Malaysia Healthcare Expo 2020 Banyak Tawarkan Wisata Kesehatan


Wisata kesehatan? Pasti banyak yang bingung dengan apa yang dimaksud dengan wisata kesehatan. Ini yang biasanya dilakukan beberapa orang yang melakukan pengobatan di negara Malaysia. Sama halnya yang saya lakukan dahulu waktu mau melakukan program kehamilan, selain melakukan cek kesehatan setelah itu saya jalan-jalan deh.

Untuk sebagian orang ini merupakan hal yang tak asing, tapi mungkin yang belum tau tentang wisata kesehatan pasti bingung. Malaysia Healthcare Expo 2020 hadir kembali di Jakarta, acara ini berlangsung dari tanggal 6-9 Februari 2020 di Mall Kelapa Gading 3 Jakarta Utara. 


Malaysia Healthcare menghadirkan berbagai penawaran pelayanan kesehatan berkualitas dunia di mana masyarakat dapat mengetahui lebih lanjut mengenai berbagai informasi layanan kesehatan hingga paket perawatan yang menarik dan terjangkau dari 16 fasilitas kesehatan swasta terkemuka di Malaysia.

akuchichie

Malaysia Healthcare Expo ini terletak di Main Atrium Mall Kelapa Gading 3, kamu masih punya kesempatan untuk hadir kesana sampai dengan tanggal 9 Februari 2020. Tapi jika tidak sempat jangan khawatir, bisa baca dulu ulasanku sampai selesai tentang "Wisata Kesehatan" di Malaysia.

Menurut data, jumlah belanja keseluruhan untuk industri kesehatan dunia selama tahun 2019-2023 diperkirakan akan meningkat pada laju pertumbuhan manjemuk tahunan (CAGR) sebesar 5%, dengan Asia sebagai salah satu wilayah dengan pertumbuhan belanja kesehatan tertinggi dengan peningkatan rata-rata per tahun sebesar 7.1%.

Dok. Akuchichie
Nik Yazmin Nik Azman, Chief Commercial Officer Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) mengatakan "Dari segi wilayah, Asia diperkirakan akan menjadi pusat pertumbuhan baru di industri perawatan kesehatan. Kami melihat tahun 2020 sebagai tahun yang positif dan kami ingin meningkatkan komitmen kami terhadap pasar Indonesia dengan menggelar berbagai acara menarik seperti Malaysia Healthcare Expo 2020. Selama pameran berlangsung, masyarakat Indonesia dapat mencari lebih banyak informasi mengenai layanan kesehatan kelas dunia yang mudah diakses dan terjangkau secara kompetitif, serta dihadirkan secara hangat, ramah, dan bersahabat."

Malaysia Healthcare Expo 2020 merupakan bagian dari inisiatif Malaysia Year of Healthcare Travel 2020, atau dikenal sebagai MyHT2020 yang telah diluncurkan bersamaan dengan kampanye pariwisata Visit Malaysia 2020 (VM2020) pada akhir tahun 2019.

Kemarin saya sempat ngobrol dengan salah satu petugas layanan kesehatan rumah sakit di Malaysia, sekarang ini prosedurnya bahkan lebih mudah. Kita bisa menentukan sendiri kapan harus bertemu dengan dokter, padahal kalau dulu kita nungguin jadwal konsultasi dan kunjungan ke Malaysia. Makanya pas tau kemarin sekarang lebih gampang, jadi flashback masa-masa berobat kesana.

Ternyata jumlah wisatawan kesehatan yang mengunjungi Malaysia pada tahun 2019, yaitu hampir 1,3 juta jiwa. Malaysia juga dinobatkan sebagai "Best Country in the World for Healthcare".

akuchichie


Pada hari Kamis, 6 Februari 2020 bertepatan dengan pembukaan Malaysia Healthcare Expo 2020 juga memperkenalkan maskotnya, seekor hornbill cum bernama Dr. Enggang, sebagai representasi keramahtamahan Malaysia yang merupakan elemen penting dalam pengalaman perjalanan kesehatan Malaysia Healthcare yang bebas akan hambatan. 

