Membuat Chiffon Cake dengan Cosmic Mixer dari Cosmos

Chiffon Cake 
Semenjak saya memutuskan untuk tidak bekerja kantoran jadi punya banyak waktu bersama mas Kelvin dirumah. Apalagi dia senang kalau bundanya dirumah, karena bisa makan masakan bundanya langsung. Minta cemilan pasti langsung di eksekusi berdua, seringnya bikin yang gampang-gampang.

Kebetulan mas Kelvin sukanya cokelat jadi cemilan yang dibuat nyaris lebih sering dengan bahan dasar cokelat. Kan kalau dulu yang lebih sering nyiapin cemilannya eyang itu, tapi sekarang ada bunda jadi sama bunda deh.

Sebagai seorang ibu, saya juga dituntut harus lebih kreatif dan rajin membuat variasi makanan agar si anak happy makannya. Yang kadang suka mati gaya nih kalau sudah mau bikin cemilan sebenarnya, pengennya nyari yang serba cepat dan gampang.

Pernah gak sih ibu-ibu suka merasakan mati gaya dalam persiapan membuat cemilan? Beberapa waktu lalu saya ikutan Baking Class With Cosmos dengan tema "Healthy Assorted Cake for Holiday Season" pas bangetkan disaat bunda galau menyiapkan cemilan eh ada baking class.


Foto by Rara Diera
Ini saya mejeng dulu dong di Sweet Troops Baking Studio sebelum acara dimulai, gemes gak sih lihat produk Cosmos yang ada disekitar saya itu? Warna-warnanya itu loh bikin gemes banget, kalau penasaran bisa cek langsung deh di instagramnya  @cosmosonline biar pada boboknya nyenyak gak penasaran lagi.

Selain saya excited bakalan bikin kue bersama-sama dengan teman-teman food blogger, saya juga penasaran sama produk baru Cosmos. Siapa tau bisa ngodein ke pak suami buat minta beliin biar tambah rajin bakingnya. 

Chef Livianca Vanessa
Pada siang itu bersama dengan chef Livianca Vanessa bersama-sama membuat chiffon cake, kenapa chiffon cake? Karena pembuatannya mudah dan cepat, iya beneran cepat banget sih karena yang lama itu malah ngedekornya. 

Ketertarikannya pada dunia baking ini sudah dimulai pada saat duduk di sekolah dasar, hebat banget ya. Tapi memang sih sekarang aja banyak chef anak-anak, yang makanannya pun gak kalah enak sama orang dewasa. 

Semakin gak sabar nih memulai membuat chiffon cakenya, oh iya setiap  kelompok berisikan 4 orang dengan rasa chiffon yang berbeda-beda. Beruntungnya saya mendapat rasa cokelat. 







Bahan-bahan untuk membuat chiffon sudah dipersiapkan, jadi kita semua tinggal eksekusi nih. Ah serunya sama-sama untuk membuat chiffon cake. Bahan-bahan yang digunakan juga aman sekali, jadi aman untuk dikonsumsi anak-anak.

Karena kita sudah dibagi kelompoknya kadi semua sama-sama membantu biar adonan chiffonnya gak gagal, padahal kalau dilihat buatnya gampang tapi kalau ngadonnya salah jadi gak enak nanti. Makanya pada hari itu kita menggunakan Cosmic Mixer dari Cosmos. 

Enaknya nih waktu pas mengocok telur putih menggunakan Cosmic Mixer ini gak perlu kita pegangin, karena selain ada dudukannya dan dia akan mengaduk secara merata dan maksimal. Pas lihat hasilnya emang oke banget, begitu wadah dibalik gak tumpah atau jatuh adonan telur putihnya. 

Ibu-ibu juga bisa loh mempraktekan membuat chiffon cake ala chef Livianca Vanessa karena ternya bahan-bahannya simple karena bisa didapatkan di supermarket atau toko-toko bahan kue. 

