Destinasi Wisata Malang Yang Menarik


Malang memang tidak pernah membuat pengunjungnya bosan, baik itu karena bangunan bersejarahnya maupun pemandangan alamnya yang cukup menarik dan segar dipandang mata. Jika Anda ingin menikmati destinasi wisata malang yang menarik, berikut daftar tempat wisata yang direkomendasikan hanya untuk Anda. 


1. Gunung Bromo
Foto by Mrs. Renjana (@mrs.renjana)
Salah satu gunung yang paling melegenda di Indonesia adalah Gunung Bromo. Gunung ini cukup dikenal karena memiliki pemandangan yang indah di sekelilingnya. Wisata Gunung Bromo ini juga dikenal hingga ke Mancanegara. Lokasinya terletak di antara Malang dan Lumajang sehingga posisi Bromo benar-benar tepat di tengah Kota Malang dan Lumajang. 

Jika Anda ingin kesini, jangan lupa jika kawasan ini dibuka selama 24 jam sehingga Anda bisa datang kapan saja. Tarif masuknya hanya sekitar Rp27.000 pada hari biasa dan Rp32.500 pada hari libur. Gunung berapi yang masih aktif ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Kawasan gunung ini masih bersatu dengan Bromo Tengger Semeru. Suku Tengger merupakan suku asli yang tinggal di kawasan Gunung Bromo. Dalam setahun sekali suku tersebut mengadakan upacara adat yang disebut Yadnya Kasada atau Kasodo. Nah pada saat upacara ini berlangsung, pengunjung Bromo semakin meningkat terutama turis asing. 


2. Gunung Semeru
Foto by Mrs. Renjana (@mrs.renjana)
Selanjutnya ada Gunung Semeru yang lokasinya tidak jauh dari Gunung Bromo. Anda juga bisa menikmati kawasan Semeru kapan saja dengan membayar sekitar Rp20.000 di hari biasa dan Rp30.000 pada hari libur.

Destinasi wisata di Malang yang satu ini juga merupakan dianggap sakral bagi masyarakat Jawa timur. Bagi umat Hindu sendiri, gunung ini diyakini sebagai tempat bersemayamnya para dewa Hindu. Saat berkunjung ke Semeru, Anda akan melihat pemandangan yang unik seperti pohon-pohon yang dililit dengan kain berwarna kuning dan putih. 

Bagi para pendaki juga dilarang untuk mendirikan tenda di gunung ini. Anda bisa melihat spot cantik lainnya selain gunung itu sendiri yakni danau cantik yang tidak jauh lokasinya dari tempat pendaftaran pendakian gunung. Jika dilihat sekilas danau tersebut mirip dengan perairan yang berada di kaki bukit negara New Zealand maupun Switzerland. 


3. Taman Wisata Selecta
Setelah melihat lokasi wisata gunung-gunung dengan pemandangan indahnya. Anda juga harus berwisata ke Taman Wisata Selecta berikut ini. Lokasi tempatnya berada di Jl. Raya Selecta, No. 1 Tulungrejo, Kecamatan Batu. Jam operasionalnya dimulai dari pukul 06.00 pagi hingga 18.00 sore dengan tarif tiketnya sekitar Rp25.000 per orangnya dan berlaku setiap hari. 

Ada banyak spot foto menarik dan wahana asik disini, Anda bisa bermain Flying Fox, Sky Bike, berkuda, naik perahu bebek, kora-kora dan mandi dengan air panas. Tarif untuk setiap fasilitas tersebut juga tergolong murah. Untuk biaya parkir bus dikenakan tarif sekitar Rp20.000, mobil tarif Rp10.000 dan motor dengan tarif Rp5.000. 


4. Pantai 3 Warna
Beralih ke tempat wisata pantai yakni Pantai Tiga Warna. Lokasi pantai ini tepatnya berada di Jl. Sendang Biru, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang. Jam operasionalnya berawal pada pukul 07.00 hingga 18.00 dengan operasional setiap hari kecuali hari Kamis. Anda cukup membayar tarif tiket sebesar Rp10.000 per orang untuk bisa menikmati keindahan alam pantai yang hadir dengan tiga warna ini. Pengunjung pantai ini dibatasi sebanyak 100 orang per harinya.


