Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Main ke Kota Tua


happyone.id
Foto by: Yopi Saputra
Waktu mendapat ajakan untuk ikutan Happiness Race bersama happyOne.id dan Viva.co.id tanpa mikir lagi langsung mengiyakan dong. Karena saya belum pernah explore Kota Tua Jakarta, padahal dulu tahun 2010 saya pernah foto prewedding bersama mantan pacar yang sekarang jadi suami saya di Toko Merah dan sekitarnya. Kebayang sudah lama banget dan kalau lewat daerah sana entah kenapa tidak tergerak untuk mampir. 

Sabtu pagi itu saya sampai jam 07.20 dan ternyata baru saya peserta pertama yang hadir. Gak mau dong sia-sia begitu saja sudah ke Kota Tua, saya berjalan-jalan disekitarnya sambil memotret bangunan-bangunan disekitarnya. Sebenarnya pengen nyari tukang bubur ayam tapi gak ada kayaknya, hahahaa... 

OMG! Kemana saja saya selama ini, gak pernah lagi main ke Kota Tua? Ternyata sekarang tempatnya asik banget loh, yang pasti kalau kesini jadi tau beberapa tempat yang ternyata memiliki sejarah tersendiri. Kalau buat saya, menambah koleksi foto tentang bangunan di Jakarta tentunya.


viva.co.id
dok. Akuchichie
Historia Cafe - Kota Tua Jakarta menjadi tempat acara Happiness Race bersama happyOne.id dan Viva. Ini juga merupakan pertama kali saya ke Historia Cafe, kalau bukan karena acara ini pasti saya gak bakal main ke Kota Tua deh. Selain itu yang bikin happy adalah berjumpa dengan teman-teman blogger, bahkan banyak yang belum saya kenal. 

Oh iya, kita semua yang ikutan Happiness Race ini sudah terproteksi loh dengan #happyMe dari happyOne.id jadi tidak perlu khawatir selama melaksanakan serangkaian kegiatan di Kota Tua. Kebayang dong zaman sekarang ini kalau tidak memiliki perlindungan secara finansial sayang banget menurut saya.

Dengan memiliki asuransi berarti kita sedang berusaha untuk memberikan perlindungan secara finansial terhadap hidup di masa depan, karena kita tidak akan tau hal apa yang mungkin terjadi baik itu asuransi pendidikan, asuransi jiwa, asuransi kesehatan ataupun asuransi perjalanan.

Jadi saya dan teman-teman yang ikutan acara pada hari Sabtu kemarin gak khawatir sama sekali untuk melakukan semua tantangan yang diberikan oleh happyOne.id dan Viva. 

Baca juga: Be The happyOne

asuransi astra
Kelompok 8 (Ki-Ka: Yopi, Novitania, Chichie, Kesih dan April)

Sebelumnya sudah dibagi kelompok untuk melakukan Happiness Race bersama teman-teman, kebetulan saya masuk dalam kelompok 8 yang terdiri dari Yopi Saputra, Novitania, April Hamsah dan Kesih. Saya baru pertama kali bertemu dengan kak Kesih, senangnya tuh kalau ikutan acara gini bisa nambah tali silaturahim juga.

Ternyata sebelum kita melakukan Happiness Race diajak untuk mengeliling Kota Tua terlebih dahulu dan ada guide yang memandu pada pagi itu. Jadi banyak tau nih tentang sejarah bangunan-bangunan di Kota Tua. 

dok. Akuchichie
Bapak inilah yang memandu kelompok 7, 8, 9 dan 10 tapi aku lupa nama si bapak ini siapa, efek senang sekali bisa jalan-jalan di Kota Tua Jakarta. Si bapak yang ternyata panggilannya opa ini ternyata bisa juga berbahasa Belanda loh selain bahasa Indonesia dan Inggris.

Semangat opa ini luar biasa sekali dan saya jadi banyak belajar dan mendapat ilmu tentang sejarah bangunan-bangunan di Kota Tua saat mengeliling area Kota Tua. 