Resep Chiffon Cake ala Chef Livianca 
Bahan:
3 buah putih telur
3 buah kuning telur
120 gr gula putih
100 gr tepung terigu
50 ml susu
30 gr butter, cairkan

Cara Membuat:
  • Kocok putih telur dengan menggunakan Cosmic Mixer Cosmos, berikan sedikit gula.
  • Campur kuning teluar dan mentega menggunakan wish sampai merata.
  • Masukan adonan putih telur secara bertahap sambil diaduk, setelah itu bisa memberikan tepung terigu secara perlahan dan aduk sampai merata.
  • Siapkan loyan yang sudah dioleh dengan menggunakan mentega dan jangan lupa kasih alas  kertas roti juga didalam loyan.
  • Setelah adonan selesai diaduk hingga merata, tuang kedalam loyang dan siap dipanggan deh dengan menggunakan oven dari Cosmos.
  • Untuk memanggang chiffon hanya dibutuhkan waktu selama 20 menit saja tapi jangan lupa atur suhunya dengan baik.
  • Setelah selesai dipanggang, dinginkan terlebih dahulu agar mudah dihiasnya. 

Hasil Chiffon Cake

Taddaaaa... Ini dia hasil dari chiffon cake punya kelompok kami dengan bahan dasar cokelat. Ini ceritanya saya pengen buat dekorasi ala-ala taburan permen gitu tapi malah failed ini, gpp nanti bisa belajar lagi. 

Jadi tau ternyata seperti membuat chiffon, karena selama ini kalau mau makan chiffon lebih sering beli di tempat roti langganan. 



Ternyata hasil bikin chiffon cake ini juga dilombakan loh pada saat itu, hanya ada 2 kategori. The Best Team dan The Best Decoration Cake kalau tidak salah. Yang bikin happynya, kelompok cokelat menang jadi The Best Team, senang banget deh. Selain itu ada pemenang Best Decoration yang dimenangkan oleh mbak Eliza. 







Cosmic Mixer Cosmos

Cosmic Mixer (Cosmos Mixer with Container) dengan dilengkapi mangkok kapasitas lebih besar 2,75 liter, 2 pengaduk dan 2 pengocok adonan dengan 5 level kecepatan dan penyangga yang dapat digunakan sesuai kebutuhan. Dilengkapi dengan container tidak mudah pecah, berfungsi sebagai tempat penyimpanan alat pengaduk dan pengocok.

Dapat dijadikan stand mixer dan hand mixer. Cukup dengan sekali tekan, stand mixer akan berubah menjadi hand mixer untuk memudahkan ketika mengolah bahan makanan. Desain yang ergonomis karena dilengkapi tombol turbo yang mudah dijangkau dan tombol "eject" untuk melepas pengaduk dan pengocok adonan dengan mudah.

Aman digunakan karena dilengkapi thermostat overheat protection yang berfungsi sebagai pengaman panas berlebih yang dapat memutuskan arus listrik sehingga mencegah kerusakan motor. 

Dengan hadirnya Cosmic Mixer ini sekarang memudahkan kita dalam menyimpan alat-alat yang digunakan untuk mengaduk agar tidak tercecer dirumah. Karena suka ngalamin nih setiap mau bikin kue suka bermasalah dengan hilang atau terselipnya alat pengocoknya itu.



Chiffon cake yang kita buat kemarin itu di panggang dengan menggunakan oven dari Cosmos juga loh, Dan hasil panggangannya pun bagus banget, ini penting banget nih untuk yang suka bikin kue.

Oven ini diperuntukan untuk rumah tangga dengan kapasitas besar hingga 26L. Terbuat dari elemen pemanas yang terbuat dari stainless steel dan 6 pilihan elemen pemanas. Cocok untuk memanggang daging, roti, kue pie, telur atau kacang, ayam atau bebek, kue, ikan, pizza dan lainnya. 

Selain itu dilengkapi dengan 2 rak (rak kue & rak besi), BBQ rotiserrie pick, fish grill dan crumb tray. Terdapat pilihan waktu pemanggangan hingga 60 menit dan mode "stay on". Mudah digunakan dan dibersihkan.



Berfoto bersama sebelum acara selesai, terima kasih Cosmos untuk keseruannya. Ditunggu diacara selanjutnya. Happy reading... 









3 komentar

  1. Duhaii..cantik cantik rotinya mbaaa, saya klo mati gaya ga ada camilan malah terbang ke toko sebelah hahah. Tidak pintar diriku membuat roti macan ( manis cantik) sperti itu.

    Tapi klo lihat perlengkapan cosmos ini kok ya, jadi mupeng pingin juga bisa buat kue kue pgn juga punya 1 yg panggangan..

    BalasHapus