benar menghadap ke jalanan langsung bahkan diluar itu area parkir. Seru bangetlah ini konsep RM Demangan, di Jakarta belum nemu sih yang begini atau saya yang belum tau ya.



Dibagian luar juga lumayan besar banget nih jadi ada beberapa meja gitulah, jadi jangan khawatir kalau mau bawa rombongan kesini karena area luarnya luas juga. Yang menarik perhatian lagi bagi saya ada ruangan semacam selasar yang lebih sering dipakai buat foto-foto para pengunjung RM Demangan.

Suka banget ini membuat para pengunjungnya nyaman dan merasakan seperti berada dirumah karena beneran enak banget tempatnya. Makanan ala rumahan dan didukung dengan interior serta eksterior yang super cantik.


Ceritanya mau foto ala-ala candid gitu tapi malah kayak menahan sesuatu, ini lebih tepat nahan malu karena disebelah kiri saya ada orang-orang yang sedang makan siang juga. Rata-rata hari ini yang makan disana keluarga semua, ada sih pasangan cuma sendiri doang kayaknya tadi.

Tampak Depan RM Demangan (dok. Akuchichie)
Ini bagian depan dari RM Demangan, duh itu warna cat luarnya saya banget deh ah. Terus jadi kepikiran begitu liat ini pengen ngecat rumah dengan warna yang sama gini. Kalau tampak luar gini gak terlalu besar dan ternyata dia gede banget loh.

Kalau saya sih rekomen banget makan disini, karena rasa makanannya pun enak-enak. 

Happy Reading!

34 komentar

  1. Aiiish cantiiik tampilan tempatnya luar dan dalam :). Akupun suka kalo makanan khas indonesia gini mba. Brongkos tuh yg msh penasaran sampe skr. Tiap k jogja batal mulu mau cari brongkos :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah nanti kalau balik ke Jogja lagi coba masukan Rumah Makan Demangan di plan kulinerannya ya karena semua makanannya enak kalau buat saya.

      Hapus
  2. Adem banget suasana di dalam RM itu yaa.. Pasti tambah nikmat deh acara makan2nya kalo suasana adem spt itu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, saya pun bersama keluarga makannya sih cepet tapi ngobrolnya yang lama padahal cuma bertiga sama suami dan anak.

      Hapus
  3. Kopi gak pernah lupa ya mba chichie :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi, karena ngopi adalah wajib apalagi kalau pas ke daerah gini pasti nyari kopi rumahannya

      Hapus
  4. OMG ambience nya cozy banget mba and instagramable buat foto foto

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget mbak, andai aja bisa foto ootd diseluruh penjuru RM Demangan, hhahahaha

      Hapus
  5. Selain menunya yang nampaknya bisa manjain perut, dekor tempatnya juga menarik banget.

    Langsung naksir sama pot gantungnya. Iconic!

    BalasHapus
  6. Keren ya mbak dekornya. Mereka masih menggunakan bunga hidup. Sering lihat cafe atau restoran bikin bunga palsu, nggak mau capek banget mereka, padahal bunga asli elegant dan lebih sehat, juga menyumbang oksigen buat dunia

    BalasHapus
  7. Mbak aku takjub sama foto-fotonya ih. Keren. Lokasinya juga kece.

    BalasHapus
  8. Instagrammable dalam kesederhanaan, ya, Mbak, interiornya.

    BalasHapus
  9. Aduh ini interiornya lucu sekali :) Kebetulan ada rencana ke jogja. Kok ya unik dengan desain kekinian, makanannya tetap khas Indonesia. Sip deh pasti dicoba!

    BalasHapus
  10. Cantiiikkk bgt.

    Makin mupeng k jogja euyy

    BalasHapus
  11. Aku mau Rawonnya, Brongkoos jugaaa, itu makanan paporit keluarga yang turunan Jawa..
    Hmm Yummy..

    Tampak depan biasa aja ya, tapi dalemannya luar biasa,..

    BalasHapus
  12. yang punua kamera punya 'mata'yang emang artistik. Cantik angle & foto2nya. Nanti mampir kemari ah kalo ke jogja. Thanka buat artikelnya.

    BalasHapus
  13. Suasananya serasa dirumah sendiri instagramable banget nih buat update status

    BalasHapus
  14. RM demangan yogyakarta bikin perut lapar jadi tambah lapar, pengen di beli juga vas bunganya buat oleh oleh di jakarta. Brongkos memang tiada duanya

    BalasHapus
  15. Chichie makasih buat referensinya... pas ke yogyakarta ku pasti melipir ke RM demangan ini. mana tempatnya comfy bat hehhee

    BalasHapus
  16. Tempatnya instagramable ya,,suka deh sama interiornya juga.

    BalasHapus
  17. Iya ya tampak luar ya kayak runah aja. Enak memang makan ditempat kayak gini. Akrab rasanya apalagi ditambah makanan yang enak enak ya. Bikin betah

    BalasHapus
  18. Lidah kamu sukanya kuliner lokal ya ci, toss aj klo gitu hehe.. Btw ini tempatnya cozy banget ya jd pengen ke sana someday deh (gaya anak jaksel ngomongnya gitu) hahaa

    BalasHapus
  19. Es kopi susu selalu bisa menarik mata dan hati saya. Ughhh hihi tempatnya kayaknya rapih dan bagus ya mba chicie untuk difoto2.

    BalasHapus
  20. wah asyik nambah referensi lagi kalau ke Jogja :)

    BalasHapus
  21. homeyyy bangett ya mba, liat foto2nya aja udah adem, bikin betah pasti nemu resto nyaman kayak gini

    BalasHapus
  22. kakkkk, tips nya dong bisa foto makanan begitu gimana. aku kok kalo kulineran, suka khhilaf langsung ngabisin makanan trs baru inget foto ya.... huhuhu

    BalasHapus
  23. keren banget interiornya ya, ditambah makanan dan minuman yang menggoda, lengkap sudahhh...

    BalasHapus
  24. Kayak familiar sama tempatnya deh..ini posisinya ga jauh dari daerah karang malang bukan mbak? Tahun depan aku ke Jogja mampir ahh...jadi penasaran sama tempatnya kok kayak kenal.

    BalasHapus
  25. Interiornya Instagramable bangettt. Kalau ke sini pakai baju cakep biar bisa sekalian OOTD-an~

    BalasHapus
  26. Tau gitu kemarin pas ke Jogja cobain makan disini ya

    BalasHapus
  27. Instagramable banget mba. Pasti bakal kebanyakan fotonya ini sih aku. Hahaha

    BalasHapus
  28. RM Demangan ini instagramable banget yak. Boleh banget nih kucobain kalau ke jogja

    BalasHapus
  29. Rumah makannya etnik2 modern gitu ya mbak. Seneng ama menunya. Bisa jadi referensi nih kalau ke jogja.

    BalasHapus