#ASLIJAGO Melahirkan 9 Pelaku Bisnis Muda di Industri Kreatif Indonesia

#aslijago


Ngobrolin tentang industri kreatif, tentu sekarang ini sudah tidak asing lagi. Karena di Indonesia sudah banyak sekali para pelaku bisnis di industri kreatif yang memperkenalkan produk mereka ke pasaran. Bahkan beberapa produk lokal dari anak bangsa dijual tidak hanya untuk dalam negeri saja.

Apa sih yang dimaksud industri kreatif ini? Kalau menurut Wikipedia arti dari industri kreatif dapat diartikan sebagai kumpulan aktivitas ekonomi yang terkait dengan penciptaan atau penggunaan pengetahuan dan informasi. Industri kreatif juga dikenal dengan nama lain Industri Budaya atau juga Ekonomi Kreatif.


Menurut Kementerian Perdagangan Indonesia bahwa Industri Kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu.

Untuk Ekonomi Kreatif ini bisa terdiri dari fashion, photography dan videography, travel, art, event organizer, kuliner, otomotif dan ecommerce. Sama seperti yang dilakukan oleh XL Business Solutions, divisi yang berada dalam naungan XL Axiata yang menggelar kompetisi #ASLIJAGO dengan menunjukkan semangat dalam mengembangkan usaha bagi anak muda.

#ASLIJAGO Lahirkan 9 Pelaku Bisnis Muda
#aslijago


Pada hari Rabu, 24 April 2019 saya menghadiri acara dari XL Business Solutions. Serunya acara ini merupakan sharing bersama XL Business Solutions dan juga 9 orang pemenang dari #ASLIJAGO yang sudah terpilih. Kebayang deh serunya bisa medengarkan bagaimana mereka membangun bisnisnya.

Awalnya saya masih bingung apa sih #ASLIJAGO ini? #ASLIJAGO merupakan kompetisi kreatif yang dilakukan lewat sosial media Instagram dengan tema “Buktikan Bakat Bisnismu”. Tentunya hal ini disambut positif oleh para pelaku industri kreatif karena banyak sekali yang mengikuti kompetisi ini. Dari kompetisi ini akan disaring dan dipilih 9 pemenang berdasarkan dengan kategori yang telah ditentukan.

Setelah dilakukan penjurian maka telah terpilih Pelaku Bisnis Muda yang kreatif dengan 9 kategori diantaranya: Cullinary, Photography dan Videography, Travel, Fashion, eCommerce, Art, Event Organizer, Technology dan Automotive.

#aslijago
dok. Instagram @XLBusinessSolutions

Mereka inilah para pebisnis muda yang terpilih dari #ASLIJAGO sesuai dengan penilaian para dewan juri. 9 Pebisnis Muda yang terpilih sebagai berikut:
  1. Kategori Culinary : Sushi Kita (@sushi_kita)
  2. Kategori Photography & Videography : Social Kreatif (@socialkreatif)
  3. Kategori Fashion : Bits & Bobs (@bitsandbobs.id)
  4. Kategori E-Commerce : Kun Anta (@kunantaid)
  5. Kategori Even Organizer : Lala Market (@lalamarket.id)
  6. Kategori Travel : Puku Camper (@pukucamper)
  7. Kategori Art : Gulaliku (@gulaliku)
  8. Kategori Automotive : Vespa Paint Art (@vespapaintart)
  9. Kategori Technology : Prohr (@prohr.id)

Apapun bisnis yang dijalankan, teknologi komunikasi mengambil peranan yang sangat penting untuk membentuk cara bisnis tersebut berjalan. Teknologi membantu kita untuk merancang bisnis menjadi lebih efektif dan efisien.

#aslijago

Sharing menarik mengenai XL Business Solutions dengan Bapak Budi sebagai Sales Group Head SME, Bapak Syarief sebagai Group Head Product & Marketing dan Bapak Jodi sebagai Digital Marketing Partner.

XL Business Solutions dalam hal ini memberikan kemudahan untuk para pelaku bisnis kreatif dari berbagai macam sektor. XL Business Solutions juga hadir untuk mengembangkan bisnis lewat berbagai inovasi teknologi di bidang komunikasi. Tanpa batas, tanpa kompromi.

XL Business Solutions adalah layanan XL yang akan membantu mengembangkan bisnis Anda di bidang telekomunikasi. Berbagai layanan dalam XL Business Solutions antara lain: mobile communication, fixed connectivity, mobile advertising, cloud dan data center serta Internet of Things (IoT).

#aslijago
dok. Instagram @XLBusinessSolutions

XL Business Solutions menawarkan paket XL Biz yang dilengkapi dengan Office 365 untuk membantu menjawab komunikasi bisnis tanpa batas sehingga kinerja UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dapat lebih produktif dan efisien. Adapun beberapa paket pilihan harga layanan Biz:
  • Rp 49.000 untuk 5 GB
  • Rp 99.000 untuk 12 GB
  • Rp 149.000 untuk 20 GB
  • Rp 249.000 untuk 40 GB
  • Rp 499.000 untuk unlimited data

#aslijago


Salah satu pemenang dari #ASLIJAGO adalah Bits & Bobs salah satu produk fashion yang menarik perhatian saya. Bahkan dulu saya sudah pernah melihatnya di Instagram @bitsandbobs.id karena memang kebetulan saya sedang mencari pouch kecil. Lama gak nengok instagramnya ternyata sekarang banyak sekali produk baru Bits & Bobs.

