DANONE SN INDONESIA: Menjaga Keberlanjutan dalam 6 Pilar Utama


Wujudkan kontribusi positif terhadap peningkatan kesehatan masyarakat melalui riset dan inovasi, penyediaan produk nutrisi berkualitas dan berbagai inisiatif lainnya.

Danone Specialized Nutrition (Danone SN) Indonesia pada hari Rabu, 12 Februari 2020 meluncurkan Laporan Berkelanjutan periode 2017-2018. Laporan Berkelanjutan ini menunjukkan bagaimana Danone SN Indonesia menjaga keberlangsungan berbagai aspek keberlanjutan di setiap proses bisnis hingga berbagai inisiatif sosial ekonomi dan pemberdayaan masyarakat. 

Saya tentunya senang sekali bisa hadir pada acara peluncuran Laporan Berkelanjutan tersebut yang diadakan di pabrik Danone SN Indonesia di kawasan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Apalagi bisa melihat langsung PAUD Cerdas binaar dari Danone Indonesia yang berada bersebelahan dengan pabrik. 

Laporan Berkelanjutan ini bertujuan agar oerusahaan dapat menyuarakan kontribusi langsung maupun tidak langsung dari inovasi produk, proses bisnis, hingga program edukasi terhadap masyarakat di sekitar lokasi operasi perusahaan. Laporan ini juga menunjukkan komitmen Danone SN dalam memberikan kesehatan melalui produk nutrisi ke sebanyak orang dan berkontribusi positif pada terciptanya generasi Indonesia di masa depan yang lebih sehat. 


PAUD CERDAS: Edukasi "ISI PIRINGKU" Lewat Anak-anak, Orang Tua dan Guru.
paud cerdas

paud cerdas

Kemarin waktu sampai di PAUD Cerdas yang merupakan binaan dari Danone Indonesia sudah disambut oleh adik-adik yang manis ini, mereka sudah menggunakan kostum yang cantik dan siap memberikan tarian sambutan. Mereka sepertinya sudah tak sabar ingin menunjukkan bakat mereka. 

PAUD Cerdas ini letaknya bersebelahan dengan pabrik Danone SN Indonesia di kawasan Citeureup, disini saya dan teman-teman diajak untuk bekenalan dengan PAUD Cerdas serta program yang dilakukan oleh mereka untuk anak-anak agar tumbuh dengan sehat dan pintar.

Karena Danone SN Indonesia berkomitmen untuk memberikan kesehatan melalui produk nutrisi ke sebanyak orang dan berkontribusi positif pada terciptanya generasi Indonesia di masa depan yang lebih sehat. 

paud cerdas

paud cerdas

Saya sendiri kemarin dibuat takjub oleh adik-adik PAUD Cerdas, saat mereka menari dan bernyanyi "ISI PIRINGKU". Sebenarnya isi piringku ini akan berbeda usia maka akan beda kebutuhannya. Tapi untuk isi piringku ini bisa diterapkan untuk anak-anak diatas usia 2 tahun keatas.

Kementerian Kesehatan telah mengenalkan panduan makan sehat melalui metode "ISI PIRINGKU" yang dapat menjadi acuan sajian sekali makan. Ada yang tau gak apa saja sih yang harus ada dalam isi piringku ini?

Sumber foto: P2PTM

Keberagaman makanan dalam satu piring merupakan hal yang tak bisa ditawar, mencakup protein, karbohidrat, vitamin dan mineral seimbang. Ini mengapa konsumsi pangan beragam sangatlah penting, tak lain karena tidak ada satupun jenis makanan yang mengandung semua jenis zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Ini yang harus diperhatikan dalam memberikan makanan di rumah untuk anak dan keluarga kita, harus sesuai dengan pedoman yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan. Selain itu ini juga dapat membantu untuk mencegah stunting, isu stunting di Indonesia tidak bisa diabaikan.





