lifestyle | travel | foodie | personal life

8/13/2019

Tes DNA Untuk Mengetahui Perawatan Kulit Yang Tepat

teknologi tes dna

Mengikuti perkembangan tren kecantikan seakan tak pernah ada habisnya, banyak inovasi-inovasi yang selalu dilakukan untuk memanjakan para konsumennya terutama perempuan. Percayalah setiap wanita butuh perawatan untuk tetap menjaga kesehatan serta kecantikan wajahnya. Sama seperti yang saya lakukan juga. Tapi apakah selama ini sudah mendapatkan perawatan yang maksimal? 

Sebenarnya saya termasuk orang yang cuek sama perawatan kulit, belum tentu seminggu sekali melakukan perawatan secara khusus. Pengen tuh kalau me time tetap bisa dilakukan di rumah. Tapi dengan bertambahnya usia rasanya perawatan itu penting banget, apalagi ini merupakan investasi juga. Biasa deh namanya perempuan kalau ngobrolin ginian pasti selalu bilang gitu, setuju gak?

Saya yang selalu merasakan memiliki kondisi kulit berminyak tentu akan selalu membeli dan menggunakan produk khusus untuk kulit berminyak. Tapi kalau sedang melakukan perawatan dan konsultasi ke dokter kulit pasti mereka selalu bilang "kulit kamu ini kering bukan berminyak". Saya antara kaget dan bingung kalau sudah dengar ucapan begini nih. 

Belum lagi kalau lagi iseng buka social media, banyak bangetkan produk perawatan berseliweran. Apalagi kalau ada beberapa teman yang sedang ngereview produk kecantikan, ini tuh suka bikin goyah saudara-saudara. Tangan tuh rasanya gatel banget buat ikutan nyobain, padahal belum tentu kita cocok.

tes dna untuk perawatan

Saya merasakan sekali dalam menemukan produk yang tepat tuh butuh waktu, karena pasti suka nyoba beberapa produk dulu yang ternyata tidak cocok (trial and error) yang akhirnya ini dapat berdampak terhadap hilangnya waktu (time spent). Tak hanya itu saja, akhirnya karena banyak mencoba perawatan, keluar biaya yang tidak sedikit (cost). Hal ini biasa dikenal di dunia marketing dengan instilah Consumer Pain Points atau pengalaman yang menyulitkan konsumen, karena memilih produk perawatan yang sesuai dengan jenis kulit, bukan perkara mudah.

Seperti yang diungkapkan oleh dr. Leslie Baumann, seorang peneliti dan ahli kecantikan dari Amerika, jenis kulit sesungguhnya dibagi berdasarkan 4 kategori dasar, yaitu level sebum, sensitifitas, pigmentasi dan elastisitas. Dari keempat kategori dasar inilah, kita akan mendapatkan 16 jenis kondisi kulit yang berbeda.

Dalam memilih perawatan yang tepat, ada banyak faktor lain di luar jenis kulit yang harus dipertimbangkan dalam memilih produk, seperti:
  • Apakah produk menjawab kebutuhan spesifik kulit (menghilangkan noda hitam)?
  • Apakah bahan aktif kandungannya, aman untuk jenis kulit kita?
  • Dan beberapa pertimbangan lainnya.
Emang sih yang namanya perawatan itu susah-susah gampang, kalau sudah cocok dengan satu produk harusnya setiakan? Tapi apa boleh buat, kadang rumput tetangga tuh terlihat lebih indahkan? Kadang suka berfikir, ada gak sih perawatan yang memang cocok dan sesuai dengan jenis kulit kita jadi gak perlu coba-coba gitu. 


Peran Tes DNA untuk Perawatan Kulit
tes dna untuk perawatan kulit

Seiring dengan perkembangan teknologi di dunia kecantikan, tes DNA juga merupakan salah satu yang banyak dilakukan karena sejatinya memang tes DNA ini dapat mengetahui keakuratan suatu hasil dari kulit kita sendiri. 

DNA merupakan asam nukleat yang menyimpan semua informasi tentang genetika. 

Tes DNA adalah prosedut yang digunakan untuk mengungkapkan secara akurat, informasi mengenai genetik dalam tubuh seperti potensi, risiko, dan kebutuhan unik setiap individu yang berkaitan dengan banyak hal seperti kebutuhan suplemen dan nutrisi, intensitas olahraga yang sesuai, hingga perawatan kulit yang tepat dan lainnya. Salah satu hal yang paling mendasar yang bisa diperoleh dari tes DNA adalah kondisi kulit seseorang.

