Akhirnya Indonesia Punya MRT

Akuchichie

Sudah ikutan uji coba MRT Jakarta? Gimana rasanya naik MRT di Jakarta? Kalau saya sih senang sekali naik MRT di negara sendiri, akhirnya Indonesia punya moda transportasi yang banyak ditunggu oleh masyarakatnya. 

Waktu Mass Rapid Transit (MRT) di Jakarta baru dalam pencanangan akan dibuat saja saya senang sekali, setidaknya ini salah satu kemajuan negara Indonesia. Selain bisa membantu mengurangi kemacetan dan juga menghemat waktu tempuh saat akan beraktivitas.

Jujur saja sebelumnya saya sangat jarang sekali naik transportasi umum, karena terbiasa dengan menggunakan kendaraan pribadi, taksi dan transportasi online. Tapi belakangan ini saya senang sekali naik transportasi umum seperti naik bus Transjakarta dan KRL (walau ini sebenarnya baru beberapa kali saja sih).


Add caption
Padahal dulu waktu tunnel MRT Jakarta hampir selesai dibangun, saya berencana untuk ikutan untuk lihat juga tapi sayang waktunya selalu gak cocok. Dan saat itu saya berjanji bahwa kalau si MRT sudah beroperasi saya gak boleh ketinggalan nih untuk mencoba.

Akhirnya hari Kamis, 14 Maret 2019 saya dan Okta ikutan mencoba MRT Jakarta. Kebetulan saya dapat jadwalnya naik dari stasiun MRT BNI Dukuh Atas. Untuk jamnya tidak ditentukan namun uji coba ini jam 08.00 - 16.00 setiap harinya dimulai dari tanggal 12 - 23 Maret 2019.

Waktu sampai di stasiun BNI Dukuh Atas, saya dan Okta lagi amazed banget sama stasiunnya yang super kece ini. Karena waktu sampai disini jam 9.40 jadi jadwal trial sudah mepet, karena untuk trial ini dibagi menjadi empat sesi.

Akhirnya kami mengikuti trial yang sesi kedua di jam 10.00 - 12.00 dan diberikan sticker berwarna kuning ini untuk penanda. Sambil menunggu jam 10.00 saat itu saya dan Okta foto-foto dulu, sama seperti orang-orang yang melakukan percobaan MRT pada hari itu.

akuchichie
Foto by Akuchichie
Karena ada empat sesi untuk uji coba #MRTJakarta maka ada empat warna sticker juga nih buat membedakan setiap sesinya. Warna merah untuk tanda sesi pertama, jam 08.00 - 10.00. Warna kuning untuk tanda sesi kedua, jam 10.00 - 12.00. Warna hijau untuk tanda sesi ketiga, jam 12.00 - 14.00. Dan yang terakhir warna biru untuk tans sesi keempat, jam 14.00 - 16.00. Jadi buat yang akan trial MRT Jakarta harus diperhatikan jam setiap sesinya ya. 

Untuk yang memiliki tiket uji coba MRT Jakarta, tiketnya gak usah di print karena nanti disana tinggal nunjukin saja dan di scan barcodenya oleh petugas. Karena kemarin masih banyak orang yang ngeprint di kertas dan akhirnya mereka membuang kertasnya setelah selesai. 


Stasiun MRT Jakarta - BNI Dukuh Atas








Ini suatu kebanggaan tersendiri bagi saya selaku warna negara Indonesia karena bisa memanfaatkan trasnsportasi umum ini. Stasiun BNI Dukuh Atas ini lumayan besar dan sekilas memang mirip di Singapore.

Sambil menanti kereta datang, orang-orang yang berada disini berfoto dan menikmati indahnya MRT Jakarta ini termasuk saya dan Okta. Benaran masih senang sekali melihat salah satu kemajuan yang dimiliki Indonesia.

Kemarin saya naik sampai stasiun Lebak Bulus, sebelum sampai disana akan melewati beberapa stasiun seperti Setia Budi, Bendungan Hilir, Istora Senayan, Senayan, Asean, Blok M, Blok A, Haji Nawi, Cipete Raya, Fatmawati dan terakhir Lebak Bulus.

Setelah berhenti di Lebak Bulus, saya naik kembali tanpa keluar stasiun ya. Nah dari Lebak Bulus saya dan Okta mencoba turun di stasiun Blok M. Untuk di stasiun Blok M ini ada dua pilihan jalur keluarnya begitu kita turun MRT. Tinggal pilih mau kearah Blok M Plaza atau Blok M Square.


MRT Jakarta
akuchichie

akuchichie

akuchichie

akuchichie

Semua orang yang naik MRT saat itu tak lupa mengabadikan moment mereka didalam MRT Jakarta termasuk saya dan Okta juga. Begitu sampai di stasiun Lebak Bulus saya sempat berkeliling sebentar melihat stasiun akhirnya. Ternyata di stasiun Lebak Bulus ramai pengunjung yang akan melakukan uji coba naik MRT.

