Lifestyle || Travel || Foodie

9/24/2019

Pentingnya Nutrisi Untuk Calon Ibu Agar Terhindar Dari Kehamilan Risiko Tinggi



"Kapan punya momongan?"
"Gak mau nambah anak lagi?"
"Mumpung masih muda, nambah anak lagi dong?"

Ini pertanyaan yang sering banget mampir ke telinga saya, sayangnya pertanyaan ini datang bukan dari keluarga inti saya. Kesel gak sih denger pertanyaan kayak gini? Awal-awala sih biasa saja sampai akhirnya kebal, hahahahaa... Padahal kalau hamil juga butuh persiapan loh, bukan persiapan dana saja tapi ada yang lebih penting harus dipersiapkan. Persiapkanlah pondasi yang baik bagi calon anak yang akan kita lahirkan. 

Sebenarnya awal menikah dulu tahun 2010 pengennya gak cepat-cepat punya momongan, santai dululah. Tapi akhirnya waktu setelah tujuh bulan menikah, saya dan suami memutuskan untuk program anak saja. Mengingat usia saya dan suami terpaut 11 tahun bedanya. Jadi sepertinya memang sudah saatnya mencoba beberapa saran teman-teman.

Awalnya sih ingat perbincangan dengan sahabat saya, dia bilang sama saya "kalau bisa nanti hamil jangan lewat usia 30 tahun ya, karena badan akan capek beda banget sama lahiran dibawah 30". Alhamdulillah sepertinya Allah mendengar doa-doa saya untuk memiliki anak sebelum usia 30 tahun.


Nyatanya calon ibu masih banyak yang kurang memperhatikan nutrisi saat ia mempersiapkan kehamilan. Dari hasil Riskesdas tidak hanya anemia dan mengalami kekurangan energi kronis saja. Tapi juga 1 dari 2 ibu hamil mengalami kekurangan asupan protein (SKMI 2014), sementara lebih dari 50% ibu hamil mengalami kekurangan asupan zat besi, zinc, kalsium, serta vitamin A & C. 


Kualitas kesehatan dan gizi ibu sebelum dan selama kehamilan akan mempengaruhi kesehatan janin yang akan dilahirkan dan menentukan tumbuh kembang si Kecil di masa depan. Danone Indonesia ingin mengedukasi masyarakat tentang pentingnya supa nutrisi yang seimbang dan dukungan lingkungan untuk mendukung ibu menjalani kehamilan risiko tinggi. 


Kehamilan Risiko Tinggi

Karena saya belajar dari banyak pengalaman teman-teman yang sudah memiliki anak lebih dulu, jadi ada bekal untuk mempersiapan segalanya. Termasuk menjaga pola makan, yang saya ingat tuh, dulu selalu rajin minum susu untuk persiapan ibu hamil. 

Waktu datang ke dokter kandungan pun banyak disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi. Yang pasti konsumsi asam folat yang cukup sebelum hamil terbukti dapat mengurangi kehamilan risiko tinggi. Untuk yang lagi persiapan hamil, ada baiknya untuk asam folat ini dikonsumsi sebelum kehamilan atau pada tahap persiapan.

Dr. dr. Ali Sungkar SpOG(K), Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan mengatakan bahwa kehamilan berisiko tinggi dapat membahayakan kesehatan ibu dan anak apabila tidak ditangani dengan baik. "1000 Hari Pertama Kehidupan, termasuk 270 hari di dalam kandungan, merupakan masa penting yang akan mempengaruhi kondisi kesehatan dan tumbuh kembang si kecil di masa depan. Kehamilan risiko tinggi yang tidak ditangani dengan baik berpotensi memiliki pengaruh terhadap anak di dalam kandungan, seperti perkembangan janin tidak sempurna, berat janin kurang, kelahiran prematur, maupun bayi berat badan lahir rendah."

