lifestyle | travel | foodie | personal life

5/17/2019

Mengenal Air Minum Dalam Kemasan Untuk Konsumsi Harian

air minum dalam kemasan

Rasanya setiap orang pasti selalu akrab dengan Air Minum Dalam Kemasan atau yang biasa dikenal dengan AMDK. Apalagi jika beraktivitas diluar rumah, sudah pasti kita selalu membeli air minum dalam kemasan dengan berbagai macam kandungan. Saya sendiri kalau sedang berada diluar rumah lebih memilih air minum dalam kemasan yang tipe air mineral, karena menurut saya selain sehat dan juga terdafta dalam BPOM. 

Seperti yang kita ketahui bahwa air memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh kita. Makanya konsumsi air sangat penting bagi tubuh, tanpa air tubuh tidak akan bisa melakukan proses metabolisme dan kesehatan pun akan terganggu. Air minum yang baik sangat penting dalam berbagai proses dalam tubuh, baik air mineral ataupun air demineral. Kalau kamu lebih sering konsumsi air dalam kemasan yang mana? Air mineral atau demineral?


Apa yang membedakan air mineral dan demineral?
Air Mineral adalah air yang mengandung mineral atau bahan-bahan larut lain yang mengubah rasa atau memberi nilai terapi. Mineral yang terdapat dalam air mineral jumlahnya bisa banyak ataupun sedikit. Komponen mineralnya sendiri bisa bermacam-macam, seperti zink, zat besi, kalsium dan magnesium.

Air Demineral adalah air yang tidak mengandung mineral. Air jenis ini diperoleh melalui proses pemurnian seperti distilasi (pemisahan zat-zat kimia), deionisasi (menetralisasi ion positif dan negatif), reverse osmosis (pemurnian), atau proses lain yang setara dan aman diminum. Pada zaman dulu, orang mendapatkan air jenis ini dengan meminum air embun kala sakit untuk tujuan penyembuhan.

Peran Air Dalam Kesehatan
air mineral
Sumber foto Google

Normalnya dalam sehari itu kita harus mengonsumsi air minum sebanyak 8 gelas perhari, karena meminum air putih sangat baik untuk kesehatan tubuh. Karena air memiliki fungsi bagi tubuh sebagai berikut:
  1. Mengatur suhu tubuh
  2. Melembabkan / membasahi mukosa (mulut, mata dan hidung)
  3. Lubrikan pada sendi
  4. Melindungi organ dan jaringan dalam tubuh
  5. Mencegah konstipasi
  6. Melarutkan zat gizi dan membawanya ke berbagai bagian tubuh
  7. Membawa oksigen dan zat gizi ke berbagai jaringan tubuh
  8. Membuang sisa metabolisme serta pengatur proses biokimia

2/3 dari tubuh manusia terdiri dari air. Air merupakan zat gizi makro esensial, tubuh TIDAK DAPAT memproduksi air.

Dalam sehari-hari kita menjalani aktivitas, misalnya bekerja atau olahraga kadang kita suka merasakan lelah dan haus. Biasanya jika kita mengalami hal tersebut disebabkan karena kurangnya cairan dalam tubuh atau yang lebih dikenal dengan dehidrasi. Makanya sangat disarankan dalam sehari itu untuk minum 8 gelas air mineral. Padahal sekarang ini konsumsi air putih atau air mineral sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern.

Dampak dehidrasi jangka pendek, dapat mengganggu fungsi kognitif dan mood. Misalnya mudah cemas dan tegang, konsentrasi menurun, daya ingat visual sesaat menurun dan mudah mengantuk dan lelah. Sementara dehidrasi jangka panjang bisa menyebabkan penyakit batu ginjal, risiko kegemukan dapat meningkat dan infeksi saluran kemih. 

Seperti yang diungkapkan oleh Ketua Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi, Sp.GK bahwa "minum air yang cukup sangatlah penting untuk keseimbangan pengaturan proses biokimia, pengaturan suhu, pelarut, pembentuk sel, pelumas sendi dan bantalan organ tubuh, media transportasi zat energi dan sisa metabolisme. Dengan demikian, air membantu tubuh menggunakan nutrisi secara lebih efektif."