Seperti yang dilakukan oleh Danone SN Indonesia, lewat PAUD Cerdas ini memberikan program edukasi lewat anak-anak, orangtua dan juga guru yang harus ikut berperan dalam melawan stunting. Anak-anak di PAUD Cerdas ini setiap hari selalu makan sesuai denan anjuran "isi piringku". 

Dalam satu porsi sajian, berisi sayur-sayuran dan buah-buahan disarankan porsinya adalah separuh bagian piring. Separuh bagian piring lainnya dapat diisi dengan karbohidrat dan protein. 

Aturan pembagian makanan dalam "Isi Piringku' adalah setengah porsi piring makan, terdiri dari sayur dan buah-buahan dengan beragam jenis dan warna. Seperempat piring makan diisi dengan protein. Bisa diisi dengan ikan, ayam atau kacang-kacangan. Batasi konsumsi daging merah atau daging olahan.

Seperempat piring dipenuhi dengan karbohidrat dari biji-bijian utuh, nasi merah, gandum utuh, atau pasta. Hati-hati dalam pemilihan sumber karbo, seperti roti atau beras putih karena kandungan gulanya tergolong tinggi.

Melihat antusias adik-adik PAUD Cerdas saat menyantap menu isi oiringku ini membuatku bangga, karena program Danone SN Indonesia berhasil untuk terus memberikan mereka asupan yang terbaik. Hal ini pun diharapkan agar anak-anak tidak hanya mendapatkan asupan sesuai dengan 'Isi Piringku' selama di sekolah saja tapi juga di rumah.

Laporan Berkelanjutan dari Danone SN Indonesia


Danone Specialized Nutrition Indonesia sebagai pilihan pertama Anda untuk membawa perubahan positif pada kesehatan dan kesejahteraan manusia pada masa-masa penting kehidupan melalui inovasi produk yang inovatif dan berbasis ilmiah.

Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia meluncurkan Laporan Berkelanjutan dengan periode pelaporan 1 Januari 2017 hingga 31 Desember 2018 sebagai komitmen transparansi untuk mengomunikasikan keberlangsungan bisnis serta dampak sosial perusahaan.

Seperti yang diungkapkan oleh Connie Ang, Presiden Direktur Danone Specialized Nutrition Indonesia "kami berkomitmen untuk menjalankan aktivitas perusahaan dengan menerapkan berbagai aspek berkelanjutan serta menjalankan bisnis yang sejalan dengan perkembangan sosial, ekonomi dan lingkungan. Sebagai perusahaan yang berfokus untuk mengembangkan produk nutrisi berdasarkan riset dan ilmu pengetahuan dan berkontribusi pada kesehatan secara jangaka panjang, kami percaya bahwa makanan yang sehat akan tumbuh dari bumi yang sehat pula. Hal ini merupakan refleksi dari misi Danone 'One Planet One Health'."

Tak hanya itu, Connie Ang juga mengatakan "kami ingin terus mendukung perkembangan anak yang sehat melalui perdekatan ilmiah, yang telah menjadi keahlian kami sejak kami berdiri. Kami tidak ingin anak-anak Indonesia tertinggal hanya karena kurangnya asupan maupun akses makanan bergizi. Sejalan dengan fokus pemerintah dalam pengembangan sumber daya manusia, kami hadir untuk membantu menjaga kesehatan manusia, terutama di Indonesia, mendapatkan gizi yang baik sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi yang mereka miliki".


Acara peluncuran Laporan Berkelanjutan juga memberikan informasi dan juga pengalaman yang amat berharga bagi saya. Karena selama diskusi pun saya menyadari bahwa penting sekali memberikan yang terbaik untuk anak-anak, baik dari segi asupan dan juga kehidupannya. 

Bapak Delta, Manufacturing Director yang saat ni juga berbagi pengalamannya dengan memimpin 4 pabrik Danones di Indonesia. Yang harus diketahui bahwa pabrik Danone Indonesia ada 4, diantaranya adalah PT Nutricia yang terletak di Jalan Raya Bogor, Danone SN Indonesia yang berada di Sentul, pabrik ketiga ada di Yogyakarta dan salah satu pabrik Danone Indonesia ada di Klaten. 

