Mulailah Menggunakan Internet dengan Baik dari Diri Sendiri



Perkembangan dunia digital membuat semuanya terasa mudah untuk dilakukan, saat ini hampir seluruh penduduk di Indonesia bahkan di dunia sudah akrab dengan internet. Keseharian mereka tidak lepas dari penggunaan internet. Mulai mencari berita terkini, menonton, melakukan belanja online, update social media dan masih banyak yang dapat dilakukan dengan menggunakan internet.

Tapi sekarang ini masih banyak yang menggunakan internet dengan tidak baik, karena masih terdapat orang-orang yang senang menyebarkan berita tidak benar. Makanya ada istilah “Jempolmu Harimaumu” janganlah kita menjadi orang yang tidak baik dalam menggunakan internet. 

Saya pun sadar bahwa penggunaan internet yang baik akan sangat berpengaruh pada kehidupan saya sendiri dan juga orang disekitar saya. Beberapa cara dapat dilakukan agar dapat menggunakan internet dengan baik bisa dengan memberikan edukasi dan pengaruh yang positif terhadap pengikut kita di media social, keluarga terdekat, teman-teman baik yang sering bertemu atau hanya bertegur sapa dalam group chat.

Sebagai seorang blogger, konten kreator dan juga fotografer gaya hidup yang dalam keseharian selalu menggunakan internet sangat terbantu sekali jika ingin mencari bahan-bahan tulisan untuk konten didalam blog pribadi, referensi-referensi foto, update social media dan bahkan sampai belanja online. Ibaratnya sekarang ini hanya dengan memasukan keyword yang akan kita cari maka munculah sederetan berita yang akan kita cari.

Dari sini saya belajar untuk selalu membuat konten digital yang mengedukasi dan positif, agar apa yang dibaca oleh orang lain dari konten saya bisa memberikan pengaruh positif dan informatif. Sadar atau tidak, media social juga bisa memberikan dampak buruk bagi para penggunanya jika tidak dimanfaatkan dengan baik.




Bagaimana menggunakan internet dengan baik, beberapa tips berikut bisa dicoba:

Awasi Penggunaan Internet Pada Anak-anak
Karena internet ini sudah menjadi bagian dari kehidupan di masyarakat, tidak hanya pada orang dewasa tetapi juga pada anak-anak maka penggunaan internet pada anak juga harus dalam pengawasan orang tua. Biasakan memberikan batas waktu dan disiplin pada anak dalam penggunaan internet.

Jadikan Internet Sebagai Media Menambah Wawasan
Apapun pada era digital sekarang ini mudah sekali untuk dicari, jadi kita bisa menggunakan internet sebagai bantuan untuk menambah wawasan. Misalnya saya sebagai seorang blogger saya juga dituntut untuk membuat konten didalam blog saya enak dibaca, nah untuk menambah bahan tulisan bisa juga cari informasi terkait di internet. 

Biasakan Menyaring Berita Yang Kita Terima dan Teruskan
Dengan begitu mudahnya akses internet di semua kalangan, maka berhati-hati dalam memberikan atau menerima berita yang diterima. Jangan mudah terprovokasi akan berita yang kita dapatkan belum tentu benar.

Hindari Perdebatan di Social Media
Meski nyatanya social media adalah untuk bersenang-senang tapi lebih baik hindari perdebatan di social media, karena secara tidak langsung apa yang kita tulis di social bisa mencerminkan siapa diri kita sebenarnya. Apalagi membuat tulisan sindirian atau mengacu pada provokasi, sangat disayangkan sekali kalau hidup hanya untuk memberikan sindiran dan perdebatan yang tidak penting.

Berfikir Sebelum Bertindak
Terkadang karena kebebasan berinteraksi di internet banyak orang yang tidak pernah berfikir sebelum mereka menuliskan atau mengunggah apapun lewat internet. Lebih baik sebelum kita melakukan apapun lewat internet hendaknya berfikir kembali apakah yang akan kita berikan ini berdampak baik atau tidak bagi yang melihatnya dan jangan sampai merugikan diri sendiri.

Hindari Memberikan Data Pribadi di Internet
Nah ini hal yang paling penting, jangan pernah memberikan data diri kita terlalu lengkap di lewat internet. Karena apa yang kita berikan lewat internet dapat dengan mudah dicari. Secara tidak langsung kita sedang memberikan informasi penting tentang diri kita pada khalayak ramai pengguna internet.

Mengedukasi Dengan Program-program Digital Yang Positif
Banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan menggunakan internet, seperti halnya sekarang ini mau belajar membuat kue, mencari resep, referensi foto, membuat kerajinan tangan, bercocok tanam dan hingga belanja pun dengan mudah dilakukan. Tetapi banyak juga yang masih perlu diberikan edukasi atau workshop digital untuk mengembangkan kemampuan, usaha dan hobi.

Yang seperti ini sekarang sudah banyak dilakukan dan banyak sekali pesertanya, jadi lewat edukasi dan workshop seperti ini diharapkan semakin banyak orang menggunakan internet dengan baik.




