Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut Saat Berpuasa Dengan Pepsodent Herbal


Tidak terasa ya bulan ramadan sebentar lagi akan tiba, bahkan nampaknya sudah dipelupuk mata. Sudah membuat persiapan apa selama dibulan ramadan? Yang wajib selalu saya catat adalah membuat menu untuk berbuka puasa dan sahur, biar gak mati gaya lagi mau masak apa kira-kira dalam seminggu ini. Selain itu yang paling penting adalah kita harus menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut, apalagi selama bulan puasa ini.

Sebenarnya masalah yang sering timbul saat bulan puasa adalah bau mulut yang tak sedap, setuju gak? Jangan sampai nih lagi acara buka puasa bersama keluarga, teman, pacar atau gebetan jadi berantakan karena bau mulut yang tak sedap. Padahal sudah merasa gosok gigi pada saat mandi tapi kok masih bau? 

Jumat minggu lalu saya menghadiri acara Influencer dan Blogger gathering bersama Pepsodent Herbal dengan tema “Pepsodent Herbal Sahur Amal 2019: Mulut Adem, Hati Adem”. Pas banget sama momennya, bulan puasa itu hati harus adem makanya mulut juga harus adem. 


Jadi selain mendengarkan sharing dari drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc., Pakar Kesehatan Gigi dan Mulut, selain itu ada tausiyah dari Ustadzah Lulu Susanti yang selalu membuat hati adem sekali mendengarkan tausiyah beliau. Dan Distya Tarworo Endri, Senior Brand Manager Pepsodent.

Puasa ramadhan itu wajib bagi setiap muslim yang sudah baligh (dewasa), berakal, dalam keadaan sehat dan dalam keadaan mukim (tidak melakukan safar atau perjalanan jauh). Menurut firman Allah Ta'ala melakukan puasa ramadhan adalah wajib. Selain berpuasa merupakan kewajiban bagi kaum muslim, puasa juga mengajarkan kita untuk lebih bersabar, menahan diri dari ucapan yang tidak perlu. 

Selama bulan puasa juga kita dianjurkan untuk memakan dan minum yang halalan thayyiban, halal ini juga termasuk bahan-bahannya, cara pengelolaannya dan juga cara penyajiannya. Kadang saya sendiri saja kalau mendapat ajakan untuk kumpul berbuka puasa harus tau dulu dimana dan jenis menu makanannya apa saja, karena selain menghindari yang tidak diinginkan kalau ragu jadinya sybhat karena masih samar hukumnya. 

Kalau kata drg. Ratu Mirah Afifah, untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, mulut yang sehat merupakan syarat mutlak. "Apalagi pada saat berpuasa kondisi mulut yang kering sering kali menimbulkan nafas yang kurang sedap. Karena kita tidak makan ataupun minum seharian, maka produksi air liur yang berfungsi membilas kuman penyebab plak dan bau mulut otomatis menurun. Dengan bakteri yang terus berkembang biak tanpa adanya pembilasan dari air liur, maka kondisi ini menghasilkan gas berbau tidak sedap dari dalam mulut."

Tips dari drg. Ratu Mirah Afifah selama bulan ramadhan perbanyak minum air putih dan makanan berserat di kala sahur dan berbuka, serta pastikan selalu menyikat gigi setelahnya. Hindari makanan berlemak, terlalu manis dan asin, serta minuman yang tinggi kadar kafein. Kebayang ini selama bulan puasa sepertinya saya akan mengurangi minum kopi. 

Pepsodent Herbal
Beberapa tips menjaga mulut senantiasa adem selama berpuasa antara lain:
  • Menyikat gigi dan lidah minimal 2 kali sehati yaitu setelah makan sahur dan sebelum tidur. Kebiasaan ini harus dilakukan agar sisa-sisa makanan yang ada di mulut bisa dibersihkan dan tidak dirubah oleh bakteri di dalam mulut menjadi asam yang dapat mengakibatkan bau mulut dan karies atau gigi berlubang.
  • Berkumur saat berwudhu. Hal ini dapat membantu mengurangi gejala mulut kering saat kita berpuasa.
  • Memperbanyak minum air putih pada saat sahur dan berbuka puasa. Air putih adalah komponen utama dari air liur yang berfungsi untuk menyimpan mineral-mineral yang diperlukan gigi, sekaligus membersihkan partikel makanan yang menempel di sela-sela gigi.
  • Perbanyak makan-makanan yang berserat tinggi seperti buah dan sayuran saat sahur dan berbuka puasa. Buah dan sayur adalah pembersih gigi alami yang bisa membantu membersihkan plak dan sisa makanan, juga mengandung antioksidan yang bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut.
  • Mengkonsumsi kurma. Kurma mengandung fluoride yang bisa mencegah gigi berlubang. Selain itu, meskipun rasanya manis, kita tidak perlu merasa khawatir karena kandungan gula dalam kurma termasuk golongan fruktosa, yang tidak memiliki efek samping terhadap kesehatan gigi.

