Berinvestasi Dengan Membeli Properti? Ini Saatnya Mencari Rumah Dijual di Bandung di Bawah 200 Juta

www.99.co/id

Jaman sekarang sepertinya banyak sekali jenis investasi yang ditawarkan, kadang saya sendiri pun masih suka bingung untuk memilih investasi yang tepat. Banyak keraguan sebenarnya mau berinvestasi karena kita gak akan tau resikonya. Tapi kali ini saya tertarik dengan mencoba investasi dalam bentuk properti. Tapi sepertinya saya harus mencari investasi properti ini diluar kota, karena budget yang saya miliki sepertinya tidak cukup kalau harus membeli properti di Jakarta. Sepertinya melirik daerah tetangga bagus nih, karena ada rumah dijual di Bandung di bawah 200 juta sesuai dengan budget yang saya miliki.

Apalagi jarak dari rumah kami di Tangerang Selatan tidak begitu jauh kalau sesekali menengok rumah ke Bandung, apalagi di Bandung ini juga sangat menjanjikan sekali perkembangan kotanya. Banyak tempat wisata yang menjanjikan dan kota yang tertata dengan rapih. Sebenarnya lihat beberapa teman di Bandung sepertinya asik juga kalau bisa punya rumah disana ya. Akhirnya saya dan suami mantap untuk mencari rumah dijual di Bandung di bawah 200 juta.

rumah di bandung


Membeli rumah dijual di Bandung di bawah 200 juta merupakan satu cara untuk mendapatkan hunian murah meriah. Tapi apa bisa ya? Salah satu pertimbangan ketika membeli hunian adalah harga yang terjangkau. Tentunya ini berkaitan dengan kemampuan finansial.

Dan karena membeli rumah nominalnya tidak sedikit, sehingga banyak yang kemudian memilih cara untuk mencicil karena dirasa lebih ringan. Mencicil pun tentu harus diputuskan dengan perhitungan yang tepat. Dasarnya adalah jumlah pemasukan tetap Anda dalam sebulan. Bagi karyawan ini tentu saja tergantung besaran gaji.

Lalu berapa sih gaji yang dibutuhkan untuk bisa mulai mencicil rumah? Apalagi dalam proses pembelian properti ada sistem uang muka (down payment / DP), yang harus dibayarkan dengan jumlah berkisar 10-30% dari harga rumah. Belum lag biaya-biaya lainnya yang juga jumlahnya tidak sedikit. Seperti yang dipaparkan oleh tempo.co, total jumlah DP dan biaya lain-lain yang mesti dikeluarkan dalam proses pembelian properti bagi sebagian besar orang dirasa memberatkan.

Sehingga langkah yang bisa dilakukan untuk mereka yang bergaji kecil khususnya, adalah mengajukan kredit (KPR). Untuk Anda yang bergaji tak lebih dari Rp 5 juta, masih ada kok peluang untuk memiliki hunian. Yakni dengan mengambil rumah subsidi, misalnya rumah dijual di Bandung di bawah 200 juta. Tapi meski murah, tetap ingat ya harus ada perhitungan yang tepat.

properti di bandung

Pokoknya maksimal rasio utang adalah sepertiga gaji. Misalnya kalau gaji Rp 3 juta, maka maksimal cicilan bulanan yang bisa diambil adalah sebesar Rp 1 juta. Biasanya dalam sistim cicilan (KPR) ini bisa dalam jangka waktu yang cukup panjang, bahkan sampai 30 tahun. Tapi ini jadi langkah yang logis dan aman untuk mendapatkan rumah.

Karena dengan cara seperti ini, kondisi keuangan Anda tidak akan terganggu. Jadi sekarang Anda bisa menghitung harga rumah yang bisa diambil dengan menghitung kemampuan seperti ilustrasi di atas. Lagipula mengambil rumah subsidi juga memiliki beberapa keuntungan, Anda dibebaskan beban PPN 10%, dan kalau bergaji Rp 4 juta ke bawah hanya terkena PPh 1%, serta akan mendapatkan bunga flat yang relatif kecil selama cicilan.

Bahkan Anda juga berpeluang bisa memanfaatkan program tanpa uang muka. Hanya saja harus bersiap juga, jika membeli rumah subsidi artinya ukuran rumah akan terbatas dan biasanya lokasinya berada di pinggir kota. Ini juga menjadi salah satu pertimbangan utama saat menentukan membeli rumah. 