Program Internet Baik

Program internet BAIK adalah sebuah program CSR PT Telkomsel di bidang kewarganegaraan digital. Telkomsel menyadari bahwa pondasi yang terpenting dalam mendukung ekosistem digital ini salah satunya adalah karakter manusia (penggunanya). Sebelum terwujudnya smart village dan smart country, maka yang perlu diwujudkan adalah smart people.

Program kampanye bertajuk #internetBAIK dilakukan dengan tujuan menciptakan ekosistem digital yang positif dan konstruktif dengan penggunaan internet bertanggung jawab, aman, inspiratif, dan kreatif.

Nah jadi sekarang marilah kita menggunakan interner dengan baik, manfaatkanlah internet sebagai penambah wawasan kita sesuai dengan kebutuhan. Jangan menyalahgunakan internet yang berakibat menimbulkan potensi kejahatan dan dampak buruk dari internet.

Sebarkan informasi yang positif dan informatif agar siapapun yang mengakses internet mendapatkan manfaat yang baik dari apa yang kita bagikan. Inspiratif artinya mendorong pemanfaatan internet untuk hal-hal yang positif dalam upaya meningkatkan kualitas hidup pengguna dan orang disekitarnya. Sementara kreatif berarti menciptakan ekosistem digital yang produktif sebagai wadah pengembangan daya cipta dan kreasi yang bermanfaat secara luas bagi masyarakat.

53 komentar

  1. terbaik nih tips-tipsnya, emang harus banget dibikin ground rules buat anak-anak saat main internet ya. supaya gak salah kaprah ya beb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Ai, tapi aku pun masih suka kasihan kalau dibatasin hahahahaaa

      Hapus
    2. Nggak apa-apa Kak Chichie, Ponakan daku aja dibatasi dalam bermain Gadget, jadinya pada fokus belajar 😄

      Hapus
  2. Soal memberikan data diri... Kalau misalnya kita registrasi atau sign up itu gimana mba? Masuk kategori poin tsb atau gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sign up tidak mbak, karena kan memang harus memberikan data secara valid. Data diri disini misal di media social, karena lebih mudah di akseskan?

      Hapus
  3. Ada internet sehat, internet baik, sekarang siberkreasi.. tapi semakin banyak maka semakin bagus karena literasi digital ini peer besar loh di Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas Unggul, sekarang ini PRnya banyak sekali

      Hapus
  4. Oke bgt tips nya mba. Memutuskan menggunakan medsos berarti harus bertanggung jawab n beretika dalam pemanfaatannya. Btw fotonya bagus2 pake kamera apa?

    BalasHapus
  5. Banyak PR, dan iya harus dimulai dari diri sendiri. Keamanan kita, tanggung jawab kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, jangan sampai jadi berbalik ke kitalah kalau penggunaan tidak sesuai

      Hapus
  6. Hindari perdebatan di medsos, terlebih dengan orang yang memang ngajak perang bukan debat hahaha.

    Kalau saya lebih suka nyuekin orang model gitu, ga saya blokir, cuman dicuekin aja biar dia kesal sendiri hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saya pun yang lebih cuek orang mau ngapain biarin aja

      Hapus
  7. Memberikan data diri memang nggak baik.. Kadang hanya pasang alamat email aja udah banyak masuk spam 🙈

    BalasHapus
  8. Menyaring berita yang diterima.....Itu yang sering orang lupa.
    Sudah kadung disebar sini sana ternyata hoax. Malu enggak tuh!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, apalagi berita yang dibuat-buat jadi bikin kesel ya

      Hapus
  9. betul mbak. soalnya sekarang di tv aja sudah bingung . apalagi internet yang kadang bahkan cuma 1 tuit an aja bisa jadi rame

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan Indonesia masuk negara terbesar penyumbang twit dalam 15detik pertwit loh, gila ya

      Hapus
  10. bener banget ya, Mbak. Wajib banget skrg tuuu menghindari perdebatan d sosmed. nggak sehat banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lebih baik ditinggalkan yang seperti itu karena gak bagus juga buat rekam jejak dunia digital kita

      Hapus
  11. internetan sambil ngopi asyik banget ya mbak, apalagi internetnya lancar sampe lupa deh minum kopinya atau kopinya sampai jadi dingin...xixixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup! Aku kalau dirumah sudah pasti banyak gangguannya... Hahahahaaa

      Hapus
  12. Kdg yg sk miris it pengguna internet yg tdk menyaring informasi tp lgsg disebarluaskan. Ini buntut akibatnya panjang sekali. Dan srg terjadi di grup WA mak2 senior. Hihi. Kdg pengen negur serba salah jg.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di grup WA mamaku aja masih ada yang suka share hoax kok mbak. Pinter yang bikin masuk ke grup orang tua karena usia mereka kadang suka malas lagi cari di google