Kehamilan Risiko Tinggi
  1. Hamil dengan penyakit penyerta seperti asthma, kelainan paru, diabetes, kelainan jantung, kelainan ginjal, penyakit autoimun (SLE, APS dan lainnya).
  2. Hamil dengan penyulit, pre eklampsia-eklampsia, GDM, hipertensi, IVF, Miom, kelainan letak plasenta, infeksi, ancaman persalinan pretern.
  3. Hamil dengan riwayat operasi terlebih dahulu, seperti operasi ginekologi, operasi jantung dan lainnya.
  4. Usia saat hamil, risiko kelain kongenital, hormon.
Nah, jadi keingat waktu hamil dulu pas program jadi ketauan kalau saya ada miom dan letaknya persis di jalan lahir. Awal tau sebenarnya sedih, tapi pas dapat dokter yang selalu ngasih support dan bikin tenang jiwa dan raga. Jadi sudah dipastikan saya lahiran dulu lebih memilih secar karena mau sekalian mengangkat miom. 


Di Indonesia menempati peringkat ke 5 di antara negara-negara dengan jumlah kelahiran prematur terbesar dengan angka 675.500 bayi di tahun 2010. Berbagai faktor risiko kehamilan risiko tingkat tinggi masih banyak ditemui di Indonesia. Untuk ibu hamil harus mewaspadai, menghindari, dan menangani kehamilan risiko tinggi.

Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam penanganan kehamilan risiko tinggi adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi makro dan mikro yang bervariasi di tiap tahapan mulai dari prakehamilan, trisemester 1, 2, dan 3 serta para ibu menyusui. Yang harus diperhatikan adalah asupan makanan mereka mengandung zat-zat gizi penting seperti protein, karbohidrat, lemak, kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin D, vitamin B12, asam folat dan iodine.


Persiapan Tubuh Untuk Hamil

Nutrisi yana harus diperhatikan oleh para calon ibu:
  1. Tingkatkan asupan zat besi, cadangan zat besi perlu ditingkatkan sejak sebelum kehamilan. Asupan zat besi harus dipastikan cukup sejak sebelum hamil karena di masa kehamilan sulit bagi calon ibu mempertahankan kadar besi karena janin di dalam kandungan menggunakan cadangan mineral ini. Untuk sumber zat besi ini bisa didapatkan dari daging merah, kuning telur, hati, sayuran hijau, jeruk dan serealia yang diperkaya akan zat besi.
  2. Makan gandum utuh, ibu hamil sudah dipastikan harus mengonsumsi makanan kaya nutrisi sebanyak mungkin. Seperti oatmeal, beras merah, roti gandum utuh. Untuk calon ibu sebisa mungkin kurangi konsumsi karbohidrat olahan, seperti roti putih, pasta dan nasi putih.
  3. Konsumsi buah dan sayur, mengandung beragam vitamin dan mineral, hal yang dibutuhkan bagi calon ibu untuk menyambut buah hati. Sayuran seperti bayam, selada, asparagus, dan brokoli mengandung vitamin B (folat) tinggi. Mengonsumsi makanan kaya folat selama prakonsepsi dan kehamilan dapat membantu cegah bayi dengan cacat lahir.
  4. Makan ikan, makanan laut adalah sumber asam lemak omega-3 terbaik, dan menurut beberapa ilmuwan, lemak esensial ini mungkin memiliki efek positif pada kesuburan. Asam lemak omega-3 juga penting untuk perkembangan otak dan mata bayi. Bahkan omega-3 dipercaya dapat menurunkan risiko kelahiran prematur, menurunkan kemungkinan preeklamsia dan mengurangi depresi.
  5. Protein, merupakan bagian penting dari pola makan sehat.Dari penelitian ahli di Harvard Medical School menemukan bahwa calon ibu yang mengonsumsi satu porsi protein nabati setiap hari (seperti kacang-kacangan, kacang polong, kedelai atau tahu) lebih rendah mengalami infertilitas karena masalah ovulasi.
  6. Batasi kafein, mengonsumsi kafein yang sangat penting, lebih dari 500 miligram perhari, atau sekitar tiga hingga empat cangkir kopi dengan ukuran 8ons mungkin ini bisa mengganggu kesuburan.
  7. Hindari alkohol, untuk para calon ibu harus menghindari konsumsi alkohol sejak merencanakan kehamilan. Alkohol juga dpat membahayakan janin yang sedang berkembang di dalam rahim.

