Tips Merencanakan Liburan Bersama Keluarga

The Hariyanto's Jalan-jalan
Berlibur bersama keluarga adalah keinginan sekaligus kebahagiaan bagi setiap keluarga, apalagi bisa membawa anak untuk turut serta semakin lengkap kebahagiaannya. Lagi iseng lihat-lihat album foto di telepon genggam saya dan menemukan foto kami bertiga sedang liburan ke Singapore beberapa waktu lalu.

Lihat foto-foto kami liburan jadi kangen pengen liburan lagi tapi sekarang ini kalau mau melakukan liburan yang agak panjang harus sama-sama ngecek jadwal. Apalagi sekarang ini Kelvin sekolahnya sudah setiap hari beda dengan di foto yang sekolahnya cuma seminggu hanya tiga kali saja.

Belum lagi suami saya harus melihat jadwalnya dikantor, apakah bisa cuti atau libur sesuai dengan jadwal libur tanggal merah atau libur nasional. Kalau saya sekarang ini bebas waktunya karena sudah tidak kerja kantorang lagi.

Setiap melakukan liburan saya dan suami selalu membicarakan terlebih dahulu, mulai dari menentukan tanggal liburan, persiapan, pemesanan tiket pesawat, pemesanan kamar hotel, destinasi selama liburan dan mau kulineran kemana selama liburan. Jadi saya seringnya sudah mencatat terlebih dahulu tempat-tempat yang akan kami kunjungi selama liburan.

Kebetulan dalam waktu dekat kami akan melakukan liburan bersama nih, kali ini kita bakalan ke negara tetangga. Agar liburan berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana, ada baiknya kita membuat perencanaan liburan tapi sebelumnya harus tau dulu beberapa tips untuk merencanakan liburan bersama keluarga:


1. Menentukan Tempat Liburan

(Stock Image)

Hal yang paling pertama dilakukan adalah menentukan tempat liburan, baik domestik atau luar negeri. Biasanya saya dan suami selalu berdiskusi tentang tempat yang akan kita kunjungi, yang paling penting adalah destinasi liburan harus ramah anak dan banyak tempat wisata untuk anaknya.

Tentukan tempat-tempat yang akan dikunjungi, dan jangan lupa cari juga informasi tentang tempat wisata tersebut. Biasanya saya selalu mengandalkan mbah google atau browsing via instagram, ini sangat membantu sekali untuk mencari info terbaru tentang tempat yang akan kita kunjungi.

Tema liburan juga penting loh, karena bikin libutan kita semakin seru tentunya. Seperti memilih tema "Summer" berarti kita bakalan main di pantai nih dan harus tau juga pantai-pantai yang indah dan anak bisa bermain juga. 


2. Menentukan Tanggal Liburan

Menentukan Tanggal Liburan 


Tips kedua setelah tadi menentukan tempat liburan, jangan lupa cek tanggalan ya  karena  ini  penting banget dalam melakukan liburan bersama keluarga. Apalagi yang kerja kantoran dan  anaknya  masih sekolah, memilih liburan sudah pasti di tanggal merah  atau  hari  libur.  Paling  enak  kalau  ada  hari kejepitnya karena bisa nambah liburan atau jadi cuti bersama.

Setelah menentukan tanggal liburan biasanya saya suka cek juga ke Traveloka, karena nanti di halaman ini sudah terlihat tanggal merah atau hari libur pada tanggal yang kita pilih. Biasanya kalau saya dan suami suka menambahkan hari liburnya kalau pas ada hari kejepit, lumayan banget ini liburannya bakal semakin berkualitas.

Kebetulan sekali dalam waktu dekat saya sekeluarga akan melakukan liburan bersama, dan tanggal yang kami pilih ada hari kejepitnya. Karena saya sekarang ini adalah seorang freelancer jadi aman tapi suami saya sudah pasti menambah cuti. 


3. Transportasi Yang Akan Digunakan

(Stock Image)

Kalau bersama keluarga saya lebih sering memilih yang nyaman untuk Kelvin, jadi kalau liburan saya lebih memilih menggunakan pesawat selain waktu tempuhnya lebih cepat dan Kelvin gak bosan juga selama diperjalanan.

Berasa banget kalau pergi liburan disaat hari kejepit, karena harga tiket pesawat agak lumayan nih. Sudah pasti deh harga tiket suka agak lebih mahal dari biasanya, belum lagi memikirkan transportasi selama liburan nanti bakalan naik apa ya. 

Dan kalau pesan via Traveloka sesuai dengan pengalaman saya waktu mau liburan ke Medan tapi jam keberangkatan minta di reschedule dan ternyata bisa loh jadi kita gak kejadian tuh beli tiket pesawat dua kali.


