Pengalaman Main di Scenic World Blue Mountains Australia

akuchichie

Salah satu itinerary waktu ke Sydney adalah main ke Blue Mountains. sekalian mau lihat Three Sisters. Waktu kami ke Sydney memang lagi dingin, bahkan waktu di Blue Mountains itu super dingin anginnya. Ditambah mendung, sempat hujan sebentar seingatku jadinya gak bisa terlalu explore menyusuri hutan-hutan itu.

Okelah tak apa yang penting kita bisa menikmati dengan naik Scenic Railway, Scenic Skyway, dan Scenic Cableway. Pengennya sih jalan-jalan keliling melihat keindahan hutan sekitar. Enaknya kemarin waktu kesini tuh gak terlalu ramai, jadi antrian gak heboh, karena kita gak pas weekend.

Untuk harga tiket masuknya ke Scenic World, untuk dewasa 44 AUD (sekitar Rp 440.000) dan anak-anak dengan usia 4-13 tahun 24 AUD (sekitar Rp 240.000). Harga ini termasuk untuk mencoba semua yang ada di Scenic World tapi tidak termasuk beli makanan dan minuman disana. Yang kalau menurut saya sendiri dengan harga segitu tuh puas banget kemarin main di Scenic World. Mungkin next kalau mau jalan muterin hutannya nunggu Kelvin agak gedean dikitlah, luas banget soalnya.

Railway, Skyway, Cableway dan Walkway Your Way

Karena kita beli tiketnya yang Discovery Pass jadi bebas mau naik semuanya dan berlama-lama didalam Scenic World. Oh iya, Scenic World buka jam 9.00 pagi sampai jam 17.00 tapi untuk Scenic Walkway ditutup jam 16.50 saja. Nanti setiap orang akan dipasangkan gelang yang nantinya akan digunakan untuk masuk setiap discovery.

1. Scenic Railway
akuchichie

Waktu naik agak bingung ini kenapa tempat duduknya terlalu kebelakang gini ya, ternyata pas sudah jalan nyaris merosot dong. Jadi ini merupakan kereta dengan kemiringan yang lumayan curam menurutku ya. Awalnya agak takut gimana gitu, karena sebelum naik ini sempat lihat di instagramnya @scenicworld_aus bayangin ini bakalan meluncur dengan cepat.

Pemandangan kalau naik Scenic Railway ini adalag Jamison Valley, ditambah hembusan angin yang sejuk waktu itu. Pas masuk terowongan agak mengerikan karena langsung mendadak gelap dong, itu terowongan seukuran railwaynya. Seru sih ini naiknya karena kami 2x naik si Scenic Railway, efek penasaran dan nagih.

2. Scenic Skyway
akuchichie

Karena emang semua disini serba di ketinggian jadi emang yang kesini tuh aku lebih saran gak takut dengan ketinggian. Karena seperti naik Scenic Skyway ini, awalnya aku gak tau kalau ternyata lantainya itu kaca transparan. Jadi begitu jalan baru deh ketauan itu kaca transparan dan bisa langsung lihat si Jamison Valley.

Waktu naik Scenic Skyway ini saya sambil moto pemandangan dari atas, karena kita berada 270 meter diatas lembah Jamison. Scenin Skyway ini merupakan kereta gantung tertinggi di Austalia, tapi emang seru banget ini pengalaman pertamaku ke Scenic World.

Jadi waktu didalam Scenic Skyway pemandangannya memang Jamison Valley dan yang bikin seru itu karena bisa langsung lihat kebawah gitu.

3. Scenic Cableway
akuchichie

Sebenarnya kalau saya bilang si Scenic Cableway hampir mirip sama si Scenic Skyway, cuma bedanya kalau si Scenic Cableway ini hanya menampung 84 orang saja didalamnya. Dan Scenic Cableway ini merupakan kereta gantung terbesar di Australia. Waktu itu agak belagu sih emang pengen paling depan berdirinya, ternyata oh ternyata ini merupakan turunan dengna 545 meter ke lembah Jamison.

4. Scenic Walkway

Ternyata saya dan keluarga sempat jalan-jalan setelah turun dari Scenic Skyway, lumayanlah ini nemu semak-semak sedikit jadi bisa foto dulu. Tapi emang pas cuma habis naik Skyway doang jalan lihat-lihat di Jamison Valley.

Kalau memang niata ternyata kita bisa menghabiskan waktu satu jam untuk berjalan keliling disini loh. Kebayangkan kita berjalan mengelilingi hutan hujan. Ternyata disini merupakan jalan setapak terpanjang di Australia. Tapi kalau selama disana kemarin lebih sering jalan kaki sih, karena udaranya pas lagi sejuk.

