Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Pepsodent Siwak


Senyumnya sudah ala Pepsodent belum nih? Ini senyuman penuh rasa bahagia karena saya bersama teman-teman Indonsia Hijab Blogger (IHB) hadir diacara launching produk terbaru dari Pepsodent dengan tema "Senyum Berbagi Berkah". Dengan senyum saja sudah membawa berkah, masya Allah.

Kebersihan itu sebagian dari iman, termasuk dengan kebersihan gigi dan mulut. Karena membersihkan gigi dan mulut menggunakan siwak merupakan sunnah Rasulullah. Hukum menggosok gigi dengan siwak adalah dianjurkan (mustahab), karena Nabi SAW sendiri bersabda tentang siwak:
السِّوَاكُ مَطْهَرَةٌ لِلْفَمِ مَرْضَاةٌ لِلرَّبِّ

Bersiwak membuat mulut bersih dan mendatangkan ridha Allah” (HR. An Nasa-i dan Ahmad, shahih).


Siwak merupakan kayu yang berasal dari pohon siwak, cara menggunakannya menggosok gigi dengan kayu untuk menghilangkan kuning dan kotoran di gigi. Tapi sekarang gak perlu lagi menggosok dengan kayu, karena sudah ada Pepsodent Siwak.

Jadilah #PahlawanSenyum Bersama Pepsodent Siwak
akuchichie

Mengawali tahun baru dengan kebaikan, Pepsodent, brand dari Unilever Indonesia, meluncurkan inovasi terbarunya, Pepsodent Siwak. Bahan ekstrak kayu siwak dalam produk ini mengandung begitu banyak kebaikan untuk kesehatan gigi dan mulut, dan sudah dikenal oleh umat Muslim sejak dahulu kala.

Seperti yang disampaikan oleh Distya Tarworo Endri selaku Senior Brand Manager Pepsodent, PT Unilever Indonesia Tbk. "Sejalan dengan tujuan mulianya, Pepsodent percaya bahwa 'Setiap Senyuman Begitu Berarti'. Oleh karena itu, Pepsodent berkomitmen untuk melindungi tiap senyuman masyarakat Indonesia melalui seluruh rangkaian produk perawatan gigi dan mulutnya serta berbagai program yang bertujuan mengedukasi masyarakat akan pentingnya merawat kesehatan gigi dan mulut mereka."

"Kali ini, Pepsodent mempersembahkan Pepsodent Siwak untuk menjawab kebutuhan konsumen Indonesia yang mayoritasnya adalah muslim terhadap produk berkualitas yang halal serta mengandung bahan bermanfaat untuk merawat kesehatan gigi dan mulut. Dengan kandungan ekstrak siwak yang dilengkapi mint alami, inovasi ini dapat merawat kekuatan gigi sekaligus memberikan kesegaran nafas yang lebih tahan lama."

Dengan diluncurkannya Pepsodent Siwak juga mengajak masyarakat untuk berbagi melalui program donasi yang diselenggarakan bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznaz). Pepsodent Siwak tidak hanya mengedepankan kualitas dan kehalalan produk, namun juga mengusung nilai-nilai kebaikan untuk kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, Pepsodent akan mendonasikan 2,5% dari laba tiap kemasan Pepsodent Siwak yang terjual untuk memperbaiki kesehatan gigi dan mulut anak yatim piatu di berbagai wilayah Indonesia. Artinya, siapapun dapat menjadi "Pahlawan Senyum" dengan membantu membebaskan sebanyak mungkin anak Indonesia dari permasalahan gigi dan mulut.

akuchichie

Keutamaan Bersiwak Yang Dilakukan Oleh Rasulullah SAW
Ustadzah Aini Aryani, Lc. sebagai Ahli Fiqih juga menerangkan, "menjaga kesehatan gigi dan mulut menjadi salah satu yang diutamakan oleh Nabi Muhammad SAW karena menyangkut kesehatan diri sendiri serta adab dalam berhadapan dengan orang lain. Di masa beliau, siwak menjadi bahan yang diandalkan karena beragam kandungannya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan gigi dan mulut."