Bits & Bobs lahir dari keinginan untuk mempunyai signature style sebagai seorang graphic designer membuat Angela Kurniawan mendirikan Bits & Bobs. Semenjak Januari 2015, Bits & Bobs menjadi brand untuk urban creative millennials yang fokus membuat produk statement bags dan stationary.

#aslijago

Beruntungnya saya pada saat itu bisa mengenal Angela Kurniawan yang merupakan Founder dan Creative Director dari Bits & Bobs. Tentunya banyak sekali pertanyaan yang saya lontarkan kepadanya mengenai bisnis yang sedang ia jalani ini.

Mengambil projek kuliah Masters sebuah design concept store yang merupakan cikal bakal dari Bits and Bobs. Bekerja selama lima tahun di dunia advertising di beberapa negara yang berbeda membentuknya menjadi pribadi yang disiplin dan cinta dengan industri seni dan budaya. Pada saat itulah Angela kembali ke Jakarta dan memulai membangun Bits & Bobs.

Tidaklah mudah memulai sebuah brand, dibutuhkan waktu 10 bulan untuk menemukan identitas Bits & Bobs sendiri. Angela pun mengalami naik dan turunnya penjualan, eksperimen produk yang beragam dan respon pasar yang sering tidak sesuai dengan harapanpun pernah dialaminya. Akhirnya dari sini Angela memutuskan untuk kursus menjahit agar mengetahui bagaimana industri tas.

Riset pasarpun dilakukannya, akhirnya setelah melihat the rise of the millennials dan mereka adalah generasi yang ingin menunjukkan dirinya. Tercetuslah ide untuk membuat produk yang bisa membantu mereka mengekspresikan diri.

#aslijago

Bits & Bobs sendiri memiliki target market urban creative millennials yang tinggal diperkotaan besar, penggiat dan peminat kreatif.

Karena keinginannya untuk mengembangkan usaha yang lebih besar lagi, dengan bantuan permodalan yang diberikan akan menjadikan langkah penting untuk memajukan Bits & Bobs. Inilah alasan mengapa Angela Kurniawan mengikuti #ASLIJAGO bersama XL Business Solutions.

Harapan besarnya setelah mengikuti #ASLIJAGO, Bits & Bobs bisa membantu seluruh anak muda Indonesia menemukan dan memaksimalkan potensi diri mereka. Saat ini kami tersedia di 4 kota besar di Indonesia dan kami ingin mengjangkau lebih banyak lagi anak muda. Semoga dengan mengikuti #ASLIJAGO brand kami bisa menjadi inspirasi untuk brand lokal lainnya.

Wah semoga juga saya bisa ketularan Angela nih membangun bisnisnya bersama XL Business Solutions.

9 komentar

  1. Anak muda yang kreatif dan tekun serta ulet dalam dunia digital saat ini memang harus diapresiasi. Beri mereka semangat dengan aplaus dan suntikan intensif supaya mereka semakin berkembang dan terus berkreasi

    BalasHapus
  2. Keren banget nih anak-anak muda generasi milenial yang jago dan berani bisnis.
    Semoga makin banyak anak-anak muda zaman now yang memanfaatkan waktunya dengan positif seperti ini :)

    BalasHapus
  3. Yeay terus #SemangatCiee jadi generasi milenial yang melahirkan karya terbaik, apalagi bisa 9, #aslijago ini

    BalasHapus
  4. Wuih, keren-keren. Bangga deh dengan anak-anak muda yang kreatif dan produktif kayak gini. Memanfaatkan fasilitas dan teknologi yang ada menjadi sesuatu yang keren. Semoga banyak dicontoh dan memotivasi anak-anak muda lainnya. Dan salut buat XL yang membuat kontes semacam ini. Bikin anak-anak muda terpacu untuk lebih kreatif!

    BalasHapus
  5. Banyak anak anak muda yang berkualitas tapi belum muncul potensinya karena tak terbantu. Dengan adanya kegiatan ini semoga akan muncul anak anak muda potensial lainnya

    BalasHapus
  6. Ahh aku selalu salut dg para pelaku industri bisnis krn menurut aku mereka so creayive hehe. Apalagi kebanyakan para anak muda. Yg begini kudu difasilitasi yaymomya

    BalasHapus
  7. semoga nti bisa menjangkau kota2 lainnya
    program yg bagus ini
    semoga makin banyak generasi muda yg bisa memanfaatkan progr ini

    BalasHapus
  8. Hebat yaaah, masih muda udah pada punya prestasi gini. Ini nih the real anak milenial, gak cuma berpangku tangan aja tapi malah menghasilkan karya yang patut diacungi jempol, kereenn deh mereka.

    BalasHapus
  9. Saluuut sama anak2 muda yg kreatif seperti ini... Btw, itu kok paketnya murah banget ya. Jadi pengen pindah provider *eh 😂

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke personal blog saya, mohon untuk tidak meninggalkan link hidup ya.