lifestyle | travel | foodie | personal life

1/29/2019

Lumix Indonesia Journey Goes To Kuala Lumpur


Akuchichie
Foto by Selvy Wulandari (@selvyyw)

Untuk pertama kalinya saya mencoba untuk ikutan street photography dan landscape photography di Kuala Lumpur, Malaysia bersama Lumix Indonesia dan Focus Nusantara.
 

Buat saya yang lebih sering motret makanan, tentu ini adalah hal baru. Terbiasa dengan suasana motret di coffee shop atau resto tapi ini saya harus foto diluar ruang dan benar-benar mencari apa yang menurut saya enak untuk di jepret tentunya.

Pada tanggal 18-20 Januari 2019 saya bersama teman-teman yang memang memiliki passion didunia fotografi mengikuti Lumix Journey bersama Focus Nusantara. Pas banget nih, karena pada bulan November 2018 saya liburan di Kuala Lumpur bersama keluarga tapi gak banyak kemana-mana. Mari balas dendam dengan hunting foto selama City Scape.

Makanya begitu ada Lumix Journey bersama Focus Nusantara senang sekali karena bisa mengobati saat November 2018 banyak menikmati waktu di hotel, pergi ke mall, dan tempat makan yang letaknya bukan didalam mall.

Titik kumpul kita di Bandara KLIA 2 maka pada pagi itu saya menggunakan pesawat Air Asia dengan penerbangan jam 5.10 pagi tentunya untuk bertolak ke Kuala Lumpur. Saya memilih penerbangan pagi hari karena biar agak lebih santai begitu sampai di Kuala Lumpur dan masih punya waktu istirahat di bandara.

Ternyata pada hari Jumat, 18 Januari 2019 keadaan imigrasi di Kuala Lumpur super ramai sekali. Gak nyangka sama sekali bisa seramai itu sih, satu jam lebih untuk mengantri imigrasi cukup membuat saya dan ketiga teman saya lapar. 

Hal yang paling pertama kami lakukan begitu keluar dari imigrasi adalah mencari coffee shop, untuk sekedar sarapan dan minum kopi dulu. Minum kopi ini semacam pondasi bagi saya untuk menghadapi hari Jumat yang selalu indah.

Makan siang di Old Town

Makan Siang di Old Town
Sesuai dengan brief sebelumnya bahwa titik kumpul waktu sampai di Kuala Lumpur sekalian makan siang di Old Town yang letaknya persis dipintu keluar kedatangan. Posisinya gampang banget dicari dan emang enak juga kalau buat meeting point.

Makan siang ini sekalian sebagai perkenalan dengan teman-teman lainnya yang ikutan Lumix Journey bersama Focus Nusantara. Nambah teman baru lagi deh, kali ini dengan berbagai macam genre photography.

Setelah selesai makan siang, seluruh peserta Lumix Journey langsung menuju tujuan pertama. Lumayan nih bisa tidur didalam mobil sambil menuju ke Merdeka Square sebagai tujuan pertama kita untuk motret.

Akuchichie
Merdeka Square (Lumix GF9)
Merdeka Square
Tujuan pertama adalah ke Merdeka Square, kebayangkan sampai sini sudah siang dan cuaca saat itu di Kuala Lumpur panasnya lagi super kece tapi gak menyurutkan keinginanku untuk motret. Nah, perjalanan dan pemandu selama City Scape ini ada mas Dodi dari Kemilau Indonesia

Akuchichie
Lumix GF9

Akuchichie
Lumix GF9

Akuchichie
Lumix GF9

Kurang lebih hampir dua jam kayaknya kita di Merdeka Square ini, enaknya diperjalanan ini juga ada mas Yuliandi seorang photographer. Kalau lihat gallery instagram mas Yuliandi ini beneran super keren-keren banget. Selama perjalanan kemarin di Kuala Lumpur juga banyak belajar dari mas Yuliandi ini.

Akuchichie
Mbaknya girang banget (Foto by Wina Amir)

Lumix Indonesia
Lumix GF9

Lumix Indonesia
Lumix GF9

Akuchichie
Lumix GF9

Kelar dari Merdeka Square kita menuju ke masjid Jamek yang letaknya dekat Merdeka Square, melaksanakan sholat sekalin foto-foto juga. Karena saya sedang tidak sholat maka kemarin hanya sempat berkeliling sebentar untuk motret dari jembatan kaca.