Sebagai organ tubuh yang paling luar, kulit merupakan lapisan pelindung yang bekerja 24/7 dan paling rentan terpapar oleh faktor ekternal seperti matahari dan polusi. Pengecekan DNA kulit bisa memberikan informasi yang akurat mengenai kualitas kolagen, elastisitas kulit, pigmentasi kulit dan sebagainya. Tes DNA kulit seperti ini sudah umum dilakukan di negara maju, untuk mengenal kondisi kulit dan mendapatkan perawatan yang tepat dan sesuai. 

teknologi tes dna

"JakPat sebagai Platform Online Survei, melihat bahwa DNA sudah menjadi subjek global yang telah dijajaki oleh para pakar kesehatan kulit, agar menjadi solusi bagi konsumen dalam memahami kondisi kulit mereka, Untuk itu, JakPat mengadakan survei pada tanggal 5-10 Juli 2019 terhadap 537 responden, mengenai pemahaman responden akan kondisi kulit mereka dan pendapat mereka akan manfaat teknologi pada konteks perawatan kulit." jelas Alaska Primardi, Head of Research JakPat.

Hasil riset yang dilakukan oleh JakPat menunjukkan pentingnya tes DNA kulit. Dalam konteks penggunaan produk perawatan wajah, hanya 15% responden yang mengatakan bahwa kinerja produka yang mereka gunakan, sesuai dengan harapan. Sisanya mengatakan bahwa mereka masih menderita masalah yang mengganggu seperti jerawa, iritas, kulit kering, kulit berminyak, dan lainnya.

Sebanyak 30% responden juga merasa belum puas dengan kondisi kulit mereka saat ini, kendati telah menggunakan berbagai macam produk perawatan. Hasil riset lainnya menunjukkan bahwa para responden sudah selektif dalam mencoba produk perawatan kulit, untuk mencegah terjadinya masalah kulit dan menghindari terbuangnya uang dan waktu dengan sia-sia. 

Dalam konteks menemukan produk perawatan yang tepat, 50% responden setuju untuk memeriksakan kondisi kulit mereka dan secara umum memilih untuk pergi ke dokter kulit atau dermatolog. Dalam konteks skin DNA treatment, kecenderungan responden untuk percaya akan hasil tes DNA kulit, mencapai 85%. Selain itu persentase minat responden untuk mencoba perawatan kulit dengan teknologi tinggi (hi-tech) mencapai 90%.


Sekarang ini kita juga bisa loh melakukan tes DNA kulit, apalagi sekarang ini bisa melakukannya di rumah tanpa harus datang ke laboratorium. Untuk informasi yang jelas bisa cek langsung di www.smartskinsolution.com

83 komentar on "Tes DNA Untuk Mengetahui Perawatan Kulit Yang Tepat"
  1. wah baru tahu, makasuh sharingnya

    BalasHapus
  2. aku langsung daftar loh, di web www.smartskinsolution.com karena penasaran

    BalasHapus
  3. ikutan daftar di web www.smartskinsolution.com siapa tahu beruntung jadi 100 orang pertama yang bisa mengetahui dengan sebenarnya perawatan kulit yang cocok untuk wajah aq nih, biar bisa maksimal melakukan perawatannya. makin keren aja sekarang yah mbak chichie melakukan perawatan pun bisa dengan tes dna

    BalasHapus
  4. Saya banget nih yang masih suka trial and error. Padahal pengennya setia ma satu produk aja. Tetapi, yang bener-bener cocok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya agak aneh waktu tau ada teknologi DNA untuk kecantikan. Selama ini saya taunya DNA untuk garis keturunan. Tapi, kalau diikir lagi, masuk akal juga. Karena masih berhubungan dengan genetika. Semakin canggih teknologi sekarang.

      Hapus
    2. Iya sama mbak, aku pun masih sering coba-coba dengan produk yang berbeda

      Hapus
  5. Wah, benarkah sekarang kita juga bisa melakukan tes DNA kulit ini di rumah tanpa harus datang ke laboratorium?
    Akku cus ke smartskinsolition kalau gitu:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk, daftar siapa tau jadi 100 orang yang beruntung.

