30th SHAFIRA Journey "World Wanderer"

Shafira Indonesia
30th Shafira - Foto by Akuchichie

Dunia fashion terus berkembang begitu pesat, begitu juga dengan fashion busana muslim. Sekarang ini banyak karya-karya busana muslim dengan berbagai macam tema dihadirkan. Seperti yang diberikan oleh SHAFIRA, tak terasa sudah tiga puluh tahun hadir dalam meberikan kemudahan masyarakat dalam mencari pakaian muslim sesuai dengan gaya yang di inginkan. 

Yang pertama saya ingat kalau mendengar nama SHAFIRA adalah ketika mamah saya selalu berbelanja busana muslim. Yang dicari pertama adalah busana dari SHAFIRA. Ketika saya tanya kenapa memilih SHAFIRA, jawabnya simpel sekali "bajunya bagus-bagus dan sama mamah cuttingnya pas". 

Walau sekarang ini banyak sekali brand-brand busana muslim lokal beredar dipasaran, tidak membuat mamah saya berpaling meninggalkan SHAFIRA karena beliau kalau sudah jatuh hati akan setia dengan brand tersebut.

Saya yang selama ini hanya menjadi teman belanja mamah atau perantara mamah untuk membelikan busana muslim milik SHAFIRA, kagum sekali begitu tau tenyata brand busana favorit mamah saya sudah berusia 30 tahun. 


SHAFIRA Journey
Tiga puluh tahun SHAFIRA dimaknai sebagai sebuah perjalanan panjang penuh inspirasi yang membawa namanya tetap menggaung hungga saat ini. Mulai dari eksplorasi keindahan alam Indonesia hingga menjelajah ke berbagai penjuru dunia, SHAFIRA selalu menampilkan karya terbaik yang didedikasikan bagi industri fashion muslim dunia. 

shafira
Ibu Feny Mustafa, Founder Shafira Muslim Fashion - Foto by Akuchichie

"Menghidupkan fashion busana muslim di Indonesia sudah dengan matang dan untuk perayaan tiga puluh tahun SHAFIRA akan dirayakan di Indonesia Fashion Week 2019 pada akhir Maret nanti. Saat ini sedang diadakan roadshow dibeberapa kota seperti Malang, Surabaya, Medan dan masih banyak lagi. Ini dilakukan juga untuk mempromosikan SHAFIRA Journey World Wanderer yang terinspirasi dari masjid di lima benua." Ungkap ibu Feny Mustafa selaku Founder Shafira Muslim Fashion.

SHAFIRA tidak hanya menghadirkan busana muslim untuk wanita saja, bahkan untuk pria pun tersedia dengan berbagai macam kebutuhan. Dan ternyata model-model bajunya pun tetap stylish seperti yang digunakan David Chalik pada hari itu.


The Journey of World's Fashion and Mosques
30th SHAFIRA Muslim Fashion

Desain SHAFIRA Journey World Wanderer

Seperti yang sudah diungkapkan oleh ibu Feny Mustafa mengenai tema 30 tahun SHAFIRA yang terinspirasi dari masjid dan arsitekturnya di lima benua. SHAFIRA yang merupakan pionir dari brand busana muslim di Indonesia mengusung tema World Wanderer, yang merepresentasikan penjelajah dunia yang menebar inspirasi melalui karya busana muslim istimewa.

Untuk merayakan 30 tahun SHAFIRA, untuk menggenapkan perjalanannya ke seluruh dunia melalui koleksi yang terinspirasi dari masjid di 5 benua yang menggabungkan arsitektur masjid dan desain fashion muslim yang beragam.

Tahun ini merupakan tahun keenam SHAFIRA mempersembahkan sajian busana dengan tema World Wanderer di Indonesia Fashion Week yang akan berlangsung dari tanggal 27 - 31 Maret 2019 di Jakarta Convention Center, Jakarta. Ini merupakan ajang peragaan busana yang selalu dinantikan oleh para penggemar fashion dan juga untuk pelanggan setia SHAFIRA.

Koleksi yang sangat spesial ini terinspirasi dari keindahan arsitektur lima masjid dari lima benua yaitu Eropa, Afrika, Amerika, Australia dan Asia yang akan dituangkan dalam 74 koleksi fashion item yang berkarakter.