Malaysia Healthcare Tawarkan Wisata Kesehatan
akuchichie
Dok. Akuchichie
Malaysia Healthcare Travel Council (MHCT) adalah badan pemerintah yang telah diberikan kepercayaan untuk mengelola wisata kesehatan di Malaysia. Didirikan pada tahun 2009, MHCT berupaya memfasilitasi dan mengembangkan industri wisata kesehatan Malaysia di bawah brand "Malaysia Healthcare" untuk menjadikan Malaysia sebagai tujuan utama wisata kesehatan di dunia.

Sesi talkshow pada hari itu juga menghadirkan Mariscka Pruedence sebagai Travel Blogger yang juga pernah melakukan wisata kesehatan bersama keluarga di Malaysia. Dalam waktu dekat ini ia juga berencana ke Penang, Malaysia bersama temannya yang memang sekalian melakukan general check up. Ini pun yang saya lakukan belum lama ini di Penang, Malaysia. 

Disesi ini pun menjadi ajang tanya jawab mengenai fasilitas yang diberikan oleh Malaysia Healthcare yang bekerjasama dengan 16 penyedia layanan kesehatan swasta di Malaysia. Karena memang banyak sekali orang Indonesia yang masih senang melakukan wisata kesehatan di Malaysia.

Contohnya banyak teman-teman saya juga yang dulu sebagai pejuang dua garis, dan melakukan pengobatan dan programnya di Malaysia. Tidak hanya itu saja, melakukan pemeriksa dan berobat penyakit lainnya juga banyak. 





Banyak sekali yang ditawarkan oleh layanan kesehatan swasta di Malaysia, seperti wellness (kebugaran), pemeriksaan kesehatan, kardiologi, onkologi, perawatan kesuburan (fertility treatment) dan ortopedi. 

Yang menariknya adalah Malaysia menawarkan sesuatu yang berbeda dari para pesaing regionalnya, yaitu sebuah pengalaman perjalan end-to-end bebas hambatan bagi para wisatawan kesehatan yang dimulai sejak kedatangan hingga kepulangan ke negara asalnya.

Di Kuala Lumpur International Airport (KLIA), KLIA 2 dan Penang International Airport menyediakan layanan penjemputan di aerobridge, jalur cepat melewati imigrasi dan bea cukai dan bantuan pengambilan bagasi. 



Tuan Azrul Shah bin Mohamad sebagai Pengurus Besar Tourism Selangor dan Pegawai Pariwisata Tourism Selangor memberikan dukungannya pada acara Malaysia Healthcare Expo 2020 yang berlangsung di Jakarta. 

Turut ikut serta 6 operator pariwisata dari Negeri Selangor yaitu, KPJ Damansara, Sunway Medical Center, Alpha IVF Kota Damansara, Top Vision Shah Alam, Ramsay Sime Darby Group dan Dorsett Grand Hotel Subang.

Jadi ingat waktu kemarin datang ke Malaysia Healthcare Expo ini ada salah satu temanku yang menjawab dari postingan instagram storyku. Kebetulan memang dia ingin melakukan IVF dan begitu tau ada Alpha IVF Kota Damansara, dia langsung kesana karena pengen dapat informasinya langsung. 


Untuk kalian yang memang sedang melakukan ikhtiar mendapatkan momongan bisa juga datang lansung ke Malaysia Healthcare Expo 2020 yang sedang berlangsung di Mall Kelapa Gading 3. Acara ini akan berakhir pada hari Minggu 9 February 2020. Tapi jangan khawatir, setelah Jakarta akan mengunjungi Surabaya, Pekanbaru dan Makassar. 

Daripada masih bingung atau tidak sempat datang ke Mall Kelapa Gading 3 bisa juga loh cari informasinya melalui www.malaysiahealthcare.org atau bisa langsung menghubungi MHTC: +60327268688 untuk luar Malaysia.

