Konsumen Cerdas Dalam Membeli Makanan dan Obat Yang Beredar di Pasaran

badan pom

Sepertinya setiap bulan selalu ada saja jajanan baru, entah itu di mall atau di aplikasi pesan antar makanan. Belum lagi kalau buka sosial media, itu suka bertebaran makanan dan promo-promo makanan masa kini. Saya termasuk orang yang suka jajan, bahkan suka mencoba makanan masa kini yang beredar dipasaran juga.

Makanan masa kini dengan alih-alih cantik untuk di foto, sebenarnya ini termasuk marketing yang bagus. Apalagi kebanyakan orang Indonesia ini suka dengan hal-hal yang baru dan ingin berbagi hal tersebut di sosial media. Makanya terciptalah makanan kekinian atau istilah anak sekarang itu instagramable.

Tapi jangan lupa akan keamanan dari makanan itu sendiri, yakin jajanan yang kamu beli aman? Nah yang kadang luput dari pandangan atau bahkan pikiran kita adalah standar keamanan dari makanan yang kita beli, baik secara langsung ataupun secara online. Gak semuanya yang kita beli itu sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) loh! Iya, karena banyak yang memalsukan label BPOM dalam kemasan makanan mereka. 

badan pom

Coba siapa sih yang gak akan tergiur kalau lihat makanan kekinian kayak gini? Ini juga yang sekarang lagi kekinian, untuk membelinya pun ada jam khusus. Karena mereka sangat menjaga kualitas dari makanannya, bahkan untuk bahan baku yang digunakannya juga dengan kualitas baik. Tentu saja yang mereka gunakan sudah sesuai dengan standar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Beberapa waktu lalu saya sempat mampir kesana bertemu langsung dengan pemiliknya yang kebetulan kenalan teman saya. Disini saya juga banyak bertanya tentang bahan-bahan yang digunakan. Bahkan untuk menjaga pancake ini tetap fresh mereka sangat menjaga kualitas makanan tersebut.

Tapi bagaimana dengan makanan kekinian yang bisa di pesan secara online? Apakah yakin bahwa makanan yang kita beli itu sudah aman? Jangan khawatir, karena Badan POM sudah memiliki strategi dalam menghadapi tantang era digital seperti sekarang ini. 


Ngobrol Bareng Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) merupakan sebuah lembaga negara non departemen yang bertanggung jawab kepada Presiden Republik Indonesia dan dalam menjalankan tugasnya berkoordinasi dengan Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial. Fungsi dan tugas lembaga ini menyerupai fungsi dan tugas Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat dan European Medicines Agency di Uni Eropa yaitu mengawasi peredaran obat-obatan dan makanan di Indonesia.

Dalam rangka menjawab tantangan di era industri 4.0 yang memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh berbagai produk obat dan makanan, Badan POM telah bekerjasama dengan Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) dan beberapa marketplace seperti Bukalapak, Halodoc, Klik Dokter, Grab dan Gojek. 

Kerjasama ini dilatarbelakangi hasil pengawasan Badan POM yang melalui tim mereka yang mendapatkan banyak prodik obat dan makanan yang tidak memenuhi standar keamanan, manfaat dan mutu yang diperjualbelikan melalui berbagai platform marketplace. Yang diharapkan sekarang ini bahwa masyarakat bisa cerdas dalam membeli makanan dan obat yang beredar dipasaran.

Badan POM telah berupaya membuat terobosan dengan memanfaatkan teknologi informasi yanitu melalui penerapan 2D Barcode. Di era digital saat ini, sistem 2D Barcode memberikan manfaat bagi masyarakat untuk memudahkan akses informasi legalitas produk. Sementara untuk di pelaku usaha, sistem ini dapat menghindarkan terjadinya pemalsuan atau diversi. Bagi Badan POM selaku lembaga pengawas tentu sangat memudahkan dalam operasional pengawasan.

DR. Ir. Penny K. Lukito, MCP, sebagai Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan RI juga mengajak kaum milenial juga cerdas dalam membeli makanan dan obat yang beredar di pasaran. Sekarang masyarakat juga sudah bisa melakukan scan barcode melalui aplikasi BPOM Mobile, ini untuk memastikan apakah makanan dan obat yang kita beli terdaftar di BPOM.

Tak hanya itu, Badan POM juga mengajak masyarakat dan kaum milenial untuk menjadi Konsumen Cerdas dengan mengonfirmasi terlebih dahulu kebenaran setiap informasi terkait produk Obat dan Makanan yang diisukan berbahaya. Apalagi banyak informasi yang tidak benar atau hoax tentang makanan dan obat yang beredar di pasaran.

obat

Badan POM tidak bosan selalu menghimbau masyarakat untuk selalu "CEK KLIK" sebelum membeli produk, yaitu Cek Kemasan, Label, Izin Edar, Kadaluarsa. Jika menemukan berita-berita terkait produk makanan berbahaya yang belum jelas kebenarannya, masyarakat dapat langsung menghubungi Badan POM melalui Halo BPOM 1500533 atau berbagai platform media sosial official Badan POM.

