Susu Kental Manis Untuk Toping Makanan dan Minuman

Milk Caramel Jam (Foto: Wina Amir)
Kemarin saya sempat membuat pertanyaan di instagram story tentang Susu Kental Manis atau yang lebih dikenal dengan SKM, karena saya penasaran apakah teman-teman saya di instagram menggunakan susu kental manis sebagai apa dirumahnya? 

Kebetulan kalau saya ini bisa dihitung jari untuk melakukan pembelian susu kental manis, karena emang jarang sekali membuat cemilan yang menggunakan susu kental manis. Belum tentu dalam 1 bulan saya melakukan pembelian susu kental manis, bahkan dalam tahun kalau gak salah 1-2 kali saja.


Pertanyaan tentang Susu Kental Manis (dok. Akuchichie)
Dari hasil pertanyaan yang saya buat di instagram story Akuchichie tentang konsumsi susu kental manis, karena masih penasaran tentang anggapan susu kental manis ini. Dari hasil pertanyaan yang saya dapatkan beberapa menjawab seperti ini:

"Pelengkap kalau lagi minum soda gembiran" 
"Gak pernah beli SKM, paling kalau mau bikin selai karamel"
"Olesan roti tapi ini juga jarang sih karena lebih sering pakai meises"
"Fla puding"
"Bikin selai karamel untuk olesan roti dong"
"Olesan roti setiap pagi"
"Toping martabak"
"Bikin kopi dirumah"
"Pemanis kalau bikin cemilan dirumah"
"Puding cokelat biar manis suka ditambahkan dengan SKM cokelat"
"Toping pancake dirumah"

Nah saya mengambil kesimpulan dari sekian banyak jawaban yang masuk ke instagram saya mengenai susu kental manis, memang semuanya menjawab untuk toping makanan atau minuman. Walaupun beberapa ada yang bercandaan sih jawabnya. 

Dari semua yang menjawab pertanyaanku tidak ada yang menjawab "untuk minum susu setiap hari" haduh kalau sampai ada yang jawab ini perlu diajarkan kembali bahwa setiap membeli produk jangan lupa baca label kemasannya. 

Beberapa teman juga banyak yang kirim pesan melalui direct message di instagram, kenapa sih bahas susu kental manis? Menurut saya ini penting sekali untuk dibahas dan di diskusikan tentang apa kegunaan susu kental manis yang sudah ada dari zaman dulu bahkan dari zaman sebelum papa saya lahir. 


Crepes dengan toping susu kental manis cokelat (dok. Puput)

Susu Kental Manis sebagai toping Vietnam Drip (dok. WIna Amir)

Susu Kental Manis sebagai toping es campur (Foto by Google)

Dari beberapa foto diatas terlihat jelas bahwa susu kental manis ini hanya digunakan sebagai toping atau pelengkap dalam makanan dan minuman yang disajikan baik dirumah ataupun di restaurant. Sebenarnya yang benar itu memang sebagai toping makanan dan minuman. 


Susu Kental Manis ini Susu atau Bukan? 

Susu Kental Manis (pic by Google)

Sampai sekarang susu kental manis ini masih menjadi pembicaraan yang menarik, karena masih banyak yang menganggap bahwa susu kental manis ini adalah sama dengan susu murni yang bisa di konsumsi secara harian. 

Menurut para ahli, susu kental manis (SKM) bukanlah susu, tetapi minuman yang terbuat dari gula dan susu. Berikut beberapa fakta tentang susu kental manis:
  • SKM mengandung gula sebesar 40-50 persen
  • Kadar gula yag tinggi pada SKM meningkatkan resiko diabetes dan obesitas pada anak-anak
  • Asupan gula yang berlebihan, akan merusak gigi anak
  • Kandungan gizi SKM lebih rendah dibandingkan dengan jenis susu lainnya
  • Kalsium dan protein SKM lebih rendah daripada susu bubuk atau susu segar
Sementara susu kental manis ini masih menjadi polemik di masyarakat, banyak hal yang ternyata harus diperhatikan dan ini ada disekitar kita sendiri. Sebagian dari masyarakat yang sampai sekarang ini menganggap bahwa susu kental manis ini adalah susu. Alasan ekonomis masih menjadi faktor penentu mereka mengkonsumsi susu kental manis untuk minuman harian mereka. 

Belum lama ini terjadi larangan untuk memproduksi susu kental manis, padahal susu kental manis sudah ada sejak dahulu kenapa baru sekarang ini Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerbitkan sejumlah larangan untuk produk susu kental manis. Itu pun hanya sebatas pelarangan pengaturan label dan iklan.