5. Pulau Sempu Malang
Siapa yang tidak ingin berlibur ke sebuah pulau? Malang juga memiliki destinasi wisata yang menarik yang disebut Pulau Sempu. Lokasinya berada di Jl. Raya Sendang Biru, Pondok Dadap, Kabupaten Malang. Jam operasionalnya 24 jam dengan tiket masuk sekitar Rp38.000 per orang. Pulau ini merupakan pulau kecil yang menyimpan sejuta pesona. Anda bisa menikmati indahnya dengan naik perahu yang tarifnya sekitar Rp100.000 per 15 orang. Datang saja pada saat pagi hari dan mereka akan membawa Anda keliling pulau dengan perahu. Asik, bukan? 

Buat kamu yang sedang merencanakan liburan bersama keluarga bisa main ke Malang nih sebagai destinasi liburanmu. 





45 komentar

  1. terakhir ke selecta itu 10 tahun lalu saat masih pacaran dengan mas bojo, wkwkkw... pingin ke sana lagi, gimana ya bentukannya sekarang selecta?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga jaman ke selekta itu masih kecil dan sama almarhum papahku

      Hapus
  2. Malang emang kwereeenn pol!
    Tapi di Batu skrg lagi hujan debu/pasir Mba.
    Jadi kalo mau ke Malang atau Batu, better nunggu kondisi membaik kayaknya
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hoalah di Batu lagi hujan debu toh, aku lagi pengen banget jalan ke Malang.

      Hapus
  3. Banyak traveler yang bilang, Indonesia memiliki beragam kekayaan alam dan pemandangan yang mengagumkan! baru di satu area JaTIm aja udah segini banyak destinasi yang aku belum kunjungin..

    belum lagi daerah Timur dengan pantai pantai menawan, rasanya cintaaaa banget sama Indonesia

    BalasHapus
  4. ku pengen oi naik gunung, tapi tak kuat mendaki, hahaha. Maka itu lebih suka di daerah pantai aja, pantai 3 warna di Malang, boleh deh saya bidik, hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku pun demen daerah pantai tapi kadang main ke pegunungan nampak seru

      Hapus
  5. Kalau aku baru ke Selecta aja. Waktu itu lumayan dingin padahal siang sampe sore. Maunya kalau ke Malang lagi ya coba ke gunungnya sekalian stay beberapa hari di sana

    BalasHapus
  6. Segitu baru Malangnya ya, Mbak. Belum kalau kearah Batu, banyak lagi yang ciamik.
    Mana udara disana dingin pula. Best deal banget kalau mau liburan emang ke Malang dan sekitarnya. Tempat berburu tempat, berburu kulineran jugaaa.

    BalasHapus
  7. Ugh, jadi kangen Malang. Aku belum pernah ke pantai 3 warna. Kayaknya bagus banget ya

    BalasHapus
  8. Belum pernah ke semua tempat di atas, eui.
    Sepakat sama Mak Tanti, ini baru di Malang saja ya, sudah banyak destinasi indah.
    Kayaknya kudu seminggu nih di Malang. Biar puas :)

    BalasHapus
  9. Penasaran sama pantai 3 warna deeh. Ada warna apa aja, ya? Terakhir pergi ke pantai rasanya mager banget nggak mau ngapa-ngapain selain memandangi pantainya itu sendiri haha. Bisa jadi kalau ke pantai 3 warna akan gitu juga kali.

