Lifestyle || Travel || Foodie

3/17/2019

Akhirnya Indonesia Punya MRT

Akuchichie

Sudah ikutan uji coba MRT Jakarta? Gimana rasanya naik MRT di Jakarta? Kalau saya sih senang sekali naik MRT di negara sendiri, akhirnya Indonesia punya moda transportasi yang banyak ditunggu oleh masyarakatnya. 

Waktu Mass Rapid Transit (MRT) di Jakarta baru dalam pencanangan akan dibuat saja saya senang sekali, setidaknya ini salah satu kemajuan negara Indonesia. Selain bisa membantu mengurangi kemacetan dan juga menghemat waktu tempuh saat akan beraktivitas.

Jujur saja sebelumnya saya sangat jarang sekali naik transportasi umum, karena terbiasa dengan menggunakan kendaraan pribadi, taksi dan transportasi online. Tapi belakangan ini saya senang sekali naik transportasi umum seperti naik bus Transjakarta dan KRL (walau ini sebenarnya baru beberapa kali saja sih).


Add caption
Padahal dulu waktu tunnel MRT Jakarta hampir selesai dibangun, saya berencana untuk ikutan untuk lihat juga tapi sayang waktunya selalu gak cocok. Dan saat itu saya berjanji bahwa kalau si MRT sudah beroperasi saya gak boleh ketinggalan nih untuk mencoba.

Akhirnya hari Kamis, 14 Maret 2019 saya dan Okta ikutan mencoba MRT Jakarta. Kebetulan saya dapat jadwalnya naik dari stasiun MRT BNI Dukuh Atas. Untuk jamnya tidak ditentukan namun uji coba ini jam 08.00 - 16.00 setiap harinya dimulai dari tanggal 12 - 23 Maret 2019.

Waktu sampai di stasiun BNI Dukuh Atas, saya dan Okta lagi amazed banget sama stasiunnya yang super kece ini. Karena waktu sampai disini jam 9.40 jadi jadwal trial sudah mepet, karena untuk trial ini dibagi menjadi empat sesi.

Akhirnya kami mengikuti trial yang sesi kedua di jam 10.00 - 12.00 dan diberikan sticker berwarna kuning ini untuk penanda. Sambil menunggu jam 10.00 saat itu saya dan Okta foto-foto dulu, sama seperti orang-orang yang melakukan percobaan MRT pada hari itu.

akuchichie
Foto by Akuchichie
Karena ada empat sesi untuk uji coba #MRTJakarta maka ada empat warna sticker juga nih buat membedakan setiap sesinya. Warna merah untuk tanda sesi pertama, jam 08.00 - 10.00. Warna kuning untuk tanda sesi kedua, jam 10.00 - 12.00. Warna hijau untuk tanda sesi ketiga, jam 12.00 - 14.00. Dan yang terakhir warna biru untuk tans sesi keempat, jam 14.00 - 16.00. Jadi buat yang akan trial MRT Jakarta harus diperhatikan jam setiap sesinya ya. 

Untuk yang memiliki tiket uji coba MRT Jakarta, tiketnya gak usah di print karena nanti disana tinggal nunjukin saja dan di scan barcodenya oleh petugas. Karena kemarin masih banyak orang yang ngeprint di kertas dan akhirnya mereka membuang kertasnya setelah selesai. 


Stasiun MRT Jakarta - BNI Dukuh Atas








Ini suatu kebanggaan tersendiri bagi saya selaku warna negara Indonesia karena bisa memanfaatkan trasnsportasi umum ini. Stasiun BNI Dukuh Atas ini lumayan besar dan sekilas memang mirip di Singapore.

Sambil menanti kereta datang, orang-orang yang berada disini berfoto dan menikmati indahnya MRT Jakarta ini termasuk saya dan Okta. Benaran masih senang sekali melihat salah satu kemajuan yang dimiliki Indonesia.

Kemarin saya naik sampai stasiun Lebak Bulus, sebelum sampai disana akan melewati beberapa stasiun seperti Setia Budi, Bendungan Hilir, Istora Senayan, Senayan, Asean, Blok M, Blok A, Haji Nawi, Cipete Raya, Fatmawati dan terakhir Lebak Bulus.

Setelah berhenti di Lebak Bulus, saya naik kembali tanpa keluar stasiun ya. Nah dari Lebak Bulus saya dan Okta mencoba turun di stasiun Blok M. Untuk di stasiun Blok M ini ada dua pilihan jalur keluarnya begitu kita turun MRT. Tinggal pilih mau kearah Blok M Plaza atau Blok M Square.


