Liburan ke Singapura Wajib Main ke Peranakan Houses

peranakan houses singapura

Paling demen emang kalau liburan barengan sama teman yang sehobi, hobinya apa? Hobinya moto dan jajan tentunya. Jadi waktu beberapa bulan lalu, tepatnya di Januari 2019 saya dan beberapa teman sempat berlibur bersama ke Singapura. Kali ini liburannya hunting foto, selain itu jangan lupa juga diselipkan foto kita ya. Sudah beberapa kali ke Singapura dan ini pertama kali aku main ke Peranakan Houses di Joo Chiat.

Jaman dulu belum main kamera mah kalau ke Singapura pasti belanja tapi semenjak sgd tak seindah dulu, lebih demen explore. Jujur deh ya, ini perjuangan juga main ke Peranakan Houses karena kita jalan kaki dong, sehabis naik MRT lalu disambung dengan naik bus dan turun di Joo Chiat. Terus jalan kakinya mayan nih, soalnya lagi terik matahari kala itu mayanlah bakar kalori.

Main ke Peranakan Houses ini sebenarnya ide dari temanku, Selvy karena lihat instagramnya @taramilktea yang belum lama habis dari Singapura juga. Oke, nampaknya ini harus kesana secara yang terfikir olehku pertama kali adalah bangunan rumahnya yang jadul banget dan warna-warni ini. Setiap rumah disana memiliki warna cat yang berbeda.

Peranakan Houses di Joo Chiat - Katong
joo chiat

joo chiat singapore

peranakan houses singapura

peranakan houses singapura

peranakan houses singapura

Waktu sampai di Peranaka Houses ini berasa perjalanan yang lumayan tadi ditengah teriknya matahari siang itu terbayarkan waktu lihat bangunan heritage ini. Langsung deh tuh ya kita berlima ambil posisi masing-masing untuk memotret si Peranakan Houses yang eye catchy ini. Bagaiman tidak, setiap rumah memiliki warna cat berbeda loh dan model rumahnya sama semua, hanya saja memiliki pagar yang berbeda.

Sebenarnya kalau dilihat satu persatu, setiap rumah juga memiliki gaya yang berbeda dalam memberikan sentuhan rumah itu sendiri. Mulai dari pintu, jendela, pagar, lantai, kotak surat, tanaman dan lainnya yang memberikan kesan heritage dari Peranakan Houses ini. 

Sekilas mengenai Peranakan Houses di Joo Chiat yang terletak tidak jauh dari Katong, dinamai berdasarkan Chew Joo Chiat seorang tuan tanah keturunan Tionghoa kaya di abad ke-20-an. Daerah Joo Chiat/Katong terbentuk secara khusus oleh arsitektur rumah toko dua lantai yang penuh warna dan teras rumah dengan hiasan di depannya, motif yang kompleks dan lantai keramik.

Sebagai salah satu destinasi kuliner terbaik di Singapura, Joo Chiat/Katong juga sangat dicintai oleh banyak penduduk Singapura. Pilihan kuliner sangat banyak sekali bisa dijumpai disini. ada cafe yang keren berada di sebelah toko kopi antik yang menjual laksa di Katong yang terkenal.

Kaum peranakan adalah keturunan dari para imigran asal Tiongkok dan India yang menikahi kaum pribumi dari Semenanjung Melayu pada abad ke-15. Di Singapura, warisan terbaik mereka dapat dilihat di Joo Chiat/Katong.

Jangan Lupa Foto di Peranakan Houses Singapura
peranakan houses singapura

peranakan houses singapura

peranakan houses singapura

Kurang lebih ada kali kita satu jam disini hanya motret Peranakan Houses dan saling berfoto tentunya. Waktu sampai sini kirain gak bakal ada orang atau hanya ada kita doang, percayalah sebenarnya disini ramai cuma kita memang bergantian dan mengondisikan fotonya.

Selang 15 menit kita sampai disini, ada wisatawan asing juga dari Jepang dan Korea yang sedang berfoto disini juga. Ada juga beberapa orang yang gonta-ganti kostum juga selama  foto disini. Waktu melihat mereka berganti kostum sempat kaget tapi mungkin banyak cerita yang akan mereka sampaikan di media socialnya. 

Oh iya, rumah-rumah ini berpenghuni ya karena ada beberapa rumah yang memang pemiliknya sedang keluar rumah menanti grabcar mereka datang dan lalu pergi. Ada juga orang Melayu yang tinggal disini atau percampuran seperti yang dibilang tadi diatas itu. 

Emang paling seru ya kalau liburan terus bisa menemukan tempat yang bagus, apalagi ini pertama kali main ke Peranakan Houses selama ke Singapore. Nah, buat yang belum pernah main ke Peranakan Houses di Singapura wajib banget kesini untuk sekedar foto atau jelajah Joo Chiat. 

Selamat liburan ke Singapura ya! 

8 komentar

  1. Ah, belum pernah ke Singapura but when I finally do, I will make sure to visit this beautiful place. Thank's for sharing!

    BalasHapus
  2. Suka sama model rumahnya. Lucu ya jadinya kalau dalam satu deretan warna cat rumahnya beda-beda, dan warnanya cerah gitu

    BalasHapus
  3. Aih bagus banget mba bangunannya. Pas aku ke SIngapura kayaknya nggak sempat ke sini dan sedih deh padahal bagus. Itu foto-foto dluar gitu beneran nggak papa ya mba ?

    BalasHapus
  4. unik dan lucu ya arsitekturnya, Bisa bentuk sama dan beda warna gitu. Terus yang punya rumah gimana ya rasanya kalau di depan banyak orang poto-poto gitu, hehehe, apa mereka enggak risih?

    BalasHapus
  5. Iya bener, enaknya jalan sama yang suka foto biar ga ada yang bete harus nungguin yang lain hihi.. Rumah-rumahnya klasikdan colorfull, jadi pengen maen ke sana juga

    BalasHapus
  6. Wah, lucu ya rumahnya berderet gitu. .itu pemiliknya beda-beda ya? Jadi ingat kota gede.. Ada area namanya between two gate. Rumahnya unik2 juga dan berpenghuni. Cuma mungkin pemiliknya sudah terbiasa rumahnya difoto2 gitu... Hihi..

    BalasHapus
  7. Kemarin waktu ke Kl pengen juga mampir ke Singapura. Tapi sayang tiketnya udah fixed tanggalnya, jadi next time mesti atur jadwal ke Singapura gantian. Cakep ya rumah-rumahnya, bersih dan terawat gitu

    BalasHapus
  8. Jadi ini sebetulnya udah termasuk bangunan tua, ya. Cantik-cantik banget ini bangunannya.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke personal blog saya, mohon untuk tidak meninggalkan link hidup ya.