lifestyle | travel | foodie | personal life

4/10/2019

Mencicipi Makanan Dengan Rempah Andaliman Khas Danau Toba

andaliman
Foto by Akuchichie

Siapa yang tak suka mencicipi kuliner dari suatu daerah, tentunya kuliner ini menjadi salah satu khas dari daerah yang kita singgahi. Seperti halnya jika kita singgah di daerah Danau Toba, kita akan menemukan makanan dengan bumbu khas rempah Andaliman. Ada yang sudah pernah coba sebelumnya? Tetapi Andaliman sendiri tidak asing bagi saya, karena saya sudah pernah mencoba masakan dengan menggunakan bumbu rempah Andaliman. 

Andaliman adalah bumbu masakan khas Asia yang berasal dari kulit luar buah beberapa jenis tumbuhan anggota marga Zanthoxylum (suku jeruk-jerukan). Rempah Andaliman di Indonesia hanya dikenal untuk bahan masakan orang Batak, sehingga dikenal orang luar daerah sebagai "merica batak". Biasanya masakan yang menggunakan rempah Andaliman seperti arsik dan saksang yang selalu dimasak dengan menggunakan rempah Andaliman.

Ternyata tak hanya menjadi teman masak bagi orang Batak saja, penggunaan rempah Andaliman sebagai bumbu masak juga dikenal dalam masakan Asia Timur dan Asia Selatan. Mungkin ada yang belum tau seperti apa itu bentuk Andaliman?

Foto by Google
Ini dia penampakan Andaliman sebelum diolah sebagai bumbu masakan, jadi Andaliman ini termasuk dalam rumpun jeruk-jerukan. Biasanya penggunaan Andaliman harus dihaluskan terlebih dahulu. Andaliman bisa didapatkan di pasar tradisional jika ingin membeli dalam keadaan utuh atau sudah dalam bentuk bumbu yang halus siap olah ataupun dalam bentuk pasta.

Lalu bagaimana masyarakat diluar Sumatera Utara bisa mengenal Andaliman? Ternyata banyak hal yang dilakukan untuk terus mengenalkan bumbu rempah Andaliman ini ke masyarakat. Bahkan bumbu rempah Andaliman ini sudah dikenal dibeberapa negara tetangga.

Hari Sabtu kemarin 6 April 2019 saya berkesempatan menghadiri acara "Andaliman Cita Rasa Danau Toba" bersama Yayasan DR. Sjahrir dengan narasumber:

  • Dr. Amanda Katili Niode (Omar Niode Foundation)
  • Dr. Wan Hidayati, MSi (Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumatera Utara)
  • Marandus Sirait (Yayasan Taman Eden 100)
  • Ir. Murni Titi Rosdiana, MBA (Kantor Utusan Khusus Presiden bidang Pengendalian Perubahan Iklim)
Dan tentunya acara ini dimoderatori oleh Amril Taufik Gobel. Tidak hanya berbincang mengenai Andaliman saja, tapi disini juga menjual beberapa makanan yang menggunakan bumbu rempah Andaliman. 


Mengangkat Citra Andaliman
Ibu Amanda Katili Niode, Foto by Akuchichie
Sebagai salah satu bumbu rempah khas Danau Toba, Andaliman menjadi salah satu bumbu rempah yang selalu digunakan oleh mayarakat Batak. Lalu bagaimana mengangkat citra Andaliman? Bersama ibu Amanda Katili yang hari itu bercerita mengenai penanggulangan kemiskinan, pemberdayaan perempuan, pemulihan ekosistem dan inklusivitas.

Makanan dengan menggunakan bumbu rempah Andaliman ini sudah sempat mampir ke Poland pada bulan Desember 2018 lalu. Berbagai aneka menu disajikan dengan menggunakan Andaliman dan ternyata banyak disukai oleh para tamu di Poland saat itu.