Ibu Hamil Butuh Support System 

Yang paling diperlukan calon ibu itu adalah adanya support system, suami, keluarga inti, teman-teman sekat atau teman-teman komunitas. Yang paling saya ingat dari omongan mbak Putu Andani adalah "ini kehamilan berdua ya, karena bikinnya berdua". Alhamdulillah banget waktu hamil tahun 2013 lalu dikasih mood yang bagus, kesehatan dan tentunya kebahagian. Iya bahagia banget karena hamilnya lancar, gak ngidam dan ini sukses bikin saya nyaman mau kemanapun.

Tidak hanya memenuhi nutrisi, ibu dengan kehamilan risiko tinggi perlu mendapatkan dukungan secara mental dari orang-orang di sekitarnya. Kalau katanya mbak Putu Andani M.Psi, Psikolog dari Tiga Generasi memaparkan "Dalam kondisi hamil normal saja, ibu sudah dihadapkan dengan berbagai tantangan dan perubahan psikologis seperti tinggak stress. Kehamilan berisiko tinggi tentunya bisa melipatgandakan tingkat stress ibu dan memberikan dampak negatif pada diri ibu dan janin. Untuk pencegahannya, dibutuhkan cara penanggulangan stres yang tepat melalui dukungan support system yang dapat membantu ibu mengelola tekanan secara sehat. Mulai dari ibu sendiri, suami, keluarga dan teman dekat.

Yang sering menjadi pembicaran di grup what's app itu memang kita para ibu hamil maupun yang sudah melahirkan membutuhkan support system. Apalagi untuk ibu yang baru melahirkan, ini sangat diperlukan sekali dukungan dan perhatian. Karena dengan begitu dapat meningkatkan kondisi kehamilan ibu agar tidak merasa sendirian saat menjalani kehamilan berisiko tinggi.

Buat para calon ibu mari kita sama-sama dukung ibu hadapi kehamilan risiko tinggi. 




80 komentar on "Pentingnya Nutrisi Untuk Calon Ibu Agar Terhindar Dari Kehamilan Risiko Tinggi"
  1. jaman sekarang tu bersyukur banget ya mbak semua serba di mudahkan, sampai hamil juga infonya sangat beragam jadi ibu muda sekarang ga bakal bingung karena banyak sekali informasinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, iya nih zaman sekarang tuh serba enak bangetlah menurutku

      Hapus
  2. Setuju banget sih. Ibu hamil memang butuh gizi yang memadai dan dukungan dari sekitar

    BalasHapus
  3. Yap, support system tuh penting banget karena jadi penyemangat nih mba buat bisa lancar hadapi kehamilan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak Lid, serem soalnya kalau sampai gak dapat support

      Hapus
  4. Semoga kehamilan semua orang sehaaatt dan lancar.
    BuMil dan support system kudu banget menggali info seputar kesehatan, plus 1000 hari pertama kehidupan ya Mak. Karena ini golden ages yg tdk terulang
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  5. Bener sekali mba hamil memang butuh cukup nutrisi. Kehamilan saya sekarang kekurangan zat besi, tapi sekarang saya kejar penuhi nutrisi mudah-mudahan HB bisa naik pas 7 bulan nt.

    BalasHapus
  6. Sepertinya aku udah nggak berkesempatan untuk hamil di bawah 30 tahun mba hehe, tapi bersyukur sekarang sudah makin banyak info seputar kehamilan termasuk pentingnya nutrisi ini.

    BalasHapus
  7. Ibu hamil memang harus memperhatikan nutrisinya ya, nggak cuma makan asal kenyang saja. Syukurlah sekarang ini informasi seputar kehamilan/kelahiran bisa didapat dengan lebih mudah, sehingga calon ibu pun bisa mendapat pengetahuan dengan lebih baik dan lengkap.

    BalasHapus
  8. Duh beneran penting banget nutrisi utk bumil.. karena efeknya jangka panjang juga.. selain resti buat ibunya.. anak juga resiko kena stunting ya..

    BalasHapus
  9. Ga nyangka ya ternyata Indonesai masuk ke dalam 5 besar bayi prematur :( Iya nih makanya bumil harus bisa meningkatkan kesehatan janin beserta ibu tentunya. Pola makan yang cukup, istirahat dll dibutuhkan juga support system ya supaya terjaga kandungannya.

    BalasHapus
  10. Waah, infonya bermanfaat banget nih mbak. Well, aku baru tahu ternyata mengonsumsi minuman berkafein itu mempengaruhi kesuburan yaaa. Padahal aku suka banget tuh minum kopi dan teh.

