Berburu Foto Mural di Penang Street Art

Wisata Mural di Penang

Untuk sebagian orang yang sudah pernah berkunjung ke Penang pasti sudah tidak asing lagi dengan foto saya diataskan? Soalnya kalau ke Penang sudah pasti selain kulineran terus cari spot foto. Kalau beruntung akan mendapati spot foto dengan latar belakang mural ini dengan keadaan sepi. Tapi ada dibeberapa titik yang selalu ramai dan bahkan harus antri untuk foto. 

Sebenarnya banyak kok tempat wisata yang bisa dikunjungi jika ke Penang, seperti The Habitat Penang Hill. Ini salah satu experience yang tak akan terlupakan untuk saya, karena untuk menuju ke hutan hujan itu gak gampang gaes. Cerita tentang The Habitat Penang Hill sudah saya bahas juga sebelumnya. 


wisata mural di penang

Sepertinya setiap jalan di Penang selalu ada muralnya deh, sepertinya yang diatas itu adalah salah satu gambar yang ada dekat dengan penginapan saya waktu di Penang. Gambar ini letaknya diseberang Rope Walk Guest House. Walaupun gak banyak tempat mural yang bisa kami datangi tapi setidaknya kami senang sekali waktu itu seharian memang hunting foto termasuk mural di Penang ini. 

Saya menyebutnya "wisata mural" iya karena memang waktu itu kita hunting foto bangunan di Penanda dan mural yang super kece ini. Satu hal yang membuat saya senang pergi dengan teman-teman fotografi adalah bisa bergantian motret. 

liburan ke penang

tempat wisata di penang

tempat wisata di penang

tempat wisata di penang

tempat wisata di penang

Sebenarnya tempat mural ini letaknya dekat-dekat kalau menurut saya, jadi kemarin waktu hunting mural kita lebih banyak jalan kaki. Hitung-hitung olah raga, biar kurus kayak Laudya Cynthia Bella. Beberapa foto mural yang saya jepret ini fotonya harus ngantri karena memang kebetulan banyak wisatawan asing yang sedang berlibur.

Tapi beneran deh, rasanya ini kalau virus corona sudah hilang dari muka bumi pengen langsung pesan tiket untuk ke Penang. Pengen hunting foto lagi kayak gini, apalagi kalau ada yang motoinkan tambah cihuy lagi deh pasti. 

hunting foto mural

Sebenarnya yang membuat saya terkesima tidak hanya gambar mural yang dilukis pada dinding, tapi ada juga dari besi-besi yang dibentuk sesuai dengan karakter seperti diatas. Saya menemukan yang seperti ini dibeberapa titik. Yang paling senang tuh disini temboknya walaupun digambarin gak ada coretan lainnya yang merusak estetika. 

mural di penang

mural di penang

foto mural di penang

mural di penang

mural di penang

Sepanjang waktu saya di Penang, sepertinya memang mural ini selalu ada disetiap jalan, pokoknya kemarin itu disetiap belokan atau pengkolan kalau ramai bikin kita jadi penasaran pengen lihat. Ternyata benar saja, pasti ada orang sedang foto disalah satu mural dan bikin antri fotonya.

mural di penang

mural di penang

mural di penang

mural di penang



Waktu ke Penang bulan November tahun 2019 itu saya bertujuh dengan teman-teman fotografi, nah pas sudah larut malam beberapa teman saya hunting foto lagi karena penasaran. Kalau saya lebih memilih lambaikan tangan ke kamera alias kaki butuh selonjoran. 

Jadi kalau ke Penang gak cuma menikmati kuliner khas mereka saja, kita juga bisa wisata mural dengan berkeliling jalan kaki. Kebetulan ditempat saya menginap disediakan peta memang khusus wisatawan yang menginap disana. Jadi kalau lihat di peta semuanya itu bisa dilakukan dengan berjalan kaki. 

Kalau kalian liburan lebih suka menikmati apa? Yuk share di kolom komentar biar jadi referensi juga untuk saya dan teman-teman yang membaca tulisan ini. 

13 komentar

  1. Bagus-bagus ya mba muralnya, jadi mupeng pengin ke Penang juga. Sementara ini baru bisanya foto-foto di kota Solo aja, kece juga loh mba muralnya. Tapi harus sore hingga malam hari, nungguin rolling door pertokoan ditutup baru kelihatan muralnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah aku pengen banget ke Solo lagi untuk explore, sayang ini lagi gak kondusif keadaannya. Semoga cepat berlalu wabahnya dan bisa kembali normal.

      Hapus
  2. Buat orang yang miskin jiwa travelling nya pertanyaan sederhana di akhir itu sulit dijawab. Mau jawab "sukanya pantai" Kan mainstream banget.

    Btw berarti kemarin pas kesana pas sepi ya Mba? Jarang-jarang tempat wisata sepi ya, pas momen apa itu Mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru dibeberapa titik ini ramai, dan memang disana itu orang tertib gantian motonya.

      Hapus
  3. wah muralnya bagus mbak. aku juga seneng liat2 foto-foto mural gini. kota jadi lebih cantik ketimbang corat coret gak jelas hehe

    BalasHapus
  4. Gambar muralnya bagus-bagus banger, dan ini bebas nggak pakai biaya buat lihat-lihat dan foto-foto

    BalasHapus
  5. Kalau di definisiin foto mural teh apa sih Mba? Pas pertama aku lihat judulnya, aku bingung foto mural itu apa? Hahaha ��. Aku lihat foto-foto mural di atas, gambar-gambarnya unik ya teh. Apa di Indonesia ada foto mural begitu teh?

    BalasHapus
  6. Kece2 Muralnya, pada kreatif pula yaa, makin asik nih jalan2 bisa explore pepotoan.
    Kalo aku biasanya liburan menikmati pemandangan alam yg ngademin, sunyii.

    BalasHapus
  7. muralnya seperti 3D ya, bagus jadinya kalau pepotoan disitu.

    Saya kalau wisata ya menikmati view wistanya yg ada dilokasi tersebut, kulinernya belakangan.

    BalasHapus
  8. Tempatnya bagus bangeeeeet,,, aku tuh kalo ga ada covid seharusnya lagi liburan ke KL seminggu ini ... tapi apa daya situasinya begini,, untung ticket bisa refund, tapi kalau mau ke Malaysia lagi jadi lebih tertarik ke Penang, banyak banget yang kesana tahun ini, ngeliat mural gini malah fix kalo covid19 hilang mau ke Penang aja

    BalasHapus
  9. Bagus ya Penang street ini pengen deh bisa kesini kalau wabah sudah selesai kayak gini gitu..asik

    BalasHapus
  10. Aku pernah lihat di daerah singapura ada yang mural semua temboknya sepanjang jalan. Tapi lupa nama jalannya. Biasanya banyak jualan juga kafe2 gitu buat ngobrol

    Belum pernah ke penang. Pengeeen

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke personal blog saya, mohon untuk tidak meninggalkan link hidup ya.