Geopark Kaldera Toba
Ibu Wan Hidayati, Foto by Akuchichie
Horas!! Begitu pembuka dari ibu Wan Hidayati saat acara diskusi mengenai Andaliman kemarin di Almond Zucchini Cooking Studio. Semangat ibu Wan Hidayati ini patut ditiru karena beliau sangat positif sekali dengan adanya Taman Geopark Kaldera ini. 

Seperti yang kita ketahui bahwa Danau Toba termasuk destinasi wisata di Indonesia yang patut dikunjungi oleh para wisatawan lokal dan asing. Geopark Kaldera Toba adalah hamparan luas yang terjadi dari letusan Gunung Toba. Disini tempat bermukim dan berkembangnya raja Batak beserta keturunannya, beserta peninggalan sejarah adat dan budaya yang merupakan Geosite Pusuk Buhit di Geopark Kaldera Toba.

Geopark menjadi tujuan wisata dan pertanian berbasis geopark, jika kerusakan lingkungan bisa dihentikan. Sehingga bisa menjadi wilayah konservasi berkelanjutan. "Jika konsep ini berjalan, akan timbul pemberdayaan masyarakat, dan sosial ekonomi.

Bagi saya yang belum pernah ke Geopark Kaldera Toba ini tentu sangat penasaran dong saat ibu Wan Hidayati menjelaskan tentang Geopark ini. Apalagi ibu Wan Hidayati percaya bahwa Geopark Kaldera Toba ini akan menjadi daya tarik untuk para wisatawan.

Andaliman dan Ekonomi Kreatif
Ibu Murni Titi Rosdiana, Foto by Akuchichie

Berbeda dengan ibu Titi yang memiliki pemikiran tentang bagaiman meembuat Andaliman tidak hanya untuk bumbu rempah saja, tetapi bisa digunakan untuk aroma sabun batang, essential oil dan lainnya yang sekiranya cocok dengan Andaliman dan bisa menghadirkan ekonomi kreatif sebagai pemasukan para UMKM di Medan. 

Andaliman juga memiliki peran dalam mendukung pembangunan berkelanjutan, mengurangi emisi dan meningkatkan ekonomi desa. Selain itu juga harus dilakukan pengembangan produk non makanan dengan berbahan dasar Andaliman. Menurut ibu Titi banyak sekali yang bisa dilakukan untuk mebuat produk lokal khas Toba. 

Menjual Medali Emas demi Andaliman
Bapak Marandus Sirait, Foto by Akuchichie

Lain lagi kisah dari pak Marandus Sirait dari Taman Eden 100 ini mengenai Andaliman. Ia rela menjual medali emasnya hanya untuk mengembangkan tanaman Andaliman. Karena ia yakin bahwa tanaman Andaliman ini bisa menjadi pendapat ekonomi. Keyakinannya akan melestarikan Andaliman membuat saya sangat salut sekali. Apalagi sekarang ini bumbu rempah Andaliman sudah menjadi salah satu bumbu rempah khas Toba.

Tanpa disadari apa yang dilakukan oleh pak Marandus selama ini telah membantu pemerintah daerah dalam peningkatan perekonomian daerah. Ternyata itu menjadi kenyataan, sekarang banyak makanan dan bumbu yang menggunakan Andaliman.

Berbagai macam menu makanan yang bisa diolah dengan menggunakan bumbu rempah Andaliman. Yang paling saya ingat adalah saat saya mendapat tawaran untuk review sebuat makanan dengan nama Ayam Andaliman. 


Membuat Sate Lilit Bersama Chef Rahung Nasution
Chef Rahung Nasution, Foto by Akuchichie
Untuk sebagian orang tentu sudah tidak asing lagi dengan chef Rahung Nasution, yang selalu menjuluki dirinya koki gadungan. Terbukti waktu saya mengunggah instagram story di @akuchichie lalu saya banyak mendapatkan pesan melalui DM (direct message) karena mereka mengidolakan sekali chef Rahung Nasution ini.