    BalasHapus
  11. Banyak juga ya nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil. Kesehatan ibu dan janin benar2 harus dijaga bersama ya..

    BalasHapus
  12. Ternyata butuh banyak komponen untuk menjaga kesehatan dalam menjaga kehamilan yg baik ya.. seperti mengkonsumsi protein & sayuran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap ibu hamil emang harus memperhatikan komposisi makan ya. Protein dan sayur enggak boleh ketinggalan demi kesehatan si jabang bayi yang ada dalam perut plus kesehatan bumilnya juga.

      Hapus
  13. Asupan zat besi memang yang paling aku utamakan waktu mau hamil dulu, terutama karna aku darah rendah, thanks infonya ya mba

    BalasHapus
  14. Penting banget nih support system selama kehamilan dan pasca melahirkan. Herannya orang-orang kita masih banyak yang puny kesadaran kesana. Katanya bermaksud untuk peduli, padahal omongannya lebih tepat dibilang ngebully.

    BalasHapus
  15. Aku juga lagi hamil anak kedua. Emang uda diplanning tp krn jaraknya deket sama yg oertama jadi suka dikiran kebobolan 🤣. Tapi enaknya jadi masih inget sih apa aja do's and dont's selama kehamilan.

    BalasHapus
  16. Asupan nutrisi bagi ibu hamil memang harus dijaga sebaik mungkin. Supaya janin juga mendapat nutrisi yg baik.

    BalasHapus
  17. Masa masa hamil, melahirkan, menyusui, membesarkan anak sungguh perjuangan yang membutuhkan dukungan banyak pihak ya mba

    BalasHapus
  18. Saya salah satu yg mungkin beresiko tinggi ini Mbak. Usia sudah 40 tapi masih menginginkan hamil dan punya bayi. Banyak yg bilang usia 40 rentan tapi saya percaya dengan kekuasaan Nya. Beberapa informasi ini sangat membantu sekali dan bermanfaat bagi saya. Terimakasih

    BalasHapus
  19. Betul banget untuk 1000 Hari Pertama Kehidupan merupakan masa penting yang akan mempengaruhi kondisi kesehatan dan tumbuh kembang si kecil di masa depan
    Aku sering denger kata-kata ini

    BalasHapus
  20. Ahahaha aku yang udah dua aja masih sering ditanya kapan anak ketiga, waduh haha. Kalau aku emang kehamilan pertama punya masalah sama fisik, kehamilan kedua sebenarnya juga tapi tak separah yang pertama, jd agak trauma haha. Ember, bener banget ibu hamil butuh support dari kanan kiri, gak boleh setres dan tentu saja dukungan atas pemenuhan gizinya jg ya

    BalasHapus
  21. Bener banget nih. Untuk hamil memang butuh persiapan. Tapi aku dulu hamil aja terus wkwk saking gak nemu KB yang cocok. Untungnya suami support dengan kasih susu hamil dan makanan bergizi.

    BalasHapus
  22. Nutrisi buat bumil penting banget dimaintain, bukan hanya buat siibu tapi juga buat si dede bayi nantinya

    BalasHapus
  23. Memang banyak hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil ya, mulai dari nutrisi yang mencukupi hingga supporting system. Selama hamil kalau bisa juga relaks aja enggak usah terlalu khawatir ini itu apabila memang tidak ada masalah khusus selama kehamilan.

    BalasHapus
  24. Banyak hal yang diperhatikan untuk ibu hamil ya karena tidak hanya nutrisi tapi support sistem dari keluarga juga ya

    BalasHapus
  25. Yap, sewaktu hamil, ibu harus mempersiapkan diri dengan makanan yang memenuhi kecukupan gizi

    BalasHapus
  26. sampe skr jg masih adaa aja yg komen nyuruh aku hamil lagi, hahaha.
    dulu pas hamil makan bener2 dijaga dan diatur nutrisinya demi pertumbuhan si jabang bayi :)

    BalasHapus
  27. Aku termasuk yang ngga merencanakan kehamilan :D abisnya setiap direncanain kok ngga pernah jadi hihihihi tapi emang hamil itu perlu perhatian khusus dari mulai awal kehamilan, makanan, support dan segala aspeknya, sehingga Bumil jg happy & bayi yg lahir pun sehat :)