"Seiring waktu, beberapa hadits yang mengisahkan mengenai pentingnya bersiwak memunculkan ilat dari sebagian ulama bahwa sunnah yang ditekankan adalah membersihkan rongga mulut, menggunakan alat bantu apapun. Inilah indahnya Islam yang tak lekang oleh zama, di era modern seperti sekarang, kandungan siwak yang terkandung di dalam pasta gigi pun dapat memudahkan kita untuk mengikuti teladan Rasulullah SAW dalam merawat kesehatan gigi dan mulut." lanjut Ustadzah Aini Aryani, Lc.

Waktu Yang Dianjurkan Untuk Bersiwak
1. Ketika Membaca Al-Quran

إِنَّ الْعَبْدَ إِذَا تَسَوَّكَ ، ثُمَّ قَامَ يُصَلِّي قَامَ الْمَلَكُ خَلْفَهُ ، فَتَسَمَّعَ لِقِرَاءَتِهِ فَيَدْنُو مِنْهُ أَوْ كَلِمَةً نَحْوَهَا حَتَّى يَضَعَ فَاهُ عَلَى فِيهِ فَمَا يَخْرُجُ مِنْ فِيهِ شَيْءٌ مِنَ الْقُرْآنِ ، إِلاَّ صَارَ فِي جَوْفِ الْمَلَكِ ، فَطَهِّرُوا أَفْوَاهَكُمْ لِلْقُرْآنِ

Sesungguhnya jika seorang hamba bersiwak, kemudian melakukan shalat, maka ada seorang malaikat yang berdiri di belakangnya untuk mendengarkan bacaannya. Malaikat itu akan mendekat kepadanya hingga meletakkan mulutnya pada mulut orang tersebut. Dan tidaklah keluar dari mulut orang tersebut berupa bacaan al-Qur‘an kecuali akan masuk ke dalam perut malaikat, maka bersihkanlah mulut kalian bila hendak membaca al-Qur‘an.” (HR. Al-Bazzar, hasan).

2. Ketika Sebelum atau Sesudah Berwudhu

لَوْلَا أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي لَأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ عِنْدَ كُلِّ وُضُوءٍ

Seandainya tidak memberatkan umatku, sungguh aku akan memerintahkan mereka untuk bersiwak setiap kali berwudhu” (HR. Al-Bukhari).

3. Ketika Hendak Shalat

لَوْلَا أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي أَوْ عَلَى النَّاسِ لَأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ مَعَ كُلِّ صَلَاةٍ

Seandainya tidak memberatkan umatku, sungguh aku akan memerintahkan mereka untuk bersiwak setiap hendak melaksanakan shalat.” (HR. Al-Bukhari).

4. Bangun Shalat Malam

سَأَلْتُ عَائِشَةَ قُلْتُ بِأَىِّ شَىْءٍ كَانَ يَبْدَأُ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- إِذَا دَخَلَ بَيْتَهُ قَالَتْ بِالسِّوَاكِ

Aku bertanya pada Aisyah, “Apa yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lakukan ketika mulai memasuki rumah beliau?” Aisyah menjawab, “Bersiwak” (HR. Muslim).

Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut dengan Pepsodent Siwak
akuchichie

Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc. selaku pakar kesehatan gigi dan mulut menuturkan, "Berbagai penelitian modern membuktikan bahwa siwak adalah bahan alami yang berfunsi menghambat dan mematikan pertumbuhan bakteri serta menguatkan permukaan email gigi sehingga mencegah timbulnya gigi berlubang. Selain itu, siwak juga dapat menjaga kesehatan gusi dan jaringan penyangga gigi, menetralkan pendarahan dan peradangan gusi, dan menstumulasi peningkatan produksi air liur yang berfungsi menetralkan kondisi asam di dalam mulut. Dengan begitu banyaknya manfaat, penggunaan siwak kini sudah mendunia. Bahkan sejak 1984, World Health Organization merekomendasikan siwak sebagai bahan yang efektif untuk merawat kesehatan gigi dan mulut."

Buat yang belum tau seperti apa siwak itu, bisa lihat foto saya diatas. Kayu kecil-kecil yang diikat itu merupakan siwak, yang pada jaman dahulu dipakai oleh Rasulullah SAW untuk membersihkan gigi dan mulut. 

