Pages

SOCIAL MEDIA

Selasa, 07 Agustus 2018

Peran Penting Orang Tua Dalam Tumbuh Kembang Anak


Kalau berbicara mengenai anak-anak memang sangat menarik dan tidak ada habisnya, apalagi soal pola asuh terhadap anak. Sering sekali di beberapa group whats app atau line yang saya ikuti selalu ada saja perbincangan mengenai anak yang selalu bikin saya tertarik. Tapi hati-hati jangan sampai menjatuhkan ya buibuk

Pada hari Selasa tanggal 31 Juli 2018 saya mengikuti acara talkshow tentang "Tips Menjaga Psikis Anak Sejak Dini" yang diadakan oleh Mom Blogger Community dan berkerjasama dengan Halodoc dan kebetulan saya memang menggunakan Halodoc sejak lama. #HalodocxMBC

Temanya bagus banget nih, apalagi untuk para orang tua. Karena menurut hasil survey kecil-kecilan terhadap beberapa teman memang mengakui sekali bahwa psikis anak itu tergantung lingkungan sekitar dan terutama adalah orang tua. Saya yakin bahwa semua orang tua ingin anaknya tumbuh dengan baik secara fisik maupun psikis atau mental.

Siang itu ada dr. Tjhin Wiguna Sp.KJ, seorang psikiater spesialis anak dan remaja di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), yang memberikan pemaparan mengenai Tips Menjaga Psikir Anak Sejak Dini.

dr. Tjhin Wiguna Sp.KJ (dok. Akuchichie)
Menurut dr. Tjhin bahwa peran orang tua sangatlah penting dalam perkembangan karakter dan moral seorang anak. Anak biasanya mencari panutan dalam membentuk bahasa, perilaku, dan sikap dari orang tuanya. Sebagai orang tua, penting untuk memastikan bahwa bahasa, sikap dan perilaku orang tua dapat menjadi panutan yang positif  bagi anak.

Dan kita pun tidak bisa menyamakan tumbuh kembang anak sendiri dengan orang lain, hal ini akan menjadi kompetisi yang tidak sehat nantinya. Kalau saya dan suami sudah sepakat tidak ingin memaksakan anak kami harus bisa tapi yang penting berproses. 

Sejak dini saya dan suami membiasakan disiplin dikeluarga kecil kami, seperti contohnya kalau makan hendaklah bersama-sama di ruang makan dan ini sudah menjadi kebiasaan kami sampai sekarang ini. Ajarkan anak makan duduk di kursi makannya, alhamdulillah juga ini sampai sekarang masih sama.

Jangan sampai kita menegur anak karena kesalahannya tapi kita tidak memberi contoh dengan baik dirumah. Berikan anak dengan pujian atau rewatd kecil jika bisa menyelesaikan pekerjaan rumah atau apapun. Reward tidak harus berupa barang atau materi, bisa dengan merangkul, memeluk dan atau memberi tepuk tangan.

Dan jangan lupa selalu memberikan pelukan kepada anak setiap hari, pelukan terhadap anak bisa membuatnya lebih percaya diri, tenang dan anak akan lebih berempati jika sering dipeluk oleh ibunya. Selain itu anak juga tumbuh menjadi seorang penyanyang.

Yang selalu saya ingat dari almarhum papah, "sebagai orang tua jangan pernah memarahi anak". Dan ini memang yang dilakukan kedua papah dan mamah terhadap saya dan adik saya.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan bersama anak untuk menjaga psikisnya:
  1. Tunjukkan hal positif, karena anak cenderung akan mencontoh orang tua dan lingkungan rumahnya.
  2. Selalu mengajak anak berkomunikasi, saya pun menerapkan hal ini kepada Kelvin agar dia selalu terbuka terhadap orang tuanya.
  3. Berikan dukungan, saat dia diberikan tugas di sekolah, atau sedang melakukan aktivitas diluar sekolah. Ini dapat menumbuhkan kepercayaan terhadap dirinya.
  4. Minta maaf, jangan karena kita orang tua lantas tak perlu minta maaf kepada anak. Ada kalanya kita juga salah dan meminta maaf kepada mereka.
  5. Berikan ke nyamanan saat berada dirumah dan luar rumah
  6. Ajak aktivitas luar ruang seperti mengajak jalan-jalan ke museum atau sekedar keliling saja.
"Umumnya orang tua mendidik anak sesuai dengan norma dan budaya yang ada di masyarakat saat ini, tapi belum tentu itu hal yang dibenarkan secara media. Apalagi sekarang zamannya sudah mulai berubah, anak sudah sangat aware dengan teknologi, jadi sebagai orang tua perlu arahan untuk mendidik anak sesuai dengan perkembangan zaman" ujar Blessy, Offline Marketing Manager Halodoc. 

