Hari Pangan Sedunia, Danone Indonesia Mengenalkan Kebaikan Soya

dok. Stock Image

Sebelum hamil dulu rajin minum susu kedelai, begitu hamil banyak teman yang bilang jangan minum susu kedelai dulu pas lagi hamil. Ini yang saya rasakan ketika hamil dulu, banyak sekali mitos tentang kedelai.

Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia 2018 dengan bertemakan #ZeroHunger, Danone Indonesia memberikan inspirasi khususnya untuk para ibu-ibu untuk memberikan alternatif pangan dirumah berupa kedelai atau soya.

Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian yang berada di bawah naungan Perserikatan Banga-Bangsa atau yang lebih dikenal dengan Food and Agricultural Organization (FAO), saat ini terdapat 815 juta penduduk dunia masih mengalami masalah kelaparan. Adapun menurut data Global Health Index 2018, Indonesia menempati posisi ke 73 dari 119 negara yang berada pada level serius dengan poin 21,9. Selain itu FAO juga mengajak masyarakat dunia untuk lebih mengingkatkan konsumsi berbahan dasar sayuran seperti kacang-kacangan sebagai sumber alternatif protein.



dok. Akuchichie

Bapak Arif Mujahidin, Corporate Communication Director Danone Indonesia memberitahukan bahwa "Pangan merupakan salah satu hal yang sangat dekat dengan kami. Terlebih, melalui One Planet One Health kami percaya bahwa pangan yang baik berasal dari bumi yang baik. Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia, kami ingin mengedukasi pentingnya pemenujan nutrisi pada anak dan alternatif sumber protein bertajuk Kedelai atau Soya Sebagai Alternatif Pangan Yang Bernutrisi."


dok. Akuchichie

Pada kesempatan ini Prof. Dr, Ir. Made Astawan, MS, Guru Besar Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian Intitut Pertanian Bogor memaparkan bahwa "Kedelai sebagai alternatif sumber protein terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kedelai atau Soya merupakan bahan pangan yang kaya akan protein (40%), lemak (22%), karbohidrat (25%), hingga serat (8%) dan mineral. Soya juga dapat menjadi alternatif protein yang dapat dikonsumsi bersama dengan protein hewan.

Berdasrkan Skor Protein Digestability Corrected Amino Acid (PDCAA), soya memiliki skor 0,90-1.00 dimana nilai ini lebih tinggi apabila dibandingkan dengan beras, jagung dan terigu.Selain itu, soya juga kaya akan asam amino essential. Dengan kandungan nutrisi ini, soya dapat menjadi alternatif sumber protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.


dok. Akuchichie
Dr. Ida Gunawan M.S., Sp.GK-K, Ahli Gizi Klinis menjelaskan, "Kecukupan nutrisi sangat penting di fase kritis tumbuh kembang anak, salah satunya adalah komponen protein hewani dan nabati. Soya dapat menjadi alternatif protein untuk anak. Namun, konsumsi soya pada anak-anak perlu disertai dengan konsumsi makronutrien yang seimbang."


Let's Take Action for #ZeroHunger

Kampanye ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan permasalahan pangan dan gizi yang menjadi tantangan untuk mencapai Indonesia tanpa kelaparan 2030, seperti yang diamanatkan oleh Sustainable Development Goals.

Salah satu bentuk partisipasi kita yang bisa dilakukan untuk memperingati Hari Pangan Sedunia adalah dengan menjadi konsumen yang mengadopsi nakanan lebih sehat dengan mencari alternatif pangan yang bernutrisi.


Kenali Kebaikan Soya

Soya merupakan makanan yang bergizi. Beragam pilihan produk nabati ditawarkan untuk alternatif susu hewani, namu tak semua susu nabati memiliki kandungan nutrisi yang sama  dengan susu hewani. 

Satu setengah gelas soya yang sudah matang mengandung 29% AKG protein, 5% AKG zat besi dan 9% AKG vitamin dan mineral. AKG merupakan Angka Kecukupan Gizi, dihitung berdasarkan kebutuhan nutrisi 2000 kalori per hari)

Kandungan protein dalam Soya merupakan protein nabati dan mengandung 11 asam amino esensial. 

Susu Soya dapat membantu pertumbuhan anak, karena dapat digunakan sebagai alternatif yang aman sebagai pengganti susu formula biasa karena telah dilengkapi dengan vitamin dan mineral yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.