Menjaga kesehatan gigi dan mulut harus ditanamkan sejak dini terhadap anak-anak, agar gigi mereka tetap sehat dan kuat. Tak hanya anak-anak saja yang harus rajin dan benar sikat giginya, orang dewasa pun sama. Jangan sampai sariawan, gusi bengkak, bau mulut atau gigi berlubang karena ini merupakan beberapa contoh kesehatan gigi dan mulut yang buruk. 

Kalau saya di rumah membiasakan menggosok gigi minimal sehari sebanyak 3x, dimulai dari pagi hari, mandi sore dan sebelum tidur. Dan ini juga saya turunkan terhadap anakku, tapi sayangnya saya agak kecolongan nih. Karena di usia dia yang 6 tahun gigi bagian depannya gripis akibat susu dan makanan manis. Berharap sekali nanti jika gigi susu sudah tanggal harus ekstra banget nungguin dia sikat gigi. 

Membuat Jurnal Bersama Hanif


Diacara Senyum Berbagi Berkah kemarin, saya bersama Hanif salah satu anak dari panti asuhan membuat jurnal loh. Jadi acara kali ini kami juga dilibatkan bekerjasama dengan para adik-adik yang menggemaskan ini. Kami masing-masing diminta untuk membuat jurnal yang nantinya akan ditukar, jadi jurnal yang saya buat untuk Hanif fan begitu sebaliknya.

Kemarin sambil acara saya ngobrol bersama Hanif dan bertanya padanya "enak tinggal dimana? panti asuhan atau rumha?" Dengan tersenyum dia bilang "enakan di rumah", saat ngobrol dengannya saya banyak terharu bahkan rasanya air mata ini ingin menetes. 

Back to journal, dibagian depannya saya menuliskan pesan untuk Hanif. Pesan ini pun saya sampaikan saat ngobrol bersama Hanif, kalau ngobrol gini tuh ingat anak di rumah. Karena kebetulan Hanif hanya beda 1 tahun lebih tua dari anakku. 

Teman-teman semua, jangan lupa yang beli Pepsodent Siwak agar kalian juga bisa menjadi #PahlawanSenyum untuk adik-adik seperti Hanif, insya Allah akan ada ganjaran baik untuk kalian semua. 

indonesia hijab blogger

akuchichie

Terima kasih Indonesia Hijab Blogger sudah mengundang saya menjadi salah satu bagian dari #PahlawanSenyum

49 komentar

  1. Asyik. Alhamdulillah akhirnya pasta gigi keluarga saya sejak kecil ada siwaknya juga. Iya dong jadi gak kalah sama pesaing ya. Konsumen tidak akan berpindah brand kalau ada yg siwak juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul teh, alhamdulillah ini sekarang sudah ada siwak dalam bentuk pasta.

      Hapus
  2. Wah, produk barunya pepsodent ya mbak. Cobain ah, sekalian melengkapi sunnah untuk rajin bersiwak. Makasih atas sharing informasinya mbak chiechie ^^

    BalasHapus
  3. mashaaa Allah acaranya seru dan bermanfaat banget nih jadi nambah pengetahuan juga, semoga someday IHB bisa ngadain event juga di Bandung biar bisa ikutan aku hehe

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah Pepsodent sudah tersedia varian siwaknya sekarang, soalnya biar makin mudah nih mengikuti sunah rasulullah berduaan sebelum solat 😘

    BalasHapus
  5. Seneng banget akhirnya ada Pepsodent Siwak juga, nanti kalo udah nemu di supermarket wajib banget auto beli deh hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, kalau gak baca ini jg gak akan tahu yah. ternyata mengikuti sunnah rasul jd lebih mudah deh.