      Hapus
  13. Sekarang memang sudah darurat berita HOAX, kayak orang-orang yang belum terbiasa dengan internet kasihan banyak yang terhasut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, orang Indonesia ini memang paling tinggi penggunaan gadgetnya tapi juga paling tinggi penyebar berita hoaxnya

      Hapus
  14. Hindari perdebatan di medsos: poin yang satu ini ya sering bikin saya big sigh. Udah semaksimal mungkin bikin status netral, masih juga kena gas orang kadang-kadang. Mentok gitu paling cuma saya kasih emoticon aja akhirnya. Dah, selesai perkara. Hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaa... Paling kesel ya mbak kalau kayak gitu

      Hapus
  15. Thanks mba chie, sangat bermanfaat sekali.reminder buat aku spy bisa memanfaatkan internet dgn lebih baik lg ❤

    BalasHapus
  16. jaman kuliah dulu, aku sempet dikenalin sama program nya Telkomsel di daerah tempat ku KKN kak, dan emang bener ya sangat membantu warga sekitar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Des, memang sebenarnya ini kasihan yang di plosok suka gak bisa menikmati perkembangan dunia digital karena memang faktor ekonomi juga menjadi salah satunya

      Hapus
  17. Internet emang ibarat pisau yaa, positif dan negatifnya tergantung kita mau pakai untuk apa. Makasih tipsnya mba Cici, ini yang aku concern juga ke anak-anak, dukung banget program Internet Baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat orang tua ini PR banget deh ke anak-anak, aku pun masih banyak belajar untuk anakku

      Hapus
  18. Bagus programnya ya mbak. Memang internet baik tu dibutuhkan banget. Dimulai dr diri kita sendiri, aplgi kita gak bisa lepas dr yg namanya inet. Gunakan utk share2 hal positif yaa.

    BalasHapus
  19. Klo ke blog dikau seneng mata dimanjakan foto cantik-cantik. Setuju harus bijak internet

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah semoga konsisten memakai internet untuk kebaikan, karena godaannya deras.

    BalasHapus
  21. bener mbak, hidnari berdebat kusir di sosmed..

    BalasHapus
  22. Hindari perdebatan di social media emang harus. Kaya debat kusir sih kadang pada ga mau ngalah. Yaudah yang waras aja yang ngalah hihi

    BalasHapus
  23. Aku setuju deh, penggunaan internet itu memang harus digunakan secara bijak. Untuk kita semua, bagi yang sudah paham ada baiknya juga mengedukasi ya Mba.

    BalasHapus
  24. Bener bgt nih kita hars bijak pakai internet. Nahan diri gak ikut komen juis bin nyinyir

    BalasHapus
  25. Aku suka bagian ini "Jadikan Internet Sebagai Media Menambah Wawasan" soalnya sekarang banyak yang menjadi internet sebagai tempat melihat-dan menyebarkan hal-hal yang kurang baik. Padahal internet bisa jadi buku yang lebih luas kalau kita pintar-pintar menggunakannya.

    BalasHapus
  26. Makasih banget tips nya mbak, sangat bermanfaat, btw ajarin foto-foto keren kayak gini dong, seneng lihat foto-foto mu bagus-bagus

    BalasHapus
  27. Dulu aku termasuk orang yang setiap dapat wa blast tentang apapun, pasti lgsg di fwd ke wa group lain. Tapi sekarang, dgn semakin banyaknya berita hoax, aku gak pernah lagi tuh langsung fwd.

    BalasHapus
  28. Internet baik memang harus dimulai dari diri sendiri. Terutama, ya harus pandai-pandai menyaring informasi yang diterima, misalnya yang ada di grup wa agar nggak ikut nge-hoax tanpa sengaja.

    BalasHapus
  29. Iyes mba kita yang selalu mulai anak anak mencontohnya. Aku mah tegas tegas aja ke anak biar nggak bingung anak juga. Nice info kak

    BalasHapus
  30. Semoga program nya sukses dan bisa ke pelosok-pelosok ya. Dan bener banget sekarang kita harus pinter-pinter nyaring informasi yang wara Wiri di sosmed.

    BalasHapus
  31. internet bisa jadi kawan yang bermanfaat kalau kita biasa menggunakan untuk kebaikan seperti tidak menyebar hoax yah mbak

    BalasHapus
  32. Tips2nya boleh nih dicoba. Internet emang penting banget nih mbak. Semuanya ada di internet kalau mau nyari info apa saja. Yg penting bijak ya.

    BalasHapus
  33. Aku pun. Dan di rumah, aku menerapkan buat keluarga gak terlalu sering terpapar socmed. Cukup kerjaan aja, kehidupan sehari2 mah ya gausah cek-cek socmed lah kadang bawaannya jadi pengen merong2 wkwk

    BalasHapus
  34. betull.. mulai dari diri sendiri dalam berinternet

    BalasHapus
  35. Membatasi internet memang penting banget ya. Apalagi buat anak. Tipsnya keceee.

    BalasHapus