Berkelanjutan ini merupakan aktivitas yang ada di pabrik, merupakan One Planet One Health. Untuk mencapai ini semua maka yang harus dilakukan adalah memiliki aktivitas yang sangat menjadikan aktivitas utama, memproduksi secara bisnis. Kalau sudah biacara produk berarti sudah bicara kualitas. 


Seperti yang dibilang oleh bapak Delta, bahawa memasuki pabrik Danone SN Indonesia memang ribet. Ini pun saya alami saat mau masuk pabrik, karena kita harus mengisi buku tamu terlebih dahulu. Dan pengisiannya pun bukan lagi di buku tamu, bahkan sudah menggunakan mesin secara digital. Selama didalam pabrik juga harus mengikuti peraturan-peraturan yang sudah diberikan. 

Seperti foto saya diatas, itu adalah luaran warna hijau yang harus digunakan selama didalam pabrik, begitu juga dengan sepatu yang saya gunakan. Tapi sebenarnya saya suka sekali dengan penampilan saya menggunakan atrubut Danone SN Indonesia.

Ini mengapa di pabrik Danones SN Indonesia memastikan bahwa operasional kita menghasilkan produk yang berkualitas. Sehingga ada kualitas manajemen system kita yang baik secara Danone SN Indonesia  juga sudah memiliki standartnya sendiri. Tetapi jika kita diharapkan untuk mengikuti pemerintah maka kita tetap akan percaya pada pemerintah jika memang mereka memiliki standartnya sendiri. 

Sustainability berbicara tentang keselamatan, kesehatan kerja para karyawannya. Fokus dengan membuat rasa aman yang didapatkan oleh teman-teman. Karena 1/3 waktu mereka dihabiskan di pabrik. Karena hal ini maka pihak Danone SN Indonesia harus memastikan keselamatan mereka selama di pabrik. 

Yang membuat saya masih takjub adalah bahwa Danones SN Indonesia sudah lebih dari 11 tahun tidak pernah mengalami kecelakaan yang disebabkan oleh pekerjaan. Ini menunjukkan komitmen kita terhadap sustainability bisnis juga dibangun dari orang-orang yang patuh akan keselamatan kerja. 

One Planet One Health yang timbul karena dampak operasional kita ini bisa memastikan kita ini planet kita sehat? Inisiatif yang dibangun dari kepedulian kita terhadap environment, secara bisnis memang akan memperbaiki kompetitif untuk mengurangi energi kita. Setiap tahunnya Danone Indonesia selalu melakukan evaluasi mengenang pembaharuan harus mengurangi setiap tahunnya 3-5% setiap tahunnya.

Selain itu ada Bapak Karyanto Wibowo, Sustainability Director Danone Indonesia yang mengatakan bahwa "Laporan Keberlanjutan ini mencakup 6 pilar utama yang terdiri dari berbagai komitmen dan tanggung jawab kami dalam hal Riset dan Inovasi, Lingkungan, Pemberdayaan Komunitas, Kepatuhan, Kualitas serta Karyawan. Laporan ini telah disusun mengikuti Pedoman Standar Pelaporan Berkelanjutan (GRI) dengan menampilkan struktur modular yang saling terkait dan mewakili praktik terbaik dalam pelaporan berbagai dampak ekonomi, lingkungan dan sosial. Dengan begitu, laporan ini diharapkan dapat mencerminkan langkah-langkah positif yang telah Danone SN ambil dalam setiap pelaksanaan kegiatan operasionalnya yang mengutamakan ketiga aspek keberlanjutan yaitu aspek ekonomi, sosial dan lingkungan."