Nah, jadi kapan mau melakukan wisata kesehatan di Malaysia, ini kok jadi mau menjadwalkan untuk check up ke Penang biar sekalian habis itu jalan-jalan deh di Penang. 

66 komentar

  1. Wow, dunia medis Malaysia berkembang pesat ya. Baru tahu kalau mereka juga sering mengadakan event seperti ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, ini bisa dijadikan pilihan untuk melakukan pengobatan juga.

      Hapus
    2. Nah iya, aku pun baru tahu dengan expo seperti ini. Indonesia punya program seperti ini juga gak, ya?

      Hapus
  2. mashaa Allah keren ya inovatif banget, kalo di Indonesia udah ada juga belom ya yang semacam ini?
    bisa jadi motivasi biar lebih dikembangin lagi

    BalasHapus
  3. thankyou ka cici info nya. kebetulan om ku suka bulak balik singapura buat pasang ring jantung. mungkin ini bisa jadi rekomendasi om ku

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, selain Singapura sekarng juga Malaysia jadi pilihan untuk pengobatan ya.

      Hapus
  4. Malaysia keren ya di bidang kesehatannya. Sampai-sampai banyak orang Indonesia yang berobat ke sana. Wah nanti ada tour hingga ke 4 kota besar lainnya ya. Harapan kecil saya semoga nanti Indonesia bisa mengikuti Malysia dalam bidang ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, banyak sekali orang Indonesia yang berobat kesana

      Hapus
  5. Ternyata Malaysia juga oke untuk dijajal wisata kesehatannya ya.. banyak teman yang berobat ke Penang sekaligus program IVF karena memang ternyata lebih murah di banding di dalam negeri. Ikhtiar harus maksimal yaa, sisanya biar Allah yang atur..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak Ola, aku juga pernah program ke Penang soale.

      Hapus
  6. Gak salah ya Mba kalo Malaysia dinobatkan sebagai Best Country in the World for HealthCare.
    Karena memang se-PARIPURNA itu dalam melayani konsumen/pasien dan keluarganya.
    Keren buangett!

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak, jadi kalau ke Malaysia selain jalan-jalan juga bisa cek kesehatan

      Hapus
  7. luar biasa ya MAlaysia membuat acara begini pasti memudahkan masyarakat Indonesia yang mau hunting kesehatan dan yes habis check up bisa jalan ya

    BalasHapus
  8. Keren banget ya mba ada acara ini jadi ga hanya pariwisatanya tapi juga mengenalkan program kesehatannya juga :) kakakku tertarik cuman entah apa yang bikin galau hehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalau dulu orang taunya ke Penang sekarang di Kuala Lumpur juga banyak yang menawarkan

      Hapus
  9. Penuh nuansa merah, meriah sekali.
    Wisata kesehatan, boleh juga ini mbak, berupaya mencari kesembuhan sekalian jalan-jalan

    BalasHapus
  10. Wah bakal ada di Pekanbaru nih acara malaysia healthcare expo 2020. Mudah-mudahan bisa ikutan nanti di sini.

    BalasHapus
  11. Wow, ada wisata kesehatan Malaysia juga toh negeri tentangga kita ini, keren. Pantesan aku sering mendengar banyak orang di Indonesia yang berobat ke Malaysia termasuk teman satu kosku. Bisa jadi karena promosinya mereka yang jor-joran ditunjang fasilitas dan pelayanan mereka yang bagus juga kali ya.

    BalasHapus
  12. Aku baru tahu mbak kalo ada yang namanya wisata kesehatan. Kayaknya asik juga programnya, aku jadi penasaran pengen coba. Semoga aja aku bisa cobainšŸ¤­

    BalasHapus
  13. Produk layanan kesehatan yang dikemas dalam istilah "wisata", memberikan kesan lebih "rileks" bagi calon pasien untuk berobat. Beberapa waktu lalu dapat broadcast mengenai program IVT yang full di danai oleh RS di MAlaysia yang bergabung dalam program IVT gratis tersebut.

