Minum Jamu di Acaraki

Acaraki
Es Kunyit Asam (dok. Akuchichie)

Siang itu saya janjian dengan teman di daerah kota, janjiannya disekitaran Kota Tua Jakarta. Sejujurnya saya sendiri main ke Kota Tua itu terakhir waktu foto prewedding di Tembok Merah dan area sekitar situlah. Jadi boleh dibilang saya main ke Kota Tua itu belum ada 5x selain foto prewedding, saya pernah ke museum Fatahilah dan makan di Batavia Cafe.

Lalu saya janjian sama Gina di Acaraki, namanya unik ya sama seperti apa yang mereka sajikan. Dari turun taksi saya sudah menyalakan Google Maps andalan banget nih, sambil berjalan kaki akhirnya sudah sampai di titik si Acaraki. Namun tak kutemui si Acaraki, bertanyalah saya sama security yang ada didepan itu. "Pak, maaf mau nanya kalau Acaraki disebelah mana ya?" lalu si bapak sambil tersenyum menjawab "oh ini neng Acaraki masuk kedalam".

Sesampainya di Acaraki, langsung minta menu sama si mbak yang ada didekatku dan ternyata gak ada makanan berat cyin. Duh mana saya belum makan siang dan memang rencananya mau makan didaerah kota ajalah biar sekalian gitu.

Meratapi menu dengan mata bingung mau pesan apa ya? Minuman yang ada di Acaraki ternyata JAMU, iya jamu minuman tradisional itu loh. Waktu kecil saya paling suka dengan beras kencur dan memang mamah selalu ngasih beras kencur.

Acaraki memberikan suasana dan cara menikmati jamu dengan cara yang berbeda loh, karena peralatan yang digunakan nyaris mirip dengan alat-alat yang biasa digunakan untuk menyeduh kopi. Benar-benar unik bangetkan? Lalu saya sendiri jadi penasaran dong dengan cara mereka menyajikan jamunya.


Cara Membuat Jamu di Acaraki

Acaraki

Akuchichie


Akhirnya saya memesan Es Kunyit Asam Saring, penasaran nih sama rasanya dan gimana mereka membuatnya. Benar saja mereka membuat si jamu ini mirip sekali dengan membuat kopi secara manual loh. Ini kunyit asam pesanan saya sedang mereka buatkan, seru juga ya melihat si mbaknya membuatkan jamu.

Selain Kunyit Asam Saring ini ada apa saja sih? Kamu juga bisa menikmati beberapa menu jamu lainnya sesuai dengan selerea, seperti:
  1. Rigalize, merupakan Kunyit Asam yang dicampur dengan sparkling soda dan gula.
  2. Kunyit Asam Tubruk yang juga dicampur dengan sparkling soda dan gula namun disajikan dalam keadaan hangat.
  3. Kunyit Asam Saring / Light ini pun dicampur dengan menggunakan sparkling soda dan gula tapi dengan penambahan es batu.
  4. Saranti, yang merupakan beras kencur dicampur dengan creamer dan susu.
  5. Beras Kencur Saring / Light
  6. Beras Kencur Pekat
  7. Golden Sparkling

Karena saya sedang mengurangi konsumsi gula jadi waktu minum es Kunyit Asam Saring tidak saya campurkan dengan gula. Ternyata ada cara lain untuk menikmati jamu dan memang Acaraki memiliki cara tersendiri untuk mengolah jamu ini berbeda dengan jamu lainnya.


Akuchichie


Ini sih yahud bangetlah bagiku, karena setelah keluar dari Acaraki sudah ngajak Gina untuk balik lagi kesini dalam waktu dekat. Efek ketagihan dengan Es Kunyit Asam Saring ini. Tapi nanti jika kesana lagi mau pesan yang lainnya juga jadi biar gak penasaran dengan rasa lainnya.


Acaraki - Cafe Jamu

Acaraki

Acaraki

Akuchichie

Acaraki

Akuchichie


Saya sempat bertanya sama mas-masnya saat sudah selesai ngejamu disana. Karena penasaran banget sih sama tempatnya, apalagi jamunya ini benar-benar enak banget.

"Mas, kenapa namanya Acaraki?"
"Acaraki itu kalau dari bahasa Sansekerta yang artinya "Meracik Jamu"
"Ooohhhh... itu artinya? Habis unik banget"

Sementara kalau yang saya sempat baca disini bahwa Acaraki sendiri mengacu pada gelar bergengsi yang diberikan kepada seorang ahli campur jamu di era Majapahit kuno (sekitar 1.400 AD), dibuktikan dengan adanya prasasti Madhawapura yang  menyebutkan profesi herbal mixer dan combiner sebagai Acaraki.


Akuchichie


Yang bikin gemas selain rasa jamu yang ada di Acaraki adalah dinding dengan bata-bata ini kece kalau untuk pepotoan loh. Sayang kemarin sudah keburu laper jadi gak banyak stock shoot selama disana, yang harus kalian tau saya merasa senang sekali ada cara lain untuk menikmati jamu. 

Happy reading!