Ini Kenapa Kamu Harus Main ke Kota Tua Jakarta

1. Gedung-gedung Tua Bersejarah

happyone
dok. Akuchichie

dok. Akuchichie

dok. Akuchichie

dok. Akuchichie

dok. Akuchichie

dok. Akuchichie

dok. Akuchichie

Gedung-gedung tua yang ada disekitar Kota Tua ini memiliki cerita yang patut kita ketahui. Seperti halnya diseputaran Historia Cafe juga terdapat banyak bangunan-bangunan tua yang masih bagus sehingga sekarang ini tempat disana digunakan sebagai tempat usaha.

Disana kamu bisa menjumpai Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Bank Mandiri, Museum Bank Indonesia, Toko Merah, Cafe Batavia, Kerta Niaga Building, dan masih banyak lagi tempat-tempat yang bisa kita jumpai.

Setelah mengeliling Kota Tua, kita semua menuju ke depan Bank BNI dekat stasiun Kota untuk memulai Happiness Race. Setiap kelompok di wajibkan untuk mengunggah foto-foto sesuai dengan apa yang sudah diminta oleh team Viva, foto yang kita upload harus mengandung #happyMe, #happyEdu, #happyTrip dan #happyHome.

Setelah kita sudah melakukannya baru kita akan diberikan amplop putih yang berisikan petunjuk kemana kita harus melakukan perjalanan selanjutnya. Setiap kelompok diberikan uang Rp 100.000 untuk melakasanakan tugas siang itu.

Setelah membuka amplop ternyata kita harus menuju ke Vihara Dharma Bhakti atau Kim Tek Le yang berada di Jl. Kemenangan III Petak Sembilan. Nah kalau bukan karena Happiness Race pasti saya gak akan main ke Kim Tek Le.

Karena kami berlima, maka disepakati untuk menuju ke Kim Tek Le menggunakan transportasi online agar lebih mudah dan murah meriah tentunya. 


2. Kim Tek Le atau Vihara Dharma Bhakti

dok. Chichie

dok. Akuchichie

Biasanya lihat Kim Tek Le ini di instagram beberapa teman atau hanya dengan cerita dari beberapa teman yang sudah kesini. Akhirnya saya merasakan sendiri ke Kim Tek Le dan rasa penasaran saya pun terobati dong.

Kim Tek Le atau Vihara Dharma Bhakti adalah kelenteng tertua di Jakarta, selain Klenteng Ancol. Klenteng ini dibangun pertama kali pada tahun 1650 dan dinamakan Kwan Im Teng. Kata Kwan Im Teng kemudian diserap ke dalam Bahasa Indonesia menjadi klenteng.

Setelah dari Kim Tek Le kita harus menjawab pertanyaan yang diberikan oleh team Viva sebelum menuju tempat selanjutnya. Oh ya sambil menuju tempat selanjutnya, kami mampir membeli manisan atau permen dengan lima warna. Sempat bingung nih karena di warung gak ada dong permen dengan lima warna. 

Ternyata kami menemukan toko manisan dan permen sebelum sampai ke tempat selanjutnya. Membeli seperempat permen dengan harga Rp 15.000 saja. 


3. Kedai Kopi Tak Kie

dok. Novitania
Yeayeerrsss... Akhirnya kita sampai di Kedai Kopi Tak Kie, sampai sini sudah disambut oleh team Viva untuk menyerahkan manisan atau permen yang tadi kita beli. Setelah itu kita bisa menikmati es kopi Tak Kie yang ternyata enak banget.

Kedai Kopi Tak Kie ada didaerah Glodok, tepatnya di gang Gloria yang terkenal dengan kulinernya. Andai saat itu waktunya panjang, pasti saya mampir jajan deh karena waktu memasuki gang Gloria ini memang banyak sekali saya menjumpai jajanan. 

Kedai Kopi Tak Kie ini hanya menyediakan dua macam kopi saja, kopi hitam dan kopi susu. Saya saat itu memilih es kopi susu, karena haus. Es kopi susunya gak manis tapi emang enak banget loh. Setelah kopi kami habis, lalu sudah menerima challenge selanjutnya.