    BalasHapus
  28. alhamdulillaah karena aku dapat anaknya luamaaaa banget jadi saat hamil yang bedrest pun menikmati saja

    saya juga perhatiin banget terutama susu untuk bumil, karena itu penting agar tidak hydrocephalus ya katanya. gemuk sih abis hamil dan melahirkan, tapi kan alhamdulillah anaknya sehat juga ...

    semangat yaaa Chi

    BalasHapus
  29. Nutrisi yang cukup saat hamil penting sekali ya. Karena nutrisi yang cukup bisa mengurangi Resiko kehamilan dan melahirkan bayi yang sehat

    BalasHapus
  30. Ibu hamil sangat butuh asupan gizi yang lengkap dan semangat dari orang2 yang dicintai agar ibu dan bayi bisa tumbuh sehat dan bahagia lahir batin

    BalasHapus
  31. Alright yaa Mba. Utk hamilpun kudu ada persiapan yaa. Selain persiapan dana tentunya. Karena 1000HPK dimulai sejak hari awal kehamilan.

    BalasHapus
  32. Persiapan kehamilan memang penting banget.
    Baik dari sisi nutrisi dan terlebih lagi mental.
    Mental siap hamil dan menjadi Ibu bahagia ini akan berefek baik untuk calon janin.

    BalasHapus
  33. Jadi ingat, pas bafu nikah dan masih bekerja, teman sekantor ada yg ngasih susu persiapan untuk hamil, enaaak rasanya apa krn itu ya saya dua bulan nikah langsung hamil hi..hi.. Tapi makan makanan yg sehat, dan persiapan mental istri dan suami memang bantu banget ketika lagi program mau punya baby

    BalasHapus
  34. Makasih ilmunya.. Reminder banget buat aku. Aku sejak awal kehamilan selalu minum vitamin dari dokter. Alhamdulillah sekarang gak kerasa udah mau lahiran aja.. Doakan sehat-sehat ya mbak

    BalasHapus
  35. Noted banget nih mbak bagi saya, krn saya blm begitu paham soal dunia nutrisi, apalagi soal nutrisi ibu hamil. Ternyata penting banget ya memenuhi asupan nutrisi ibu hamil

    BalasHapus
  36. yap salah satu nutrisi yg penting perlu diperhatikan adalah zat besi. saya dulu sempat anemia karena kurang zat besi, huhu .. untunglah gak sampai perdarahan

    BalasHapus
  37. Banyak yang gak ngerti soal ini. Jadi makan bergizinya pas udah hamil. Padahal sebelum hamil itu lebih penting persiapannya biar selama kehamilan sampau melahirkan itu lancar jaya

    BalasHapus
  38. usia saat hamil pengaruh banget yaa buat tumbuh kembang si kecil dalam rahim. saya jadi harap2 cemas nih mengingat usia mo kepala 3 sedangkan rencana hamil inginnya saat Zril usia 5 th

    BalasHapus
  39. Betul banget, bumil butuh support system' biar nyaman dan setrong menghadapi kelahiran..selain suami, keluarga besar, juga sahabat yaa

    BalasHapus
  40. Ilmu yang bermanfaat banget utk calon ibu. Tidak sebatas pola makan, tapi juga pola hidup secara keseluruhan agar calon ibu siap secara fisik dan mental.

    BalasHapus
  41. Ibu hamil memang butuh nutrisi yang cukup untuk calon baby nya. Bahkan dia juga butuh banget support system dari suami, keluarga, agar menjalani kehamilan dengan lancar dan bahagia

    BalasHapus
  42. Setuju banget, Mbak. Saya dua kali hamil, alhamdulillah diberi kelancaran. Selain saya juga memperhatikan asupan, saya juga dapat support yang luar biasa dari orang-orang terdekat.

