lifestyle | travel | foodie | personal life

2/23/2019

Moto Kopi Pakai Kamera Handphone

Gelato
Gelato Rasa Klepon
Kalau makan gelato dengan rasa cokelat, strawberry, tiramisu atau lainnya itu sih sudah biasa. Tapi gimana rasanya kalau makan gelato rasa klepon? Nah cuma di Kanali Cafe Cibubur nih yang punya gelato rasa klepon yang yahud.

Kali ini mainnya agak jauhan dikit nih, ke daerah Cibubur. Sebenarnya kalau dari rumah saya tidak terlalu jauh karena lewat jalan potong. Janjian sama Lia salah satu teman di komunitas foto yang kebetulan tinggalnya dekat Kota Wisata Cibubur, jadilah kami janjian di Kanali Cafe. 

Kebetulan Kanali Cafe ini yang punya temannya Lia, kebetulan janjian jam 10.00 dan saya sampai sana jam 10 kurang. Memang agak lebih cepat jalannya karena takut macet tadinya, alhamdulillah jalanan menuju Kanali lancar. 

Karena di Kanali Cafe ini menyediakan kopi jadi saat sampai saya mencoba memesan kopi dulu sambil menunggu Lia dan teman-temannya datang. Kali ini bukan cuma sekedar main saja ke Kanali Cafe, karena kami ingin membicarakan kerjasama antara saya dan mereka. 

Hari ini sebenarnya agak malas ngeluarin kamera dari dalam tas, padahal gatel pengen moto karena tempatnya lucu banget. Akhirnya memutuskan untuk foto menggunakan kamera handphone, saya menggunakan ASUS Zenfone Max M2.


Secangkir Affogato dan Hot Latte
Akuchichie
Affogato - foto by Akuchichie

Akuchichie
Hot Latte - foto by Akuchichie
Hot latte menjadi favorit saya saat memesan kopi karena selain cantik buat di foto dan saya suka meminumnya tanpa menggunakan gula. Tapi setelah bilang segelas hot latte ini terus lihat gelato didepan mata, jadilah sekalian pesan affogato juga. Ini antara lapar mata atau emang butuh kopi banget. 

Setelah si kopi datang dan dibawa oleh barista, tanpa menata seperti biasa karena ingin senatural itu motonya. Saya mengambil foto kopi ini dengan kamera handphone ASUS Zenfone Max M2. Suka banget sama hasil dari kameranya karena saya hanya memainkan tone saja di VSCO

Fokus yang dihasilkan oleh kamera ini pun cukup baik dan tepat terkunci pada objek yang saya pilih untuk di fokuskan. Sebenarnya foto menggunakan kamera handphone ini lebih simpel sekali, kuncinya adalah cahaya yang cukup dan fokus pengambilan.


Ambience Lantai Dua Kanali Cafe

Akuchichie

Kanali Cafe

Coffee shop

Kanali Cafe

Akuchichie


Penasaran itu sama bagian dalamnya, kalau lihat fasad Kanali Cafe ini bagus sekali jadi tambah penasaran dong sama bagian dalamnya. Karena memang kesini mau ngobrol soal kerjasama yang insya Allah akan berjalan di Maret 2019 maka kami pindah kelantai dua. 

Begitu naik tangga langsung disajikan dengan pemandangan beberapa pohon kaktus dengan pot dari gerabah. Ini keren banget, berasa banget dengan konsep Jungalow gitu gak sih? Kalau menurutku sih iya.

Bagian lantai yang unfinish pun bikin catchy ruangan lantai dua ini, jadi berasa lagi dirumah sendiri karena lantai rumah saya pun unfinish gini. Semua ruangan dibagian atas pun saya foto dengan menggunakan kamera handphone ASUS Zenfone Max M2 karena jujur saja kamera handphone ini gak perlu effort yang berlebih, karena lensa kameranya yang wide.

Jadi pengambilan ruangan lebih leluasa karena menggunakan kamera yang lensanya wide. Tinggal kita fokuskan dan mengatur fokusnya. Ruangan lantai dua ini berlimpah cahayanya jadi enak banget motonya.