      Hapus
  6. Canggih beudddssss teknologi perawatan jaman now
    Yg kayak gini semoga SEGERA mampir Surabaya jugaaaakk
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tes DNA yang ini bisa tanpa datang ke lab loh, hahahahaa

      Hapus
  7. Owalah aku pikir tadinya kudu datang ke lab, lha gmn caranya yaaa...
    Soalnya seringnya liat di pilem2 detektif perlu diambil sample rambut atau air liurnya hahaa :D
    Aku langsung kepoin websitenya aja deh biar paham TFS :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaaaaa buat kulit kok coba2 malah makin mahal kalau gak cocok trus kulit jd rusak yaa. Kalau tes DNA semacam ini lbh pasti hasilnya utk mengetahui jenis kulit kita shg kita bisa melakukan treatment yg bener2 pas.

      Hapus
    2. iya kak April, gak perlu ke lab nanti aku kasih tau caranya ya.

      Hapus
  8. hahha bener bgt sering ikut ikut trend beli skincareeee. padahal blm tentu cocok ya. kalau cek dna kulit sdh pasti cocok spertinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya aku pun suka gitu, si A bahas apa pasti penasaran dengan ending beli juga.

      Hapus
  9. Aku udah kepoin website nya nih, masih coming soon. Aku penasaran banget gimana cek dna kulit. Karena aku juga belum menemukan skin care yang tepat.

    BalasHapus
  10. Aku jadi penasaran ama hasil pemeriksaan DNA kulitku. Teknologi keren ini harus didukung euy :)

    BalasHapus
  11. Bisa coba di rumah tes DNA nya sebenernya memang mengasyikkan nggak dan yang tahu hihi, cuma tetep aja deg-degan seperti nunggu hasil tes lulus ujian

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, aku juga masih penasaran sih sama tes dna ini

      Hapus
  12. saking keponya aku langsung daftar donk ke webnya, semoga kepilih jadi 100 orang pertama yang beruntung bisa mencoba ya mbak :)

    BalasHapus
  13. Kutak sabar kalo beneran ada alat tes DNA buat mengetahui jenis kulit. Jadi gak cape coba-coba skincare atau kena racun skincare dari testimoni temen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solusi tepat buat nemuin produk skincare yang cucok sama jenis kulit masing-masing wajah wanita

      Hapus
  14. Sepakat tentang "tes DNA ini dapat mengetahui keakuratan suatu hasil dari kulit kita sendiri" Mba. Oh iya sama satu lagi, pernah banget itu aku tanya ke dokter tentang jenis kulit. Jawabannya emang kulit kering, padahal menurutku sendiri kulitku itu berminyaknya sampai susah dikontrol itu. Cek lagi ah web nya buat mastiin

    BalasHapus
  15. Makin presisi dan efektif aja ya mbak cara-cara untuk mengetahui jenis kulit masing-masing. Dengan begitu, makin tepat juga cara perawatannya.

    BalasHapus
  16. Baru tau nih kalo tes dna bisa bikin tau jnis kulit kita lebih akurat, jdi ga salah klo pilih skincare dgn kandungan yg tepat.

    BalasHapus
  17. waaah keren banget nih untuk menentukan perawatan yang tepat sampe tes DNA< pasti hasilnya akurat yaaa untuk perawatan kulitnyaa, pengen nyobain deh jadinya hihihi

    BalasHapus
  18. Wah informatif sekali MBA , baru tau Cek kulit bisa pakai tes DNA . makin canggih aja Iyaaa sekarang buat Cek kondisi kulit . jadi pengen nyobain deh

    BalasHapus
  19. sumpaaah? aku baru tau ada tes DNA untuk tau jenis kulit kitaa. teknologi jaman sekarang mantep banget dah

    BalasHapus
  20. Wow tes DNA untuk kulit dan bisa dilakukan di rumah? Penasaran juga kayak apa. Makin maju aja ya teknologi di bidang kecantikan ini.

    BalasHapus
  21. Benar banget tuh tentang Consumer Pain Points!

    Baidewei, subway,
    Aku baru tahu kalau tes DNA juga bisa digunakan untuk penentuan perawatan skincare.
    Bagus nih buat meminimalisir consumer pain points ya

    annarosanna(dot)com

    BalasHapus
  22. Sejujurnya aku udah nyaman banget sama skincare yang sekarang, tapi boleh juga nih tes DNA biar bisa makin yakin pake skincare yang tepat, karna kulitku sangat susah dipahami hihi langsung daftar deh aku, siapa tau beruntung bisa ikut coba. Thanks infonya :D

    BalasHapus
  23. So exciting nih mba, kalo memang ada teknologi seperti ini jadi nggak perlu bolak balik gonta ganti dokter or perawatan karena bisa tau dengan secara tepat melalui test DNA

    BalasHapus
  24. akuu juga ka chie, yang ga sampe sebulan sekali k klinik kecantikan dan ngeliat adanya website cek kulit dnegan DNA kita, memudahkan ga perlu datang2 lagi k laboratory ya

    BalasHapus
  25. DNA kulit?
    Waah...aku baru denger, kak...tadinya aku perlu tes DNA untuk apa niih...?
    Yakin semua anggota keluargaku bener, wkkwkw...kebanyakan nonton drama Korea, jadi parno yaak..