Direktur Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan, bapak Doddy Izwardy pernah menegaskan bahwa produk susu kental manis bukanlah susu. Badan Pengawas Obat dan Makanan juga diinstruksikan untuk lebih memperhatikan produk tersebut supaya tidak dikategorikan sebagai susu.

Yang paling memprihatinkan pada saat ini bahwa susu kental manis tidak hanya di konsumsi oleh dewasa tapi juga dikonsumsi oleh balita. Masyarakat menganggap bahwa ini susu untuk pertumbuhan, padahal sudah jelas susu kental manis bukan susu. 

Dok. Sainspop.com
Kebayangkan kalau ini sampai dijadikan susu harian untuk para balita atau anak-anak dirumah? Jadi kita sebagai konsumen juga harus pintar-pintar dalam melakukan pembelian produk, jangan lupa baca label yang terdapat pada kemasan. Ini harus diperhatikan benar-benar, jangan karena tergiur harga murah lalu memberikan SKM sebagai susu sehari-hari.

Dr. Eni Gustina, MPH selaku Direktur Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan juga memberikan informasi bahwa di NTT termasuk daerah tertinggi untuk pemberian ASI kepada anak-anak bayi selama 6 bulan pertama.

Tapi setelah lewat dari 6 bulan nyatanya si anak bayi ada yang sudah diberikan SKM untuk pengganti ASI, karena dengan alasan ekonomis tadilah hal ini menjadi boleh. Karena memang SKM ini tidak boleh diberikan kepada bayi atau anak-anak sebagai pengganti susu segar. 




Apa Yang Harus Dilakukan oleh BPOM
Polemik Susu Kental Manis

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerbitkan edaran yang ditujukan untuk produsen, importir dan distributor serta analognya produk susu kental manis demi melindungi konsumen anak-anak. 

4 Hal Yang Dilarang Dari Susu Kental Manis (SKM):
  • Produsen dilarang menampilkan anak-anak berusia dibawah 5 tahun dalam bentuk apapun. Baik dalam label dan iklan produk susu kental manis dan sejenisnya.
  • Dilarang menggunakan visualisasi bahwa produk susu kental manis dan analognya disetarakan dengan produk susu lain sebagai penambah atau pelengkap zat gizi. Produk susu lain antara lain susu sapi atau susu yang dipasteurisasi, atau susu yang disterilisasi, susu formula maupun susu pertumbuhan.
  • Dilarang menggunakan visualisasi gambar susu cair dan atau susu dalam gelas serta disajikan dengan cara diseduh untuk dikonsumsi sebagau minuman.
  • Khusus untuk iklan, dilarang ditayangkan pada jam tayang acara anak-anak.

Seharusnya sudah dari dulu BPOM menyatakan susu kental manis bukanlah susu. Banyak pakar gizi dan dokter yang menyatakan produk kalengan tersebut tidak masuk kategori susu karena separuh komponennya adalah gula dan hanya mengandung 2% protein  untuk kategori krimer dan kental manis sebesar 7,5% pada susu kental manis.

Untuk menjadi konsumen yang pintar, jangan lupa selalu memperhatikan jumlah gula total yang terdapat pada makanan dan minuman kemasan. Jangan karena iklan kita jadi konsumen yang tidak cerdas. 

Yuk sama-sama kita belajar jadi konsumen yang cerdas dalam menentukan pembelian suatu produk, happy reading!











28 komentar

  1. Ibu Saya di Desa aja larang anak2 Saya minum SKM karena Ada anak yg kena diabetes katanya karena sering minum SKM

    BalasHapus
  2. Banyak yang keliru memahami nih soal SKM. Moga dengan edukasi semacamini banyak yang tahu kalau tentang fakta SKM.

    BalasHapus
  3. Dari dulu sampai sekarang masih suka bikin roti buat sarapan cuma dikasih skm.

    BalasHapus
  4. Aku pakai SKM biasanya buat bikin puding atau vla. Kalo sudah pakai SKM sebenarnya udah nggak perlu pakai gula lagi ya karena udah manis.

    BalasHapus
  5. Saya yang salah Mak. Pas hamil 2 tahun lalu, bidannya juga bilang, "susu kental manis gak papa kalo gak doyan susu bumil." Jadilah saya beberapa kali minumnya SKM.