    BalasHapus
  14. Keren banget ini mah!
    Wisata kesehatan, di mana biasanya orang-orang ogah banget tahu hal-hal tentang kesehatan kecuali sedang sakit.

    Dengan program wisata kesehatan ini, orang jadi lebih ngeh, bahwa mengetahui hal-hal tentang RS itu penting, jangan sampai sakit dulu baru repot :)

    BalasHapus
  15. Wow pelayanan maksimal ini ya mba. Bahkan sudah dilakukan sejak awal kedatangan di bandara. Mantap

    BalasHapus
  16. Keren ya, Malaysia bisa menawarkan wisata kesehatan seperti ini, secara ... orang-orang kita pada suka berobat ke sana. Mestinya Indonesia mengambil pelajaran dari hal ini, yah.

    BalasHapus
  17. Wisata kesehatan ini inovasi bagus untuj dunia medis Indonesia yang bisa dibilang stagnan. Bisa ditiru metode mereka nih. Khususnya untuk meningkatkan pelayanan tim medis kepada masyarakat menengah ke bawah di Indonesia

    BalasHapus
  18. Malaysia memang selalu berbenah ya mba.. gak heran wisata kesehatan mereka semakin berkembang.

    Saya teringat di medan saat masih kuliah 14 tahun lalu, saya pernah juga terlibat dalam event exhibition kesehatan Malaysia. Keren banget emang..

    BalasHapus
  19. penang udah lama terkenal jadi tempat berobat.. Waktu aku jalan2 ke Penang emang bener sih ada beberapa rumah sakit besar gitu dan aku yakin pasti pengobatan di RS tersebut bagus.. Lumayan rame aku liatnya hehe...

    BalasHapus
  20. Ikut seneng dengan adanya malaysia healthcare expo ini, Risa jadi ajang bertemu perwakilan rs di malaysia dengan masyarakat indonesia yang butuh informasi tentang layanan kesehatan di malaysia ya.. apalagi ternyata banyak banget fasilitas lain yang ditawarkan

    BalasHapus
  21. Smoga dengan adanya pameran ini, makin banyak pelayanan kesehatan yangd iterima ya mba. Karna emang totalitas banget ini pengawalan pelayanan kesehatan yang diberikan

    BalasHapus
  22. Keren ya Malaysia, punya banyak program wisata kesehatan. Rumah sakit di sana bagus-bagus sih ya. Lengkap fasilitasnya dan juga tenaga kesehatannya. Pantas saja deh banyak orang kita yang berobat ke Malaysia.

    BalasHapus
  23. Waah Malaysia ngga hanya terkenal dengan wisatanya yang beragam tapi juga pengobatannya yang mumpuni yah. Bisa jadi altrnatialt berobat bagi yang memnutuhkan.

    BalasHapus
  24. Keren banget sampai dinobatkan sebagai "Best Country in The World for Healthcare". Sakit memang bisa berasa membosankan dan capek. Padahal dari pikiran juga bisa jadi penyakit semakin sembuh atau bertambah parah. Begitupun dengan yang jaga. Harus tetap menjaga kesehatan badan dan pikiran. Jadi memang keren sih ini konsepnya

    BalasHapus
  25. jadi dalam Malaysia Healthcare Expo 2020 bekerjasama dengan 6 operator pariwisata dari Negeri Selangor yaitu, KPJ Damansara, Sunway Medical Center, Alpha IVF Kota Damansara, Top Vision Shah Alam, Ramsay Sime Darby Group dan Dorsett Grand Hotel Subang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wisata kesehatan seperti ini menarik traveler yang ingin berobat tapi juga bisa sekalian wisata jadinya so happy deh

      Hapus
  26. Wah sampai tanggal 9 Februari aja ya expo nya. Penasaran sih ingin tahu juga gimana detailnya fasilitas kesehatan dan pemeriksaan di sana. Aku tertarik juga sama pemeriksaan fertilitas, buat jadi second opinion. Atau kalau ada something yang beda sama di Indo, pasti bisa lebih banyak lagi informasinya.