MRT Jakarta
akuchichie

akuchichie

akuchichie

akuchichie

Semua orang yang naik MRT saat itu tak lupa mengabadikan moment mereka didalam MRT Jakarta termasuk saya dan Okta juga. Begitu sampai di stasiun Lebak Bulus saya sempat berkeliling sebentar melihat stasiun akhirnya. Ternyata di stasiun Lebak Bulus ramai pengunjung yang akan melakukan uji coba naik MRT.

Saya mendengar beberapa percakapan para penumpang yang memang duduknya dekat saya. Mereka sangat bangga sekali dengan adanya MRT di Jakarta ini karena selain bisa menghemat waktu dan juga membuat transportasi Indonesia lebih maju.

Kalau sudah dikasih fasilitas seperti ini selayaknya barang pribadi yang selalu kita jaga tidak ada salahnya juga kita menjaga MRT yang baru saja kita miliki ini. 







Ini salah satu tanda "SAH" bahwa saya setelah melakukan uji coba #MRTJakarta, enaknya waktu lagi uji coba merupakan hari kerja dan di jam kerja juga. Beruntung ini gerbong yang saya naiki tidak terlalu ramai.

Gak cuma mengabadikan foto saja, banyak juga para masyarakat yang ikut uji coba pagi itu membuat video baik di instagram story ataupun video yang nantinya dia akan bagikan di akun Youtubenya karena saya bertemu dengan berbagai macam orang yang sedang ngeVlog.

Yang mau ikutan uji coba naik MRT di Jakarta, masih bisa sampai tanggal 23 Maret 2019 dan pastikan kamu sudah memiliki tiketnya ya karena tidak bisa langsung datang begitu saja. Oke, selamat menikmati moda transportasi yang keren ini dan jangan lupa saling menjaga ya. Kamu aja bisa jagain jodoh orang bertahun-tahun, masa jagain transportasi umum gak bisa?

Selamat mencoba dan happy reading!
59 komentar on "Akhirnya Indonesia Punya MRT"
  1. Jadi pengen nyobain... besok ahhhh... makasih info detailnya

    BalasHapus
  2. aku envy, belom kesempatan cobain :( padahal udah belii tapi bentrok waktunya,hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dedek buruan naik, sekarang bisa on the spot kok gak perlu via web lagi daftarnya.

      Hapus
  3. Bangga gak siiiihhhh Indonesia punya moda transportasi kece gini. Semogaaa kebersihan stasiun sekarang ini bisa terus terjaga ya. Hhmmm mengingat benerapa orang masih suka ada yang “bandel”.

    BalasHapus
  4. Keren pisan!! Pengen nyobain juga aku tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cus cobain dari stasiun Blok M aja, bisa on the spot

      Hapus
  5. Seru ya bisa cobain Mrt. Jadi pengen, tp kapan ya?

    BalasHapus
  6. alhamdulillah ya, jauh lebih nyaman menggunakan MRT memang

    BalasHapus
  7. Aku baru mau nyoba hari ini sama temen2 kantor hahahahah, norak-norak bergembira nyoba MRT. Hepi banget akhirnya Jakarta punya MRT kayak di negara lain, meskipun untuk itu, jalanan tambah macet XD semoga tetep terpelihara MRTnya dah warga Jakarta tertib antri jadi ngga malu2in Indonesia :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak Sand, aku pun senang banget akhirnya Indonesia punya MRT sendiri

      Hapus
  8. ini udah beroperasi mak MRT? semoga bisa bermanfaat untuk banyak orang dn bisa mengurai kmacetan y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam dua minggu ini masih trial dan akan beroperasi bulan April official berbayar.

      Hapus
  9. Kalo ke Jakarta, pengin juga nyobain naik MRT nya ini *eh tapi kapan ke Jakartanya haha. Kalo gerbongnya nggak ramai, asyik bisa pepotoan ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Lianny tinggal dimanakah? Semoga nanti MRT merata biar Indonesia tambah kereeennnn

      Hapus
  10. Pertama kali naik MRT tahun 1999 akhir di Singapura. Saya kepikiran saat itu kapan di Indonesia akan ada alat transportasi serupa?

    Lanjut saya berkelana ke Hong Kong dan Taiwan, naik MRT jadi transportasi sehari-hati.