4. Tempat Penginapan 

Hotel (dok. Akuchichie)

Yang paling seru kalau sudah mulai menentukan tempat penginapan nih, kalau saya dan suami selalu pilih yang ramah anak. Ramah anak disini bahwa di hotel tersebut menyediakan kolam renang, area bermain anak, makanan untuk anak-anak dan yang paling penting nyaman bagi si anak.

Kebayang gak sih kalau pas liburan pengeluaran terbesar ada di transportasi dan akomodasi, karena biasanya pesan secara terpisah. Makanya saya lebih senang memesan tiket pesawat dan penginapan di Traveloka karena kita bisa pesan sekaligus, pesawat dan tempat penginapan dengan harga satu paket. 

Dengan kita pesan tiket pesawat dan penginapan dalam satu paket tentu akan membuat pengeluaran liburan kita lebih hemat loh. Kamu bisa menghemat sampai dengan 20% tanpa menggunakan kode promo, asik bangetkan? Jadi selisihnya bisa kamu gunakan untuk jajan atau membeli oleh-oleh. 

Saya juga melakukan pemesanan tiket pesawat dan penginapan untuk liburan nanti dalam satu paket di Traveloka, ternyata pas saat ingin menyelesaikan pembayaran harganya lebih murah daripada kita pesan satuan. Jadi merencanakan liburan itu mudah banget ya apalagi ada paket yang kayak gini jadi bisa lebih menghemat waktu dalam melakukan pemesanan. 


5. Menentukan Tujuan Wisata Selama Berlibur


(Stock Image)


Jangan lupa setelah tips 1-4 sudah dilakukan, sekarang saatnya untuk menentukan kemana saja kita akan pergi saat liburan nanti. Membuat daftar kunjungan tempat-tempat wisata, tempat makan dan tempat berbelanja sebelum bepergian akan menolong sekali dan menghemat waktu juga. 

Kalau saya biasanya bikin yang semuanya searah dulu, jangan sampai lompat-lompat karena bisa makan waktu selama liburan dan sayang banget kalau kebuang waktunya. Dan jangan lupa juga untuk mencari tau tempat tersebut sebelum liburan dimulai jangan sampai kebingungan. 


6. Perlengkapan Selama Liburan

(Stock Images)

Baca juga: Pengalaman Pertama Kelvin ke Universal Studio Singapore

Jangan lupa juga dengan perlengkapan selama liburan, seperti membawa kamera, charger, buku catatan kecil, alat tulis, pasport jika berpergian keluar negeri, pakaian yang cukup dan nyaman, obat-obatan, sepatu, sandal, cemilan, susu anak, mainan anak-anak dan media aktivitas untuk anak. 

Saya adalah tipe orang yang selalu membuat daftar barang apa yang akan saya bawa selama liburan, terutama kebutuhan anak saya. Selama liburan saya selalu berusaha supaya Kelvin senang dan selalu terekam dalam memorinya. 

Life is a trip, plan your next vacation

Nah, gimana? Sudah menentukan liburan bersama keluarga dalam waktu dekat? Saya dan keluarga sudah menentukan waktu liburan dalam waktu dekat loh, bahkan kami pergi dihari kejepit. Sesuai dengan hasil diskusi bersama suami kalau dia akan ambil cuti dihari kejepit tersebut. 

Coba deh kamu rencanakan liburan bersama keluarga disini, karena kamu bisa pesan tiket pesawat dan penginapan dalam satu paket yang jelas harganya lebih murah daripada pesan terpisah! Kalau lebih mudah gini rasanya ingin liburan terus ya. 

Selamat berlibur!









39 komentar

  1. wah lengkap tipsnya, makasih sharingnya ya mbak :)

    BalasHapus
  2. Hmm.. jadi pengin rencana perjalanan juga.. thanks for sharing ya mba

    BalasHapus
  3. Perencanaan buat liburan kudu matang yah Kak Chie, dan pastinya cari yang lebih murah dengan satu paket

    BalasHapus
  4. Pesan pesawat dan penginapan sekalian, memang praktis dan hemat ya Mbak Chiechie...Jadi enggak kerja dua kali karena pesan sendiri-sendiri

    BalasHapus
  5. Terima kasih Mba sharing nya. .
    Memang traveling itu perlu direncanakan agar maksimal menikmati perjalanan nya

    BalasHapus
  6. Wah membantu banget nih info nya mom. kebetulan aku dan keluarga mau liburan hehe

    BalasHapus
  7. Baca artikel ini bikin daku jadi pengen liburan juga, makasih tipsnya mbak. Btw aku juga suka pake traveloka soalnya suka ada diskon gitu.

    BalasHapus
  8. Aadduhh treveloka udah jago nya deh...harganya bersaing banget,pilihannya jg banyak

    BalasHapus
  9. Informasinya membantu banget. Sejauh ini promo-promo dari traveloka banyak menggoda, aku kalo mudik beli tiket di situ

    BalasHapus
  10. Wahhh tips baru nihh.. ternyata kalau ingin hemat pesan tiket pesawat & hotel dalam 1 paket ya mba. Jadi hemat.