Video singkat ini menggambarkan perjalanan busana muslim di dunia dan inspirasi keindahan arsitektur masjid. Berikut beberapa desain untuk SHAFIRA Journey World Wanderer yang didesain oleh Setiawan.


Setiawan, Desainer SHAFIRA - Foto by Akuchichie

Setiawan selaku desainer SHAFIRA Journey World Wanderer, yang merupakan tiga puluh tahun SHAFIRA. Kali ini SHAFIRA memberikan inspirasi yang berbeda dari sebelumnya, kalau sebelumnya lebih ke budaya dan kali ini lebih ke arsitektur masjid di lama benua. Koleksi dibuat dengan mood gelap dan didesain untuk traveling namun masih tetap pantas untuk mengunjungi masjid.


1. Cologne Mosque di Jerman
shafira muslim fashion
Foto by Akuchichie

indonesia fashion week
Foto by Akuchichie

Unsur arsitektur futuristik sangat terasa dalam paduan busana dengan cutting yang tegas. Desain arsitekturnya yang modern juga diinterpretasikan melalui detail tekstur serta palet warna yang berbeda dengan SHAFIRA biasanya, yaitu warna-warna pastel dengan sentuhan warna abu-abu, biru dan pink.

2. Masjid Hassan II di Maroko, Afrika
Foto by Akuchichie

Foto by Akuchichie

Nuansa etnik langsung menjadi kesan pertama untuk desain busana dari Maroko ini. Paduan warna dari inspirasi Maroccan Spice yang cukup berani berpadu cantik dalam kain berdesain motif khas yang dibungkus dalam potongan desain yang playful dilengkapi kristal Swarovski yang teraplikasi cantik menghiasi koleksi ini.

3. Arsitektur Masjid Islamic Center of Washington
Foto by Akuchichie

Untuk inspirasi dari benua Amerika ini memberikan kesan lebih formal dan classy, sagat tepat menggambarkan muslimah yang dinamis dengan executive look yang tegas sekaligus anggun dalam satu tampilan.

4. Masjid Adelaide Central Mosque 
Foto by Akuchichie

Benua Australia juga dipilih untuk merepresentasikan rangkaian busana untuk World Wanderer. Unsur safari look dengan motif aboroginal art dipadukan dalam palet earth tone. Yang membuatnya unik, desain tersebut diaplikasikan dalam kain dengan teknik pewarnaan dalam (natural dye) yang menjadikannya sebagai sebuah seri koleksi yang berkarakter kuat.

5. Majid Baiturrahman Aceh
Foto by Akuchichie

Foto by Akuchichie

Masjid Baiturrahman Aceh dipilih menjadi masjid perwakilan dari benua Asia. Busana yang diciptakan menggabungkan sporty style dengan sisi etnik motif gayo khas Aceh sehingga menghasilkan koleksi dengan gaya kontemporer.

Dari semua rangkainan inspirasi masjid di lima benua, saya terkesan dengan beberapa desai dari Masjid Baiturrahman. Selain memang memiliki warna yang saya banget, desainnya pun bikin jatuh hati. 

30th SHAFIRA Journey World Wanderer - Foto by Akuchichie

Dari kelima desain busana muslim dalam rangka perayaan 30 tahun SHAFIRA Journey World Wanderer yang terinspirasi akan keindahan masjid di lima benua dan juga arsitekturnya. Mana yang menjadi gaya busana muslim kamu? 

30th SHAFIRA Journey

Gelaran fashion show tunggal dalam event Indonesia Fashion Week 2019 ini merupakan salah satu rangkaian selebrasi untuk eksistensi SHAFIRA selama tiga puluh tahun. Beberapa rangkaian program lainnya yang akan terus bergulir hingga penghujung tahun adalah loyalty reward yang diadakan bagi para pelanggan dan member setia SHAFIRA untuk menikmati langsung sumber inspirasi SHAFIRA yang dikemas dalam sebuah perjalanan religi Jerman - Maroko. 

OOTD

Sepertinya saya sudah siap nih bakalan hadir nanti di Indonesia Fashion Week, karena begitu penasarannya dengan koleksi SHAFIRA lainnya yang membuat saya penasaran dengan desain inspirasi arsitektur masjid di lima benua.