    Mauuu~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas buka webnya...ternyata masih segera hadir, kak..
      Jadi ikutan deg-degan, hehehe..

      Hapus
  26. Jadi dengan melakukan tes DNA bisa langsung tahu dan mendapatkan perawatan kulit yang cocok dengan kebutuhan ya mbak

    BalasHapus
  27. aaah aku mau kepoin test DNA buat kulit ini supaya jadi cetar kulitku :)

    BalasHapus
  28. Ahahaha kondisimu sama kyk aku, aku jg ngrasanya berminyak tapi pas cek ke dokter katanya yg berminyak area T doank, pipi dll kering krn aku jarang kasi pelembab, minum kurang dll. Yaaa eamng gak bisa dikira2 yaaa, kudu cek dengan akurat kondisi kulitnya :D

    BalasHapus
  29. Penasaran banget gimana caranya test DNA tanpa ke lab, mau kepoin di webnya, kan kalau udah tau DNA kulit jadi gampang cari skincare yg cocok

    BalasHapus
  30. Makin canggih ya sekarang, ada tes DNA untuk mengetahui keadaan kulit dan masalah kecantikan, ngga hanya untuk kebutuhan forensik dll...

    BalasHapus
  31. Ada 16 jenis kondisi kulit? duh setahu saya selama ini cuma 3, normal, kering dan berminyak.

    Teknologi makin maju ya, untuk memilih perawatan kulit yang tepat bisa dilakukan dengan tes DNA

    BalasHapus
  32. Kak, aman gak sih tes DNA itu? Terus itu tesnya pake alat gitu ya? Kok bisa dilakukan di rumah.

    BalasHapus
  33. Wah keren nih.. aku aja sampai saat ini belum tau bener2 mba jenis kulit akutuh apa.. tes DNA ini sangat membantu yaa terutama agar gak lagi coba2 buat pakai skincare kalau sudah tau yg pas buat kulit kita

    BalasHapus
  34. Baru tau ada tes dna buat kulit. Jadi ga salah-salah ya mau merawat kulitnya gmn.
    Duh aku apa ya kira-kira hasil tes dna nya, kulit misqin atau kulit sultan?

    BalasHapus
  35. Perkembangan teknologi hri ini semakin canggih aja. Perawatan kulit udah sampai pada pendekatan DNA. Keren. Maulah ditest juga nih DNA ku cocoknya pake perawatan kayak apa

    BalasHapus
  36. Ini aku penasaran banget dengan tes DNA tanpa datang ke lokasi. Dan tadi sempat meluncur ke website nya, kepo banget tentang alat pendeteksi DNA sepereti apa yang akan dikenalkan ke publik

    BalasHapus
  37. Ini aku baru Tau bngt Ada tes DNA utk kosmetik yg cocok lbih akurat lagi ya biar gak berisiko,, mau k webnya kpingin tau lbih bnyk

    BalasHapus
  38. Teknologi sekarang semakin canggih aja ya...bahkan bisa tes DNA di rumah. Kalau udah melalui tes DNA, perawatan kulitnya bisa lebih pas dan aman ya ....

    BalasHapus
  39. Aku baru tahu loh mba, bahwa Tes DNA bisa untuk mencari kosmetik yang tepat untuk dipakai setiap hari

    BalasHapus
  40. Kalau dilakukan test DNA dulu maka sebelum melakukan coba-coba pada wajah kita sudah faham duluan jenis kulit kita dengan akurat ya Mbak.

    BalasHapus
  41. Tes DNA skg ada buT kulit yah, pgn coba tPi mash blm paham jenis kulit dma bagaimana caranya?

    BalasHapus
  42. Ku pikir Tes DNA buat cari tahu ini anaknya siapa kek di film-film gitu eh ternyata bisa untuk perawatan kulit, yaa. Mau coba ah biar ga perlu trial and error pakai skincare.

    BalasHapus
  43. Coba coba skincare terus hasilnya ngga cocok di kulit itu selain biaya terbuang, kulit juga jadi semacam percobaan. Daripada buang buang duit beli produk yang belum tentu cocok mending pakai tes DNA ini.