    Alhamdulillah ya, sekitar 20 tahun kemudian, kini di kita sudah ada juga MRT. Semoga tidak hanya ada di ibukota, tapi juga daerah lain wilayah tanah air kita yang membutuhkan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku pun naik MRT pertama di Singapore dan takjub kala itu dengan transportasi disana, alhamdulillah sekarang Jakarta sudah punya.

      Hapus
  11. Kereeennn bangeeettttt, semoga nantinya tetap terpelihara, bersih dan tertib kayak gini terus ya.

    Pengen nyobain deh, kayaknya kalau ke sana, harus nyobain, hahaha

    Semoga dengan MRT juga masalah kemacetan bisa sedikit teratasi ya :)

    BalasHapus
  12. Duh mau nyobain.. cakep berat ya ahh kapan aku bisa naik iniii
    Hahaa, pesan terakhirnya..setuju.. harus dijaga sih supaya awet kaya menjaga cintaah yaa nyaaak

    BalasHapus
  13. Asiiik! Makin banyak pilihan transportasi umum yang nyaman di Jakarta. Ke mana-mana makin berath deh saya naik transportasi umum

    BalasHapus
  14. Bunda blm nyoba wlp temen pensiunan ngajakin bunda, tp bunda memutuskan utk nanti aja nunggu tetsedianya fasilitas utk lansia, hehehe...

    BalasHapus
  15. Kapan aku bisa mlipir ke Jakarta ya? Mau banget ih nyobain naik MRT ��

    BalasHapus
  16. Wakakak..jagain jodoh orang bertahun tahun aja bisa..masak jagain MRT kagak bisa..setujuuu dah
    Bangga banget, enggak ngira ini di Indonesia.
    Semoga makin banyak jalurnya, jadi kemana-mana ku nantinya juga bisa naik ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh terakhir besok jadinya trialnya..lah, belom jadi ikutan.
      Nunggu diresmikan aja lah..mupengnya ditunda realisasinya :D

      Hapus
  17. Alhamdulillah ikutan bangga nih Indonesia punya MRT, semoga masyarakat bisa menggunakannya dengan bijak alias merawat fasilitas umum dengan baik. Amin... Kalau ke jkt harus nyobain nih.

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah ya semoga mengatasi kemacetan Jakarta yang makin meningkat nih, makin sadar berkendaraan umum juga

    BalasHapus
  19. Mendadak saya jadi ingin ke Jakarta lagi. Karena jaman saya dulu di Jakarta masih suka desak-desakan di Metro Mini, kalau gak ya trans Jakarta. Semoga dengan hadirnya MRT di Jakarta mampu mengurangi kemacetan di Ibu Kota.

    BalasHapus
  20. Kece banget nih Indonesia udah punya MRT, benar2 ya pemerintah ini bertekad sekuat tenaga untuk memperbaiki sektor transportasi dengan serius. Semoga MRT ini bisa bermanfaat mengurangi kemacetan di Jakarta yg tarafnya sudah bikin stres banget.

    BalasHapus
  21. Dengan adanya MRT ini, jadi makin bervariasi transportasi umum di Jakarta. Semoga mampu mengurangi kemacetan ya karena orang-orang mau berpindah ke public transportation.

    BalasHapus
  22. Kerennn ya MRT ini jadi pengen nyobain, di sini mah gak ada hihihi. Semoga saja MRT ini bisa jadi solusi kemacetan ibu kota yaa

    BalasHapus
  23. Yaaa ... tinggal sehari lagi uji cobanya. Saya nungguin kalau udah beroperasi aja, deh. Trus jalan-jalan sampai Lebak Bulus :)

    BalasHapus
  24. SEmoga setelah ada MRT, jalanan berkurang kemacetannya ya. Kan udah beralih ke moda trasnportasi MRT ini

    BalasHapus
  25. Yeayyy Finally yaa, Indonesia aku punya MRT juga. Dulu kalau mau icip MRT musti ke Singapur dulu. Sekarang bangga banget punya MRT di Indonesia tercintaku. Lihat review mu dari cerita sampai foto-foto rasanya pengen banget euy segera nyobain, waktu nya yang belum ada. Nunggu dibuka untuk umum deh, bakalan rame pastinya pasa nyobain. Ahh MRT nya keren pokok nya

    BalasHapus
  26. Yeaaay, finally. Aku happy bnget tapi belum nyobain ni Kak. Mupeng deh, suasananya mirip banget kayak di Singapur ya, jadi berasa lagi di luar, cakep...