Tips Motret Menggunakan Kamera Handphone

Kalau saya bilang kamera handphone jaman sekarang tuh sudah canggih dan keren semuanya, mau foto apapun tinggal disesuaikan saja dengan pengaturan dan feel masing-masing penggunanya. Saya akan berbagi tips yang bisa digunakan untuk motret menggunakan kamera handphone.
  1. Kenali Kamera Handphone, ini yang paling utama dari menggunakan kamera handphone. Eksplorasi kamera handphone dengan memotret apapun yang ada didekat kita dengan keadaan cahaya yang berbeda agar mengetahui kualitas gambar dari yang kita ambil. Jangan lupa sebelum motret cek bagian kamera harus dalam keadaan bersih tanpa bekas sidik jari atau apapun. 
  2. Cahaya, kekuatan foto menggunakan kamera handphone itu terletak pada cahaya yang cukup. Karena foto kita akan kuat jika saat pengambilan objek cahayanya cukup.
  3. Hindari Flash, untuk motret makanan atau produk hindari menggunakan flash kamera karena akan menghasilkan foto yang kurang baik. 
  4. Sudut Pengambilan, ini sangat penting saat mengambil foto makanan atau produk. Salah-salah dalam sudut pengambilan akan membuat foto kita menjadi distorsi atau kurang baik. Untuk menggunakan kamera handphone pengambilan foto untuk produk atau makanan lebih baik mengambil dengan konsep flatlay.
  5. Framing, menentukan titik fokus pada satu titik objek dengan menggunakan framing akan memberikan efek ruang tajam pada foto yang akan dihasilkan.
  6. Styling, ini pun harus disesuaikan dengan objek yang akan kita foto dan properti yang digunakan pun harus cocok.
  7. Editing, bisa menggunakan beberapa aplikasi yang diunduh dari handphone seperti Snapseed, Light Room Mobile, Photoshop Express, VSCO ataupun Pics Art.

Semoga beberapa tips ini bisa membantu teman-teman motret dengan menggunakan kamera handphone, happy reading!

43 komentar on "Moto Kopi Pakai Kamera Handphone"
  1. Wah kamera eh ponsel kita sama nih. Asus Zenfone Mak Pro M2 nih punya saya. Kalau yang Zenfone Max M2 malah belum dibuka. Dapat hadiah itu juga hahaha... Alhamdulillah

    Kamera Zenfone memang bening ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tos dulu kita teh Okti, ini memang lumayan banget ya si Max M2 ini.

      Hapus
  2. 1st of all tempatnya aestetik ya suka banget, filternya juga cociks abis suka banget, ini edit manual pake aplikasi yang mba sebut atau memang sudah punya preset sendiri ?

    BalasHapus
  3. Bagian lantai tangga yang unfinish itu bagiku kok seperti kurang bersih dan kurang terawat yaa...
    Tapi mungkin beda ya bagi setiap orang. Bisa jadi malah disitu dianggap memiliki nilai tersendiri

    BalasHapus
  4. Sama2 pake ASUS Zenfone, tapi punyaku yg Zenfon max pro M1. Hasilnya bagus banget, terutama kalo dipake di luar ruangan.

    BalasHapus
  5. Buat saya pencahayaan memang pengaruh banget bila motret pakai hp. Seneng kalau pas restonya yang cahayanya terang

    BalasHapus
  6. sekilas saya pikir fotocopy hahaha
    Ternyata memotret kopi.
    Kece banget mba hasilnya, emang kalau kameranya bagus, lebih baik lagi dalam menghasilkan gambar yang bagus ya mba :)

    BalasHapus
  7. Beehh, mbak chiechie mah emang bakat banget di Fotografi. Mau pakai apa aja, kamera beneran ataupun handphone hasilnya memukau

    BalasHapus
  8. Kirain cara fotokopi pake kamera lho Mbak, ternyata si kopi yang jadi objek foto.
    Anyway tipsnya berguna banget nih Mbak, saya udah lama ngebet pengen belajar foto2 biar kece juga hasil fotonya :)

    BalasHapus
  9. Aku selalu suka foto fotomu, mba. Seperti difoto dengan kesabaran dan tahu mana framing yang tepat. Itu foto vertikal semua ya rata2 mba ?