Sampai jumpa di Indonesia Fashion Week 2019 dan selamat membaca.




Jangan lupa kunjungi

Follow


42 komentar

  1. SHAFIRA itu bahannya tak ada duanya, gak bisa dibandingun sama produk lain, konsistensi dalam kualitasnya ini yg bikin survive ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali teh Ani, mamahku saja selalu pilih SHAFIRA. Habis lihat kemarin aku naksir dengan desain yang Aceh.

      Hapus
  2. koleksinya Shafira emang kece ya. Aku suka banget sm yg abu pink. Kebayang klo dpake sama rok pasti jd makin kece. Duhhh, ngileerr haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cus kak dibeli nanti pas IFW siapa tau ada special price

      Hapus
  3. ah OOTD nya udah pas banget nihjadi bagian dari IFW 2019 kak chie, semoga bisa kesana dan nonton ya pas Shafira perforrm

    BalasHapus
  4. Saluutt banget sama Shafira ya, udah 30 tahun dan tidak sama sekali tergerus banyaknya ragam fashion pendatang baru masa kini.

    saya rasa karena konsistensi, dari dulu sampai sekarang, rasanya gak ada yang berubah dari ciri khas Shafira ini :)

    BalasHapus
  5. Tidak sabar ya untuk segera sampai di waktunya fashion week. Penasaran dengan semua karya Shafira yang beneran unik.

    Baju yang terinspirasi oleh Masjid Baiturrahman mau saya tiru juga ah buat pakaian sehari-hari hehehe. Hanya bagian belakang tidak akan semirip itu kayanya...

    BalasHapus
  6. Gak terasa sudah 30 tahun SHAFIRA berkarya. Tetap bertahan dan berkarya dengan gempuran banyaknya merk kompetitor.
    Dan keren banget design baju yang terinspirasi masjid di 5 benua. Saya suka semuanya :)

    BalasHapus
  7. Baju-baju SHAFIRA keren-keren dan elegan ya :D enggak heran sih secara sudah bertahan 30 tahun jadi pasti menghasilkan produk yang berkualitas

    BalasHapus
  8. semoga kita bisa lihat koleksinya di IFW ya? *kita

    BalasHapus
  9. Desainnya bagus-bagus, meskipun bapak-bapak, tapi bisa membuat desain baju muslimah yang keren :). Sukses selalu untuk SHAFIRA.

    BalasHapus
  10. Kehadiran Shafira betul2 ngebantu para muslimah yg ingin tampil fashionable tp tetap berhijab ya mba. Suka deh lihat koleksinya. Btw acara2nya juga selalu seru yaah yg dibikin Shafira.

    BalasHapus
  11. Aku suka yang Masjid baiturrachman Aceh dan Islamic center Washington, dan yang ootd juga cakep mbak... Kalau lihat berbagai foto koleksi busana shafira memang bisa bikin jatuh hati sama susah move on ke merk lain nih, bener ibunya mbak chichie:D

    BalasHapus
  12. Aku suka sama inspirasinya. Bisa nambah wawasan juga. Yang tadinya nggak tau masjid di sana kayak apa, akhirnya jadi gugling pengen tau banyak :)

    BalasHapus
  13. koleksinya keren2 dan makin inovatif ya

    BalasHapus
  14. modelnya keren-keren... foto-fotonya apalagi mantab banget

    BalasHapus
  15. Shafira ini keren banget ya. Mampu bersaing dengan brand baru, padahal udah ada sejak puluhan tahun lalu. Desainnya juga bagus-bagus nih, pengambilan temanya keren.