Siang itu chef Rahung mendemokan membuat sate lilit, yang mana salah satu bahannya menggunakan Andaliman. Awalnya agak aneh tapi kalau chef Rahung yang bikin dijamin pasti enak banget deh.

Demo Masak oleh Chef Rahung Nasution, Foto by Akuchichie

Mulai dari persiapan membuat bumbu sampah pengolahan dan akhirnya siap dipanggang sate lilitnya. Tapi ternyata setelah saya coba kemarin, sate lilit dengan menggunakan bumbu rempah Andaliman memang sangat enak sekali. Saya bakalan kasih resepnya nih, biar bisa langsung eksekusi dirumah.

Sate Ikan Lilit, Foto by Akuchichie

Sate Ikan Lilit
Bumbu yang dihaluskan:
  • 5 buah cabai rawit
  • 10 buah cabe keriting
  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah honje (kecombrang)
  • 2 sdt andaliman
  • 50 gram kemiri sangrai
  • 3 cm kunyit
  • 1 ukuran jempol lengkuas
  • Gram secukupnya
Bahan:
  • 500 gram daging ikan tenggiri segar
  • 50 gram kelapa parut
  • 20 batang sereh
Cara Membuat: 
  • Bumbu yang dihaluskan ditumis hingga harum
  • Daging ikan tenggiri dihaluskan dan dicampur dengan kelapa parut atau bisa menggunakan food processor atau dicincang halus
  • Ikan yang telah dihaluskan dengna kelapa parut dicampur dengan bumbu halus hingga merata
  • Adonan ikan yang telah dibumbui diambil secukupnya dan kepal-kepal, dililitkan pada batang sereh
  • Sate ikan siap dipanggang atau digril di wajan hingga berubah warna dan matang.

Nasi Goreng Bumbu Tombur, Foto by Akuchichie

Dari sekian menu yang ada dan mebuat saya penasaran yaitu Nasi Goreng bumbu Tombur, kalau ini untuk pertama kalinya saya cobain. Apalagi diatasnya ada taburan ikan teri yang sudah siap disantap. 

Bumbu yang dihaluskan:
  • 5 buah cabai rawit
  • 10 buah cabai keriting
  • 6 siung bawang putih
  • 3 siung bawang putih
  • 2 sdt andaliman
  • 50 gram kemiri sangrai
  • 3 cm kunyit
  • 1 ukuran jempol lengkuas
Bahan-bahan:
  • 500 gram nasi
  • 50 gram teri medan goreng kering
  • 2 butir telur
  • 1 buah honje (kecombrang, dirajang halus)
  • Minyak kelapa secukupnya
Cara Membuat:
  • Bumbu yang dihaluskan ditumis hingga harum dan menggunakan minyak kelapa.
  • Telur yang telah dikocok dimasukkan ke wajan, dicampur  dengan bumbu yang telah ditumis.
  • Teri medan yang telah digoreng garing dicampurkan dengan bumbu dan telor yang telah ditumis.
  • Nasi dimauskkan dan diaduk hingga bercampur merata.
  • Tambahkan garam secukupnya dan rajangan halus bunga kecombrang.
Tak hanya sate ikan lilit dan nasi goreng bumbu tombur saja yang disajikan pada siang itu. Saya juga mencicipi beberapa menu makanan seperti laksa, ayam panggang, tumis tofu, peyek kacang, cookies cokelat dan air infuse water yang mana semuanya itu menggunakan Andaliman.





Yang paling bikin penasaran sebenarnya saat melihat cookies cokelat dan infuse water yang menggunakan campuran Andaliman. Untuk di cookies cokelat bagi saya rasa andaliman seperti hint yang setelah habis baru merasakan sensasinya.

Kalau meminum infuse water dengan menggunakan lemon, jeruk nipis, daun mint rasanya itu sudah biasa sekali ya. Tapi kali ini didalam infuse water terdapat andalimannya, saya lebih suka jika ini diminum dingin sih. 





