Liburan ke Singapura Wajib Main ke Peranakan Houses

peranakan houses singapura

Paling demen emang kalau liburan barengan sama teman yang sehobi, hobinya apa? Hobinya moto dan jajan tentunya. Jadi waktu beberapa bulan lalu, tepatnya di Januari 2019 saya dan beberapa teman sempat berlibur bersama ke Singapura. Kali ini liburannya hunting foto, selain itu jangan lupa juga diselipkan foto kita ya. Sudah beberapa kali ke Singapura dan ini pertama kali aku main ke Peranakan Houses di Joo Chiat.

Jaman dulu belum main kamera mah kalau ke Singapura pasti belanja tapi semenjak sgd tak seindah dulu, lebih demen explore. Jujur deh ya, ini perjuangan juga main ke Peranakan Houses karena kita jalan kaki dong, sehabis naik MRT lalu disambung dengan naik bus dan turun di Joo Chiat. Terus jalan kakinya mayan nih, soalnya lagi terik matahari kala itu mayanlah bakar kalori.

Main ke Peranakan Houses ini sebenarnya ide dari temanku, Selvy karena lihat instagramnya @taramilktea yang belum lama habis dari Singapura juga. Oke, nampaknya ini harus kesana secara yang terfikir olehku pertama kali adalah bangunan rumahnya yang jadul banget dan warna-warni ini. Setiap rumah disana memiliki warna cat yang berbeda.

Peranakan Houses di Joo Chiat - Katong
joo chiat

joo chiat singapore

peranakan houses singapura

peranakan houses singapura

peranakan houses singapura

Waktu sampai di Peranaka Houses ini berasa perjalanan yang lumayan tadi ditengah teriknya matahari siang itu terbayarkan waktu lihat bangunan heritage ini. Langsung deh tuh ya kita berlima ambil posisi masing-masing untuk memotret si Peranakan Houses yang eye catchy ini. Bagaiman tidak, setiap rumah memiliki warna cat berbeda loh dan model rumahnya sama semua, hanya saja memiliki pagar yang berbeda.

Sebenarnya kalau dilihat satu persatu, setiap rumah juga memiliki gaya yang berbeda dalam memberikan sentuhan rumah itu sendiri. Mulai dari pintu, jendela, pagar, lantai, kotak surat, tanaman dan lainnya yang memberikan kesan heritage dari Peranakan Houses ini. 

Sekilas mengenai Peranakan Houses di Joo Chiat yang terletak tidak jauh dari Katong, dinamai berdasarkan Chew Joo Chiat seorang tuan tanah keturunan Tionghoa kaya di abad ke-20-an. Daerah Joo Chiat/Katong terbentuk secara khusus oleh arsitektur rumah toko dua lantai yang penuh warna dan teras rumah dengan hiasan di depannya, motif yang kompleks dan lantai keramik.

Sebagai salah satu destinasi kuliner terbaik di Singapura, Joo Chiat/Katong juga sangat dicintai oleh banyak penduduk Singapura. Pilihan kuliner sangat banyak sekali bisa dijumpai disini. ada cafe yang keren berada di sebelah toko kopi antik yang menjual laksa di Katong yang terkenal.

Kaum peranakan adalah keturunan dari para imigran asal Tiongkok dan India yang menikahi kaum pribumi dari Semenanjung Melayu pada abad ke-15. Di Singapura, warisan terbaik mereka dapat dilihat di Joo Chiat/Katong.

Jangan Lupa Foto di Peranakan Houses Singapura
peranakan houses singapura

peranakan houses singapura

peranakan houses singapura

Kurang lebih ada kali kita satu jam disini hanya motret Peranakan Houses dan saling berfoto tentunya. Waktu sampai sini kirain gak bakal ada orang atau hanya ada kita doang, percayalah sebenarnya disini ramai cuma kita memang bergantian dan mengondisikan fotonya.

Selang 15 menit kita sampai disini, ada wisatawan asing juga dari Jepang dan Korea yang sedang berfoto disini juga. Ada juga beberapa orang yang gonta-ganti kostum juga selama  foto disini. Waktu melihat mereka berganti kostum sempat kaget tapi mungkin banyak cerita yang akan mereka sampaikan di media socialnya. 

Oh iya, rumah-rumah ini berpenghuni ya karena ada beberapa rumah yang memang pemiliknya sedang keluar rumah menanti grabcar mereka datang dan lalu pergi. Ada juga orang Melayu yang tinggal disini atau percampuran seperti yang dibilang tadi diatas itu. 