    BalasHapus
  10. wah...penasaran dg pantai tiga warna. kenapa dibatasi pengunjung cuma 100 ya? kalau misal datang rombongan 20 orang trus nomor trakhir sdh 90, apa yg 10 orang ga boleh masuk? hejehe..penasaran

    BalasHapus
  11. Di Malang itu tempat wisatanya sangat komplit. Apa-apa kayaknya ada. Dan memang sangat menarik. Saya penasaran dan pengen bsnget ke Pantai 3 warna. Tiket masuknya juga murah meriah cuma Rp 10.000, menariknya lagi pengunjung dibatasi hanya 100 orang per harinya. Jadi enggak berjubel banget deh.

    BalasHapus
  12. Pantai di Malang itu jauh dari pusat kota ya mbak? Aku akhir tahun kemarin ke Malang, pengen ke pantai tapi lihat jarak dari Google map kok jauh. Batal deh akhirnya. Rencana akhir tahun ini ke Malang lagi. Pengen ke Pantai Sempu dan Air terjun sama ke Bromo

    BalasHapus
  13. yg belum pernah tuh ke sempu. katanya suruh reservasi dulu. pengen sekeluarga nginep di sana

    BalasHapus
  14. Pulau Sempu masih dibuka ya Mbak? Dengar kabar akan ditutup soalnya termasuk cagar alam nggak noleh sembarangan orang datang.

    BalasHapus
  15. udah lama bangeett keluargaku pengen main ke malang. nunggu anak2 gedean biar ga rugi haha. skr dah pada gede malah susah nemu jadwal pergi yg cucok wkwkwk

    BalasHapus
  16. Waa sesama orang malang juga! Hehehe... Aku pengen banget nih mbak ke Pulau Sempu. Tapi masih ragu karena kalau kesana kan harus tracking ya. Mungkin nunggu si krucil agak besar dulu :)

    BalasHapus
  17. Aku penasaran pulau Sempu nih mbak, asyik kayaknya naik perahu terus menjelajahi pulaunya..bakal jadi pengalaman berkesan buat bocahku..

    BalasHapus
  18. Wah untuk destinasi yg kelim dan keempat mau aku masukin wish list untuk liburan sekolah besok✌

    BalasHapus
  19. Aku 2 kali berkunjung ke Malang dan Batu. Paling inget ketika camping di Pulau Sempu (kalau gak salah sekarang sudah ditutup ya?). Saya bersama teman-teman camping, namun tidak memerhatikan musim sehingga kami salah kostum. Trekking penuh lumpur dari pinggir pantai sampai ke lokasi camping selama 6 jam, sendal jepit putus, kepleset ke dalam lumpur, dan sederetan kenelangsaan lainnya.. wkwkwk

    BalasHapus
  20. jadi gak sih ini kita ke Malang beb? Atau mau strolling around the city di negeri mana gituh hahahha... tertanda dari yang haus liburan bin piknik bin tamasya bin traveling bin leyeh leyeh ahahhaha

    BalasHapus
  21. Aku belum pernah ke Pantai 3 warna nih mbak. Jadi penasaraan dengan tempat ini. Sudah lama nggak ke Pantai Sempu juga. Wah jadi kangen nih.

    BalasHapus
  22. Aku malah baru tau kalau ada pantai di Malang. Kalau 1, 2, 3 dari kecil sering ke sini ama keluarga

    BalasHapus
  23. Selekta masih ada aja yaa hihihi :D
    Itu tu semacam destinasi wajib buat anak TK dan SD pada zamannya (ZAMANKU maksudnya wkwkwkwk). Penasaran sekarang kyk apa, moga2 pas ke Malang bisa mampir sana :D

    BalasHapus
  24. Sebagai orang Malang, saya senang kalau baca cerita teman-teman yang menikmati tempat wisata yang ada di Malang. lha meski sebagai warga Malang, sebagian ada yang belum sempat tak kunjungi hehehe

    BalasHapus
  25. Ke Malang kmrn cuma k Bromo aja karena cuma 2 hr 1 mlm. next mesti explore k bbrp tempat yakkk banyak ternyata ... Hyuh atuh kpn Kita travellingan bareng?