50 komentar

  1. Acaraki unik ya mba, belum pernah kesana sih, malah saya baru tahu juga nih.
    Kalau dulu sih pas lagi rajin sering juga buat jamu kunyit asem sendiri tapi belum pernah yang disaring seperti di Acaraki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga kesininya karena janjian sama teman, kayaknya kalau gak janjian gak bakal kesini.

      Hapus
  2. Aku suka banget jamu, suamiku pernah mikirin ada gak sih kedai jamu modern? Eh beneran ada ya, acaraki namanya. Kerennnn.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, kalau pas main ke Kota Tua bisa mampir karena dia disitu

      Hapus
  3. Minum jamu zaman now akan membuat kita senang . Selain tidak pahit . Jamu baik untuk kesehatan

    BalasHapus
  4. Mbaaa, foto-fotonya keren bangeeud... Sukses bikin aku ngiler. Hihii mertuaku suka banget nih sama jejamuan, meski dikemas cara modern tapi tetap gak kehilangan ciri khas jamunya ya.

    BalasHapus
  5. Membayangkan kunyit asam yang segar banget mbaa, slurppp...

    Asyik banget kalau ada tempat minum jamu sekeren ini, saya gak suka minum jamu soalnya selama ini liat cara jualnya bikin ga selera hehehe.

    Keren deh inovatifnya :)

    BalasHapus
  6. Saya sebetulnya gak suka jamu. Tapi, senang juga lihat tempat kayak gini. Kn, jangan kopi aja yang punya banyak tempat nongkrong. Pengen juga sesekali cobain. Siapa tau jadi suka jamu juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mampir lagi. Saya masih penasaran dengan rasa kunyit asam. Apalagi dikasih sparkling soda. Kalau di tukang jamu traditional kan gak ada sodanya :)

      Hapus
  7. Duh...seger banget itu mbak minum kunir asem apalagi ditambah es. Seger banget deh...kok jadi pengen buat jamu ya...hehehe

    BalasHapus
  8. Fancy sekali jamunya. Setelah banyak coffee shop bertebaran dimana-mana, sekarang zamannya bikin jamu shop. Lucuuuk!

    BalasHapus
  9. Jadi Acaraki itu artinya meracik jamu. Saya kira Acaraki itu Bahasa Jepang. Namun setelah baca postingan ini saya baru tahu kalau Acaraki itu Bahasa Sansekerta. Tempatnya menarik dan instagramable dan bisa minum jamu. Keren deh pokoknya.

    BalasHapus
  10. kunyit dicapur soda aman ya mba? Asik nih konsepnya, bisa minum jamu sambil ngafe di tempat keren.

    BalasHapus
  11. unik ya namanya yang berarti meracik jamu kefikiran gitu kaish namanya y mba hahahaha..pengen kesini niih biar akang suami minum jamu disini aja aku ga mau revot :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok banget nih buat temen2ku yang doyan jamu datang kesini soalnya emang kekinian banget ya mba

      Hapus
  12. Ya ampun aku pencinta jamu dan ini idenya keren bgt mbaa...!! Cafe Jamu.... 😻😻..TFS mbaa

    BalasHapus
  13. wah makin kreatif ya
    jamu pun punya tempat sekeren ini
    bikin semangat minum jamu nih klu di sini

    BalasHapus
  14. Jamu kekinian nih, udha masuk kafe. Eh kalo kafe jamu namanya apa yah moms? Hihi.

    BalasHapus
  15. Keren! Jamunya jadi kelihatan moderen banget ..

    BalasHapus
  16. Wah,ini jamu masa kini ya..buatnya kayak kopi ya hehe,jadi keren aja...aku penyuka jamu^^

    BalasHapus
  17. ya ampun..aku ngiler abis bacanya.padahal sering ke kota tua, kok baru tau ya.

    btw maasih byk inpohnya.kapan2 mw mampir deh..

    BalasHapus
  18. Wah, keren nih konsepnya. Membranding jamu tradisional dengan kemasan kekinian.
    Soal jamu saya suka jamu kunyit asam.

    BalasHapus
  19. namanya unik ya mbak, ACARAKI.. Baru kali ini aku liat konsep pembuatan jamu yang modern.. ahhh jadi penasaran mau kesana juga

    BalasHapus
  20. unik ya, biasanya di cafe kan minumannya kalo ga wine ya kopi..tapi ini jamu..nongkrongnya jadi sehat hehe

    BalasHapus
  21. Baru denger ada Jamu tempat kece. Terus cara pembuatannya juga terkesan modern gitu ya. Cara bagus untuk mengenalkan ramuan tradisioanl nih.

    BalasHapus
  22. Aku kira tadi ini sekilas kopi, ternyata jamu ya :O

    BalasHapus
  23. Aku bukan tipe yg suka jamu sih sbnrnya :p. Tapiiiii ngeliat jamunya diracik unik gini, kok ya jd penasaran pgn icipin :D. Eh btw, kalo makanannya cthnya apa mba? Kalo ga ada makanan berat, berarti hrs ngenyangin perut dulu sebelumnya. Yg udah2 pernah minum jamu kunyit asem tanpa makan, aku lgs pusing :D

    BalasHapus
  24. Cara unik minum jamu yaa...
    Jaman sekarang kalau minum jamu nya dikemas istimewa gini....pasti banyak orang yang mau dan menjadi sehat setelahnya.