Tebing Three Sisters
akuchichie

Melihat tebing Three Sisters merupakan salah satu tujuan utama waktu main ke Blue Mountains. Jadi memang kalau main kesini nampaknya harus menyediakan waktu seharian, karena banyak sekali yang bisa kita lihat dan explore selama berada di Scenic World.

Three Sisters ini merupakan formasi batuan di Blue Mountains di New South Wales, Australia. Letak Three Sisters dekat dengan kota Katoomba dan merupakan salah satu yang paling terkenal di Blue Mountains. Dan ini merupakan ikon wisata di New South Wales Australia.

Jadi ada legenda suku Aborigin di bali tiga tebing ini, ribuan tahun lalu hiduplah tiga gadis Aborigin bernama Meegni, Wimlah dan Gunnedoo. Ketiga kakak beradik ini dari suku Katoomba menjalin cinta dengan pemuda dari suku Nepea. Sebenarnya pernikahan antara suku Katoomba dan Nepea tak diperbolehkan secara hukum adat. Maka ketiga pemuda itu mencoba menculik Meehni, Wimlah dan Gunnedoo.

Untuk melindungi tiga gadis itu dari ancaman suku lain, tetua suku Katoomba mengubah mereka jadi tebing batu. Niatnya hanya sementara, hingga peperangan berakhir. Namun sang tetua suku tewas dalam sebuah pertempuran. Tak ada lagi yang mampu membebaskan Meehni, Wimlah dan Gunnedoo dari mantra itu. Selamanya mereka menjadi tebing batu di Blue Mountains.

Nah, akhirnya saya lihat sendiri deh tebing Three Sisters ini. Kalau menurut saya memang worth it sih dari harga tiket masuk yang kita bayar dengan apa yang kita dapatkan selama berada di Scenic World.

Sebenarnya kalau jalan sesuai dengan routenya bisa lihat pemandangan sekitar seperti Marangaroo Spring, Katoomba Falls Crossing, Jamison Valley dan masih banyak yang lainnya.

35 komentar

1. Di Australia ternyata ada legenda juga ya, macam Three Sister begini
    DAn melihat hutan hujan yang hijau ini, bayangan saya yang habis terbakar di TV, semoga saja bukan yang ini yang kebakaran di Aussie, nyesek lihatnya.

Balasan
    1. iya ada si tebing Three Sister ini, bukan yang ini kebakaran mbak. Sedih ya lihat yang di Sydney itu.

Hapus
  2. good post 😊 would you like to follow each other? if the answer is yes, please follow me on my blog & i'll follow you back. https://camdandusler.blogspot.com

BalasHapus
  3. Ini tempat saya bangus nnti saya ke australi pasti ke sini nihh..

4. Huah mba seru banget aku baru tahu nih nama-nama yang ada di Australia dan tempat wisatanya oke banget yah aku juga pengen ke three sisters deh ikon yah mba

Balasan
    1. iya mbak, orang kalau ke blue mountains katanya penasaran sama three sisters ini

Hapus
  5. Wah pengalaman yang sangat berharga sekali ya kak, saya yang baca aja merasa pengen banget buat kesana huehehe

6. Seru ya
    didalam Scenic Skyway pemandangannya memang Jamison Valley dan yang bikin seru itu karena bisa langsung lihat kebawah ... Deg-degan yah

Tebing 3 Sisters-nya ternyata menyimpan legenda yg masih dipelihara sampai sekarang yah.

Pemandangannya masya Allah, indah semua.

Balasan
    1. iya, jadi orang-orang yang ke Blue Mountains ini pasti pada penasaran pengen tau Three Sisters

Hapus
  7. Lihat pemandangan yang hijau hijau gitu pasti bikin mata segar yaa mbak. Masya Allah..indahnya yaa. Kapan yaa bisa jalan-jalan ke Australia juga. Semoga suatu saat deh..Aamiiin..

BalasHapus
  8. Aduh mbak aku takut bamget sama ketinggian. Kalau ada kesempatan ke sidney kayanya aku gak berani kesana

Balasan
    1. iya rata-rata disini memang main di ketinggian dan yang bikin semriwing anginnya duingin banget

Hapus
  9. Y Allah mba aku jadi ingat 13 an tahun lalu...blom punya buntut masih kuat naik2 ke sini, berani naik cablecar (sekarang sih takut jantung copot naik2 kek begini...) ...cuma kayaknya dulu ga ada yg sebesar itu muatannya deh...
    Mungkin dah banyak fasilitas baru kali yaa...