    BalasHapus
  10. Terima kasih untuk tipsnya mbak. bermanfaat banget, karena aku juga lagi belajar photo :)

    BalasHapus
  11. Buatku, tantangan paling susah foto pakai handphone itu styling dan distorsinya, sering gelas jadi gak jelas bentuknya padahal udah coba macem-macem posisi. Masih harus banyak belajar lagi nih, thank u ilmunya ya mba :)

    BalasHapus
  12. Memang benar adanya, apapun pirantinya tergantung pada "man behind the lens"..:)
    Selalu suka dengan foto-fotonya mba Chiechie.
    Dan hot lattenya bikin mupeng akutuuu

    BalasHapus
  13. Mbak Chiechie panutankuuuu.. selalu suka sama setiap foto yang dihasilkan. Walau cuma pake kamera hp tapi keren baget hasilnya. Asliiiii... sukaaaa

    BalasHapus
  14. kalo soal foto kopi emang kak chichie jagonya, selalu dapet feelnya gitu kalo liat hasil jepretan. kapan dong buka kelas buat pemula macam ku huhuhu

    BalasHapus
  15. Kak ajakin ngopi kaaak, eh, maksudnya ajarin foto kopi haha. Aku nih masih suka bingung masalah styling gtu. Liat poto org lain kok apik2 motret sendiri kok msh aneh haha. Kyknya emang butuh latihan yaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudut pengambilan ini yang aku masih suka blm bisa menentukan yang bagus kyk apa. Jd perlu teknik editing lagi kadang2. Masalahnya aku lbh suka yang less editing xixixi #piyeto

      Hapus
  16. Selalu suka sama hasil jepretan mba Chi. Objectnya simple ngga banyak properti tapi tetep kece.
    Apapun kameranya, asalkan menguasai teknik fotografi hasil akhirnya pasti Ok.

    BalasHapus
  17. Mba aku pengen belajar jeh dari mba pandai sekali memotret objek jadi hasil yang cakep :) aku ya ga bisa menentukan framing dan lain sebagainya hahaha

    BalasHapus
  18. Tempatnya cozy banget mba, dan pas dengan pengambilan gambarnya. Jujurly, aku sendiri bisa dibilang gak jago soal foto, lihat ini jadi pengen belajar

    BalasHapus
  19. Bagus Mbak foto-fotonya.. saya nih belum paham tentang fotografi. Kadang ya asal jepret aja, hehehe. Makasih ya sharing ilmunya. Btw cafe Kanali-nya bagus juga, tuh. Eh apa karena yang motret pinter ya? Hihi.

    BalasHapus
  20. Fotonya bagus-bagus banget. Pasti gak nyangka pakai handphone. Btw, kopi rasa klepon itu rasanya gimana? Susah bayangin hahaha

    BalasHapus
  21. Klepon ada di gelato? eh gelato rasa klepon ya ampun bikin penasaran aja sih. Rasanya enak ya mbak? kalau lihat tempatnya agak gelap ya mbak, jadi harus pinter motonya di sana ya.
    Wah makasih ya dapet tips moto pakai kamera hp.

    BalasHapus
  22. Kok bisa ada gelato rasa klepon ya. Inovatif banget.

    Btw untuk yang tanpa cahaya itu gimana mensiasati nya ya selain pake flash? Misal di tempat yang gelap gitu terus pake apa dong

    BalasHapus
  23. saya pikir fotokopi, ternyata ...
    btw tempat ngopinya kece ya, bikin betah nongkrong disitu deh

    BalasHapus
  24. Waah, awal baca judulnya saya udah terjebak aja nih mbak Chici. Saya pikir tadi moto kopi itu foto kopian gitu mbak tapi pakai smartphone, eh ternyata kopinya yang difoto.