Lumix Indonesia
Lumix GF9

Akuchichie
Lumix GF9
Setelah selesai, kami semua menuju ke hotel Royale Chulan di Bukit Bintang. Setelah pembagian kamar dan menaruh koper kita hanya punya waktu 15 menit saja dan setelah itu sudah bertemu lagi di lobby hotel untuk sama-sama ke Pavilion mau makan malam.

Night Scape at Bukit Bintang 

Bukit Bintang 
Selama berjalan menuju Pavilion dikasih pemandangan super kece nih. Setelah selesai makan malam  kita semua menuju stasiun monorail AirAsia - Bukit Bintang untuk foto diatas jembatan. Kali ini motretnya kudu pakai tripod karena mau motret Long Exposure.

Akuchichie
Hasil foto pertama Long Exposure
Gini deh kalau anak yang sering moto kopi terus disuruh moto Long Exposure jadi memang masih perlu banyak belajar lagi. Kemarin juga gak bawa tripod karena kegalauan malam sebelum berangkat yang masih bingung antara bawa atau enggak. Karena teringat beberapa cerita dan pengalaman teman yang bawa tripod, jadi pagi itu sebelum berangkat saya mengeluarkan kembali tripod dari dalam koper saya.

Enaknya adalah kemarin pas motret gini sambil belajar sama mas Yuliandi dan sepertinya saya bakal minta ajarin nih atau ikutan hunting foto bareng dia. Kelar motret disini, saatnya kembali ke hotel tapi untuk beberapa orang masih melanjutkan untuk street food di Alor. Namun saya dan Selvy lebih memilih untuk tidur di hotel saja karena besok pagi mau jalan ke Petaling. 

Akuchichie
Foto bersama di Central Market

Hari Kedua dimulai dari Petaling Jaya 
Setelah hari pertama dilewati dengan keseruan yang membuat saya banyak belajar, hari kedua dimulai dari Petaling Jaya. Tapi eh tapi pas lagi jalan, melihat toko pecah belah yang super lucu banget. Tapi bingung kalau beli bawanya gimana, hahahahaa... Dasar emang perempuan!

Akuchichie
Lumix GF9


Coba mana ini suara anak Food Photography pasti gemes deh lihat yang beginian, dan gak cuma ini saja yang bikin gemes masih banyak lagi. Sebenarnya saya punya beberapa pecah belah modelan gini beli di Scoop, tapi begitu tau harga di Kuala Lumpur lebih murah kan jadi gimana gitu. Oke kita lupakan soal pecah belah ini ya.

Akuchichie
Mas Agung Ariefiandi, Lumix Indonesia
Lumayan nih pas nyeberang ada modelnya, hahahaa... Ini mas Agung taat sama peraturan dengan menyeberang di zebra cross. Motret kayak gini pun saya rasanya gak pernah deh, jadi emang lebih ke makanan dan produk untuk konten social media dan blog.

Akuchichie


Akuchichie

Akuchichie

Lumix Indonesia

Akuchichie

Akuchichie

Akuchichie

Akuchichie

Lumix Indonesia

Akuchichie

Puas banget moto di Petaling Jaya ini, banyak banget yang bisa di foto. Selain itu kami juga mampir ke Sri Mahamariamman Temple dan salah satu klenteng yang ada disana.

Akuchichie

Lumix Indonesia

Akuchichie


Makan Siang di Baba Can Cook
Akuchichie
Laksa
Kelar foto di Petaling kita makan siang ke Baba Can Cook, ini laksa dengan mangkok terbesar dan terenak yang pernah saya makan dan jumpai. Ini kuliner terwajib kalau ke Malaysia.

Menjelang sore sambil menanti Blue Hour kita menuju KLCC karena mau motret menara Petronas, jadi pada saat motret ini semua mencari spot terbaiknya. Namun bagi saya dan Selvy sebagai pengguna lensa 50mm full frame agak lebih jauh nih motretnya dan sepertinya kita berdua yang berada paling jauh deh.

Ya maklum saja kami berdua menggunaka kamera yang sama dan dengan lensa yang sama pula jadi memang harus berjuang untuk mendapatkan si menara Petronas ini.