4. Rujak Shanghai

dok. Akuchichie

Tempat selanjutnya kami menuju Rujak Shanghai, penasaran kayak apa sih bentukannya. Karena kalau dengar kata rujak biasanya dari buah-buahan tapi kali bukan saudara-saudara. Kalau saya bilang ini makanannya unik dan kuahnya sih enak banget.

Rujak Shanghai ini berada dekat Kedai Kopi Tak Kie, cuma 3 menitlah kalau jalan kesini. Ini merupakan kuliner terkenal di Jakarta loh, namanya Rujak Shanghai Encim tapi saya baru pertama kesini. 

Kami berlima harus menghabiskan satu piring Rujak Shanghai yang berisikan kangkung yang sudah dimasak, lobak dan timun. Tidak hanya itu didalamnya juga berisi cumi besar dan gurita yang direbus dan dipotong kecil. Yang bikin menarik bagi saya ada dikuahnya sih. 

Warna kuah rujak ini merah loh, yang merupakan perpaduan antara kecap asin, saos tomat, saos merah kental dan ada rasa lemonnya gitu sedikit. Dibagian atasnya terdapat taburan bumbu kacang tanah, semakin penasaran sama rasanyakan? 


5. Pantjoran Tea House

dok. Akuchichie

dok, Novitania

Selanjutnya kami menuju Pantjoran Tea House, dekat jembatan Glodok. Disini kita bisa meminum teh secara gratis loh, cobain deh main kesini. Setiap harinya disini menyediakan 8 teko teh gratis yang bisa diminum oleh siapa saja, termasuk kami yang kemarin mencobanya. 

Ini merupakan tempat terakhir setelah kami selesai melaksanakan semua challenge yang di Happiness Race, sebelum kami kembali menuju ke Historia Cafe. 


dok. Akuchichie

Akhirnya kita sampai kembali ke Historia Cafe, jadi kalau menurut saya pribadi ini beneran seru banget loh acaranya. Karena kami bekerja untuk memecahkan clue yang diberikan dan masing-masing sambil mencari jawaban dan tempat yang dimaksud.


dok. Yopi Saputra

HAPPY!!! Iya saya happy banget karena kalau bukan karena acara Happiness Race ini sepertinya saya tidak mungkin menjelajah daerah Kota Tua seperti ini. Keren banget ini team Viva mengemas acara untuk memanjakan kita.

Gara-gara acara ini, kami kelompok 8 ini akan mengulang kembali keseruan seperti kemarin itu. Karena jujur masih banyak jajanan dan tempat yang pengen banget kita datengin dan explor lagi secara bersama-sama. 

dok, Kamera Novitania

Berfoto bersama dengan teman-teman kelompok 7-10 diacara Happiness Race bersama happyOne.id dan Viva.co.id. Jadi acara selanjutnya enakan explor daerah mana lagi ya? Kok saya jadi ketagihan ini pengen menjelajah Kota Tua.

















23 komentar

  1. Asik banget bisa jalan2 ke Kota Tua, puas foto2 dengan bangunan tua yang fotoable....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mas, ini aja sudah mau bikin jadwal jalan-jalan

      Hapus
  2. waaa seru bangettt. Gw udah sering ke sana tapi kok rasanya masih banyak yang perlu dieksplor yaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kayaknya mau mengulang lagi nih kak, habis banyak yang harus dijelajahi lagi.

      Hapus
  3. waahhh udah 3 kali baca tentang wisata kota tua ini.
    Semakin mupeng sayanya.
    Mau bangetttt ke sana, saya pecinta banget wisata sejarah.
    Apalagi tempat yang sarat sejarahnya banyak banget pilihannya.

    Keren banget deh acaranya :)

    BalasHapus
  4. Beneran mbak saya pengen banget ke kota Tua ini lagi ngumpulin duit buat kesana bareng keluarga. Hahaha... Ke Jakarta belum pernah mampir ke tempat-tempat yg disebutkan di atas. Hehehe

    Salam,
    www.dwipuspita.com

    BalasHapus
  5. Wisata Kota Tua itu seru ya, suka dengan bangunan2 zaman Belanda masih berdiri kokoh, menjadi saksi bisu perjalanan waktu.