    BalasHapus
  6. Perlu edukasi yang menyeluruh nih tentang SKM karena masih banyak yang kurang tepat untuk konsumsinya

    BalasHapus
  7. Dari dulu saya gak pernah menganggap SKM ini semacam susu yang bisa diminum seperti kalau minum susu lainnya. Dari rasanya aja udah kemanisan banget kalau buat saya. Jadi memang biasanya saya pakai untuk campuran makanan atau minuman aja

    BalasHapus
  8. sekarang menyebutnya Kental Manis aja nih soalnya bukan susu. Aku biasa pakai KM untuk campuran kopi atau thai tea.

    BalasHapus
  9. Aku SKM nya dicampur dengan jahe anget.

    BalasHapus
  10. Bagi saya, SKM tetep toping yang paling enak dibanding selai apapun kalo buat makan roti tawar. Hihi. Kayak jaman kecil

    BalasHapus
  11. Semoga informasi ini sampai ke semua agar tidka terjadi kekeliruan bahwa SKM bukan susu :( sedih jika masih ada yang anggap SKM adalah susu krn org terdekat saya masih seperti itu uda dibilangin lah kok ngeyel *jedotin pala sendiri

    BalasHapus
  12. skm nyetok di rumah buat tambahan di kue, atau bikin es buah, atau sekedar cocolan roti dans ejensinya

    BalasHapus
  13. SKM kalau buat saya ya memang akan jadi toping. rasanya memang rasa susu tapi memang sebagian besar ingredientsnya gula yaa

    BalasHapus
  14. Aku suka pakai SKM buat roti dan karena jualan es jadilah itu susu buat toping. Ponakanku juga jarang2 minum SKM

    BalasHapus
  15. Saya suka pakai SKM buat toping di roti tawar kalau selai sudah habis tapi itu jarang sekali. Penjelasan tentang SKM yang ternyata bukan kategori susu ini mencerahkan sekali. Terimakasih mba

    BalasHapus
  16. Aku pakai susu SKM untuk pemanis saat bikin bolu. Tapi sering nganggur, jadi akhirnya terbuang takut udah kadaluarsa. Dan udah lebih dari 2 tahun gak pernah lagi beli SKM

    BalasHapus
  17. Saya sukanya buat campuran kopi pahit dan ga usah dikasih gula lagi. Skrg kayaknya kalo di iklan sdh disebut KM aja ya. Tapi sayangnya msh diiklankan sbg minuman bergizi seolah2 susu ;(

    BalasHapus
  18. Masih banyak ibu-ibu yang ngasih SKM sebagai susu buat anak-anaknya. Ini ibu-ibu perkotaan yang sudah melek informasi. Sepertinya perlu penyebaran informasi di sekolah dan ibu-ibu PKK.

    BalasHapus
  19. Seketika jadi laper liat crepesnya.

    Kalau saya SKM itu biasanya buat toping pancake atau olesan roti tawar mba. Paling itu aja karena jarang bikin kue :D

    Emang SKM mah enaknya buat toping ya. Kalau diminum langsung bikin enek karena kemanisan.

    BalasHapus
  20. Iya banyak yg keliru nih mbak, bahkan aku sedihnya anak2 di sekitar rumah banyak dikasih minum ini untuk susu pengganti asi loh..

    BalasHapus
  21. Saya mah paling suka susu kental manis kalau dikasih di atas roti, apalagi ditambah dengan meses.

    BalasHapus
  22. Di rumah jarang sekali menggunakan SKM ini. Palingan beli yang rasa coklat untuk dituangkan di atas roti tawar atau untuk toping puding.

    BalasHapus
  23. Kental manis kl buatku utk campuran bikin puding. Rasa manisnya emang bikin khawatir gigi anak2 ya mba.

    BalasHapus
  24. SKM biasanya aku buat bikin puding atau campuran es buah. Itu kan gula bukan susu yaahh

    BalasHapus
  25. Aku ga bikin susu, tapi jujur sama anak suka jilat2 gituh
    Abis toping roti tawar, tuang lagi ke sendok buat dijilat hahaha

    BalasHapus
  26. suamiku doyan banget jadiin SKM coklat buat topping roti tawar, klo aku lebih suka seduh air hangat

    BalasHapus
  27. Alhmdulillah ya sekarang bbrp produk juga insaf tidak lg mencantumkan kata susu di produknya. Alhmdulillah juga sih jarang banget konsumsi produk ini.. paling buat roti tawar atau pisang cklat keju.

    BalasHapus
  28. Aku pake SKM untuk buat jus, toping roti dan roti maryam. Sesekali anakku juga minta dibuatkan jadi susu. Penting sekali ya untuk pemerintah mengedukasi tentang penggunaan SKM ini. Soalnya di tempatku ada yang buat penggantu susu formula. :(

    BalasHapus