      Hapus
  6. aku setuju banget deh kalo urusan jaga kesehatan gigi, udah dikasih gigi buat ngunyah sama sang pencipta dijaga dengan rajin sikat gigi menggunakan pasta gigi pepsodent siwak

    BalasHapus
    Balasan
    1. darell pun aku biasain sikat gigi sebelum tidur dan pagi hari saat mandi, sebagai bentuk rasa syukur pada allah swt

      Hapus
  7. Ternyata zaman dulu kala orang uda kenal membersihkan gigi ya dan cara alaminya dgn menggunakan siwak. Aku baru tau lho. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah saya tahunya cm dr arab ajah. kan oleh2 haji biasanya siwak tuh. ternyata udah mendunia toh

      Hapus
  8. Acaranya bagus ya mba, tidak hanya launching produk Pepsodent yg formula siwak ini saja tapi ada santunan kepada anak yatim. Keren deh Pepsodent

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah bisa ikutan acara seru ini ya Kak. Bahagianya.
    Huwaa pepsodent ada rasa siwak packaging lnya jadi cakep banget

    BalasHapus
  10. Kandungan siwak memang bagus ya mba untuk merawat dan menjaga kesehatan gigi kita, aku jadi mau beli lagi pasta gigi ini

    BalasHapus
  11. Wah mantap keren&seru banget eventnya ya hhi apalagi ada sesi membuat jurnal gtu. Andai dibandung jg ada pengen ikutan jg. Btw penasaran jg sama varian baru ini, soalnya emg bagus untuk merawat&menjaga kesehatan gigi ya

    BalasHapus
  12. salah fokus ke Hanif yang imut itu, yaaa Chie,
    rasanya ingin deh memasukkan Hanif jadi anggota keluarga, peluk erat Hanif hanif lainnya

    BalasHapus
  13. Sekarang pepsoden mengeluarkan produk siwak ya, sebagai pengguna setia pepsoden harus beli nih nanti.

    BalasHapus
  14. Sunnah Rasul yg harus terus kita lanjutkan ya Mak.
    Apalagi bentr lagi kita insyaAllah bakal menjumpai bulan suci Ramadhan.
    Siaappp pakai Pepsodent Siwak.

    BalasHapus
  15. Pasti berkesan sekali ini membuat jurnal bersama orang asing. Semoga barokah buat keduanya, ya

    BalasHapus
  16. Akhirnya Pesodent mengeluarkan produk dengan bahan siwak, nih. Alhamdulillah, pasar halal di Indonesia makin luas, produknya makin bervariasi dan terjamin kehalalalnya. Insya Allah mau cobain Pepsodent terbaru ini.

    BalasHapus
  17. Inovasinya keren juga ya pasta gigi ada siwaknya, semoga laris manis biar makin banyak Hanif lain yang dibantu ya, sehat dan selalu diberkahi Allah ya Dek Hanif, hiks

    BalasHapus
  18. Campaign EPepsodentsenyum keren nih. Apalagi kandungannya sesuai teladan Rasulullah. Semoga makin menebar senyum pada banyak anak kurang beruntung lainnya

    BalasHapus
  19. Aku belum pernah nyobain nih produk terbaru Pepsodent Siwak, kayaknya cocok buat keluarga soalnya anak-anak sudah bertambah besar jadi ngak perlu bedain odol lagi. Sejak dahulu penggunaan siwak memang sangat disarankan buat membersihkan gigi, jadi lebih tenang dan nyaman kalau pakai siwak.

    BalasHapus
  20. Woow, produk baru Pepsodent ya. Udah ada kandungan siwaknya, jadi lebih sesuai sunnah yaa.
    Aku juga jadi pengen cobain :D

    BalasHapus
  21. Senyum kita sudah senyum Pepsodent, mengandung sedekah kaka. hehehehe. Udah dicoba belum Pepsodent nya? Enak juga loh...

    BalasHapus
  22. Ingat pasta gigi, selalu aja ingat Pepsodent. soalnya emang mampu bikin gigi bersih jadi senyumnya makin cerah ya. Senang banget IHB buat acara inspiratif seperti sekarang

    BalasHapus
  23. Itu foto pertama pada pake kacamata semua hihihi, aku belum nyobain nih pepsodent siwak, kemasannya bagus ya warnanya. Nanti mau cobain ah

    BalasHapus
  24. Wah seneng deh pepsodent ngeluarin produk yang mengandung siwak, masuk list belanja bulanan nih, sekalian donasi juga ya...