    BalasHapus
  16. Perkembangan fashion di indonesia cukup bagus ya. Model pakaiannya juga beragam

    BalasHapus
  17. Daku suka melihat ini karena busana muslimah makin bervariasi sehingga makin banyak yang bergairah untuk lebih baik lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan pastinya dapat inspirasi bagaimana berbusana muslimah kan kan

      Hapus
  18. Ikut bahagia dengan eksistensi Shafira sudah 30 tahun saja mewarnai bisnis Indonesia ya mba, aku suka nih kefikiran gitu melirik desain arsitektur untuk fashion dan untuk ASIA diwakili Mesjid Baiturahman Aceh warbiyash banget semoga makin berinovasa dan produksi terus buat Shafira

    BalasHapus
  19. Aku sukaaa sama desain yang Masjid Baiturahman Aceh.
    Jadi penasaran dengan koleksi lengkap Shafira Journey World Wanderer di Indonesia Fashion Week nanti.
    Shafira memang selalu penuh pesona desainnya...Mengedepankan kualitas bahan dan desain unik yang membedakan dengan karya busana Muslima yang lainnya:)

    BalasHapus
  20. Aku pilih cologne mosque di Jerman, cuttingnya out of the box dan warnanya cantik sekali. Aku suka dengan design yang punya makna mendalam seperti shafira ini.

    BalasHapus
  21. Shafira ini hampir seumuran ama saya deh, luarrr biasa yaahh 30 tahun tetap eksis dan masih bisa terus bersaing dengan produk-produk terbaru lainnya.
    sukses selalu untuk Shafira :)

    BalasHapus
  22. Shafira bahan dan model dari jauh udah kebaca. Like This Arsitektur Masjid Islamic Center of Washington hahaha

    BalasHapus
  23. Jadi mupeng nih mbak sama koleksi2 by Safira ini. Pasti nyaman banget ya buat dipakai ke acara2 besar

    BalasHapus
  24. So trendy! Banyak juga koleksi outernya ya. sayang aku gak bisa ikutan karena gak bisa ijin hheheh

    BalasHapus
  25. OOTD-mu bikin aku salfok :3
    Btw, aku nggak sabar banget nanti ke IFW. Ndak sabar ngeliat koleksi SHAFIRA yang lain

    BalasHapus
  26. Saya suka nih sama shafira, dr jaman saya blm nikah. Saya dulu beli Shafira nih utk baju kerja. Dr dulu emang dah berkualitas banget deh. Harganya dulu aja th 2000 sidah 300-500rb. Ga tau deh skrg brp ya.

    Yg saya suka tuh model desainnya. Unik. Ga pasaran dan simple. Tapi elegant. Makanya cocok buat dioakai acara resmi atau santai sekalipun.

    BalasHapus
  27. Modelnya trendy2 ya sekarang. Seinget aku dulu modelny tuh kebanyakan gamis yang cuttingnya emak-emak banget.

    BalasHapus
  28. Kak chichie OOTDnya cakep banget. Ga kalah sama nodelnya Shafira hihi. Anw nanti tanggal 29 Maret dateng IFW yuk ��

    BalasHapus
  29. Cakep-cakep ya model bajunya Shafira ini. OOTD yang Kak Chiechie pake juga Shafira, kah? Cakep juga itu. Akunya jadi pengen. Selama ini style-nya aku gitu-gitu aja. Mau mulai belajar dandan euy

    BalasHapus
  30. Designnya unik, stylish dan kekinian
    semakin berinovasi yang ga monoton, bisa semakin diminati nih

    BalasHapus
  31. Omg koleksinya bagus-bagus semuanya aku jadi mauuu

    BalasHapus
  32. SHAFIRA selalu keren. Dari 5 model baju itu, saya paling suka yang pakai topi merah maroon dan hijab orange.

    BalasHapus
  33. Kesukaan ibu aku nih Shafira! Ternyata udah 30th ya, sebelum aku lahir dia udah ada. Hahaha

    BalasHapus
  34. saya salah fokus sama model-modelnya, tampang kayak boneka :)

    BalasHapus
  35. Tau mereknya udah lama banget. Konsistensi mereka layak dapet jempol deh!

    BalasHapus
  36. Suka sama style masjid Jerman. Tapi kayaknya gak cocok buat cuaca di Indonesia macam Jekartah yang hot ini. Mba Chicie suka style yang mana kah?

    BalasHapus
  37. salut dengan fashion hijab yang makin modern, berwarna, tapi tetep menutup aurat. Bravo Shafira!

    BalasHapus
  38. oh iya nih, merk ini sudah lama banget, jaman-jamannya kosmetik macam wardah baru diproduksi. Masih awal2 dan masih sedikit hijabers indonesia.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke personal blog saya, mohon untuk tidak meninggalkan link hidup ya.