    BalasHapus
  43. Nutrisi saat hamil itu memang penting banget, bahkan sebelum hamil kan juga sama pentingnya.
    Selain itu support sistem utama dari keluarga juga sangat amat harus deh demi kelancaran segala hal

    BalasHapus
  44. betul dan sepakat, bumil butuh support kenyamnan, kebahagian dan dijaga kesehatannya, semua akn berdampak pada anak soalnya nanti ya kan

    BalasHapus
  45. Huhuhu setujuuuu menyusui dan hamil sma-sama butuh support system. Yang terbaik ya mak yang penting bahagia nambah lagi atau nggak😘😘

    BalasHapus
  46. Kalau ada yang ngobrolin hamil ini duuh saya malah jadi sedih. Sudah 5 tahun lepas KB belum juga dikaruniai lagi. Anak pertama sudah nggak sabar ingin punya adik lagi.

    BalasHapus
  47. Aku sepakat bahwa hamil itu butuh support sistem yang baik. Perubahan hormon terjadi bakal berpengaruh ke ibu . Jadi dukungan penuh untuk ibu penting. Apalagi jika terjadi hal-hal seperti baby blues maupun ppd.

    BalasHapus
  48. Nutrisi untuk ibu hamil memang sangat penting ya mba, makanya kadang suka sedih kalau ngeliat ada ibu hamil yang makannya kurang dijaga :'( tapi balik lagi ke masing-masing individu nya ya mba. Support system juga bener-bener ngebantu banget, dulu inget waktu hamil, apa-apa serumah jadi ikutan mikir, ikutan repot tapi seneng jadinya banyak yang perhatian, hihihi. makasih sharingnya mba :)

    BalasHapus
  49. Saya sangat berharap kehamilan kedua ini lancar seperti yang pertama dan tidak menyisakan masalah apa apa setelahnya

    BalasHapus
  50. Bener2 harus menjaga nutrisi, pola makan istirahat yg baik dn klola stress selama prioes kehamilan ya mba

    BalasHapus
  51. hallow kak chichie, fotonya keren-keren lho aku suka banget deh, btw waktu hamil kaka aira aku pernah konsul sama dokter ali sungkar karena khawatir soal kehamilanku, maklum waktu itu aku gak doyan makan

    BalasHapus
  52. Aku baru 1 tahun menikah dan belum punya momongan. Tapi yang pasti sih, kami enjoy aja. Yang ribet kanan kiri, hehehe. Walaupun begitu, bener apa yang mbak chichie ulas nih. Walaupun belum ada momongan tapi saya juga tetep jaga kesehatan dan nutrisi. Persiapan sejak sekarang untuk kesehatan sebelum hamil.

    BalasHapus
  53. Usia saat hamil dan riwayat operasi sebelumnya itu memang rentan kak chie, soalnya daku pernah denger cerita mantan bosku yang berkisah tentang 2 hal rentan tersebut, tapi alhamdulillah beliau tetap bisa melahirkan dengan selamat 😊

    BalasHapus
  54. Klo mulai awal kehamilan sudah memiliki nutrisi yg baik dan support sistem , ibu akan terhindar dari ppd ya

    BalasHapus
  55. Info seperti ini bermanfaat banget untuk para calon ibu dan ibu hamil ya. Karena golden age anak dimulai dari masa kehamilan bahkan ada yang bilang juga dimulai sejak masa pra konsepsi. Jadi memang harus mempersiapkan diri secara fisik dan mental supaya hamilnya sehat dan janin tumbuh optimal.

    BalasHapus
  56. Terima kasih, Mba, sudah mengingatkan. Menjadi reminder juga agar kita peka akan kondisi ibu hamil di sekeliling. Bahkan walaupun tidak kenal (di kendaraan umum, misalnya), bahkan meskipun ibu itu tampak baik-baik saja (karena ada juga yang beranggapan tidak mau merepotkan orang lain atau memang memilih mengabaikan gejala awal kondisi khusus yang sudah mulai muncul).

    BalasHapus
  57. Wah aku lagi promil nih.. Asam folat udah jadi concern aku sekarang dan udah sering makan ikan padahal dulu waktu masih gadis tuh males banget makan ikan hihii.. Bismillah semoga bisa hamil secepatnya.. aamiin

    BalasHapus
  58. Ini benar banget mbak. Kebanyakan kita tidak aware dengan kebutuhan nutrisi sebelum kehamilan, tau-tau udah 4 Minggu aja usia kehamilannya. Ditambah nanti mual muntah di trimester pertama kehamilan.