Pepsodent Herbal Mendapat Penghargaan Halal Award
Halal Award
Pepsodent Herbal juga memenuhi kebutuhan kaum muslim untuk menggunakan produk-produk yang memiliki nilai halalan thayyiban, terbukti dengan penghargaan Halal Award yang diberikan kepada Pepsodent sejak tahun 2014. 
  • Selain memberikan mulut dan hati yang adem, sebagai satu-satunya brand pasta gigi yang telah mendapatkan penghargaan Halal Award dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), Pepsodent (termasuk di dalamnya Pepsodent Herbal) juga menjawab kebutuhan para umat muslim akan produk yang halalan thayyiban.
  • Penghargaan yang telah dianugerahkan kepada Pepsodent tahun 2014 dari 2018 ini semakin mendorong komitmen Pepsodent untuk memastikan kehalalan seluruh proses produksinya, baik dari pemilihan bahan baki, hingga pengawasan proses produksi dan proses penyimpanannya.
  • Penghargaan ini juga menginspirasi Pepsodent untuk terus menyuarakan kebaikan melalui berbagai macam program.

Pepsodent Herbal Sahur Amal 2019


Seperti yang disampaikan oleh mbak Distya Tarworo Endri mengenai program "Pepsodent Herbal Sahur Amal 2019" yang merupakan program rutin sejak tahun 2013 lalu, dan hingga kini telah membagikan ratusan ribu paket sahur kepada anak-anak yatim piatu yang membutuhkan. Program ini sejalan dengan Unilever Sustainable Living Plan, dimana secara berkelanjutan berkomitmen untuk memberikan dampak positif secara sosial dan lingkungan.

Selama bulan ramadhan ini Pepsodent Herbal tampil dengan kemasan yang sangat special dimana setiap pembelian Pepsodent Herbal 190 gr kemasan khusus ramadhan, maka secara otomatis kita sudah bisa ikut berkontribusi dalam mempersiapkan paket sahur yang akan didistribusikan kepada anak-anak yatim piatu.

Tantri Syalindri Ichlasari yang merupakan celebrity Mom yang juga dikenal sebagai vokalis group band Kotak ini menjadi salah satu sosok inspirasional untuk menumbuhkan semangat para anak-anak yatim piatu untuk menjalankan ibadah puasanya.


Kemarin waktu acara gathering saya membuat frame dari kertas origami dan bungkus Pepsodent Herbal. Frame yang saya buat ini nantinya akan diberikan ke adik-adik yatim piatu untuk memberikan semangat mereka selama menjalankan ibada puasa. Serunya lagi kita juga bisa menyelipkan pesan didalamnya. Sejujurnya saya merupakan orang yang lemah kalau disuruh bikin kerajinan seperti ini tapi untuk adik-adik yatim piatu saya rela. 


Bersama teman-teman blogger dan influencer, hayo cari saya yang mana didalam foto ini? Seru banget ya kalau perempuan sudah berkumpul dengan diskusi yang menarik seperti ini. Jadi banyak dapat ilmu juga nih.

Mengajarkan Anak Untuk Sikat Gigi


Kebetulan tahun ini saya mulai mengajarkan mas Kelvin untuk ikutan berpuasa, memang belum full sih tapi kita coba dulu dengan setengah hari untuk melatihnya. Selain itu saya juga mulai mengajak mas Kelvin untuk menggunakan Pepsodent Herbal nih, sebelumnya mas Kelvin pakai Pepsodent untuk yang anak dengan rasa jeruk.

"Mas kita sikat gigi bareng yuk? Tapi pasta giginya pakai yang punya bunda, ini enak loh dan bagus juga nanti untuk mas Kelvin pas mulai berpuasa?" Permintaan bunda dengan sedikit memelas sore itu, hahahahaa... Dan tanpa disangka-sangka, anaknya mau loh ganti pasta giginya. Awal coba rada aneh buat dia tapi pas mau ditanya mau pakai Pepsodent Herbal aja gak? Tanpa lama dia bilang "mau bunda...".

Pepsodent Herbal ini aman untuk anak usia 5 tahun ya, karena kemarin sudah tanya. Karena mengandung bahan-bahan alami di dalamnya seperti daun sirih dan garam adalah bahan anti kuman yang dapat merawat gigi dan mulut tetap sehat. Selain itu ada jeruk nipis untuk memberikan rasa segar didalam mulut.