    BalasHapus
  25. ada aroma yang mengganggu ngga mba? karena aku sedikit sensitif sama wewangian di pasta gigi

    BalasHapus
  26. Mba, aku salfok sama tulisan arabnya gimana caranya nulisnya? hehhe keren deh btw pepsodent makin mengibarkan untuk variannya yah. aku masih inget dulu banget pepsodent ada undian sering disurh ortu ke kantor pos kirimin bungkus pepsodent hahaha

    BalasHapus
  27. Kalau anak-anak disuruh siwak, mungkin aneh ya karena enggak biasa. Tapi kalau sudah dalam pasta gigi kaya gini, bisa sekalian. Gigi bersih, bisa siwakan juga

    BalasHapus
  28. Wah pepsodent ngeluarin varian baru ya
    Kayaknya menarik, layak dicoba
    Aku belum lihat nih supermarket terdekat
    UDah masuk pasar umum belum ya?

    BalasHapus
  29. Wahhh...pasti gigi sejak zaman dulu kala, skrg udah ada yg siwak? Wahhh...wajib coba banget nih! Biasanya paling kusuka pakai yg herbal

    BalasHapus
  30. Wah senangnya brand pasta gigi kesayangan sekarang mengeluarkan produk siwak. Sekarang gak ragu lagi, nanti beli pasta gigi Pepsodent Siwak demi kesehatan gigi keluarga

    BalasHapus
  31. Pepsodent ini produk yang ever lasting ya, apalagi sekarang banyak varian produknya. Acara gosok gigi dengan siwak jadi makin mantap deh berkat Pepsodent :)

    BalasHapus
  32. Belum pernah coba sih mba pepsodent Varian ini Ada siwak dn mintanya jd mau coba biar mulut lbih fresh ya

    BalasHapus
  33. Pepsodent inovasinua makin oke aja ya. Aku udah langganan tiap variannya. Dan mau coba yg ini juga ahh

    BalasHapus
  34. Alhamdulillah di rumah kami juga pakai Pepsodent Siwak. Tidak perlu pakai siwaknya langsung karena ternyata sudah ada yang versi odolnya.

    BalasHapus
  35. Aku langsung pengen beli Pepsodent terbaru ini mom yang siwak kayaknya lebih enak ya ini bisa buat jaga wangi mulut kita

    BalasHapus
  36. Baca artikel ini aku malah baru tau mbak kalau pepsodent keluarin varian baru pepsodent siwak. Kayaknya harus coba nih.

    BalasHapus
  37. Pepsodent punya varian baru dan halal lagi, wajib dicoba nih

    BalasHapus
  38. Jadi inget dulu sempat ada pasta gigi merknya SIWAK. Perlu nih dicoba yang produk Pepsodent krn sudah biasa dirumah pake pepsodent.

    BalasHapus
  39. Saya sudah nyobain varian baru dari PEPSODENT ini. Dan memang kerasa enak dipakai
    Btw, di Indonesia ada pohon siwak juga ngga ya

    BalasHapus
  40. Perlu dicoba nihhh.. Btw jadi ingat sebentar lagi mau bulan puasa hihi

    BalasHapus
  41. Pasta gigi apapun merk-nya, aku udah terlanjur nyebutnya Pepsodent. Udah nempel banget valuenya di otak aku. Sekarang malah ada yang siwak ya, cucok banget ganti varian ini pas mendekati Ramadhan.

    BalasHapus
  42. Kesehatan gigi memang gak bisa dianggap sepele. Kalau udah sakit rasanya bukan main. Biaya dokternya juga jarang yang murah. Mendingan dirawat dengan pasta gigi yang udah dipercaya. Pepsodent udha pasti leged sih ini. Senangnya sekarang juga udah ada yang mengandung siwak

    BalasHapus
  43. Siwak ternyata sudah ditetapkan oleh WHO dengan banyak kandungannya ya.....Masyaallah. Btw kita daftar jadi Pahlawan Senyum yuk Ka...

    BalasHapus
  44. Sejujurnya, kalau pakai siwak langsung agak aneh rasanya di aku 😅😅😅. Untunglah ada pepaodent Siwak yang juga punya manfaat yang sama dengan Siwak aslinya yaa

    BalasHapus
  45. Ya ampun seru banget acaranya, mana ada kreasi bikin jurnal pula. Aku belum coba Pepsodent Siwak nih mba. Wajib ganti odol nih soalnya Siwak banyak kandungan baiknya ya.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke personal blog saya, mohon untuk tidak meninggalkan link hidup ya.