Kontribusi Danone SN terhadap proses dan rantai bisnis bertanggung jawab hingga program edukasi tentang pentingnya nutrisi bagi masa depan ibu dan anak telah memberikan dampak positif kepada para pemangku kepentingan. Antara lain, program edukasi Danone SN seperti kampanye 'Isi Piringku' telah memberikan manfaat bagi lebih dari 7.000 orang tua dan 700 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Ini dilakukan karena isi stunting di Indonesia, maka dari itu Danone SN Indonesia memberikan edukasi akan hal tersebut. Mulai dari 3 tahun lalu stunting pada tahun 2013 dengan presentase sebesar 37%. anak Indonesia terekspos stunting.

Tak hanya itu saja yang dilakukan oleh Danone Indonesia, memberikan edukasi sebelum terjadinya proses pernikahan juga sangat penting. Edukasi ini akan seputar menjaga kesehatan dan menjada pola makan. Selain itu juga terdapat ekonomi lokal yang dapat membantu masyarakat sekita. 

Selain itu juga Danone Indonesia memiliki komunitas yang diberdayakan seperti Rumah Tempe Srikandi di Prambanan. Pusat produksi ini baru saja dibuka pada bulan April tahun 2017. Usaha pembuatan tempe ini merupakan aksi Corporate Social Responsibility (CSR) PT Sarihusada Generasi Mahardhika.

Ada juga Project Merapi, merupakan edukasi farmers untuk meningkatkan kualitas susu. Tangtangan terbesar di Indonesia adalah kualitas susu. Disini terdapat sapi-sapi yang diurus dan dijaga dengna baik agar dapat menghasilkan susu yang bagus. 

Maria Dian Nurani, Ahli Bidang Keberlanjutan juga mengatakan "Sustainability atau Laporan Berkelanjutan merupakan bentuk laporan yang dilakukan oleh suatu perusahaan dalam rangka mengungkapkan (disclose) atau mengkomunikasikan kepada seluruh pemangku kepengtingan mengenai kinerja lingkungan. Sosial dan Tata Kelola yang baik perusahaan secara akuntabel. Kita patut mengapresiasi langkah dunia usaha, termasuk Danone SN Indonesia, dalam mewujudkan nilai transparansi dan akuntabilitas perusaan melalui laporan Keberlanjutan ini".

Peluncuran Buku Laporan Berkelanjutan

Connie Ang, Presiden Direktu Danone Specialized Nutrition Indonesia luncurkan Laporan Keberlanjutan. Untuk melihat Laporan Berkelanjutan periode 2017-2018 bisa langsung mengunduhnya www.nutricia.co.id kalian bisa langsung download dan resapi tentang apa yang dilakukan oleh Danone SN Indonesia.

Bisnis Danone Specialized Nutrition Indonesia terdiri dari nutrisi awal kehidupan (early life nutrition) dan nutrisi medis khusus (medical nutrition) yang bertujuan untuk membawa perubahan positif pada kesehatan dan kesejahteraan manusia pada masa-masa penting kehidupan melalui inovasi produk yang inovatif dan berbasis ilmiah.  



36 komentar

  1. Banyak banget proyek CSR Danone yang memberikan kontribusi buat masyarakat sekitar ya mbak.
    Sekarang jg berusaha nih masak sendiri dan ngikutin petunjuk buat isi piringku khususnya buat anak2 :D
    Wah iyatuh edukasi sebelum pernikahan peting khususnya buat para calon ibu ya supaya gizinya terpenuhi dulu sblm hamil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, aku juga lagi rajin masak ini. Kepengen bisa praktekin Petunjuk Isi Piringku. Walopun masih susah nih anak-anak makan sayur. Tapi dengan pengemasan yang lucu, mereka mau. Akunya aja yang kadang males dan gak ada ide. :D

      Hapus
  2. Danone ini setiap tahun ngadain acara ya mbak, pengen deh sekali2 ikutan biar bisa dapat ilmu dari orang2 hebat juga :) tp sayang saya kerja kantoran :(

    BalasHapus
  3. anak2 udah tahu gizi seimbang dlm sepiring makanan semoga terbawa smp dewasa ya kebiasaan makan baik itu, gizi harus seimbang , ga bisa makan asal kenyang n tanpa sayur.

