Berangkat Dulu Baru Bayar Dengan My Jannah Travel Umroh

Jemaah My Jannah Travel Umrah

"Kamu kapan mau pergi umroh? Rumah sudah ada? Mobil sudah punya? Kelvin juga sudah beranjak besar? Sekarang sudah gak kerja kantor, waktunya lebih banyakkan?"

Berasa ditampar banget ini kalau pas ditanya sama mamah, karena memang saya belum melakukan ibadah umroh, Sementara mamah sudah haji dan sudah melakukan ibadah umroh, tapi ini cambuk bagi saya sebagai umat Islam yang seharusnya memang melaksanakan ibadah umroh atau bahkan sudah mendaftarkan ibadah haji. 

Umroh merupakan salah satu kegiatan ibadah dalam agam Islam. Hampir mirip dengan ibadah haji, ibadah ini dilaksanakan dengan cara melakukan beberapa pelaksanaan ibadah di kota suci Mekkah, khususnya di Masjidil Haram.

Pada istilah teknis syari'ah, Umroh berarti melaksanakan tawaf di Ka'bah dan Sa'i antara Shafa dan Marwah, setelah memakai ihram yang diambil dari miqat. Sering juga disebut sebagai haji kecil. 

Yang membedakan umroh dengan haji adalah pada waktu dan tempat. Umroh dapat dilaksanakan sewaktu-waktu (setiap hari, setiap bulan, setiap tahun) dan hanya di Mekkah, sedangkan haji hanya dapat dilaksanakan pada beberapa waktu antara 8 Dzulhijjah hingga 12 Dzulhijjah serta dilaksanakan sampai keluar kota Mekkah

Sebelum melaksanakan ibadah umroh, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan:
  1. Beragama Islam, ibadah umroh merupakan salah satu ibadah dalam agam Islam. Melaksanakan umrah memang bagi orang Islam yang mampu.
  2. Berakal, umrah diisyaratkan bagi kaum muslim yang berakal sehat
  3. Istitah, mempunyai kemampuan dari segi fisik, biaya maupun keamanan
  4. Baligh, telah mencapai usia baligh adalah salah satu rukun umrah.
  5. Merdeka, bukan dari salah seorang dari hamba sahaya (budak) karena ibadah umrah ini memerlukan waktu yang panjang

Melaksanakan ibadah umroh tentu hukumnya Wajib dan Sunnah, apa bedanya? 

Hukum umroh wajib disaat wajib bila ibadah umroh tersebut baru pertama kali dilaksanakan sehingga disebut sebagai Umaratul Islam. Selain itu umroh karena nazar juga disebut sebagai umroh wajib, jadi jika kita telah bernazar akan menunaikan ibadah umroh bila telah berhasil melakukan atau mendapatkan hasil tertentu, makan hukum umroh tersebut menjadi wajib.

Hukum umroh sunnah jika ibadah umroh tersebut dilakukan untuk kedua kali dan seterusnya dan juga bukan karena nazar. Misalnya di tahun ini kita telah melakukan ibadah umroh yang pertama yang wajib, maka apabilan kita ingin dan mampu secara financial di tahun berikutnya maka kita dapat pergi umroh lagi namun bila tidak juga tidak apa-apa.

Beberapa hari kemarin sempat ngobrolin tentang ibadah umroh dan haji di grup komunitas fotografi, dimana kami dibuat kaget dengan biaya menjalankan ibadah haji pada sekarang ini. Kalau mengingat kembali soal angkanya bikin kepikiran dan tanpa disadari masuk dalam pikirankan?

"Bisa gak ya nanti melaksanakan ibadah haji bersama keluarga?"
"Tabungan nanti cukup gak ya?'
"Pakai travel umroh atau haji apa ya yang bagus dan aman"
"Enaknya umroh dulu atau langsung daftar haji?"

Berasa banget terhantui dengan peryataan seperti itu, mengingat sekarang ini untuk sebagian orang sangat selektif sekali memilih travel untuk melaksanakan ibadah umroh dan haji. Banyak hal membuat mereka takut sebenarnya untuk memilih travel perjalanan.

dok. My Jannah Travel Umroh

Umroh Dulu Baru Bayar Bersama My Jannah Trip 
Kadang masih suka tidak percaya benar gak sih ada umroh murah kayak gini, bisa umroh dulu terus baru bayar? Karena untuk umat muslim, menjalankan ibadah umroh adalah salah satu alternatif sebelum melaksanakan ibadah haji. Tentu ini membuat saya dan umat muslim lainnya adalah kesempatan yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Kini My Jannah Trip kembali mengajak calon jamaah umroh untuk beribadah ke baitullah dengan lebih mudah, melalui program "Umrohnya Duluan, Bayarnya Belakangan". Tapi saya masih ragu apakah boleh menjalankan ibadah umroh dengan membayarnya dibelakang?

Apakah boleh berhutang dan mencicil biaya umroh? Menurut PT Rifa Jannah Wisata hal ini diperbolehkan, namun dengan syarat sumber hutangnya adalah halal dan kita mampu melunasi sesuai dengan waktu yang ditentukan. Dan pada prinsipnya hukum setiap muamalah itu diperbolehkan loh kecuali ada dalil yang melarangnya (kaidah fiqih).


dok. My Jannah Travel Umroh
Untuk dapat melaksanakan ibadah umroh dengan program "Semua Bisa Umroh" dari My Jannah Trip ada beberapa persyaratan yang harus dipersiapkan:
  1. Foto copy KTP
  2. Foto copy KTP Pasangan (jika sudah menikah)
  3. Foto copy Kartu Keluarga
  4. Slip Gaji
  5. Buku Tabungan

Lalu apa sih keuntungan dengan mengikuti program "Semua Bisa Umroh" di My Jannah Trip:
  1. Terjangkau, karena skema pembayaran biaya umroh dapat diangsur
  2. Berangkat lebih dahulu, tanpa menunggu pelunasan
  3. Menggunakan akad Ijariah Multijasa yang sesuai dengan prinsip syariah dengan harga yang terjangkau

dok. My Jannah Travel Umroh
Ada baiknya kita lihat terlebih dahulu simulasi dari angsuran program "Umroh Dulu Baru Bayar" dari My Jannah. Gimana sudah jelas bangetkan simulasi dari angsurannya? 

Dengan cepat saya langsung beritahukan mamah saya tentang program ini, karena impiannya dia adalah minimal bisa melaksanakan ibadah umroh bareng sekeluarga dengan anak, mantu dan cucunya. Semoga apa yang diinginkan oleh mamah saya terwujud bersama My Jannah Travel Umroh



Bisa sekalian nih disimak testimoni dari jamaah My Jannah Travel Umroh.

Tidak ada komentar