    BalasHapus
  59. Nah kalau asupan sudah dijaga tapi support system ga ini juga jadi masalah kadanag support system yang ga support malah bikin sensitif bumil hehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. nutrisi emang wajib banget dijaga ya mba jangan sampe terjadi hal-hal tidak diinginkan pada janin agak serem juga sih kalau ga jaga nutrisi

      Hapus
  60. Ibu hamil rentan dengan berbagai penyakit apalagi sedang membawa calon bayi. Untuk itu dibutuhkan nutrisi yang sehat. Selama hamil saya paling suka makan ikan mbak. Tak hanya itu, support system itulah mood booster banget sama bumil.

    BalasHapus
  61. Kebutuhan ibu hamil itu bukan hanya nutrisi tapi support dari orang2 sekitar juga sangat berpengaruh ya..
    Semoga calon ibu yang baca blog ini bisa mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat ya..

    BalasHapus
  62. Daku juga sependapat kak Chichie, jadi belajar dari pengalaman teman-teman yang sudah lebih dulu melahirkan, dan itu yang sedang daku dalami.

    BalasHapus
  63. bener banget nih. baik ibu hamil maupun yang sudah melahirkan perlu banget support yang baik dari lingkungan sekitarnya terutama suami pastinya

    BalasHapus
  64. nutrisi menjadi salah satu hal terpenting untuk calon ibu ya mbak, bersyukur sekarang teknologi semakin canggih jadi informasi seperti ini sangat mudah didapatkan meski sepertinya tetap harus atas rekomendasi dokter saat mempraktekkannya

    BalasHapus
  65. Bagi bumi penting banget asupan nutrisi, karena untuk asupan makanan bagi janin biar sehat

    BalasHapus
  66. Memang yangnamanya perempuan kalau mau jadi ibu kudu disiapin menatl dan fisiknya ya mbak. Khususnya fisik nih kudu cek2 dan makan makanan brgizi gtu dan turutin kata dokter, khususnya buat yang setiap hamil mabok dan susah menelan apapun, beneran kudu cari cara gmn caranya supaya nutrisinya tetap bisa terpenuhi ya...

    BalasHapus
  67. masyaallah, makasih yaaa informasinya lengkap bangeeett...aku suka jd merasa bersalah, krn kesundulan terus jadi belum pernah sempat mempersiapkan kehamilan dgn benar (tuh kan, mbrebes mili lagi..) tapi apapun itu sudah takdir Allah yaah, mgkn dengan begitu jg krn memang diriku cukup sehat untuk mengemban amanah lagi dalam rahim *lah jadi curhat

    BalasHapus
  68. Alhamdulillah ketemu sama artikel ini. Auto save lah buat pembelajaran sebelum hamil, pas waktu hamil biar tetap sehat dan nutrisi tetap terpenuhi

    BalasHapus
  69. Bener banget sih emang, pertama hamil dulu waktu masih umur 20-an, sekarang hamil lagi udah 30-an rasanyaa jadi kayak lebih cepet capek dan lebih-lebih lainnya deh 😅. Umur emang gak bisa boong ya..

    BalasHapus
  70. Pas nih aku lagi siap siap program hamil lagi hehehe. Sebentar lagi Rio mau 3 tahun dan kayanya pengen nambah adik. Makasih mbak ilmunya. dr. Ali Sungkar ini salah satu dokter favorit! :D

    BalasHapus
  71. Mendadak senyum dikulum, pas di bagian ini:

    "... ini kehamilan berdua ya, karena bikinnya berdua".

    Setuju pakai banget!
    Bahahaha

    Jadi dukungan support system is a must, indeed!
    Terutama, dari pasangan ya.

    ... kan buatnya berdua, bahahaha

    BalasHapus
  72. Ibu hamil tidak hanya butuh asupan nutrisi juga ya mba. Tapi butuh support system untuk meningkatkan rasa percaya dirinya untuk pasca melahirkan ya.

    BalasHapus
  73. ada 1 hal yang kulanggar sampai melahirkan yaitu batasi cafein, itu kata dokter bisa menyerap zat besi yang kita konsumsi, mau sebanyak apa makanan maupun zat besi obat yang dikonsumsi akan luntur, hiks,,, nice sharingnya

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke personal blog saya, mohon untuk tidak meninggalkan link hidup ya.