    BalasHapus
  27. Indonesia kyknya penyumbang terbesar utk wisatawan kesehatan ke Malaysia. Sebenarnya agak "sedih" tapi emang harus diakui Malaysia bekerja keras utk fasilitas dan layanan kesehatannya sejak bertahun2 lalu dan emang dunia bahkan udah mengakui. Ya namanya juga usaha ya cari pengobatan yang bagus.

    BalasHapus
  28. Wah, keren banget ya malaysia, jadi best country for healthcare...
    Asyik kali ya nyobain medical check up di sana...

    BalasHapus
  29. Keren ya exponya. Nambah pengetahuan jadinya kalo di Malaysia ternyata banyak yang bikin wisata kesehatan. Pantas saja sih ada wisata yang seperti itu. Rumah sakit di Maaysia bagus-bagus. Fasilitasnya lengkap, tenaga medisnya juga mumpuni. Top!

    BalasHapus
  30. asyik ya kalo berobat di malaysia bisa sekalian halan2 juga.
    btw aku salfok sama outfitmu di foto terakhir, kece!

    BalasHapus
  31. Enak tuh kalau berobat kita yang menentukan kapan ketemu dokternya. Kan gak lucu pas udah jauh2 datang ke Malaysia, eh malah gak ketemu. Tapi bisa sih agenda diganti buat wisata kesehatan

    BalasHapus
  32. Wah ada Nik Yazmin berkunjung ke INdonesia, tahun kemarin aku hadir dalam peluncuran Malaysia Healthcare of Travel Council. Seneng lihat fasilitas perawatan yang tidak membedakan pasien dari luar. Dokternya juga ramah ketika ditanya tentang fasilitas perawatan. Eh ada Dr. Enggang juga ya, nggak minta foto bareng mbak?

    BalasHapus
  33. Malaysia maju ya pengobatannya..kemarin teman juga ditawari ngisi form untuk program bayi tabung di salah satu rumkit di sana..free katanya. Mgkn bagian dari promo mereka

    BalasHapus
  34. Wisata kesehatan sekarang jadi trend baru bagi masyarakat kita ya, Mbak. Untungnya doble, bisa memeriksa kesehatan sekaligus bisa menikmati tempat wisata juga

    BalasHapus
  35. layanan media/kesehatan yang dikemas secara menarik "wisata kesehatan" jadinya kesannya lebih santuy dan menarik. Yg promo program IVT juga sangat menarik.

    BalasHapus
  36. Kayaknya aku mesti saranin temen aku buat kesini deh mba. Dia udah lamaaa banget pengen momongan. Ya, namanya ikhtiar kudu coba semuanya kan ya. Thanks berat loh infonya

    BalasHapus
  37. Jadi tertarik nih pengen program juga ke sana Mbak. Apalagi Malaysia serius menggarap bidang kesehatan ini sebagai salah satu daya tarik unggulan. Dan terbukti Malaysia memang nomor satu di dunia untuk pelayanan kesehatan.

    BalasHapus
  38. Sekarang Malaysia gencar ya menawarkan program kesehatan dan pengobatan. Dan mereka juga risetnya keren banget

    BalasHapus
  39. Rumah sakit di Malaysia bagus ya mbak. Temenku juga kalau berobat ke Penang

    BalasHapus
  40. Nwgwri Jiran kita ini makin berkembang saja ya, bahkan wisata kesehatannya pun makin banyak dimanfaatkan oleh kita kita ini. Menyenangkan hati sekali kalau dari bandara saja sudah ditangani secara langsung untuk menuju ke fasilitas kesehatan yang dituju.