Emang paling seru ya kalau liburan terus bisa menemukan tempat yang bagus, apalagi ini pertama kali main ke Peranakan Houses selama ke Singapore. Nah, buat yang belum pernah main ke Peranakan Houses di Singapura wajib banget kesini untuk sekedar foto atau jelajah Joo Chiat. 

Selamat liburan ke Singapura ya! 

57 komentar

  1. Ah, belum pernah ke Singapura but when I finally do, I will make sure to visit this beautiful place. Thank's for sharing!

    BalasHapus
  2. Suka sama model rumahnya. Lucu ya jadinya kalau dalam satu deretan warna cat rumahnya beda-beda, dan warnanya cerah gitu

    BalasHapus
  3. Aih bagus banget mba bangunannya. Pas aku ke SIngapura kayaknya nggak sempat ke sini dan sedih deh padahal bagus. Itu foto-foto dluar gitu beneran nggak papa ya mba ?

    BalasHapus
  4. unik dan lucu ya arsitekturnya, Bisa bentuk sama dan beda warna gitu. Terus yang punya rumah gimana ya rasanya kalau di depan banyak orang poto-poto gitu, hehehe, apa mereka enggak risih?

    BalasHapus
  5. Iya bener, enaknya jalan sama yang suka foto biar ga ada yang bete harus nungguin yang lain hihi.. Rumah-rumahnya klasikdan colorfull, jadi pengen maen ke sana juga

    BalasHapus
  6. Wah, lucu ya rumahnya berderet gitu. .itu pemiliknya beda-beda ya? Jadi ingat kota gede.. Ada area namanya between two gate. Rumahnya unik2 juga dan berpenghuni. Cuma mungkin pemiliknya sudah terbiasa rumahnya difoto2 gitu... Hihi..

    BalasHapus
  7. Kemarin waktu ke Kl pengen juga mampir ke Singapura. Tapi sayang tiketnya udah fixed tanggalnya, jadi next time mesti atur jadwal ke Singapura gantian. Cakep ya rumah-rumahnya, bersih dan terawat gitu

    BalasHapus
  8. Jadi ini sebetulnya udah termasuk bangunan tua, ya. Cantik-cantik banget ini bangunannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Niay banget itu wisatawan yang sampai gonta-ganti kostum hahaha. Tetapi, kalau teman perjalanannya asik memang seru aja kayak begini, ya.

      Hapus
  9. Rumahnya unik banget dan warnanya untu kayak permen, jadi betah berfoto ria ya, untung ngga ada pemilik rumah yang keluar bawa sapu ijuk, ngapain ramai-ramai depan rumahku hah, hihihi...penasaran dengan kuliner Katong..

    BalasHapus
  10. Kirain perumahan baru, nih. Ternyata bangunan lama, ya. Para pemiliknya termasuk kompak ya, seleranya. Karena ga banyak modifikasi yg dilakukan. Padahal kalau liat perumahan aja walau aslinya sama pasti akhirnya udah banyak yg berubah, kan?

    BalasHapus
  11. Bangunannya unik, sama modelnya. Dan catnya juga tepat banget warnanya. Jadi kayak menghadirkan nuansa yang hidup di situ.

    Ohh.. Jadi bukan bangunan sejarah gitu ya, melainkan ada penghuninya juga. Semoga ada kesempatan untuk mengunjungi Peranakan Houses Singapura.

    BalasHapus
  12. Bentuk bangunannya keren banget ya. Sayangnya beberapa kali punya kesempatan ke Singapura, malah tak tahu tentang Peranakan Houses ini. Next kalau ada rezeki lagi mau banget ke sini. Bakal cakep pastinya foto-foto di sini ya. Makasi loh, Kak, infonya ini.

    BalasHapus
  13. YaYampunY lucu banget desainnya mba, warna warni gitu. Aku paling suka yagn biru hehe nambah lagi referensi to do visit di Spore deh

    BalasHapus
  14. Ku pernah dapet info juga dari adekku yg tinggal di sana, bolak balik ke sing belom pernah mampir sini, soale kebanyakan ngobrol kangen2an, makaam makan teros, ngopi ..ngopi.. lupa popotoan juga huhii

    Next semoga bisa mampir ke sana .

    BalasHapus
  15. Wah jadi tau nih kalo di Peranakan Houses ternyata merupakan tempat keturunan tionghoa dan keturunan india jadi ada yang dicat warna warni 😁 duh jadi pengen kesana deh mbak.