Peran Soya Dalam Kesehatan Tubuh
  • Mengonsumsi soya dapat membuat jantung lebih sehat. Makanan berbahan soya memiliki lemak jenuh yang rendah dan kaya serat sehingga dapat menurunkan kolestrol LDL (buruk) dan merupakan alternatif uang sangat baik untuk pilihan protein lain, sebagai pengganti daging merah.
  • Soya dapat membantu melindungi tulang. Sebuah penelitian The Adventist Health Study tahun 2011 menemukan bahwa meminum susu soya mengandung jumlah kalsium dan vitamin D yang cukup tinggi dapat membantu melindungi tulang.
  • Asupan gizi soya dapat mengurangi resiko terkena kanker prostat. 
  • Cegah kanker payudara sejak dini dengan soya. EM


Banyak Cara Untuk Menikmati Soya

Susu Soya (dok. Akuchichie)

Salah satu cara paling mudah mengonsumsi soya adalah dengan meminum susu soya yang berasal dari tumbuhan, bebas dari laktosa, dan memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh (rata-rata 7 gram protein perporsi).

Susu soya dibuat dalam jumlah kecil dan menggunakan tepung kedelai sebagai bahan dasar. Sejak pertengahan 1960-an, susu soya dibuat dari isolat protein kedelai, sebagai hasil dari perkembangan teknologi dan penelitian. 


Puding dari Soya (dok. Akuchichie)

Membuat cemilan dirumah untuk anak-anak tidak melulu harus dengan cokelat, strawberry atau lainnya. Dengan menggunakan soya sebagai alternatif membuat puding dapat membantu pemberian protein pada anak. Rasa puding soya ini enak sekali, gak kalah sama puding dari susu. 


Burger Tempe (dok. Akuchichie)

Diacara Hari Pangan Sedunia kemarin yang bikin saya penasaran sebenarnya itu, burger dengan isi tempe. Padahal kebayangnya kalau makan burger itu isinya sapi, ayam atau ikan tapi untuk kali ini Danone Indonesia memberikan sesuatu yang beda. Burger isi tempe ini gak kalah menarik dengan burger-burger yang ada di mall. 


Steak Tempe (dok. Akuchichie)

Yang ini gak kalah seru dari si burger, ini steak tempe dengan side dish mirip sekali kalau pesan steak di resto. Kalau makan steak tempe ini jadi inget masa-masa diet mayo, dimana salah satu menu makanku ada steak tempe. Jadi kemarin pas lihat ini berasa lagi mau diet mayo. Buat yang tidak suka makan daging tapi pengen banget makan steak, menu ini bisa jadi alternatif loh.


Chiffon Cake (dok. Akuchichie)
Chiffon Cake (dok, Akuchichie)

Siapa yang tidak suka dengan kue chiffon yang memiliki tektur lembut ini, sebagai salah satu sajian dengna berbahan dasar soya ini sekali.


Cup Cake (dok Akuchichie)

Kalau dilihat seperti ini pasti tidak ada yang mengira kalau cup cake ini menggunakan bahan dasar soya, pasti dikira dari coklat. Creamnya aja enak banget log ini, pas motong bagian rotinya pun berasa soyanya enak banget. 


Nugget Tempe (dok. Akuchichie)

Nah yang ini selalu dicari banyak anak, nugget. Saya pun masih suka beli nugget frozen buat emergency dirumah. Ini adalah cara jitu mengganti nugget yang beli di modern market dengan nugger buatan sendiri. Untuk beberapa teman yang sering nyetok nugget dirumah, ini bisa jadi pilihan untuk lauk anak dirumah atau bawa bekal kesekolah.

Dari semua menu diatas menggunakan dari bahan dasar soya, jadi gak melulu soya itu buat susu. Nah kali ini Danone Indonesia selain mengenalkan tentang kebaikan soya juga memberikan inspirasi untuk para ibu-ibu kece berkreasi dengan menu tempe. 

Selamat mencoba untuk dirumah ya, happy reading










33 komentar

  1. Nyamm tempe, suka banget. Tapi gak terlalu suka susu soya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya aku lebih suka tahu sih daripada tempe

      Hapus
  2. Burger isi tempe. Sepertinya menarik ya. Selama ini memang burger kebanyakan isinya daging sapi. Kalau diisi tempe, selain bervariasi juga bisa menikmati kebaikan dari soya itu sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, aku sih baru pertama ini nyoba burger tempa

      Hapus
  3. Wah,menu makanannya semua berbahan soya ya. Aku penasaran lo yang chiffon

    BalasHapus
  4. Sejak tau cara pembuatan burger bunda gak pernah lagi makan burger Tapi, kl terbuat dari tempe? Hhmmm...pasti donk bunda doyan tapi di Bintaro gak afa nih yang jual burger tempe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bunda kalau di Bintaro gak ada burger tempe, wah bunda di Bintaro juga ya? Sama dong kalau gitu kita ;)

      Hapus
  5. Wah ternyata banyak banget makanan dari bahan Susu Soya. Kalau yang malas minum susu bisa coba makanannya

    BalasHapus
  6. Aku pas hamil minumnya susu kedalai mba...karena setiap susu sapi, pasti endingnya muntah karena amis.