    BalasHapus
  4. Ekspresi anak2 itu natural, salut dengan danone dengan acranya yang kece ini. Semoga anak2 makin paham dengan pentingnya gizi seimbang dalam setiap piringnyaa..

    BalasHapus
  5. Keren.. Danone Indonesia punya PAUD binaan. Program isi piringku-nya bikin semangat anak-anak buat makan ya.

    Luar biasa memang Danone ini komitmennya untuk membantu memenuhi nutrisi anak bangsa. Semoga tiap tahunnya bisa bertambah terus program keberlanjutannya.

    BalasHapus
  6. kegiatan Danone selalu bermanfaat ya. dengan adanya laporan Keberlanjutan ini, jadi ada komitmen transparansi untuk umum tentang keberlangsungan bisnis di Danone

    BalasHapus
  7. Salut dengan kontribusi Danone dalam meningkatkan kualitas kesehatan melalui program PAUD cerdas. Baik anak, guru maupun orangtua teredukasi dengan baik seputar nilai gizi berimbang agar anak tidak mengalami stunting. Sepertinya tidak ada imbas langsungnya ya, tapi generasi muda yang sehat dan cerdas tak akan ada jika nutrisi yang diberikan tidak mencukupi, iya kan?

    BalasHapus
  8. Keren banget ya programnya danone, ada laporan keberlanjutan juga, bikin orang awam kaya saya jadi tau dan jadi salut...

    BalasHapus
  9. Ternyata Danone sampau punya PAUD binaan juga. Keren sih ini programnya. Semakin membuktikan kalau Danon memang peduli dengan anak bangsa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, salut dengan Danone yang sudah melangkah jauh, mengawali perbaikan kualitas generasi muda dengan membuat PAUD dan menerapkan metode nutrisi baik di setiap unsur makan anak-anak tersebut.

      Hapus
  10. guess whaaat Chi?
    aku googling tentang tari ISI PIRINGKU wkwkwkwkwkkk... karena kok ini beda sama 4 sehat 5 sempurna itu kan?

    eh tapi belum ada sih tariannya, semoga nanti kapan kapan ada yang bikin videonya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau anak PAUD yg nari, lucu. kalau kita? wkwkw
      jd lebih menyenangkan dan anak2 lebih semangat menyantap makanannya dg menyanyi isi piringku

      Hapus
  11. Tak bisa dipungkiri, Danone dan seluruh brand yg ada, senantiasa berkontribusi positif untuk tumbuh kembang anak2 Indonesia.
    BANGGA!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap kontribusi positif untuk perbaikab gizi anak. btw keragaman gak hanya di bidang sosial tapi juga pada makanan ya

      Hapus
  12. Semoga Danone semakin banyak memberikan aktivitas positif untuk kemajuan rakyat Indonesia ya. Amin 😊

    BalasHapus
  13. Keren banget deh Danone. Saluuut dengan program-programnya yang seperti ini. Concern banget dengan kesehatan dan kesejahteraan. Dan programnya juga gak sekali dua kali. Tapi sustainable. Patut dicontoh korporat lain sih ini mah.

    BalasHapus
  14. Keren sekali . Salut sama Danone yang punya Paud binaan. Btw mbak attibutnya kerce parah ya . Aku juga suka liatnya

    BalasHapus
  15. salah satu CSR Danone yang keren ya, selalu fokus sama generasi-generasi muda yang disiapkan dari sekarang bakal menjadi aset negara untuk kemajuan bangsa melalui persiapan nutrisi sejak dini, go go Danone

    BalasHapus
  16. Bagus banget CSR Danone ya! Apalagi dibuat berkesinambungan. Liat anak2 TK sdh pinter begitu, makannya juga lahap2 ��

    BalasHapus
  17. Kerenlah nih Danone kalo udah kasih edukasi ke ribuan PAUD. Coba dulu mampir ke PAUD anakku yaah. Kalo bisa ditambah ke Sekolah Dasar juga

    BalasHapus
  18. Keren banget CSR program Danone ya, anak paud Cerdas nampak sehat dan bahagia, belajar tentang gizi sejak dini dengan program isi piringku..