    BalasHapus
  16. Rumahnya lucu ya.... jadi kepingin foto-foto disana. Setuju banget tuh jalan-jalan itu enaknya ma yg suka foto lah kebetulan serumah narsis semua dan ayah pasti dengan sukarela matoin plus pengarah gaya.

    BalasHapus
  17. Daku belum pernah ke Singapura, hiks.. Rumah jadi salah satu spot foto menarik ya buat diabadikan .. Karena tiap kota bahkan negara pasti ada keunikan

    BalasHapus
  18. wah unik banget yaa...jd ini memang rumah-rumah kuno gitukah mba chie? mudah2an kalo suatu hari jadi ke sing, bisa maen ke sini.

    BalasHapus
  19. Wah aku belum pernah ke Peranakan House pas ke sana. Kayanya kalau ke sana lagi tanpa anak-anak wajib mampir nih buat foto2 ya :)

    BalasHapus
  20. Baru tau loh kalau peranakan di Singapura punya rumah khas sendiri yang beda dengan orang Melayu pada umumnya. Instagramable banget ya itu rumahnya warna-warni, bagus banget ditampilkan di feed instagram ;)

    BalasHapus
  21. Hm..jadi pengin ke Singapura, semoga suatu saat bisa kesana :)

    BalasHapus
  22. Ya Allah....kagum bangetttt. Rapi dan terawat. kayaknya kalo ke sini bakal enggak puas foto-foto dan menikmati suasananya.

    BalasHapus
  23. Wahh menarik nih buat dijadiin objek pepotoan..warna-warni pula..peranakan houses yah namanya? Noted..tfs mba chichie

    BalasHapus
  24. Bulan Agustus ada rencana mau jalan ke Singapore. Mudah-mudahan pak suami mau aku ajak kesini buat foto-foto. Hahaha. Fotonya cantik banget mbak chie....

    BalasHapus
  25. Rumah-rumah peranakan seperti ini nggak cuma ada di Joo Chiat, kak. Tapi ada banyak di seantero Singapura seperti Chinatown, Bugis, Little India. Lebih mudah dan nyaman dijangkau. Saranku, kalau memang suka foto, jangan terpaku dengan tempat yang diarahkan traveler lain. Let your eyes lead the way and you will be surprised with what you get!

    Aku malah nggak pernah belanja di Singapura selain oleh-oleh kecil. Singapura memang surganya fotografi arsitektur dan city landscape! I love Singapore :D

    BalasHapus
  26. Herannua rumahnya kok bentuknya sama semua ya. Apa sejak dulu udah ada cluster2an? Hehe
    Bagus bangunannya, buat foto juga okr banget yaaa mbak. Noted kalau ke Singapore ke sana

    BalasHapus
  27. Kece banget ya rumah-rumahnya. Bagus buat lokasi berburu foto dan background pose OOTD ��

    BalasHapus
  28. Sepakat pakai banget pas baca bagian ini:

    "... paling demen emang kalau liburan barengan sama teman yang sehobi!"

    S-E-H-O-B-I

    Ini memang kata kunci!
    Bisa dipredikasi, Insya Allah perjalanan pasti akan sangat nyaman, berkesan dan sarat keseruan!
    ... dan bisa kecanduan!

    Hahaha... jadi, waspadalah, waspadalah!

    Baidewei,
    Aku belum pernah ke Peranakan House ini.
    Baru sekitar, Merlion, Gardens by the bay, dan Marina Bay Sands, foto doang, hahaha


    BalasHapus
  29. Ya ampun rumahnya instagramable banget...mau juga foto di sana hahah

    BalasHapus
  30. Aku penasaran sama Singapore, katanya gak luas luas amat tp segala yg dibutuhkan dstu ada sampai ke pengobatan, ini gak kalah seru jg yah traveling ke Singapore

    BalasHapus
  31. Aku malah ga tau tempat ini kmrn terakhir April ngajak anak2 main ke Sing malah Merlion direnov hahahaha. Aku malah kepincut main ke National Library itu mbak

    BalasHapus
  32. Fotonya jadi berapa rol, kak...?
    Hehhee...ROL.
    Liat fotonya vintage gitu... Cantique deeh...

    BalasHapus
  33. Lucu ya arsitektur rumah di sana
    Warnanya juga soft pastel gitu
    Saya mah kalau rumah kek gini bakalan mager saya buat keluar rumah

    BalasHapus
  34. Setuju banget kak ini eye catchy banget bangunan dan warna-warnanya yah dan tentunya instagramable banget tempatnyaa hehe. Jadi pengen foto disana deh wkwk

    BalasHapus
  35. Wow, aku mah selalu suka sama hasil jepretan mbak chichie, cakep-cakep banget!
    Penasaran, rumah-rumah di sini ditinggalin enggak sih mbak? Atau cuma buat tempat wisata aja?