    BalasHapus
  6. Aku udah sering ke kota tua tapi belum pernah sampe tau gimana sejarah aslinya krn ga ada guidenya. Kapan kapan balik ah hehe

    BalasHapus
  7. Seru banget ya acaranya. Ada Mbak April juga ya di acara ini. Ternyata Kota Tua Jakarta cakep banget ya. Suasana Kota Tua Jakarta kok sepertinya hampir sama dengan Kota Lama Semarang. Bener nggak sih?

    BalasHapus
  8. Seru banget ya acaranya. Ada Mbak April juga ya di acara ini. Ternyata Kota Tua Jakarta cakep banget ya. Suasana Kota Tua Jakarta kok sepertinya hampir sama dengan Kota Lama Semarang. Bener nggak sih?

    BalasHapus
  9. Aku akuh.... suka banget kalau ke kota tua, enaknya pagi atau sore. Kalau siang panas banget. Bangga deh punya tempat wisata yang seru, bersejarah dan lengkap gini. Nggak heran ya kak tiap hari selalu saja ramai yang wisata kesana. Untuk foto2 juga keren banyak tempat yang instagramable

    BalasHapus
  10. Aku dulu pernah ikutan lomba race kaya gini mbak, tapi diselenggarakan Abang None Jakbar. Seru yaaa keliling-keliling liat tempat bersejarah.

    BalasHapus
  11. Ake ke sini beeberapa kali tapi enggak blusukan...ini seru bener bisa explore semua begitu..hepi pasti

    BalasHapus
  12. Waduh udah lama sekali ga ke Kota Tua, ternyata kalo pinter ambil foto tuh hasilnya banyak spot foto yang instagramable ya Mba..
    Penasaran juga nih sama rujak encim..

    BalasHapus
  13. aku baru tau selengkap ini soal kota tua. kalo kesana taunya cuma jajan doang, itu pun yang deket2... belum pernah eksplore kak chie

    BalasHapus
  14. Aku suka sama hal-hal yg vintage. Kota Tua akau belum kesini pdhal msh di jakarta ya. Seru lihat foto-foto nya mba. Ternyata kita punya wisata-wisata yg bagus dan ok untuk dikunjungi. Liburan sekolah anak-anak des ini deh pengen ajak kesana

    BalasHapus
  15. Seru banget aslii... jalan-jalan ke kota tua dan menjelajahi kuliner di dalamnya. Ahh.. kalau ada kesempatan pengen ikutan juga deh.. baru sekali nih ke kota tua. Hihi

    BalasHapus
  16. Belum pernahh ke kota tua,pengen sih kesana tapi udah keburu pindah ke Bandung hehe. Pas mudik mudah-mudahan bisa sempetin kesana

    BalasHapus
  17. Foto-fotonya cantik-cantik, kegiatannya juga seruu..
    Kota tua selalu punya daya tarik tersendiri ya mba, ngajak liburan bareng anak-anak kesana seru juga tuh, bisa jadi ajang pembelajaran sejarah juga.

    BalasHapus
  18. Wih keren banget nih kegiatannya. Bisa bikin lebih mengenal kota Jakarta. Kayaknya lucu juga ya kalau di kota lain diadakan juga

    BalasHapus
  19. Aku pernah main ke Batavia cafe tapi udah lama bangeeet, jaman SMA kayaknya hehe. Tapi kota tua emang juara sih yaa buat foto foto ala prewed. Hehe

    BalasHapus
  20. Wahh seruu bangett, apalagi explorenya dikasih tantangan gitu bareng temen2, kebayang excitednya. Btw, kota tua memang makin cantik mba, seneng ya pemerintah memperhatikan hal ini.

    BalasHapus
  21. Seru ya jalan-jalan ke kota tua. Aku aja baru kali ini mengetahui keunikan-keunikan yang ada di kota tua.

    BalasHapus