Sumber Akurat.co
Sedihnya menurut dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi, Sp.GK bahwa infeksi saluran kemih (ISK) ini banyak terjadi sama perempuan. Infeksi saluran kemih ini terjadi ketika bakteri masuk ke dalam saluran kemih dan berkembang biak. 

Untuk memenuhi kebutuhan air mineral sehari-hari ada baiknya perhatikan takaran air sesuai dengan usia berikut ini:
  • Orang dewasa membutuhkan minimal 8 gelas perhari atau setara dengan 2 liter air.
  • Anak-anak pada usia 4 - 12 tahun membutuhkan minimal 6 gelas perhari atau setara dengan 1.2 liter perhari. Untuk anak diatas 12 tahun sudah menggunakan takaran dewasa.
  • Ibu hamil membutuhkan minimal 9 gelas perhari.
  • Ibu menyusui harus banyak minum air minimal 11 gelas perhari.
  • Lansia membutuhkan minimal 6 gelas perhari atau setara dengan 1.5 liter perhari
  • Pekerja dibagi dua yaitu pekerja ringan membutuhkan 8-14 gelas perhari dan pekerja sedang membutuhkan 14-25 gelas perhari.
  • Olahragawan dibagi dalam tiga tahapan mengonsumsi air mineral. Sebelum berolahraga 2-3 gelas pada 4 jam sebelum olahraga dan 1-2 gelas pada 10-15 menit sebelum olahraga. Saat olahraga 1 gelas setiap 15-20 menit latihan. Dan setelah olahraga 3 gelas setiap terjadi penurunan berat badan 0,5kg dari sebelum latihan.

Air Mineral Dalam Kemasan (AMDK)
air minum dalam kemasan
Sebelum kita bahas lebih jauh tentang air minum dalam kemasan, ada baiknya kita mengetahui dulu apa itu AMDK. Air minum dalam kemasan (AMDK) adalah air baku yang telah diproses, dikemas, dan aman diminum mencakup air mineral dan air demineral (SNI AMDK 01-3553-2006). Pastikan air minum dalam kemasan yang akan dikonsumsi memenuhi syarat tidak berasa, tidak berbau, tidak bewarna dan tidak mengandung zat berbahaya bagi tubuh. 

Selain kecukupan hidrasi, belum terbukti secara ilmiah jika air minum dapat memberikan manfaat kesehatan lain, misalnya detoksifikasi, menyembuhkan kanker dan sebagainya. Kecukupan hidrasi adalah jumlah air yang diminum cukup dan dapat mengurangi risiko dehidrasi. Dehidrasi dapat memberikan dampak kurang baik bagi kesehatan, antara lain berpengaruh pada fungsi kognitif dan mood.

Untuk memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh, Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) menjadi salah satu pilihan masyarakat. Dengan banyaknya jenis air minum dalam kemasan yang dijual di pasaran saat ini, tidak banyak masyarakat yang memahami perbedaan dan manfaat pada setiap jenisnya. Ketua Indonesia Hydration Working Group (IHWG), Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.GK mengatakan bahwa "Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) merupakan produk yang diatur secara ekstensif karena mempunyai peran yang sangat penting dalam kesehatan masyarakat. Dari berbagai jenis air minum yang dipasarkan di Indonesia, hanya 4 jenis air minum dalam kemasan yaitu air mineral, air demineral, air oksigen dan air alkali (pH tinggi)". 

Air minum dalam kemasan yang layak dikonsumsi memiliki kemasan atau botol yang bersih, label dan tanggal kadaluarsa yang jelas, serta kode produksi yang sama pada bagian tutup dan botolnya. Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.GK juga menambahkan "pastikan air minum dalam kemasan berkualitas baik, dengan tidak bewarna, tidak berbau, dan tidak berasa sebelum diminum. Dan pastinya tidak mengandung bahan berbahaya".

air minum dalam kemasan

Hydration Science Director PT. Tirta Investama (Danone-AQUA), dr. Tria Rosemiarti turut menjelaskan bahwa Danone-AQUA terus berkomitmen bersama berbagai pihak, termasuk bersama dengan IHWG dan Universitas Indonesia, serta mengajak beberapa universitas lain di Indonesia untuk terus memberikan edukasi dalam membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebiasaan minum air yang sehat di Indonesia. 