    BalasHapus
  36. Wuih, cantik ya Peranakan House ini. Iya banget, kalo lewat situ kayaknya sayang banget kalo gak diabadikan di dalam foto. Noted deh untuk disinggahi.

    BalasHapus
  37. Cantik warna2nya. Ini spot sering banget ya di jadiin lokasi syuting, belum lama nonton web series juga beberapa ngambil lokasi ini .

    BalasHapus
  38. wah banyak spot yang cantik2 kapan aku bisa ke sana ya

    BalasHapus
  39. Iihh keren deh, warna warni gitu rumahnya.
    Noted nih, moga bisa ke Singapura lagi liburan keluarga :)

    BalasHapus
  40. Seru banget mbak perjalanannya. Aku penasaran banget nih ke daerah peranakan ini. Jadi kepengen eksplore singapore lagi deh. Terakhir ke sana cuma sehari doanb dan keburu capek

    BalasHapus
  41. Pasti lma nunggu gantian foto. Untung saling mamhami jadi fotony ttap keren,

    BalasHapus
  42. Aiih..cantik2 yah rumah2nya. Pantesan jadi salah satu spot yg wajib kunjung saat di Singapura ya.. Mantaab ..

    BalasHapus
  43. Cakeppp tempatnya . merawat heritage banyak keuntungannya..salah satunya bisa jadi obyek wisata kayak gini ya..

    BalasHapus
  44. Catnya pakai dulux, avitex atau no drop nih? Ahahahha



    Melihat komposisi fotomu, tempat ini kelihatannya bagus banget. Aku jadi pengen ke sana.
    Nggak mungkin rasanya tempat bagus begini di negara yang kecil ini sepi dari pengunjung

    BalasHapus
  45. Halo Mbak Chiechie :) Aku belum pernah loh mampir ke Peranakan Houses Singapura ini. Sekilas kayak rumah2an Barbie ya bagus banget hanya ga serba pink hehehe. Ini berwarna-warni, indah dipandang, bagus buat fotoan. Oh jadi peranakan India dan Tiongkok ya banyak menghuni tempat ini. Nice picture!

    BalasHapus
  46. Ooh ini rumah-rumah tinggal beneran ya? Saya kirain ini barisan rumah toko gitu. Terus gimana kelakuan para penghuni kompleksnya melihat rumahnya dijadikan background foto-foto? Ada yang keberatan nggak?

    BalasHapus
  47. Cantik banget ya arsitektur rumahnya
    Memang sengaja dibuat seragam gitu kali ya, pilihan warnanya aja yang beda-beda. Dan itu bikin kelihatan cakep

    Ini pemilik rumahnya gak keberatankah kita foto-foto gitu di depannya?

    BalasHapus
  48. Rumahnya warna warni.. Kalau foto mah ini bisa banyak jepretan soalnya keren semua

    BalasHapus
  49. Menggemaskan sekali rumahnya aku suka..bahkan rumah berderet pun bisa jadi obyek wisata yang menarik ya, kreatif pisan deh...apalagi ada nilai sejarahnya juga..

    BalasHapus
  50. Terkahir kali ke Singapore itu 10 tahun yang lalu. Tahun ini berencana kembali ke Singapore bersama sahabat, dan tempat ini menjadi salah satu inceran aku, juga little india. Cannot wait.

    BalasHapus
  51. Waah jadi membangkitkan memori di Singapore yang terlupakan. Aku pengen banget nih kesini pas ke Singapore. Tapi lupa nama tempatnya. Mungkin nanti kalau ke Singapore lagi bakalan mampir kesini deh.

    BalasHapus
  52. Suka banget dengan warna-warni bangunannya. Terlihat elegan, nggak norak, cool dan yang pasti cocok buat background foto² di Instagram

    BalasHapus
  53. Wow peranakan house penampakan terbaru ya ini? Cantik banget. Saya lihat dulu bukan begitu. Maklumlah sekitar tahun 1999 hehehe puluhan tahun lalu

    BalasHapus
  54. warna warni rumahnya cantik

    BalasHapus
  55. Aku kira ini gak ada penghuninya mbak, kayak anjungan di tamn mini gitu, ternyata ada penghuni asli ,, hehe
    rumahnya unik banget, bagus tertata rapi, kagum aku lihatnya.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke personal blog saya, mohon untuk tidak meninggalkan link hidup ya.