Beli Rumah Dijual di Bandung di Bawah 200 Juta, Ini Tips dan Triknya!
Meski murah, bukan berarti Anda jadi mengenyampingkan faktor lain yang tak kalah penting dong. Misalnya faktor kemudahan, keamanan dan kenyamanan. Nah, berikut tips membeli rumah murah, seperti rumah dijual di Bandung di bawah 200juta, sekaligus trik mudah untuk mendapatkannya:

1. Pertimbangkan Akses Infrastruktur
jual rumah bandung

Bicara hunian di pinggir kota, sebenarnya saat ini sudah tak masalah karena sudah banyak infrastruktur yang memadai dan memudahkan mobilitas masyarakat. Meski berada di pinggiran, tetap pilih yang mudah diakses ya, misalnya yang banyak dilalui transportasi umum.

Perhatikan juga infrastrukturnya sekitarnya. Saat ini di kawasan di pinggiran kota besar, sudah banyak ditemukan project hunian, dan ini karena pengembang melihat bahwa di sekitar kawasan itu, infrastruktur berupa jalan dan sebagainya sudah mulai dibangun atau diperbaiki. Jadi pertimbangkan ini untuk Anda yang ingin membeli rumah di pinggiran.

2. Cek Kualitas Bangunan
Membeli rumah murah, bukan berarti dapat yang berkualitas buruk juga. Meski tidak sepremium rumah nonsubsidi, tapi minimalisir kemungkinan untuk dapat hunian yang kualitasnya buruk, yang bisa saja nanti membuat Anda jadi malah rugi karena harus perbaikan sana sini. Kalau perlu beli lah dari pengembang terpercaya. Atau cek sedetail mungkin saat survei. Misalnya kondisi drainase, karena kalau sistemnya baik, rumah bisa terhindar dari banjir. 

3. Cari Rumah Bekas yang Layak atau Rumah Baru yang Dilelang / Over Kredit
rumah dijual di bandung

Yang satu ini bisa jadi trik untuk Anda yang tidak mau rumah subsidi di pinggiran. Rumah bekas banyak lho yang dijual dalam kondisi layak dan tak terlalu membutuhkan banyak renovasi. Dengan begini tak menutup kemungkinan Anda bisa mendapatkan rumah dengan harga murah dan berada di kawasan tengah kota. Kuncinya tetap ada perhitungan ya

Kalau rumah bekas, yang utama harus disiapkan adalah budget untuk renovasi. Kelebihan dapat rumah di tengah kota tentunya bisa Anda jadikan investasi juga. Karena sangat besar peluangnya untuk nilai rumah tersebut jadi berkali lipat dalam beberapa waktu mendatang. Atau kalau mau rumah yang relatif baru, bisa pilih unit yang sedang dilelang bank atau over kredit.

Biasanya ketika pihak bank melelang rumah, tentu dalam kondisi membutuhkan uang masuk karena pemilik yang sebelumnya sudah tidak mampu membayar cicilan. Atau kalau ada rumah yang over kredit, ini karena sang pemilik tak mampu membayar lagi. Dan karena tak ingin rugi, ia akan menjual dengan penawaran yang menarik…

Dan bicara penawaran menarik, Anda juga perlu rajin datang ke acara seperti pameran properti. Karena di event khusus seperti ini, banyak penawaran seperti diskon biaya administrasi dan asuransi untuk pengajuan KPR. Jangan lewatkan juga kesempatan untuk mendapatkan bunga KPR dan DP yang kecil. Bahkan ada juga program diskon untuk DP dengan bonus-bonus menarik bila Anda jadi pembeli pertama di pameran properti.

Contoh Rumah Dijual di Bandung di Bawah 200 Juta
properti bandung

Dan kini saatnya untuk Anda tahu contoh rumah murah di Bandung di bawah 200 juta yang bisa dipertimbangkan. Ada rumah tipe 30 yang dijual dengan harga sekitar Rp 180 juta saja di Grand Cendana Residence, kawasan Banjaran. Memiliki luas tanah 60m2 dengan 2 kamar tidur, kamar mandi, dapur, carport, listrik 1300W, dengan air sumur artesis.

Belum lagi ada fasilitas berupa ruang terbuka hijau yang membuat lingkungan jadi sejuk, tempat ibadah, kawasan komersil, hingga layanan keamanan 24 jam. Berada di kawasan bebas banjir, dengan memiliki hunian di sini, Anda bisa dengan mudah mengakses transportasi umum, serta berbagai fasilitas. Seperti sekolah, rumah sakit, supermaket, bank. Bahkan jaraknya jua dekat ke Alun-alun Banjaran, dan berjarak 20 menit saja ke Gerbang Tol Moh Toha, serta lebih kurang 15 menit ke Pemkab Soreang dan Tol Soroja.