    BalasHapus
  41. Aku pernah berobat ke penang, memang menyenangkan sekali, dokternya ramah, pasiennya senang ngobrop sama kita, cuma perawat indianya saja yang agak kasar...untuk dokternya, sebenarnya sama sih cara mendiagnosa penyakit kita..

    BalasHapus
  42. Pelayanan kesehatan Malaysia semakin berkembang ya selain Singapore, kebetulan boss suamiku juga berobat ke
    malaysia, biasanya beliau berobat ke singapore. Katanya sih ngga kalah canggih sistem pengobatannya

    BalasHapus
  43. Kalau jalan-jalan sambil check kesehatan, jadi tenang hati yaa..
    Gak kepikiran macem-macem.
    Semoga dimudahkan dilancarkan yaa, kak...untuk program IVF-nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bandung gak termasuk kota di selenggarakannya pameran euui...

      Hapus
  44. Malaysia memang dikenal jadi salah rujukan favorit buat berobat masyarakat indonesia ya...
    Mungkin karena memang kualitas dan prlayanannya yg ok

    BalasHapus
  45. Aku pernah ikutan seminar Malaysia Healthcare dan jujur aku cukup tertarik dengan pendekatan yang mereka gaungkan. Dengan harga affordable dan dekat pula dari Medan..

    BalasHapus
  46. Aku tau nya berobat di Malaysia yaitu ke Penang. Bahkan temenku ada yang ambil promil disana, alhamdulillah berhasil.

    BalasHapus
  47. Wahhh, pantes ya mba kalau Malaysia ini sering banget jadi tujuan utama untuk pengobatan medis. Secara, dari segi teknologi dan pelayanannya udah selangkah lebih maju dari Indonesia. Keren

    BalasHapus
  48. Kalau bentuknya wisata kesehatan siapapun jadi nggak akan takut buat memeriksakan kesehatannya ya, malah jadi bersemangat untuk tahu agar tetap sehat

    BalasHapus
  49. Aku baru tahu lho kak, di Malaysia juga diadakan event kesehatan kayak gini. Apalagi bentuk pelayanan kesehatan nya beragam yah, pantesan banyak orang Indonesia memilih untuk berobat ke Malaysia

    BalasHapus
  50. Expo kesehatan kayak gini berguna banget secara sekarang ini banyak banget yang berobat ke Malaysia. Jadi memudahkan kita untuk memilih tempat berobat yg teoat sebelum berangkat ke Malaysia.

    BalasHapus
  51. Malaysia concern banget sama kesehatannya yah, sering banget deh kayaknya diadain Expo gini. Mudah2an ada rezeki kesana, suka ingin datang langsung kalau ada expo gini tuh.

    BalasHapus
  52. Kemajuan kesehatan di Malaysia ini patut dicontoh ya. Semoga ke depannya dunia kesehatan di Indonesia juga tak kalah unggul ya biar gak hanya Indonesia yang wisata kesehatan di LN, tapi sebaliknya ada juga yang wisata kesehatan ke Indonesia. But boleh juga nih sekali2 wisata kesehatan ke Malaysia, selain dekat fasilitasnya juga lengkap ya apalagi bagi yang berencana menjalankan program kehamilan.

    BalasHapus
  53. Kereen Malaysia, udah terkenal banget dalam hal kemajuan teknologi kesehatan. Teman2 saya di Padang, kalo sakit pada berobatnya ke Penang mbak. Bisa jadi sambil jalan-jalan hehe

    BalasHapus
  54. setahu saya sekarang memang banyak yang memilih berobat ke Malaysia, salah satu teman yang saya kenal anaknya berobat di sana juga. Di acara ini nampak banyak stand kesehatan yang berpartisipasi ya

    BalasHapus
  55. Punya pengalaman kakak saya berobat di malaysia dokter disana emang cepat banget penanganannya. Aku sih kalo keluar negeri selalu doa pengen jalan2 aja selalu diberikan kesehatan. Aamiin

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke personal blog saya, mohon untuk tidak meninggalkan link hidup ya.