Lumix Indonesia

Akuchichie

Karena ini difoto tidak menggunakan tripod dan diambil dengan menggunakan lensa 50mm 1.8 full frame jadi mohon maaf nih kalau hasilnya kurang maksimal kayak yang pada pakai lensa wide. Sepertinya saya dan Selvy tertarik untuk membeli lensa wide nih, nagih juga ya motret seperti ini.

Hari Ketiga: Batu Caves - Thaipusam
Nah ini yang ditunggu nih, main ke Batu Caves ternyata disaat bersamaan disana sedang ada Thaipusam jadi super ramai sekali. Thaipusam ini merupakan festival yang dirayakan oleh orang-orang Tamil pada bulan purnama pertama pada bulan Thai (Januari atau Februari) dalam kalender Tamil.

Kata Thaipusam merupakan kombinasi nama bulan "Thai" dengan bintang "Pusam". Bintang ini berada pada titik tertingginya selama perayaan ini. Beruntung sekali saya bisa menyaksikan perayaan Thaipusam ini waktu di Batu Caves.

Akuchichie

Lumix Indonesia

Akuchichie

Akuchichie

Akuchichie


Jadi waktu menyaksikan Thaipusam ini antara penasaran dan takut, karena ya gitu deh. Nanti akan saya ceritakan secara terpisah tentang Thaipusam ini ya. Yang pasti ini pertama kali saya melihat festival perayaan semacam ini dan jadi banyak tau. 

Motret di Batu Caves ini merupakan kegiatan terakhir Lumix Journey bersama Focus Nusantara, yang pasti dengan ikutan City Scape membuat saya ingin banyak belajar lagi. 

Lumix GF9
Si mungil Lumix GF9 ini menjadi teman motret selama di Kuala Lumpur tapi selain itu beberapa foto diatas ada juga yang saya ambil menggunakan Sony Alpha 7. Happy reading...







54 komentar on "Lumix Indonesia Journey Goes To Kuala Lumpur"
  1. Wahh seruu ya perjalanannya. Kapan2 aku mau ikutan juga ahh kalo ada kesempatan bareng Lumix Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak Oline, lumayan nih aku pun jadi nambah ilmu lagi tentang landscape dan street photography

      Hapus
  2. Hasil fotonya bagus-bagus kok mbak. Aku moto kopi aja gak bisa hihihi. Mau juga diajarin moto biar bagus kaya gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbak Lidya, yuk belajar bareng kalau mau?

      Hapus
  3. Ku sukaaaak tone di Dataran Merdeka. Pas gitu. Gimana settingnya si???

    Eh aku juga pas ke Batu Caves barengan dg Thaipusam. Yup, agak gimana gitu yaa dg suara musik dan budaya mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dataran Merdeka aku edit pakai Lightroom kak Helena tapi sama campur dengan VSCO juga ;)) Nah kan sama kayak aku nih, aku berasa agak gimana gitu.

      Hapus
  4. Mbaa, fotonya cakep cakep bener. Senang ya ikut legiatan seperti ini. Aku pengen tapi belum pernah padahal pengen buat sekalian belajar motret. COlekin ya mba :)

    BalasHapus
  5. Hasil fotonya ciamik semua mbak Chie, mau dong kapan-kapan jadi modelnya ahahaha. Ini asyik ya acaranya bisa sekalian jalan-jalan juga.

    BalasHapus
  6. Wow~
    Menariknya street photography yaa...

    Aku suka semuaaanya...
    Pingin belajar dapet hasil foto yang cakep gini...
    Apakah sebelumnya pakai proses editing atau apa adanya?

    BalasHapus
  7. Wohooo keren banget mbak foto fotonya.. Suka banget street photography. Tone ya itu lho nggak nguati. Seru ya hunting foto bareng bareng

    BalasHapus
  8. kece banget itu hasil foto-fotonya, pake lumix semua ya chie? dari dulu aku emang suka street photography, karena berasa real, live trus kece aja gitu. ditambah tone-nya yang ciamik

    BalasHapus
  9. Selalu sukaaaaa sama hasil jepretan kamu mba. Mau lah sekali-kali aku jadi objek fotonya. Hihihi...

    BalasHapus
  10. Aku suka semua sama hasil fotonya.
    Belum paham banget tentang tone, vibe, apalah, apalah, hahaha

    Tahunya cuma, hasil fotonya cakep, sedap dipandang.