Jangan lupa ya beli Pepsodent Herbal dengan kemasan edisi special ramadhan, karena dengan minimal pembelian 1 Pepsodent Herbal kamu sudah ikutan menyumbang sebesar Rp 1.000,-






46 komentar

  1. Alhamdulillah masih setia sama pepsodent dari dulu. Tantri Kotak cantik ya. Selamat menjalankan ibadah Ramadan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku juga dari dulu pakai Pepsodent tapi memang beberapa bulan kebelakang pakai Pepsodent Herbal

      Hapus
  2. Pepsodent herbal memberi solusi masalah bau mulut saat puasa ya... Plus kasih kita kesempatan kita buat berdonasi, oke noted. Tfs mbak... Bermanfaat..

    BalasHapus
  3. Iya yaaa, sejak beberapa tahun yang lalu, saya sering melihat ada info sahur amal pepsodent. Wah seru juga nich ikutan sahur amal pepsodent herbal yaaa. Saya akan ajak anak-anak menyikat gigi setelah sahur menggunakan pasta gigi yang memberikan sensasi segar dan halal ini

    BalasHapus
  4. Aku juga sudah cobain pepsodent herbal ini.. Dan emang enak sekali..

    BalasHapus
  5. Lihat postingan temen blogger diacara ini kayaknya seru banget ya, bebikinan kreasi scrapbook segala. Btw, pepsodent herbal ini emang nyaman banget dipakai, saya awet pakai ini. Oiya, selamat menyambut ramadha mbak chie, maaf lahir bathin ☺

    BalasHapus
  6. Pasta gigi andalan aku dan keluarga juga mba pepsodent ini. Cuma ku bekum coba yang herbal.. nanti coba ah.. makasih sharingnya mba.. btw seru yaa acaranya ��

    BalasHapus
  7. suami kalo belanja pasta gigi seringnya pepsodent herbal, ia emang penyuka herbal. Saya ya jadi pake pepsodent herbal juga, lumayan sih seger

    BalasHapus
  8. Aku pun pakai Pepsodent Herba ini mba biar gigi dan mulutku menjadi lebih bersih dan sehat :)

    BalasHapus
  9. Dari dulu pepsodent ini inovativ ya mba, mengerti pasar. Jadi dia tau apa yang dibutuhkan oleh konsumennya... Pas mau puasa, ada pepsodent herbal yang ampuh untuk mengatasi bau mulut

    BalasHapus
  10. Wah ada kemasan khusus Ramadhan yang juga menyertakan kita udh ikut donasi 1.000, siip deh ntar pas belanja aku cari yang kode ini. Selama ini aku kalo beli juga Pepsodent Herbal

    BalasHapus
  11. Oh gpp ya dipakai ama anak umur 5 tahun? nggak pedes2 gt? Asyik dong, aq mau beliin pepsodent herbal jg ah buat anakku.

    BalasHapus
  12. Menggunakan Pepsodent Herbal, selain bisa menjaga kebersihan gigi dan mulut juga bisa sekalian beramal ya.
    Selama ini keluarga saya juga menggunakan Pespsodent untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

    BalasHapus
  13. Mbak Distya sekilas mirip penyanyi Tantri Kotak ya? Sempat terkecoh saya tadi.

    BalasHapus
  14. Senengnya Pepsodent Herbal itu mengandung bahan-bahan alami dan bahan anti kuman yang dapat merawat gigi dan mulut tetap sehat. Juga jeruk nipis untuk memberikan rasa segar didalam mulut.
    Sehingga bisa dipakai semua usia dan aman untuk keluarga.
    Kalau beli yang kemasan Ramadhan ikut beramal pula..:)

    BalasHapus
  15. Jadi selain mulut dan gigi kita juga harus jaga lisan ya kak, agar puasa kita lebih berkah juga. Tapi sekarang ini aku emang lagi galau nyari pasta gigi yang bikin mulut fresh

    BalasHapus
  16. Ini pasta gigi favorit keluarga daku, nggak hanya kami orang dewasa yang pakai, ponakanku juga suka

    BalasHapus
  17. Wow, cocok untuk anak ya. Anakku juga masih 5 tahun, siip deh jadi bisa ngirit juga karena bisa dipake barengan. Apalagi bisa sekalian turut berbagi ya untuk paket sahur...

    BalasHapus
  18. Kami di rumah juga menggunakan pasta gigi Pepsodent lho. Kemarin2 anak saya menggunakan Pepsodent edisi anak. Kalau ini bisa buat anak juga wah lebih hemat dan praktis ya. Bisa sama2 menggunakannya

    BalasHapus
  19. Selamat berpuasa ya Mas Kevin, nyaman banget kayaknya ini dimulut ya sekalian berdonasi juga. Tantri kotak cantik sekali berhijab ya

    BalasHapus
  20. Senengnya deh liat ad event dr pepsodent. Pepsodent.. Mampir ke Banjarmasin jg doonk. Aku jg suka banget soalnya pake pepsodent herbal ini. Mulut segar seharian.