Bahkan dari sini, Anda juga bisa dengan mudah mengunjungi destinasi wisata seperti Kawah Putih, Gunung Puntang, Situ Patenggang, Kebun Teh Ranca Bali dan sebagainya. Berikutnya ada unit rumah seharga Rp 150 juta di D'Bokis Paniisan, kawasan Bandung Selatan.

Hunian ini terletak di lokasi strategis, dekat kantor Pemda Soreang, RSUD Al-Ikhsan, dan juga destinasi menarik seperti kolam renang Paniisan, Kampung Batu Malakasari, Situ Sipatahunan. Unit hunian yang ditawarkan luasnya 50m2 dengan lahan 70m2, dilengkapi 2 kamar tidur, kamar mandi, carport dan listrik 900W. 

Pilihan lebih murah lagi? Ada nih, hunian di Rancamanyar yang ditawarkan seharga Rp 110 juta saja.
Luasnya 30m2, hunian nyaman yang berada di kawasan bebas banjir ini dilengkapi 2 kamar tidur, dapur, ruang tamu dan listrik 1300W. Selain tipe di atas, tersedia pula tipe lainnya seperti 30/50, 36/50 dan 42/60 dengan spesifikasi bangunan antara lain pondasi batu kali, dinding bata merah dan rangka atap kayu.

Kalau Anda mau tahu lebih lengkap pilihan rumah dijual di Bandung di bawah 200 juta lainnya, langsung cek saja ke www.99.co/id ya…





17 komentar

  1. Memerhatikan infrastruktur penting banget itu memang, agar ketahuan bebas banjir kah, tahan gempa misalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, cari rumah sekarang tuh pasti yang harus diketahui adalah apakah bebas banjir?

      Hapus
  2. kalo daerah kab bandung mungkin masih ada ya, tapi kalo bandung kota maahh huwaa udah M M-an Tapi gpp sih skrg pnya rumah di kab bandung ky sorean, soalnya tol barunya udah jadi, jd bisa aja kerja di kota bandung, rumahnya di kab bandung, aksesnya via tol soroja itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh, kebayang kalau Bandung kota sih ya. Heheheee

      Hapus
  3. waaah masih ada ya rumah di Bandung harga segitu....

    BalasHapus
  4. Aku udah lama pengen tinggal di bandung suatu hari nanti karena punya kenangan manis masa kuliah disitu. Bisa jadi incaran ini mumpung anak anak masih kecil

    BalasHapus
  5. wah tipsnya boleh juga nih buat yang lagi cari rumah….

    BalasHapus
  6. Bneran masih ada y mba rumah di Bandung harga segitu jadi pngen lihat siapa tau ada rejeki bisa invest disana hihihi

    BalasHapus
  7. Saya nih mbaaa, pengin punya rumah sendiri, tentunya dengan harga yang terjangkau oleh kantong saya. Dan saya setuju banget bahwa investasi yang minim resiko adalah properti. Konon nilainya jarang sekali turun, sering naiknya dari tahun ke tahun.

    BalasHapus
  8. Wuih ternyata masih ada ya mbak rumah murah di Bandung seharga 200 juta, kalau di Surabaya udah bhay. Hampir dipastikan tidak ada. Jadi pengen invest di Bandung, heuheu

    BalasHapus
  9. Woow, di Bandung masih ada juga ya Mbak rumah di bawah 200jutaan.
    Bagus nih klo yang punya duit lebih dan emang niat utk properti ya. Kan nanti jg bisa berkali lipat tuh nilai jualnya jika kembali ingin dijual dan beli baru :)

    BalasHapus
  10. Woaaa ternyata ada ya rumah di Bandung dengan lokasi stategis dibawah 200jtan, ya Ampuuun mupeng banget aku Kaaak... Udah lamaa banget mengidamkan punya rumah di Bandung. Itu contohnya juga cakep ya rumahnya

    BalasHapus
  11. Wooow masih ada ya rumah di Bandung di bawah 200 jt. Lumayan kalau bisa beli buat inves dikontrakin gtu atau dijadikan rumah peristirahatan gtu di Bandung hehe :D

    BalasHapus
  12. Aku di Bekasi sih gak heran kalau masih ada dibawah 200juta tapi ini Bandung loh kak kota yang maju juga masih ada yang 200jutaan, next bakal aku masukin list kayaknya nih

    BalasHapus
  13. Wah, hunian di kota mahal ya mbak. Tapi dari segi investasi memang cukup bagus. Tapi enakan di kampung juga sih. Eheh

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke personal blog saya, mohon untuk tidak meninggalkan link hidup ya.