    BalasHapus
  44. Kalau di aceh belum ada nih tes beginian. Kalau udah ada tes dna untuk perawatan kulit, aku mau coba juga aaah. Jadi penasaran

    BalasHapus
  45. asli lhooo aku baru ngeeh kalua ada tes DNA untuk menentukan perawatan kulita yangpaling tepat. Tapi memang masuk akal sih..boleh juga dicoba

    BalasHapus
  46. Penasaran banget sama teknologi yang satu ini. Tapi baca uraian di aras memang masuk akal sih.. secara, DNA kan memang unik dan berbeda satu orang dengan yang lainnya. Jadi, dengan test ini bisa tahu dengan tepat jenis kulit kita dan perawatan yang dibutuhkannya.

    BalasHapus
  47. Mau ah langsung cek ke websitenya. Banyak yang rekomendasikan jadi sayang jika tak lakukan

    BalasHapus
  48. Kalo udah sesuai DNA biasanya mah tepat sasaran ya, gak salah-salah atau gagal pilih produk skincare lagi deh

    BalasHapus
  49. Mbak Chichie.. kalau udah coba test DNA ini tolong review juga ya mbak.. aku penasaran banget sama hasilnya :D

    BalasHapus
  50. Tes DNA kulit blm pernah apa aja yah yg di tes? Jadi penasaran

    BalasHapus
  51. Betul nih, mbak. Kalau lihat atau baca review dari para beauty blogger itu pasti deh pengen nyoba juga apalagi kalau tipe kulitnya sama dengan kita. Mana kadang produknya banyak banget juga. Heu. Kalau pakai tes DNA kayaknya bakal lebih mudah yaa

    BalasHapus
  52. Klo sudah ikutan tes DNA gitu, selanjutnya gmn
    Apa kita akan segera di rekomendasikan perawatan tertentu sesuai hasil tes nya kah

    BalasHapus
  53. Beneran nyari kosmetik yg sesuai kayak nyari jodoh Mbak ekh �� Tes DNA yg kutau itu buat nyari hub darah ortu-anak atau saudara. Cakep nih bisa nentuin kosmetik juga.

    BalasHapus
  54. Bagus nih kalau tes DNA dulu ya, Mbak
    Jadi ga asal treatment apalagi kalau kudu bayar mahal-mahal lalu hasilnya ga memuaskan

    BalasHapus
  55. Aku penasaran deh sama cara pengambilan DNA nya gimana trus berapa ya biayanya?

    BalasHapus
  56. Makin canggih saja ya, perawatan kulit sekarang sdh menggunakan tes DNA. Hasilnya tentu lebih baik utk kesehatan kulit kita

    BalasHapus
  57. Dulu taunya tes DNA itu kalo mau tau anak siapa sebenarnya hehe.. ternyata bisa juga ya untuk kulit.

    BalasHapus
  58. gak enak ya kalo pake skincare yang reviewnya kece eh taunya di kulit sendiri jadi bruntusan. mending di tes pak DNA aja kalo gitu

    BalasHapus
  59. Aku mau coba tes DNA kulit. Abisnya sebel juga lihat kulit wajah yang makin aneh terlihat.

    BalasHapus
  60. Ya ampunnnn, perawatan kulit level dewa ini! Biasanya tes DNA dipake buat cek keturunan kan ya. Kewl!

    BalasHapus
  61. DNA bukan utk test keturunan saja (ingat Mario Teguh), ternyata kulitpun pakai test DNA

    BalasHapus
  62. Apa coba ya yang nggak membantu zaman now? Perawatan aja bisa jadi maksimaldengan liat test DNA . Jos deh

    BalasHapus
  63. Kabarnya bisa dilakukan dengan mudah. Saya pengen banget deh ini cobain semudah apa mendapatkan hasilnya :)

    BalasHapus
  64. DNA bukan buat cek keturunan aja ternyata... tapi yaaa emang cek jenis kulit perlu sik.. terutama buat yang berhubungan sama skincare.. biar tepat dapet skin care buat jenis kulit apa

    BalasHapus
  65. Waaaw ku takjub, ternyata bisa juga periksa DNA kulit. Ternyata penting juga ya buat tau dari hasil pemeriksaan itu gimana kondisi kulit biar Gak salah pakai produk perawatan. Makin canggih pun nggak perlu ke lab bisa cek tanpa ribet.. :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke personal blog saya, mohon untuk tidak meninggalkan link hidup ya.