    Btw,
    kagum sama cara bikin jamu nya.

    Jaman aku kuliah, gelas-gelas seperti itu (tabung erlemeyer) hanya untuk praktikum di lab.
    Sekarang dipakai bikin kopi dan jamu yaa...

    BalasHapus
  25. ke kafe biasanya minum kopi. Yang ini minum jamu dengan suasana modern. Keren konsepnya! btw, kenapa ya dicampur sparkling soda? ada rasa semut-semutnya?

    BalasHapus
  26. Wah keren bet. Penyajian jamunya soooo modern. Enak kali ya ngadem-ngadem di sini sambil ngobrol sama temen lama. :)

    BalasHapus
  27. Aku suka jamu taoi yang manis aja mba, wkwk. Tapi btw ini jamu oenyajiannya modern ya.. kecee 👍

    BalasHapus
  28. Waaah aku terpesona dengan foto-fotonya yang kece Mbak. Bening-bening dan menarik.

    BalasHapus
  29. Ohh disaring gitu ya, ampasnya gak ada lagi ya, mungkin lebih sehat kali ya mba? Jamu emang menyehatkan kalau disaring jadi tambah sehat gitu ya

    BalasHapus
  30. Ngiler banget deh kunyit asemnya, aku penggemar jamu yang ngga pait hihi, keren kedai jamunya kekinian banget

    BalasHapus
  31. Namanya unik mba. Acaraki. Jd artinya meracik jamu ya. Aku jg pecinta jamu nih. Tp sejak hamil stop dulu minum jamunya. Heu, jd kangen minum jamu.

    BalasHapus
  32. Wah sajian jamu yang kekinian nih. Pakai metode bikin kopi, untuk menyaring jamu. Kok aku jadi kepengen minum Kunyit Asem yaa, hahhaa

    BalasHapus
  33. ya ampuun konsepnya keren banget inih
    cafe jamu...
    sukak sukak...tempatnya juga sik bgt
    aku suka jamu soale

    BalasHapus
  34. Unik dan keren nih, jamu tapi tempatnya modern... Ngeliat nya ada udah seger

    BalasHapus
  35. Mba, aku kok jadi penasaran dengan Rigalize. Enak ya kunyit asam dikasih sparkling soda gitu? Nyobain aaahh buat sendiri, mau ke Acaraki kok jauuuhh ;)

    BalasHapus
  36. Wah, kl soal jamu sih kami srkeluarga penyuka jamu. Cucu bunda paling doyam berad kencur. Hehe ..lucu juga cowok doyan jamu.

    BalasHapus
  37. Cakep banget dari konsep dan minuman.Suer mupeng banget ke sini, meskipun aku bukan penyuka jamu banget. Tapi aku suka beberapa jamu yang nggak pahit heheheh. Ajak aku ke sini Mbaaaaa

    BalasHapus
  38. Unik bener namanya Acaraki ya mba. Aku baru tahu. Racikan racikan jamunya kliatan enak sekali :). Aku pengen yang jamu pekat deh :)

    BalasHapus
  39. Ini dia minuman tradisional yang diracik secara modern. Inovasi yang luar biasa, warnanya juga segar. Konsepnya kerwn banget.

    BalasHapus
  40. Ini dia minuman tradisional yang diracik secara modern. Inovasi yang luar biasa, warnanya juga segar. Konsepnya kerwn banget.

    BalasHapus
  41. aku kagum nih sama Acaraki.. mengolah jamu yg merupakan minuman tradisional dengan cara lebih asyik, kreatif, dan modern.. Jamu yg merupakan minuman berkhasiat yg sudah terkenal dari jaman nenek moyang pun bisa tetap eksis dan lestari hingga jaman kini, sehingga khasiatnya pun masih tetap bisa kita nikmati.. senangnyaaaaaa..

    BalasHapus
  42. Menarik banget iniii. Minum jamu tapi dengan gaya kekinian. Pakai sparkling water lagi! Cusss nanti melipir sama suami hihi

    BalasHapus
  43. Woww.... Baru tahu di kotu ada tempat menikmati jamu mba. Tempatnya asyik lagi. Harus ke sini nih.

    BalasHapus
  44. Namanya kayak Jepang tapi produknya jamu. Unik ya...

    BalasHapus
  45. Tempatnya bagus, salah satu cafe jamu instagenic yang perlu dicoba nih.
    Cara penyajiannya kekinian banget. Acaraki tiap hari buka ya mba ?

    BalasHapus
  46. Aku juga suka minum kunyit..tapi ya racik blender sendiri...

    Nah ini malah aku baru tau minum jamu...dengan cara lebih seger .dikasih es gitu...

    Wah minum jadi tambah nikmat donk ya..

    BalasHapus