    BalasHapus
  26. Daku baru mengenal nih kak, Pulau Sempu. Berarti kalau ke sana minimal 15 orang ya enaknya.Coba ada gambarnya juga kak Chichie, kan biar gak makin penasaran kalau gini

    BalasHapus
  27. Pengen banget bisa ke bromo ama pantai 3 warna! Kemarin ke malai langsung ke Batu. Sehari doang jd cuma bisa berkeliling di Batu. Semoga nanti bisa deh :D

    BalasHapus
  28. Awal bulan kemaren aku ke malang mbak. Main di museum angkut sama ke um.. hehe

    BalasHapus
  29. Aku dan suami berencana ke Bromo, tapi nanti kita nabung dulu, memang impian sejak dulu sih pengen menginjakkan kaki di sana

    BalasHapus
  30. Akhir tahun ada rencana ke Malang. Aku belum pernah ke pantai 3 warna doang nih. Keren juga ya pengunjungnya dibatasin cuma 100 orang. Jadi nggak pusing lihat banyak orang deh ��

    BalasHapus
  31. Ah, Malang! Aku jadi rindu Bromo, viewnya ga nahan~
    Pernah dengar soak Pantai 3 Warna. Unik sekali! Hehe. Kalo Taman Selecta aku baru dengar, sepertinya menarik utbuk dikunjungi.

    BalasHapus
  32. Di Malang memang banyak banget tempat wisata yang menarik dan indah banget untuk dikunjungi, aku saja yang belum pernah kesana, udah kebayang banget pasti seru jalan2 travelling kesana.

    BalasHapus
  33. pantai 3 warna sama pulau sempu yang belum pernah aku datangi.. belum ada waktu yang pas karena butuh waktu beberapa hari untuk menikmati keindahan itu hehe kalo cuma sabtu minggu ga cukup.. hiks jatah cutiku udah abis

    BalasHapus
  34. Sempat main ke bukit Teletubbies, tapi belum sampe ke bromo huhu, gara-gara hujan saat itu. Wuihh, Malang selalu jadi tujuan utama buatt destinasi nih kak, tapi belum sempat kesana huhu

    BalasHapus
  35. Mau wisata alam, mau wisata dalam kota yang banyak permainan untuk anak-anak semuanya ada, ya, Mba. Kepengin banget ke Malang karena belum pernah padahal dulu almarhum papaku lahir dan besarnya di sana. Sekalian semacam napak tilas gitu kepenginnya.

    BalasHapus
  36. Sudah lama sekali nggak ke Selecta.
    Terakhir ke sana mungkin 25 tahun yang lalu ya hahaha. Padahal lumayan sering lho ke Malang. Nanti ah mau ke sana lagi bawa anak-anak. Semoga mereka juga menikmatinya seperti saya menikmati main di Selecta dulu.

    BalasHapus
  37. Mba Chichie.. aku belum pernah lho ke Malang, selama ini baru liat liburan teman teman di Instagram aja.. dan memang Malang itu sangat indah dan banyak tempat wisata yang sayang banget ya untuk tak dikunjungi.. bismillah semoga saya dan keluarga bisa segera menikmati indahnya pariwisata di Malang

    BalasHapus
  38. salah satu goals aku yang belum kesampean nihh, ku berdoa terus biar bisa kecapai hihi aamiin. liat blog kaka jadi makin semangat nabung dan usaha cari waktu untuk refreshing ke tempat yang super keren iniiiiiiii

    BalasHapus
  39. Waktu ke Malang cuman ke kantor cabang aja ternyata buanyak banget ya mba destinasi kerennya :) semoga bisa mampir ke salah satunya nih

    BalasHapus
  40. Dari beberapa list di atas, aku baru kunjungi 1 aja hahaha
    Betapa jarangnya aku kemana mana karena hamil dan sekarang ngurus baby

    BalasHapus
  41. Malang ini salah satu wishlist kami sekeluarga bund. Mau banget main ke Malang. Rencananya malah mau ke Jatim Park

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke personal blog saya, mohon untuk tidak meninggalkan link hidup ya.