    BalasHapus
  11. Asyiiikk! Akhirnyaaaaa ada solusi supaya liburan makin ngirit!

    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  12. Makasih mbak, seperti pucuk di cinta ulam tiba, karena aku juga lagi merencanakan liburan bersama keluarga tapi yang tidak membuang banyak budget.

    BalasHapus
  13. yeiyy saya pun pengguna Traveloka, user friendly,harganya pun kompetitif. oh ya, suka sama fiturnya yg busa sekaligus tiket pesawat dan penginapannya

    BalasHapus
  14. Pengen nih liburan ke pantai atau gunung gitu. Mau menyatu dengan alam kembali. Pulang dengan hati yang bersih.

    BalasHapus
  15. Hehehe . . . Liburan dihari kejepit lucuuk. Jadi nambah waktu tanpa resiko . . . . Selamat betlibur semoga sukses liburannya

    BalasHapus
  16. Pas banget mom aku juga lagi merencanakan liburan keluarga hehe. Thanks for sharing

    BalasHapus
  17. wihiii... asik nih yg mo liburan :D persiapan emang harus matang ya mbak, apa lagi kalau bawa anak, agak sulit rasanya kalau tanpa persiapan

    BalasHapus
  18. Jadi kepikiran jg untuk quality time bareng keluarga nih. Rasanya udah lama banget ga vacation, masing-masing sibuk dengan kerjaannya. Thanks for inspiring yaaa Mba ^^

    BalasHapus
  19. Kalau liburan sendirian biasanya aku santai, cukup modal tiket pergi. Tapi kalau bawa anak maunya udah beres semua tiket PP dan tempat nginep. :D

    BalasHapus
  20. Ikot liburaan bareng eeh..
    Aku pengen liburan bareng kel, tapi ga pernah klop waktunya. Yang klop palingan ke gunung hahahaa

    BalasHapus
  21. Paling seru memang liburan bareng keluarga dan terencana jd ga bingung pas d perjalanan

    BalasHapus
  22. liburan keluarga saya sering terhenti di menentukan tanggal
    karena pada repot semua wkwk

    BalasHapus
  23. Boleh juga nih tipsnya mba. Tapi yang penting kudu siapin duit segepok ya.

    BalasHapus
  24. Makasih tipnya mbak, manfaat banget buat saya yang suka banget jalan jalan

    BalasHapus
  25. Sebelum liburan emang kudu direncanakan secara matang ya kak biar ga gagal dan yang pening sih ya kudu sedia uang banyak juga hehe.

    BalasHapus
  26. Emang harus sedetail ini ya mba suci kalau mau plan untuk liburan hehe makasih banyak infonya

    BalasHapus
  27. terakhir liburan bareng keluarga itu pas lebaran kemarin. dan melihat tulisan ini aku pun jadi pingin liburan lagi. hahahaha

    BalasHapus
  28. Bener jg sih mbak kl beli tiket mending paketan agar lebih hemat. Jadi mupeng nih sama tempat liburannya. Seru dan instagrammable

    BalasHapus
  29. Kalau aku yang penting menentukan tanggal liburan. Jangan high season jangan pula tanggal kejepit. Cari tanggal yang pas biar tempat wisata berasa milik sendiri. hahaha

    BalasHapus
  30. Baca postingan ini ku jadi rindu pesen tiket wwkkwkw, rindu liburan kaka. Cek-cek tanggal merah ahh....

    BalasHapus
  31. Tipsnya oke banget nih. Aku juga biasa cari-cari yg murah apalagi ada paket combo seperti pemesanan tiket plus hotel bisa sekalian kan enak, praktis juga irit hehehhe

    BalasHapus
  32. Udah lama nggak liburan, jadi pingin liburan lagiii.

    BalasHapus
  33. Udah lama nih aku ga liburan bareng anak2..terakhir 2 thn lalu ke Bandung. Kayaknya harus bikin plan nih tuk liburan bareng akhir tahun ini. Makasih tuk tipsnya ya mbak.

    BalasHapus
  34. Pengen banget liburan sama keluarga tapi belom kesampean juga nih

    BalasHapus
  35. traveloka mah juara emang. Semua yg kita butuhkan buat traveling ada. Sampai mo cari simcard local/router wifi aja ada. Cuma cari wife aja yg ga ada. #eh.

    BalasHapus
  36. Tips nya bermanfaat banget. Tau nih kalo traveling bareng 2x pasti yg dipikirin budjet

    BalasHapus
  37. Makasih sharing tipsnya mbak, kalau saya mau liburan keluarga harus nyiapin budget-nya hehehehe

    BalasHapus