    BalasHapus
  27. Huhuhuu yang di jogja mupeng nyobain juga nii.. tapi Alhamdulillah yaa Indonesia semakin maju karena ibukotanya sudah punya MRT, ikut bangga walopun belum bisa ikut nyobain :)

    BalasHapus
  28. keren banget ini ga sangka Indonesia ada yang begini euy jadi pengen naik huhuhu semoga kesampean ah mba dan setuju harus dijaga ya kayak barang pribadi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makin penasaran karena banyak yang udah cobain MRT huhuhu jadi pengen ikutan naik

      Hapus
  29. Alhamdulillah, udah nyobain. So far, rasanya enggak jauh beda kayak naik MRT di Singapura hihii. Pasti deh, selalu salfok sama foto2nya Mba Chichie yang keren gini, jadi pengen ikutan jeprat jepret hehe

    BalasHapus
  30. Senangnya. Akhirnya Jakarta mengikuti jejak metropolitan di seluruh dunia, punya MRT sendiri. Semoga juga mengurangi kemacetan ya Mbak

    BalasHapus
  31. Aku juga sudah cobachari Minggu tgl 16 kemarin mba hehe. Aku baru ingat mau ngereview, tapi lupakan haha kedudukan mba Chichie😂 tapi mostly sdh mewakili apa yg mah kusampaikan di postingan ini😊

    BalasHapus
  32. keren ya! kayak di jepang looo. bersih dan bagus tertata rapi; moga seterusnya demikian. suka ngiri sama yg di Jkt. kota2 kecil di Jatim kapan yaa bs nikmati fasilitas seperti itu?

    BalasHapus
  33. aku pengen juga loh, tapi gak jadi kak chi. tapi ya semoga kita bisa menjaga ini fasilitas yang super keren, bersih dan bagus banget. jangan sampe kumuh & kotor.

    BalasHapus
  34. Bagus ya fasilitasnya. Harus dijaga dengan sebaik-baiknya. Semoga tarifnya terjangkau ya nanti setelah nggak gratis lagi.

    BalasHapus
  35. Seneng banget ya mbak akhirnya Indonesia punya MRT. Gak kalah deh sama negara tetangga. Harus dijaga dengan baik nih.

    BalasHapus
  36. Sebenarnya aku dapat tiket juga lho, Mbak, untuk tanggal 13 kemarin. Tapi qadarulloh anakku sakit. Ya sudah akhirnya batal. Sekarang sudah susah nyari tiket lagi. Rencana aku mau main ke stasiunnya aj yang di Bundaran HI. Tempatnya kece banget. Berasa kayak di luar negeri gitu.

    BalasHapus
  37. Kalau ke Jakarta harus nyoba ini nih. Dari dulu kan pengen naik MRT aku sekeluarga, dan akhirnya Indonesia punya juga. Bismillah... Semoga kesampaian ngebolang ke Jakartanya...

    BalasHapus
  38. Aku belum sempet2 mba.. dan cakeeep memang yaaa stasiun MRTnya. Dan juga suka karena bersih dan rapi! Keep it up yaa

    BalasHapus
  39. Kak Chie OOTD nya kereen~
    Berasa milik pribadi yaa, kak...sepi begini.
    Dan keren yaah...Indonesia punya MRT.
    Jadi ingat setting tempat bukunya Tere Liye yang hujan.

    BalasHapus
  40. Alhamdulillah cakeeeep. Udah berasa kayak di Hong Kong aja yak. Hahaha...

    BalasHapus
  41. Sedih gak kebagian tiket free trial nya. Belum rejeki eim. Nanti semoga bisa beneran menggunakan MRT

    BalasHapus
  42. Aku liat ini seliweran awal-awal kayak di jepang, eh mas kesini-kesini malah jadi rame sama masyarakat yang gak bertanggung jawab. Aku berharap fasilitas yang menggunakan banyak uang utj pembangunannya bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya.

    BalasHapus
  43. Aku pengen banget cobain tapi ke Lebak zbulus rute busway jauh dari rumah, naik commuterline juga ga strategis. Kapan kapan klo main ke rumah ibu cuss ah, penasaran

    BalasHapus
  44. Aku terharuuu bacanya. Akhirnya yaa Indonesia bisa merasakan rasanya punya MRT :"")

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke personal blog saya, mohon untuk tidak meninggalkan link hidup ya.