    Dan semuanya sehat. Jadi bener, kedelai itu sehat+banyak manfaatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku pun cuma dulu pas hamil berhenti minum soya karena mitos itu

      Hapus
  7. Duh, kue-kuenya kelihatannya enak-enak. Biasanya kita pikirnya susunya pakai susu sapi untuk buat kue padahal pake soya ternyata bisa ya

    BalasHapus
  8. belum cobain burger tempe apalagi chiffon soya mba penasaran banget kukira cuman bisa jadi susu aja

    BalasHapus
  9. Ya Allah, bikin ngiler semua makanan dari soya nya. Aku gak nyangka menu-menu dari soya bisa sebanyak itu variannya.

    BalasHapus
  10. Kalau ngomongin soya memang paling lekat dengan susu ya mba padahal banyak menu makanan dari hasil olahan soya. Aku jadi penasaran dengan burgernya tuh mba :p

    BalasHapus
  11. Belum pernah coba buat kue dari soya. Coba ah. Thanks ya mba informasinya.

    BalasHapus
  12. iya ya, kalau kreatif banyak sekali menu yg bisa dibuat dari soya

    BalasHapus
  13. untuk mewujudkan zero hunger, perlu mencari solusi alternatif pangan karena tingginya alih fungsi lahan yang berkorelasi pada kuantitas produksi bahan pangan karbohidrat.

    Ternyata manfaat dan kebaikan susu soya banyak banget, bahkan bisa utk mencegah kanker.

    BalasHapus
  14. Wah, kedelai sepertinya sudah sangat akrab ya dgn keseharian kita. Kalau bisa diolah menjadi lbh kreatif lagi, kenapa tidak?

    BalasHapus
  15. Wah burger tempenya tuh menarik banget. Aku tiap hari di rumah nyediakan tempe. Soalnya yg gampang ditemuin dan diolah.

    BalasHapus
  16. Wah keren, banyak banget ternyata ya makanan yang bisa dikreasikan dari kedelai. Untuk susu, aku gak terlalu suka. Rasa dan baunya bikin gimana gitu. Etapi, susu sapi juga jarang minum sih. :)))

    BalasHapus
  17. Wiiihh seru2 menunya.
    Aku paling suka kedelai, apalagi kalau lagi diet bebanyak makan protein kedelai

    BalasHapus
  18. Foto steak tempenya bikin ngileeerrr... gimana sih rasanya ya.
    Aku termasuk penggemar susu soya karena ga terlalu suka dengan rasa gurih susu sapi.

    BalasHapus
  19. Banyak banget ya ternyata kreasi yang bisa dibuat dari soya. Manfaatnya juga ajiib. Makasih infonya Mak.

    BalasHapus
  20. Aduh mbak, itu makanannya kok menggoda semua? Bumil jadi ngences niiiih. Apalagi aku penggemar tempe n makanan dr kedelai lainnya. Bener2 ngences aku mbaaaak. *Tisu mana tisu*

    BalasHapus
  21. Steak dan cup cakenya menggoda, Chie. Aku jadi pengen. Wah jadi dirimu pernah diet mayo? Aku mah ga akan sanggup kayaknya hahahaha

    BalasHapus
  22. Aku yang belum berhasil membuat steak tempe, padahal nyimpen resepnya dari kapan tau
    Naca tulisan ini jadi kaya terinprasi lagi buat jajal ulang
    Memang kedelai itu aslinya salah satu biji ajaib juga dalam dunia makanan
    Tapi ga banyak orang ngeh

    BalasHapus
  23. Soya ini kalau di tempatku minuman khas lebaran. Pasti itu yang diburu. Dijadikan parsel dan minuman untuk tamu. Dan salah satu minuman terlaku saat menjelang lebaran.

    BalasHapus
  24. I Love soya milk...khasiatnya mantap deh ini

    BalasHapus
  25. Wah banyak banget hasil olahan soya ini ya. Saat punya soya biasanya saya cuma bikin soya been milk saja. Padahal kalau rajin dikit bisa bikin nuget, burger, dll ya...

    BalasHapus
  26. Wah banyak ya olahan dari soya. Dari sekian yg diceritakan, baru icip susu soya saja.

    BalasHapus
  27. Penganannya kok kayaknya enak-enak sih bikin ngileer ����

    BalasHapus