Balasan
    1. Nah, ini kali pertama aku kesini mungkin bisa jadi sekarang lebih besar muatannya.

Hapus
  10. Inget jaman aku sekolah di Melbourne dan main ke Sydney hehehe..tapi sebenernya mba, alam Indonesia ngga kalah cantik ya. Mereka menang di infrastruktur ..tapi waktu saya mampir ke beberapa tempat saya sempat membatin kok cuma segini doang hehehe. Heboh di brosur.. But I love the fact that it was soo clean down there

Balasan
    1. Nah iya mbak, aku sempat mikir gitu sih. Iya ini pengen banget tahun ini mengeksplor lebih banyak keragaman Indonesia

Hapus
  11. Masya Allah, cantik ya pemandangannya..iya kayak Mbak Indah bilang, pemandangan hutan cantik gini juga banyak di Indonesia hanya kurang dikemas yaa

Balasan
    1. Betul banget mbak, sayang di Indonesia kurang diperhatikan padahal kalau diperhatikan bisa jadi daya tarik juga ya.

Hapus
  12. Mendadak bergetar badanku lihat yang lantai kaca itu. Huhuuu... kayaknya aku bakalan ngeri deh kalau naik kereta itu. Langsung lihat ke bawah gitu biasanya langsung pening. :)

Legenda Three Sisters itu mirip-mirip dengan Tangkuban Perahu ya, manusia jadi batu gitu. Walaupun penyebabnya berbeda sih jadi batunya,. ;)

1. Bahkan aku awalnya gak tau kalau bawahnya tuh kaca gini loh, wakakakakaa

Hapus
  13. Wah ada legenda juga ya di Australia. Agak kaget juga, hihi. Tapi kemudian baru maklum kalo ternyata asalnya dari suku pribumi.

Anw, kayanya aku ga berani kesini nih Mba. Takuuuutt tinggi banget, hahaha. Tapi kalo ga dilawan ya ga akan punya pengalaman baru ya

Balasan
    1. Kan kalau suku aslinya memang Aborigin dan kemarin dari orang yang sudah lama di Australia bilang mereka juga masih suka ada didalam hutan situ.

Hapus
  14. Mbaa.. itu gimana rasanya pas naik Scenic Cableway. Udah di urutan paling depan, terus ternyata itu turunan setinggi 545 mtr menuju lembah Jamison. Oh uwooo.. rasanya pasti ngeri-ngeri sedap banget.

1. asli sempat berasa ser-seran jantungku, wakakakakakaaa

Hapus
  15. Duh kereta gantungnya besar banget yaa.. yang cuma berempat waktu coba di genting aja, pada ngeri2 sedep, Mba. Apalagi ini yaa.. beramai2. Takut ada yg iseng aja sih. Hahaha.. bilang aja takut.

BalasHapus
  16. kalau lihat fotonya duuu asyik banget pengen kesana, etapi kalau disuruh live nyobain kerreta gantungnnya , biarkan ayah & anak aja, saya tunggu dipinggiran bagian foto foto & ngemil haha

17. Masya Allah.. indah banget ya Mbak pemandangannya. Trus kereta gantungnya menantang banget. Tapi kalo aku sih pilih liat dari bawah aja kalo soal ini. Hahaha. Cemen kalo anak-anak sekarang bilang :D

18. Wuhhuuu~
    Naik railway yang lantainya kaca dengan pemandangan tebing curam begituu...rasanya kaya terbang gak siih...
    Im flying without wiings...

BalasHapus
  19. Wah ternyata di Australia ada legenda juga ya.
    Pemandangannya bagus banget, apalagi bisa menyusurinya dari ketinggian

20. Waaw keren bangettt, semoga saya juga bisa berkesempatan beribur kesana yaa hehehe

21. Keren banget ya tempatnya, semoga suatu hari nanti bisa berlibur kesana ^_^

22. itu permainannya kok serem2 yak. saya sampai melongo bacanya. wuih hanya pemberani yg bs menaikinya nih. mental saya gak sekuat itu. wkwkw. btw pengen liat Tebing Three Sisters deh

23. Tau lokasi ini awalnya dari vlog Rans Entertainment dan katanya spoky juga ya? Hihiiiii sereem

BalasHapus
  24. Aku blum pernah ke Australia tapi pas ke Singapore main yg melayang gitu sama masuk ke The Mummy Universal Studio Singapore keluar2 nangis

Terima kasih sudah mampir ke personal blog saya, mohon untuk tidak meninggalkan link hidup ya.