Danone-AQUA selalu berusaha memberikan kebaikan air kepada masyarakat dengan menyediakan hidrasi sehat sekaligus memelihara keberlangsungan alam. Danone-AQUA memiliki misi untuk memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang. Misi ini sejalan dengan visi Danone "One Planet One Health".

Danone-AQUA menjaga kemurnian produk mulai dari sumber mata air, proses produksi, hingga kontrol kualitas di pasar. Danone-AQUA menjaga keaslian air seperti di sumbernya dengan menggunakan sistem terintegrasi yang dilakukan secara otomatis sehingga pangan dan regulasi yang berlaku di Indonesia.


Jangan lupa selalu mengonsumsi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dari Danone-AQUA karena memiliki kandungan yang sangat baik dan juga sudah memiliki SNI dan terdaftar di BPOM.

Baca juga: Bijak Berplastik
33 komentar on "Mengenal Air Minum Dalam Kemasan Untuk Konsumsi Harian"
  1. Air minum dalam kemasan Aqua sudah kami konsumsi di rumah sejak saya kecil sampai sekarang. Apalagi ibu saya sangat memperbanyakmenyarankan minum air putih lebih banyak kepada kami anak-anaknya. Alhamdulillah ya kalau kualitas bagus kit nya juga nyaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh, aku pun dirumah juga belinya Aqua untuk air minum dalam kemasan.

      Hapus
  2. Apalagi pas puasa seperti sekarang konsumsi air putih yang banyak perlu banget, biar tetep segar dari sahur hingga berbuka puasa

    BalasHapus
  3. Iya, kalau sedang jalan-jalan, AMDK pilihan memang Aqua. Tapi kalau di rumah, masih percaya air sumur atau PAM yang direbus.

    BalasHapus
  4. PR banget mbak, aku belum minum 2 liter air sehari, makanya kadang aku merasa tubuh gak enak, mungkin karena kurang cairan

    BalasHapus
  5. Dari segala macam jenis amdk yang pernah saya coba, memang Aqua yang paling enak sih. Memang harganya lebih mahal. Ya mungkin karena ada harga ada kualitas :D

    BalasHapus
  6. Branding Aqua udah kuat banget.. dan dia masih terus meningkatkan kualitas layanan ke konsumen ya.. ditambah proogram2 sosial dan lingkungan lainnya.

    BalasHapus
  7. Ooo baru tahu arti dari Air Mineral maupun Demineral.. Nah.. aku termasuk orang yg kurang peduli sama konsumsi air putih.. alhasil kulitku mmg sedikit kusam.. mesti diperbaiki nih kebiasaan buruk ini.. ��

    BalasHapus
  8. iya mbak aku banget kalo. kurang minum selain kulit langsung kering.. akunya jadi lemot nih hehhehhe.. mau minum banyak banyak nanti pas buka

    BalasHapus
  9. Kalo puasa gini, kudu banget tercukupi kebutuhan hidrasinya.
    Pas tarawih, aku juga selalu glek glek gleeekk minum air putih banyaaaak :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  10. Kadang kalau sedang shaum gini, yang paling enak minum minuman manis.
    Dan lupa bahwa yang paling sehat adalah air mineral.

    Terbukti,
    Aku minum gak sampai 8 gelas per-hari.
    Jadi anyang-anyangan atau ISK.
    Hiiks~

    BalasHapus
  11. Brand Aqua ini emang terkenal kemurnian airnya ya. karena ini brand air mineral pertama ya. yang aku tau sih :) so far kalo travelling aku cuma nyari aqua. gak tau deh, kayaknya udah mindset aja wkwk..

    BalasHapus
  12. aku sih paling males ya minum ini. tapi baru tahu loh ada pembagian minuman untuk olahragawan juga. kalo aku sih olahraga ya minum2 aja glek, glek.