Dari hasil icip-icip saya diacara Cita Rasa Andaliman bersama Yayasan Dr, Sjahrir ini membuat saya bangga akan rempah-rempah Indonesia. Karena membuat cita rasa kuliner Indonesia semakin mantap rasanya. Setiap daerah selalu memiliki ciri khasnya sendiri, begitu juga dengan Toba. Selamat mencoba sate ikan lilit dan nasi goreng tombur. Happy reading!

42 komentar on "Mencicipi Makanan Dengan Rempah Andaliman Khas Danau Toba"
  1. Lima tahun tinggal di Sumatera Utara dan beberapa kali ke Toba kenal benar saya dengan andaliman ini. Meski jarang pakai untuk masak sendiri. Biasa beli makanan setempat yang khas dibumbui ini. Saya jadi tertarik mencoba resep sate lilit, nasgor dan makanan lain yang dibubuhi andaliman. Pasti rasanya akan berkesan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan aku jadi kangen Sumatera utara.
      Duh, kapan lagi bisa ke sana..mana tiket sekarang harganya gilaaa..#malahcurhat :D

      Hapus
  2. Whaa kalo soal rempah-rempahan mah Indonesia jagonya, makanya dulu waktu masa penjajahan ya rempah2 kita juga diekslploitasi.

    Btw, agak ribet ya resepnya, beberapa malah ada yang baru aku denger, huhu maklum mamak jarang masak.

    BalasHapus
  3. Saya belum pernah lihat dan menggunakan andaliman sebagai bumbu untuk memasak. Sepertinya terasa lebih enak ya?
    Melihat ada infuse water nya juga rasanya boleh lah mau beli andaliman dan menjadikannya campuran untuk untuk minuman.

    BalasHapus
  4. Waahh!! Andaliman ternyata sebuah nama Bumbu olahan atau rempah..

    Yaa mungkin meski hanya bumbu Andaliman bisa membuat semua aneka hidangan makan menjadi luar biasa enak serta nikmat..πŸ˜„πŸ˜„

    BalasHapus
  5. Ya makanan khas Indonesia memang terkenal banget mba dengan penuh rempah. Dan ini yang buat aku suka. Aku hampir selalu makanan yang penuh limpahan rempah :)

    BalasHapus
  6. Andaliman ini mulai hits deh, kemarenan pada saat aku mau beli franchise kuliner ditawarin menu yang ada andalimannya

    BalasHapus
  7. Baru tahu kalau andaliman bisa jadi infuse water juga. tahunnya bumbu masakan saja. Tapi walaupun udah 3 tahun di medan belum pernah nyoba bumbu ini

    BalasHapus
  8. Wah rempah andaliman, daku penasaran pingin coba. Belum pernah soalnya, padahal suka dengar dan melihat menunya

    BalasHapus
  9. Danau toba selalu punya daya tarik sendiri kak dan aku termasuk orang medan yang jarang sekali kesana. Apalagi kalo makan masakan batak sambil menikmati darrah danau toba, masya allah nikmatnya. Andaliman udah jadi rempah jitu yang menambah spark di masakan

    BalasHapus
  10. Penasaran sama Andaliman bumbu rempah ini jadi nya. Karena aku bukan hobby masak kali ya, aku baru dengar ehehe. Teryata kalau memang jiwa usaha nya ada, semua hasil alam itu bisa ya mba di kembangkan dan bisa untuk meningkatkan ekonomi kita

    BalasHapus
  11. Masakannya unik unik ya. Saya baru tau nih sama resep andaliman. Bikin penasaran pengen nyobain gimana rasanya

    BalasHapus
  12. Andaliman bumbu khas Indonesia yang kaya akan rasa yang khas.

    Sekali coba pasti ketagihan karena rasanya unik dan pedasnya terus berasa di lidah

    BalasHapus
  13. Makin Bangga dengan IndonesiaIyg kaya tempat deh. Yg mungkin ga negara lain miliki. Aku pribadi baru tau tempat Andaliman ini, khas ya Danau Toba.