    Anu...mba, mau dong jadi modelnya, hahaha.

    BalasHapus
  11. MasyaAllah mba Chie, bagus banget jepretannya. Bening dan keren
    Aku berasa diajak berkeliling ke sana beneran. YA Allah semoga bisa menyusulmu main ke sana juga. Serba enak dipandang pemandangannya, tempatnya semuanya juga terjaga kebersihannya ya

    BalasHapus
  12. Fotonya bagus-bagus banget. Seru nih jalan-jalan dengan teman yang punya hobi sama. Pasti sama-sama bagus fotonya.

    BalasHapus
  13. Foto yang orang orang thamil kok gelap gelap ya. Apa terlalu dekat, atau kurang cahaya, atau orang sono itu bawaannya emang gitu? Hehehe

    BalasHapus
  14. Keren-keren ya hasil jepretannya Lumix. Tone-nya punya style sendiri, seperti merk lainnya juga.
    Bolehlah saya coba kalau ada teman yang punya. Soalnya aku baru aja beli yang lain.

    BalasHapus
  15. Bagus bagus Mbak hasilnya 😍😍

    BalasHapus
  16. Seneng banget aku bisa liat hasil foto-fotonya Mba. Impian banget bisa pergi hunting rame-rame gini.

    BalasHapus
  17. Yampun kak seru banget liburan ke Kuala Lumpur bareng temen-temen gitu, eh iya pas juga aku lg bingung cari kamera yg oke dan gampang pake nya. Kayaknya Lumix hasil nya lebih jernih dan natural gitu keren kak harus masukin ke wishlist deh ini mah

    BalasHapus
  18. menurut saya hasil fotonya bagus-bagus banget mba :D seru banget ya bisa belajar bareng teman-teman sehobi di luar negeri :D

    BalasHapus
  19. Begini hasilnya buat belajaran juga uda bagus mom... Kalo saya yg motret mungkin juga gak bakal sebagus ini hasilnya

    BalasHapus
  20. Asyiiik, dimanja nih mata sama hasil jepretannya Mbak, keren abis.
    Paduan warnanya bikin asyik liatnya!
    ��

    BalasHapus
  21. Keren banget tempatnya buat pepotoannya ya..karena ras yang heterogen di Malaysia khususnya KL.
    Dan memang girl behind the lens yang sudah ketje badai!
    Seriusan ini bagiku sudah keren banget mbak Chichie...
    Jadi mupeng deh belajar fotografi..

    BalasHapus
  22. Wuih keren banget. Pastinya seru ya jalan-jalan sambil berburu foto. Mupeeeeng ;D

    BalasHapus
  23. jalan2nya seru nih
    fotonya bagus2 mak

    BalasHapus
  24. Cakep cakep mba fotonya. Seru juga bisa menikmati cerita perjalanan mba ke KL dari berbagai foto yang di up.

    BalasHapus
  25. Pengalaman berharga ya mba bisa belajar di negeri tetangga, btw potonya cetar banget mba.

    BalasHapus
  26. Street fotografi menurut daku serasa yang lihat fotonya ikutan ada di sana, hihi apalagi hasil jepretannya bagus

    BalasHapus
  27. Wah seru banget jakan jalan sama Focus Nusantara belajar fotografi mba.. aku nasih bekahar fitigrafi nih, masih nyari kamera yg ike buat menunjangnya 😅 Btw mba Chichie manh emang udha kece foto2nya. aku suka kho lihatin feedsnya.

    BalasHapus
  28. Mbak hasil foto-fotonya cakep semua. Hidup dan banyak bercerita. Beberapa tempat di foto atas akrab bagiku. Bikin kangen Kuala Lumpur :)

    BalasHapus
  29. Salfok ngantri di Imigrasi 1 jam kebayang lamanyo wkwkwk pantesan lgsg ke coffe shop yes mba.
    btw foto-fotonya cakep bener jadi pengen belajr fotografi mba

    BalasHapus
  30. Fotonya ciamik banget mba ditambah lagi acaranya yang seru banget ya mbaaa,jadi mupeng setelah lihat ini hahaa. Semoga one day bisa dapat kesempatan buat belajar fotografi kayak mbaa ��

    BalasHapus
  31. Luar biasa sekali pengalamannya. Foto fotonya juga kereen

    BalasHapus
  32. Street fotografi asyuk yaaa. Entah knp aku lbh suka motret gtu mbak, soalnya kalau food atau produk diam suka gagal di styling haha :P
    Seru banget belajar motret sambil jalan2 jd pengen jg :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jd akhirnya kakak lbh suka motret food atau motret objek di jalanan kak? #netijenkepoh xixixi :D

      Hapus
  33. Hasil fotonya luar biasa... jadi pingin lihat langsung ke objeknya... jadi pingin juga belajar fotografi... eh kok jadi banyak pinginnya sih aku hehehe

    BalasHapus
  34. Yaa ampun enak banget jalan2 poto2 udah gitu tau spot spot yang keren lagi haha sukses bikin aku ngiri. Hmmm emak emak kekinian banget ya ngopi tuh kudu aku yg pecinta air mineral ini kadang bingung kenapa gak suka kopi. Eh suka deh tapi itu dulu bgt waktu masih hamil abis itu gak suka lagi haha..

    BalasHapus
  35. Asli, itu hasil foto-fotonya keren banget, sampai cuma bisa nganga, scrolling ke bawahnya pun pelan-pelan banet karena mau ngeliatin dengan sungguh-sungguh. Seru ya mbak ada komunitasnya

    BalasHapus
  36. Btw emang knp dengan tripod kak? Diperiksa dan beisiko disita gtu kah? #jadikepoh

    BalasHapus
  37. asyik ya ikutan acara gini, selain bisa refreshing juga dapat ilmu baru. BTW fotonya keren2 mbak

    BalasHapus
  38. Mba chiechie.. seneng banget jalan jalan ke Malaysia sama geng pepotoan . hehe. Aku kalo street potography tuh paling susah dapetin feelingya. Tapi kalo hasil foto dirimu ngga cuma yang Still Life, yang street nya juga keceee !

    BalasHapus
  39. Fotonya bagus-bagus Mba tapi apa gak dikasih watermark? Takut ada yang nyolong.

    BalasHapus
  40. Lumix ya? bagus juga hasil fotonya. Aku lagi cari kamera cuma ngga tau yang mana yang murah dan bagus

    BalasHapus
  41. Mba Chichi footonya bener bener dah bagus banget. Explore sambil jepret street photography gitu seru juga ternyata، fotonya kaya bercerita gituu

    BalasHapus
  42. Aku udah kepo-in foto-foto Mbak Chichi yang ke KL ini. Duh cakepnya ampun-ampunan deh. Biasanya foto produk udah kece badai. Street fotografinya pun gak kalah asyik. Kapan-kapan pengin menimba ilmu dari Mbak Chichi. :)

    BalasHapus
  43. Seru banget pasti nih acaranya. Suka lihatnya juga nih mba. Foto-foto mba Chiechie memang selalu kece. Kapan foto aku lagi hehe.

    BalasHapus
  44. Hasil fotonya keren-keren banget sih, aku sukaaa deh.

    BalasHapus
  45. Wow..hasil fotonya kok cakep-cakep amat sih? Jadi penasaran saya pengen cobain moto pakai kamera lumix.

    BalasHapus
  46. kapan mau fotoin aku lagi mba chiechie??? btw, fotomu itu hasilnya alus2 ya. kusuka...

    BalasHapus
  47. Malaysia yaa, kaya jepret2 di negara2 lain nih mba... Negaranya multikultur bangettt yaa. Yang asli Malaysia yang mana ya, maaf aku ga notice

    BalasHapus
  48. Seru banget nih bisa ikut foto2 pake Lumix yang keren XD BTW kaak, Lumix punya kamera harga 5jtan yg ada jack buat mic external gak ya? XD

    BalasHapus
  49. Dari sekian foto ku naksir sama foto pecah belah. Kupikir itu bakpau atau kue kukus gitu 🤣 warnanya legit banget

    Asyik lho ikutan kegiatan seperti ini, banyak ilmu teknis yg didapat dan nambah pengalaman juga

    BalasHapus
  50. Seruuu acaraanyaaa ya mbaa.. duh jadi pengen ke malaysia

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke personal blog saya, mohon untuk tidak meninggalkan link hidup ya.