    BalasHapus
  13. Jgn sampai ya kita dehidrasi. Memang kebutuhan kita akan air paling tinggi ya dibanding sumber gizi yg lain

    BalasHapus
  14. Aku lagi membiasakan banyak minum air mineral dan mengurangi minuman manis.. memang khadiat air mineral ini gak diragukan lagi

    BalasHapus
  15. Infografis dari sumberAkurat.co itu informatif banget ya.
    Ada beberapa hal baru yang aku dapatkan dari situ seperti:
    >> menyebabkan halusinasi dan kematian

    BalasHapus
  16. Air minum dalam kemasan, ya aqua. Karena dari kecil kenalnya itu kali ya, anak-anak saya nggak mau di kasih merk lain. Kata mereka rasanya beda. Kalau bagi saya sih, yang penting air mineral

    BalasHapus
  17. Andalan aku banget mba minum air mineral dalam kemasan yakni Aqua. Karena sehat juga dan menyegarkan :)

    BalasHapus
  18. di rumahku pakai aqua galon. kalo jalan2 bawa aqua botol. ga ada aqua, aku galau...

    BalasHapus
  19. Andalan banget nih klu beraktifitas di luar, Aqua terbukti kualitasnya sejak dulu. Btw aq msh blm konsisten sih konsumsi 8 gelas perhari

    BalasHapus
  20. Pr banget nih buat aku biar bisa minum air minimal 8 gelas sehari. Soalnya dari dulu memang nggak banyak minum orangnya. Soal amdk memang aqua ini imagennya nempel banget ya sampai kalau mau beli air mineral pasti bilangnya aqua. Hehe

    BalasHapus
  21. oh kebutuhan air minum setiap harinya beda-beda yaa tergantung usia dan aktivitas. Busui paling banyak nih sampai 11 gelas. Emang sih menyusui itu bikin cepat haus dan lapar.

    BalasHapus
  22. ada aqua? kalau lg nggak fokus, kalimat ini masih sering bgt saya ucapin. mmg branding aqua sudah nanceeep bgt hehehe

    BalasHapus
  23. Kalau lagi di rumah lebih gampang buatku buat minum walau kadang masih lupa. Nah peer banget kalau lagi di luar. Kadang lagi inget pengen minum malah susah nyari air mineral yang dijual. SUka lupa juga buat bawa air minum sendiri. Padahal akutuh rasanya masih kurang minumnya

    BalasHapus
  24. AMDK ini penolong ketika melakukan perjalanan jauh, ketika dahaga paling mudah memang membeli AMDK ini. Di minimarket manapun pasti tersedia. Tubuh rasanya bakalan ga enak banget deh kalau sampai kekurangan minum.

    BalasHapus
  25. Kalo aku kadang gk bawa tumbler beli AMDK ini karna gk bisa klau gak baqa air ..

    BalasHapus
  26. Alhamdulillah, walopun di rumah punya sumur yang bening, untuk air minum mah, aku selalu percaya Aqua. Udah gak diragukan lagi deh ya manfaatnya. :)

    BalasHapus
  27. Wah insight baru tentang air minum kemasan nih. Jadi bisa lebih hati-hati pilih-pilih air mineral khususnya

    BalasHapus
  28. Saya pernah ada dalam lingkungan pabrik air mineral ini, jadi tau persis bagaimana proses dari mata air hingga siap dalam botol kemasan.
    Air mineral memang penting banget buat kebugaran tubuh. Apalagi kalau sedang berpuasa, memang harus diatur, supaya asupan air putih tercukupi ya ...

    BalasHapus
  29. Aqua emang the best ya.. Akupun drmh galon pake aqua.. Emang paling mengerti

    BalasHapus
  30. Pertengahan puasa sempat ngerasain dehidrasi karena kurang minum. Terutama air putih. Tersikasa banget. Terpaksa 3 hari nggak puasa. * gelas sehari ii emang wajib ya. Makasih infonya mbak.

    BalasHapus
  31. Di rumah kalau air galon habis ya kami lari ke warung buat beli aqua dari Danone. Penolong banget kalau tukang galon belum datang. Hehe.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke personal blog saya, mohon untuk tidak meninggalkan link hidup ya.