    BalasHapus
  25. Makasih sharing tipsnya mbak. Saya juga selama ini kalau foto-foto pakai kamera hp aja, nggak punya kamera lain yang keren soalnya.

    BalasHapus
  26. sumpah gagal fokuss aku jadi kepikiran gelato rasa kleponnya mba hiks...
    pingin cobaiiiin....

    BalasHapus
  27. Tak kira awalnya foto kopi..hehehe ternyata foto minuman kopi pake camera hp yg hasilnya oke punya

    BalasHapus
  28. iya, ku suka lantai 2-nya. Unfinished tapi jadi terkesan simple seperti lagi main di rumah teman.

    BalasHapus
  29. Cafenya model2 vintage gitu ya, Mbak. Alasan beberapa temanku suka beli latte, katanya biar ada konten. Hahaha. Tips fotografinya okepunyaa. Tengkyuu.

    BalasHapus
  30. Aku terjebak sama judulnya Mbak.. Hehe ternyata memotret ya. Ini aku meskipun baca berulang-ulang, tapi waktu praktek kok jadinya kayak gitu-gitu aja ya. Apa emang butuh darah seniman untuk menghasilkan foto yang ciamik?

    BalasHapus
  31. Pengen banget bisa motret motret cantik kaya mbak chiechie.. Aku jatuh cinta beneran sama hasil foto nyaa.. Keren banget. Tone nya juga cantiikk.

    Latte emang objek yang cantik banget sih buat difoto..

    BalasHapus
  32. Keren dan bagus foto-fotonya, Mbak.Kelihatan ada keahlian fotografi nih. Saya awam dan masih banyak belajar soal ini. Makasih tipsnya ya. Manfaat banget

    BalasHapus
  33. Kalau kamera hapenya udah ada fitur Portrait atau Depth of Field, bakalan lebih terbantu lagi ya. Kadang memang belum sempurna sih proses bokehnya jika latar belakang tidak terlalu berbeda dengan obyeknya. Asyik pokoknya motret pake kamera hape, praktis dan bisa dipake untuk belajar mengoptimalkan kemampuan hapenya.

    BalasHapus
  34. Selalu suka foto-foto kopi versi Chichie, keren-keren. Kapan-kapan berbagi dong tentang mengedit foto pakai aplikasi melalui handphone. Ku punya aplikasi lightroom dan snapsheet, tapi kok gaptek ngeditnya :)

    BalasHapus
  35. Aku ngeditnya cuma pake snapseed nih soalnya memori hape gak cukup kalo dipake buat nampung banyak aplikasi.

    BalasHapus
  36. Pake kameran ataupun hp, foto mak chichie mah memang keren deh hasilnya

    BalasHapus
  37. Jadi minum kopi nya udahan?
    Hahha~
    Seneng pepotoan, jadi asa sayang kalau cepet-cepet diminum yaa, kak...?

    Aku suka banget gaya flatlay nya, kak.
    Cakeepp euii~

    BalasHapus
  38. Makasih banyak tipsnya mbak chie. Aku pingin banget bisa foto makanan kayak selebgram di ig itu. Kece - kece

    BalasHapus
  39. Aku doyan makan klepon dan suka beli di babang klepon yg mangkal seberang kantor tiap after hour.

    Sampe aku baca di paragraf penutup, akutuh penasaran gelato rasa klepon. Klo gelato mango ato coklat kan enak tuh, klepon gimana Mbak?

    BalasHapus
  40. Wah hasil fotonya bagus lho mbak walaupun pake kamer hp aja😍bisa jd pilihan nih buat yg belum punua kamera bisa pake hanphone zenfone ini,btw salfok juga sama gellato koq rasa klepon😅

    BalasHapus
  41. Kelasnya ASUS Zenfone emang cucok ya kak, apalagi yg ngambil fotonya juga udah mahir haha. Keren hasilnyaa

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke personal blog saya, mohon untuk tidak meninggalkan link hidup ya.