    BalasHapus
  19. Tanggung jawab Danone Indonesia terhadap nutrisi masyarakat terutama untuk ibu dan anak sangat maksimal yah mbak, terbukti dari baca-baca Laporan Berkelanjutan Danone Specialized Nutrition Indonesia, sangat lengkap dan jelas semua kontribusi Danone tidak hanya untuk nutrisi anak-anak dan ibu juga untuk kenyamanan karyawannya.

    BalasHapus
  20. One Planet, One Health..misi Danone yang sejalan dengan program keberlanjutan yang diterapkan. Keren sekali enggak pernah ada kecelakaan kerja karena di pabriknya SOP dijalankan sesuai aturan
    Dan tentang kepedulian akan nutrisi anak bangsa, acung jempol buat kontribusi Danone saya...

    BalasHapus
  21. Sebelumnya saya hanya berpikir bahwa Danone hanya menghasilkan suatu produk dan mampu menyerap tenaga kerja di tanah air. Ternyata, Danone juga peduli terhadap tumbuh kembang anak-anak. Salut banget, sampai ada PAUD binaan dari Danone. Dengan begini, Danone terus berupaya memberikan hal kebaikan bagi kita semua. Mantap, oey.

    BalasHapus
  22. Danone ternyata sangat peduli kepada lingkungan sekitar dan masyarakat kota ya Mbak. Buktinya banyak banget CSR Danone bahkan sampai melakukan pembinaan PAUD.

    BalasHapus
  23. Paling suka saat lihat anak-anak unjuk kebolehan mereka. Kadang tingkah lakunya menggemaskan. Semoga anak-anak dan orang tua mereka semakin mengerti dengan program dari Danone dan bisa jadi lebih sehat lagi

    BalasHapus
  24. Danone semakin ke sini semakin keren. Terutama Suistable Environment nya. Perusahaan yang aware banget sama isu lingkungan

    BalasHapus
  25. Jadi ingat pas masuk pabrik Danone yang di Jogjakarta memang harus bersih dan steril. Diatur juga masuknya tidak boleh banyak-banyak orang sekali trip ke dalam.

    BalasHapus
  26. Kegiatannya seru banget itu mbak, kelihatan banget dari foto-foto di atas. Oh iya, sukses terus buat Danone yang udah berkomitmen pada nutrisi anak-anak di Indonesia.

    BalasHapus
  27. headernya mbak Chichie bangetttt pakai daun, hihi...
    eh ya salfok deh begitu mampir ke blog ini.
    Btw, sustainablity emang jadi issue menarik. Kalau cuma mikirin profit ya bisa aja mudah collaps. Dengan keberlanjutan dan bertanggung jawab ke stakeholder, bisnis Danone makin melejit

    BalasHapus
  28. Yang namanya perusahaan jaman sekarang emang harusnya gini ya. Orientasinya nggak semata di profit tapi juga menjaga gimana supaya bs berkontribusi juga buat masyarakat sekitar dan lingkungan

    BalasHapus
  29. Keren ya program di Danone ini , nggak hanya produk2nya yang keren tapi kegiatan CSRnya pun sangat baik untuk lingkungan sekitarnya

    BalasHapus
  30. Keren banget programnya Danone ini ikut berperan aktif dalam sosialisasi nutrisi ke masyarakat. Semoga program ini bisa terus berlanjut ya..

    BalasHapus
  31. Programnya keren juga. Mengajak masyarakat buat melek akan nutrisi sehari-hari. Apalagi anak-anak paudnya sampai hapal mengenai menu bergizi. Jadi bisa edukasi anak sekalian meminimalisir stunting sama overweight ya

    BalasHapus
  32. bagus banget programnya danone, aku pingin ikutan kegiatan kayak gini deh, tapi jarang dapet infonyaa huhu

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke personal blog saya, mohon untuk tidak meninggalkan link hidup ya.