Saya mendengar beberapa percakapan para penumpang yang memang duduknya dekat saya. Mereka sangat bangga sekali dengan adanya MRT di Jakarta ini karena selain bisa menghemat waktu dan juga membuat transportasi Indonesia lebih maju.

Kalau sudah dikasih fasilitas seperti ini selayaknya barang pribadi yang selalu kita jaga tidak ada salahnya juga kita menjaga MRT yang baru saja kita miliki ini. 







Ini salah satu tanda "SAH" bahwa saya setelah melakukan uji coba #MRTJakarta, enaknya waktu lagi uji coba merupakan hari kerja dan di jam kerja juga. Beruntung ini gerbong yang saya naiki tidak terlalu ramai.

Gak cuma mengabadikan foto saja, banyak juga para masyarakat yang ikut uji coba pagi itu membuat video baik di instagram story ataupun video yang nantinya dia akan bagikan di akun Youtubenya karena saya bertemu dengan berbagai macam orang yang sedang ngeVlog.

Yang mau ikutan uji coba naik MRT di Jakarta, masih bisa sampai tanggal 23 Maret 2019 dan pastikan kamu sudah memiliki tiketnya ya karena tidak bisa langsung datang begitu saja. Oke, selamat menikmati moda transportasi yang keren ini dan jangan lupa saling menjaga ya. Kamu aja bisa jagain jodoh orang bertahun-tahun, masa jagain transportasi umum gak bisa?

Selamat mencoba dan happy reading!

17 komentar

  1. Jadi pengen nyobain... besok ahhhh... makasih info detailnya

    BalasHapus
  2. aku envy, belom kesempatan cobain :( padahal udah belii tapi bentrok waktunya,hiks

    BalasHapus
  3. Bangga gak siiiihhhh Indonesia punya moda transportasi kece gini. Semogaaa kebersihan stasiun sekarang ini bisa terus terjaga ya. Hhmmm mengingat benerapa orang masih suka ada yang “bandel”.

    BalasHapus
  4. Keren pisan!! Pengen nyobain juga aku tuh

    BalasHapus
  5. Seru ya bisa cobain Mrt. Jadi pengen, tp kapan ya?

    BalasHapus
  6. alhamdulillah ya, jauh lebih nyaman menggunakan MRT memang

    BalasHapus
  7. Aku baru mau nyoba hari ini sama temen2 kantor hahahahah, norak-norak bergembira nyoba MRT. Hepi banget akhirnya Jakarta punya MRT kayak di negara lain, meskipun untuk itu, jalanan tambah macet XD semoga tetep terpelihara MRTnya dah warga Jakarta tertib antri jadi ngga malu2in Indonesia :D

    BalasHapus
  8. ini udah beroperasi mak MRT? semoga bisa bermanfaat untuk banyak orang dn bisa mengurai kmacetan y

    BalasHapus
  9. Kalo ke Jakarta, pengin juga nyobain naik MRT nya ini *eh tapi kapan ke Jakartanya haha. Kalo gerbongnya nggak ramai, asyik bisa pepotoan ya mba :)

    BalasHapus
  10. Pertama kali naik MRT tahun 1999 akhir di Singapura. Saya kepikiran saat itu kapan di Indonesia akan ada alat transportasi serupa?

    Lanjut saya berkelana ke Hong Kong dan Taiwan, naik MRT jadi transportasi sehari-hati.

    Alhamdulillah ya, sekitar 20 tahun kemudian, kini di kita sudah ada juga MRT. Semoga tidak hanya ada di ibukota, tapi juga daerah lain wilayah tanah air kita yang membutuhkan...

    BalasHapus
  11. Kereeennn bangeeettttt, semoga nantinya tetap terpelihara, bersih dan tertib kayak gini terus ya.

    Pengen nyobain deh, kayaknya kalau ke sana, harus nyobain, hahaha

    Semoga dengan MRT juga masalah kemacetan bisa sedikit teratasi ya :)

    BalasHapus
  12. Duh mau nyobain.. cakep berat ya ahh kapan aku bisa naik iniii
    Hahaa, pesan terakhirnya..setuju.. harus dijaga sih supaya awet kaya menjaga cintaah yaa nyaaak

    BalasHapus
  13. Asiiik! Makin banyak pilihan transportasi umum yang nyaman di Jakarta. Ke mana-mana makin berath deh saya naik transportasi umum

    BalasHapus
  14. Bunda blm nyoba wlp temen pensiunan ngajakin bunda, tp bunda memutuskan utk nanti aja nunggu tetsedianya fasilitas utk lansia, hehehe...

    BalasHapus
  15. Kapan aku bisa mlipir ke Jakarta ya? Mau banget ih nyobain naik MRT ��

    BalasHapus
  16. Wakakak..jagain jodoh orang bertahun tahun aja bisa..masak jagain MRT kagak bisa..setujuuu dah
    Bangga banget, enggak ngira ini di Indonesia.
    Semoga makin banyak jalurnya, jadi kemana-mana ku nantinya juga bisa naik ini...

    BalasHapus

Terima kasih untuk tidak meninggalkan link hidup