    BalasHapus
  14. Baru tahu andaliman mba yang ternayta merica batak yah aku jadi pengen cicip nih makanan dengan rempah ini :)

    BalasHapus
  15. ayam panggangnya bikin ngiler maksimal. Laffa bnaget dengan masakan indonesia karena selalu kaya rempah-rempah, dan masing-masing rempah itu wanginya unik :)

    BalasHapus
  16. Kayaknya komenku tadi gak masuk ya mbak?
    Intinya aku penasaran sama rasa bumbu ini. Trus kalau beli yang kemasan di mana? Krn aku gak pernah liat kyknya di swalayan.... tfs

    BalasHapus
  17. temenku orang batak demen banget bikin ikan bakar andaliman & selalu dibawa ke kantor, emang enak sih cita rasanya beda kalau pake andaliman, cuma aku blm nyobain masak pake andaliman & nyarinya di pasar rada susah euy :D

    BalasHapus
  18. Mulai dari persiapan membuat bumbu sampah pengolahan dan akhirnya siap dipanggang sate lilitnya

    -------------
    typo yang ini mengganggu banget deh mbak kalimatnya.

    Saya pertama tahu andaliman saat baca novelnya Dee Lestari, tapi belum pernah menccipi masakan yang pakai andaliman.

    BalasHapus
  19. kekayaan kuliner Indonesia memang sangat beragam dan membanggakan ya mbak.. dari Sabang sampai Merauke, semuanya enak2 dan punya cita rasa yg khas :)

    BalasHapus
  20. Kalau aku masih asing nih mba dengan rempah Andaliman, kayak gimana jadi penasaran banget rasanya :)) Coba ah kapan2 kalau pas ke supermarket yg biasa sediain aneka rempah dari berbagai daerah maupun negara, mau liat ada nggak di sana.

    Menu2 yang ditulis tadi menarik juga ya untuk dicoba, rata2 pake honje atau kecombrang. Pasti rasanya jadi unik. Biasanya kalau saya sih pake kecombrang hanya untuk urap atau campuran di sayur lodeh.

    BalasHapus
  21. wah rempah Indonesia memang paling TOP :D

    BalasHapus
  22. Pusuk buhit jadi inget novelnya dewi lestari yang gelombang. Aku malah ngebayangin sate lilitnya makin seger pake andaliman Mak, hmm. Aku baru tau chefnya tapi tattoonya kece banget yak :D

    BalasHapus
  23. Sukses membuat saya ngiler mb....hihi..kagum dengan keaneksragaman kuliner Indonesia dengan aneka bumbu dan rempah..jadi penasaran nyicipi masakan khas danau toba yang ada andalimannya...tfs mb..

    BalasHapus
  24. Baru dengar ini sebenarnya mengenai rempah Andaliman.
    Padahal aku dulu juga tinggal di Medan.
    Emm, di desanya siih...sebenarnya, Langkat.

    Apa bumbunya kuat rasanya?
    Sate lilit ini khas Palembang yaah..
    Nyaamm~

    BalasHapus
  25. Pernah denger kata Andaliman, tapi baru ngeh dan paham ya di sini. Ternyata bumbu rempah dari Indonesia ya, hihi tadi kupikir dari Eropa coba. Chef Rahung aku pernah lihat punya acara di tipi kabel, suka nonton karena masakannya tu simple

    BalasHapus
  26. Aku tahu andaliman itu waktu baca buku resep masterchef Indonesia. Penasaran banget sama rasanya, andaliman ini adanya di Medan ya.. Itu gimana rasanya andaliman untuk minuman hehe

    BalasHapus
  27. Ini aku baru ngerasain Andaliman pas disini aja,,, beda bngt y pedesnya Lebih dr merica biasanya krn Ada bngt cirinya,, sambal nya enak kmrn d makan bareng ayam goreng