    BalasHapus
  21. Keren ya acara Pepsodent ini jadi penasaran mencoba Pepsodent herbal pasti bau nya juga semakin wangi dan segar ya di mulut

    BalasHapus
  22. Itu Tantri Kotak cantik banget yaaa...
    Selamat berpuasa ya mba, semoga mulut dan hati selalu adem selama menjalankan ibadah puasa.

    BalasHapus
  23. Maxy dulu pertama ganti pasta gigi dari pasta gigi anak ke dewasa juga pakainya pepsodent yang ini mbak soalnya gak pedes gtu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ada program donasi sahurnya juga ya mbak. Baiklah ntr kalau beli pasta gigi aku beli deh pas kebetulan pasta gigi Maxy abis.

      Hapus
  24. Keluargaku udah bertahun2 pake Pepsodent Herbal ini. Awalnya aku sering sariawan terus ganti pake pasta gigi ini sariawannya hilang alhamdulillah

    BalasHapus
  25. Kenapa aku bari tahu ya herbal ini. Cobain ah, biar mulut makin segar saat puasa.

    BalasHapus
  26. Enak nih Pepsodent Herbal. Rasanya segar dan bikin mulut adem ya. Tips-tipsnya sangat bermanfaat Mak.

    BalasHapus
  27. Selamat berpuasa kakak... Semoga hati makin adem karena mulut adem yang rajin sikat gigi dengan Pepsodent Herbal. Beribadah pun jadi lancar. Aamiin

    BalasHapus
  28. mulut nyaman emang salah satu kunci puasa oke, tiap habis sahur emang enaknya sikat gigi pake yang herbal herbal

    BalasHapus
  29. Aku baru tau juga bisa buat anak-anak. Pernah nyoba kirain buat dewasa saja. Lumayan juga ya...


    Ramadan tlah tiba, puasa jangan lupa pakai pepsodent herbal.

    BalasHapus
  30. Makin mantap deh pakai Pepsodent Herbal karena sudah meraih banyak penghargaan. Puasa kita dan si kecil juga semakin lancar dan bebas bau mulut

    BalasHapus
  31. acaranya seru yaa, ngga nyangka itu Tantri Kotak, sekarang jadi cantik banget :)

    BalasHapus
  32. Mas Kelvin tadi jadi bangun sahur gak? Yang kuat ya puasa pertamanya :)
    Alhamdulillah ya Mbak, anaknya mau diajakin sikat gigi pakai pasta gigi dewasa, pintar iih :)

    BalasHapus
  33. Suka deh dengan Pepsodent varian ini. Bikin mulut seger terus. Dan kalo aku, bikin sariawan cepet sembuh, sekaligus mencegahnya datang kembali.

    BalasHapus
  34. Waah makasih banget mba, tips menjaga kesehatan mulutnya..
    Kebetulan banget stok pasta gigi di rumah sudah mau habis, cus langsung beli pepsodent herbal ah

    BalasHapus
  35. Selain sikat gigi dan berkumur dengan pepsodent, aku juga sangat menghindari petai dan jengkol saat makan sahur hehehe

    BalasHapus
  36. Pepsodent ini memang dari dulu produknya oke-oke ya. Sempat nyobain berbagai produk eh ujung-ujungnya balik ke pepsodent lagi

    BalasHapus
  37. Datang ke acara ini aku jadi semangat untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi ,mba. Aku juga pakai pepsodent Herbal :)

    BalasHapus
  38. Aku juga pakai pepsodent herbal juga Kak :) ternyata gak cukup sikat gigi ya tapi juga menyikat lidah. Supaya nafas segar selama puasa :) Pinternya Mas Kelvin, terbiasa gosok gigi :)

    BalasHapus
  39. Saya dirumah pakai Pepsodent juga tapi yang warna biru, ntar mau coba beli yang warna ini ah. Pasti sensasi nya beda kalau dimulut...

    BalasHapus
  40. Biasanya kalau mulut dan gigi ga sehat, bisa merambat kemana-mana ya mbak. Yuk ah gosok gigi pakai Pepsodent Herbal biar mulut ademmm~

    BalasHapus
  41. Pepsodent Herbal memiliki banyak sekali kandungan bahan2 alami yg bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.. dengan sertifikasi Halal Award, kita makin tenang dan nyaman menggunakannya..

    BalasHapus
  42. Boleh dipakai sama anak-anak sekitar usia 5 tahun, baru tahu aku. Pepsodent bikin konsumen harum di mulut dan berlimpah pahalanya.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke personal blog saya, mohon untuk tidak meninggalkan link hidup ya.