Dalam rangka merayakan Hari Anak di bulan Juli kemarin, Halodoc mengajak para orang tua untuk lebih memperhatikan kesehatan anak. Penting bagi anak untuk tumbuh dengan baik agar bisa menjadi penerus bangsa yang sehat secara fisik dan mental di kemudian hari. #HalodocHariAnak



Mungkin ada yang belum tau apa itu Halodoc?

Halodoc merupakan aplikasi kesehatan terpadu berbasis online yang memberikan solusi kesehatan lengkap dan terpercaya dalam memenuhi kebutuhan kesehatan bagi pengguna. Aplikasi Halodoc dilengkapi dengan tiga fitur utama, yakni Apotik Antar, layanan yang dapat membantu para pengguna dalam membeli suplemen, vitamin dan obat dengan resep dokter dengan cepat, aman, dan nyaman. Hubungi dokter, layanan yang memfasilitasi para pengguna untuk berinteraksi secara langsung dengan ribuan dokter melalu voice call, video call dan chat, selain itu ada Lab Service, dimana Halodoc bekerjasama dengan Prodia dalam memberi kemudahan bagi pengguna untuk melakukan pengecekan kesehatan di rumah maupun kantor.

Aplikasi ini bisa langsung diunduh di apps store atau playstore, gampang banget kan? Karena saya sudah #PakeHalodoc bahkan sepertinya jaman awal-awal kemunculan si Halodoc.





Ini tampilan aplikasi Halodoc di smartphone, sebenarnya kalau ada aplikasi Go-Jek bisa langsung pilih Go - Med nanti pasti akan di direct ke Halodoc. Saya benar-benar terbantu banget semenjak ada Halodoc.

Jadi waktu suami sedang keluar kota dan anak saya demam, lalu dirumah gak ada yang bisa anter untuk ke apotik. Iseng buka aplikasi Go-Jek dan ada pilihan Go-Med  langsung saya unduh aplikasi Halodoc, begitu setelah selesai proses mengunggah surprise banget sih lihat menu-menu didalamnya yang menurut saya ini lengkap banget.

Karena persediaan paracetamol sudah habis jadi awal pakai Halodoc dulu adalah membeli obat untuk mas Kelvin. 

Halodoc ini bisa dijangkau jika ada Go-Jek jadi jangan khawatir ya buibuk. Yang bisa dimanfaatkan dari aplikasi Halodoc bahwa didalamnya terdapat fitur kontak dokter, dari dokter umum, spesialis anak, internis, hingga spesialis mata yang online 24 jam. 



Selain itu di Halodoc terdapat Pharmacy Delivery yang merupakan fitur layanan apotik antar 24 jam uang bebas biaya pengantaran. Jadi buat para ibu dapat memesan obat langsung melalui fitur ini. Jadi 

Begitu pesanan datang dirumah ternyata packaging dari Halodoc ini benar-benar rapih sekali, karena ada segelnya yang akan dibuka oleh si pemesan. Kalau barang yang dipesan diterima dengan keadaan dengan segel terbuka atau rusak maka bisa komplain dan akan digantikan. 



Jadi buat saya di jaman yang menurut saya sudah serba digital ini bisa dimanfaatkan dengan baik, karena dengan #PakeHalodoc sangat membantu sekali jadi kita gak perlu lagi repot buat ke apotik. Untuk informasi seputar kesehatan atau yang berhubungan dengan Halodoc bisa di akses disini 

Informasi mengenai Halodoc bisa akses disini ya:
Webiste: Halodoc
Instagram: @halodoc

Happy Reading!












3 komentar :

  1. Halodoc, aplikasi yang membantu kita agar kesehatan lebih terjaga..

    Talkshow yang sungguh bermanfaat ya Mbak:)

    BalasHapus
  2. refrensi alternatif bagi yang gak sempat beli majalah

    BalasHapus