Apalagi sekarang ini masyarakat sudah menggunakan smartphone, jadi sangat mudah untuk melakukan pengecekan obat dan makanan yang akan kita beli dengan mendownload BPOM Mobile. Jadi sekarang ini untuk menjadi Konsumen Cerdas tinggal Cek Klik saja.


Menciptakan Keamanan Pangan
instagramable

kekinian

Sekarang ini anak-anak dan generasi milenial, khususnya bagi mereka yang tinggal di perkotaan dengan mudah mengakses pangan siap saji baik yang tersedia di pinggir jalan maupun secara online dengan harga terjangkau dan beragam. Namun kesadaran generasi milenial untuk mengonsumsi pangan yang aman, bermutu, dan bergizi masih sangat kurang.

Sayangnya saat ini banyak makanan kekinian yang beredar tidak memiliki gizi dan nutrisi yang seimbang. Maka Badan POM selalu mengajak masyarakat untuk memilih dan mengonsumsi pangan yang aman, bermutu dan bergizi dalam rangka untuk mewujudkan zero hunger world.

Yang dimaksud dengan kemanan pangan adalah sebagai kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan cemaran biologis, kimia dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan, dan membahayakan kesehatan manusia serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat sehingga aman untuk dikonsumsi.

Komponen Zero Hunger ini mencakup akses pangan yang mencukupi sepanjang tahun, meniadakan stunting (tinggi bada anak tidak sesuai umur) pada anak usia dibawah 2 tahun, sistem pangan berkelanjutan, meningkatkan produktivitas dan pendapatan petani kecil dan meniadakan kehilangan hasil dan pemborosan pangan.

Ibu Penny K. Lukito berharap bahwa pada acara Ngobrol Asyik Milenial Bersama Badan POM, generasi milenial untuk menjadi duta pencegahan penyebaran hoax obat dan makanan sebagai sumbangsih dalam memutus mata rantai hoax di Indonesia.



13 komentar

  1. aduh aku lapar sama foto2 makanannya teh wkwkwkk tapi seneng ya sekarang bisa ngecek BPOM produk dengan mudah karena ada aplikasinya jadi nggak gampang kemakan hoax

    BalasHapus
  2. Alhamdulilah ya makin memudahkan buat cek barang dan produk melalui KLIK ini jadi ga bakalan deh terjadi beli produk yang kadaluarasa

    BalasHapus
  3. Aku belum tau 2D Barcode ini seperti apa. Tapi asyik sekali kalau kita juga bisa cek info suatu produk yang dijual online

    BalasHapus
  4. wah bentuk kerjasama bukalapak sama BPOM apa tuh mba? kepo juga aku. kalau kerjasama untuk menyaring porduk2 ga jelas sih bagus banget!!

    BalasHapus
  5. Baru tau banget info "CEK KLIK" sebelum membeli produk, yaitu Cek Kemasan, Label, Izin Edar, Kadaluarsa. Gak khawatir lagi nih jajan!

    BalasHapus
  6. Sejak masuk usia dewasa awal, aku juga uda mulai aware sama gizi makanan. Soalnya kalo bukan kita, siapa lagi yg bisa sayang sama badan sendiri kan? Jd aku sendiri uda kurang2in deh tuh junk food atau jajanan yg kurang higienis.

    BalasHapus
  7. Kalau aku liat sekarang tuh jajanan sarat gula, MSG dan pengawet mbaa.. harus bener - bener hati - hati mengkonsumsinya

    BalasHapus
  8. Jajanan pinggir jalaan blm BPOM tapi enak gimana dong :(( wkwkwk yg ga higienis lebih enak soalnya :((

    BalasHapus
  9. Jadi sekarang apa-apa bisa cek di Aplikasinya itu? Waah canggih ya. Eh mudah-mudahan datanya update terus ya.

    BalasHapus
  10. yap cek dulu sebelum beli. itu nomor yg terdaftar di BPOMnya beneran gak? soalnya banyak yg asal cantumkan no BPOM padahal gak terdaftar

    BalasHapus
  11. Makin ke sini harus makin waspada ya Chie
    kalo khawatir sekarang sudah gampang, tinggal cek nomer BPOM ya kan?
    Alhamdulillah sekarang sudah banyak terbantu dengan kemudahan.

    BalasHapus
  12. Semoga Indonesia menjadi negara yang makmur di seluruh pelosok wilayahnya.
    karena stunting ini ternyata masih banyak juga di Jawa. Gak kebayang yang tinggal di daerah perbatasan 3T.

    BalasHapus
  13. Penting banget masalah keamanan makanan ditinjau dari surat edar nya. Jangan sampai kita makanan makanan berbahaya

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke personal blog saya, mohon untuk tidak meninggalkan link hidup ya.