    BalasHapus
  28. Sungguh banyak kekayaan rempah-rempah di Indonesia
    yang Andaliman ini baru tahu mbak, heheee. Itu makananya bikin ngiler banget loh hehhee
    Penasaran pengen nyobain Sambal Andalimannya mbak, kali aja di jual di online ya ehhe
    Makasih utk sharingnya mbak ^_^

    BalasHapus
  29. Andaliman ini setauku susah untuk dibawa ke luar daerah. Nah, suamiku dari Medan, jadi akrab sama rempah satu ini. Dan sulit memang cari rempah ini. Selama ini penasaran dengan citarasa Andaliman, etapi itu udah ada dijual kemasan, ya.
    Infused water pakai andaliman? Waini, pengin coba!

    BalasHapus
  30. Jadi penasaran gimana rasanya. Soalnya saya suka banget sama aroma rempah-rempah, unik! Jadi bikin setiap makanan punya cita rasa tersendiri yang ngangenin.

    BalasHapus
  31. Nah ini rempah memang khas makanan arsik. Dulu waktu aku masih tinggal sama mammak ini rempah is a MUST untuk arsik. Tak ada andaliman bukan arsik namanya!

    Kalau untuk fakta berikut ini:

    "... andaliman tidak hanya untuk bumbu rempah saja, tetapi bisa digunakan untuk aroma sabun batang, essential oil dan lainnya," Asli, aku baru tahu

    Jadi gak sabar tunggu produknya

    BalasHapus
  32. Tak belain googling dulu sangking penasarannya ama andaliman. Persis banget ama merica ya. Jadi pengen icip icip rasanya.

    BalasHapus
  33. Baru tahu kalau ada yang namanya Rempah Andaliman dan iji khas batak. Ajaibnya suku jeruk2an tapi kok mirip merica? Misteri yang bikin pengen cicipi langsung rasa Rempah Andaliman yang khas ini

    BalasHapus
  34. Jadi ini rempah yang memberi sensasi rasa asam segar seperti jeruk2an pada umumnyakah?

    BalasHapus
  35. Aih, andaliman rempah bisa jadi makanan manis juga ternyata? Kue kukis bisa juga ya walau rada terasa rempah biasanya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cookies coklat emang enak katanya kalau ada sensasi rempah bahkan pedes gtu. Beberapa kali liat acara masak2an bule pakai yg kyk gtu. Tapi andaliman ini aku blm pernah sih mbak pakai baik buat bumbu maupun kue, baru kenal hehe

      Hapus
  36. Penasaran banget sama rasa Andaliman ini, secara aku penggemar makanan pedas. Ini bisa dibudidaya di tanah Jawa nggak sih? Kok aku pengen nanem sendiri jadinya

    BalasHapus
  37. Aku sering pesan Arsik sama temenku yang orang Batak. Emang kalau nggak ada Andalimannya rasanya aneh banget. Jadi dia selalu nyari Andaliman dulu. Kalau semua rempah dan bahan lengkap, barulah di kontak2 kami kasih info open orderan. Unik juga sih. Karena satu bahan aja rasanya bisa beda banget

    BalasHapus
  38. Kok aku jadi penasaran ya dengan bumbu Andaliman ini, bisa diperoleh di toko online nggak sih, Chie? Trus aku tuh jadi pengen bikin sate lilit, kudu telaten sih ya bikinnya. Eh tapi aku ngiler lihat ayam panggangnya, napa nggak ada resepnya juga ya, hahahaa #protesss

    BalasHapus
  39. Indonesia memang terkenal akan ragam rempah-rempahnya ya, saya baru tahu lho soal rempah andaliman ini. Penasarann juga dengan rasanya seperti apa sih mbak?

    BalasHapus
  40. Aku belum pernah masak pake andaliman,jadi penasaran sama rasanya cuma suka denger aja bentuknga tau tapi belum pernah coba buat masak.btw itu resepnya boleh dicontek kan mba keliatannya enak enak bangetπŸ˜‹πŸ˜‹

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke personal blog saya, mohon untuk tidak meninggalkan link hidup ya.