Memberi Reward Kepada Anak Tidak Harus Dengan Membelikan Mainan

Kelvin Main di Yamalu (Photo: by Astrid Febrina Riza)

Anak mana yang tidak senang jika diberikan hadiah oleh orang tuanya, apalagi jika si anak sudah menyelesaikan tugasnya dengan baik. Kalau dulu nih jaman saya kecil pasti kalau mau minta sesuatu harus ada tanggung jawabnya jadi gak cuma-cuma ngasihnya. Ini yang selalu saya pelajari dari mamah, apalagi semenjak punya anak jadi ngerti banget kenapa dulu kedua orang tua saya selalu memberikan tanggung jawab.

Sehabis membaca tulisan dari mak Muthmainnah mengenai Mengajari Balita Hafal Al - Quran dengan Ceria saya jadi teringat Kelvin yang sekarang ini sedang menghafal surat-surat pendek. Kadang kalau sampai rumah saya suka minta mas Kelvin mengulang kembali surat-surat pendek yang diajarkan di sekolah.

Saya mencoba menerapkan tanggung jawab kepada anak saya, tapi masih hal-hal kecil tapi kalau sudah terbiasa pasti nanti sampai besar pun dia sudah terbiasa dan  akan jadi anak yang bertanggung jawab, disiplin, tangguh dan hormat terhadap orang sekitarnya.

Karena Kelvin baru berusia 4,5 tahun dan dia sudah saya sekolahkan sejak usia 2,5 tahun, saya sudah mulai tidak terlalu memanjakannya. Sebelumnya dia kalau mau minta mainan pasti langsung dibelikan tapi sekarang setelah dia semakin besar rasanya harus diberikan tanggung jawab yang nantinya akan kami berikan reward.

Reward tidak harus berupa materi atau mainan yang dia minta, sekarang ini reward yang saya berikan dengan mengajaknya jalan-jalan keluar rumah. Hitung-hitung bersosialisasi dan memberikan dia pemahaman akan hal-hal diluar sana.

Menemani Bunda Ngopi
Kalau kata beberapa teman di group whats app yang saya ikuti, memberikan tanggung jawab kepada anak itu susah-susah gampang. Hhhhmmm... Dari sini saya belajar, bahwa lingkungan dirumah adalah penentu jiwa anak-anak, karena anak akan mengikuti lingkungan dimana ia tinggal.

Karena sekarang mas Kelvin sudah TK dan jam sekolah dia dari jam 8.15 - 11.30 jadi waktu dia gak sebanyak jaman dia masih playgroup. Kebetulan Kelvin sekolah naik jemputan dari dia playgroup, ini awalnya trial dari kesepakatan saya dan guru sekolahnya. Dan ternyata anaknya enjoy banget!.

Beberapa tanggung jawab yang saya berikan kepada Kelvin dirumah:
  1. Pulang sekolah dia harus meletakan sepatu di rak sepatu yang sudah disediakan dirumah
  2. Mengganti baju sekolahnya dengan baju rumah
  3. Mencuci kaki dan tangan menggunakan sabun cair (ini agar lebih mudah untuk dia mencuci tangan dan kaki)
  4. Makan siang bersama di meja makan, ini sudah saya biasakan sejak dia mulai makan.
  5. Selalu membawa piring makannya ke dapur
  6. Tidur siang hanya 2 - 3 jam saja, agar sore bisa main
  7. Belajar mengenai angka, huruf, mewarnai dan lainnya.
  8. Menggunakan gawai hanya di waktu libur dan maksimal hanya 2 jam perhari.
Kedelapan hal ini yang sampai sekarang selalu berjalan dengan baik walau kadang bunda suka seriosa kecil-kecilan dirumah. Saya tidak pernah memaksa tapi saya selalu memberitahukan dengan bahasa yang halus dan sambil diajak ngobrol kayak kita ngobrol sama teman.


Nah, reward apa sih yang biasa saya berikan kepada mas Kelvin? Saya tidak selalu membelikannya mainan jika memang tugas-tugasnya dilaksanakan dengan ikhlas tanpa dia harus ngedumel. Saya dan suami sepakat dengan reward-reward yang juga bisa memberikan edukasi dan sosialisasi baginya.

Seperti mengajaknya ke museum, berlibur ke pantai, naik bus, jalan-jalan ke taman atau tempat bermain, main ke tempat kopi, ke kebun binatang, membelikan coklat, ikuta bunda motret dan masih banyak beberapa reward yang bisa diberikan selain dengan membelikan mainan.



Happy Reading!
#KEBKolablogging



7 komentar

  1. Balasan
    1. Jalan-jalan murah meriah happy ending mbak ;))

      Hapus
  2. Kak setelah operasi varikokel bisa hamil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Luthfi, alhamdulillah atas seizinNya saya dan suami diberi kepercayaan dari hasil program kami. Anak kami sekarang berusia 4,5 tahun

      Hapus
    2. Kak..jarak antar operasi dan kehamilan brp lama? Saya sgt tkut sekali tp ini merupakan keretapan Allah SWT smga ikhlas

      Hapus
    3. Suami saya operasi bulan Oktober 2012 dan saya hamil 5 minggu pada bulan Maret 2013, setelah dari operasi ada masa recovery untuk pembentukan sperma yang bagus itu 3bulan mbak

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus