Nice to meet you!

Holla... Saya Chichie, penggemar hot latte dan americano. Hobinya nenteng kamera karena setiap jepretan adalah cerita yang indah. Indonesian Lifestyle Blogger and love travelling.
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)

What Read Next

5 Kegiatan Bersama Anak Selama #DiRumahAja


Percobaan Sederhana

Sebenarnya pengen nulis tentang ini tuh waktu awal-awal diberlakukan Social Distancing oleh pemerintah, tapi karena banyak pekerjaan jadi ketunda deh. Baru sekarang ini pengen nulis tentang kegiatan selama di rumah bersama anakku. Jadi dari tanggal 16 Maret 2020 mas Kelvin sudah mulai belajar dari rumah karena keadaan yang tidak memunkinkan dia untuk pergi ke sekolah.

Selain itu juga sudah ada himbauan dari bapak Presiden bahwa anak-anak tetap belajar di rumah dalam pengawasan orangtuanya. Tak hanya itu saja, bahkan Menteri Pendidikan juga sudah menghimbau kepada sekolah-sekolah tentang hal ini. Anaknya sih senang banget begitu tau libur sekolahnya panjang, mengerjakan tugas sekolah gak masalah untuk saya dan mas Kelvin. Karena kebetulan waktu tau bakal belajar di rumah, saya sudah membuat list kegiatan.

Biasanya mas Kelvin belajar di sekolah tapi kali ini belajar di rumah sama bunda dan ayah, ya kebetulan juga pak suami sudah diperintahkan untuk work from home oleh kantornya. Jadi belajarnya bisa ganti-gantian antara sama bunda atau ayah, biar mas Kelvin belajarnya tetap semangat. Jadi selain belajar dari pelajaran sekolah, ada beberapa hal yang kami lakukan di rumah agar si anak tetap belajar dan kreatif yang paling penting sebenarnya biar gak bosan. 

1. Membuat Percobaan Sederhana
percobaan sederhana


Percobaan sederhana ini sebenarnya lumayan juga sering kita lakukan di rumah, jadi berawal waktu ada project keluarga untuk membuat percobaan sederhana sampai sekarang jadi senang banget nyobain beberapa eksperimen sederhana. Kebetulan kemarin dapat tugas dari sekolah untuk membuat eksperimen sederhana, salah satunya ada sawi yang direndam dengan pewarna makanan. 

Anaknya mah kalau dikasih eksperimen modelan gini tuh senang sekali, cenderung tidak sabar malahan. Jadi ini sebenarnya juga melatih kesabaran si anak dan orang tua, pokoknya setiap eksperimen gini tuh dibutuhkan kerjasama antara anak dan orang tua. Ini sih emaknya juga sebenarnya gak sabar pengen lihat pewarna itu akan mewarnai si sawi. 

Untuk melakukan percobaan sederhana ini sebenarnya gampang banget karena semua sudah bisa cari di Youtube, disana banyak banget beberapa percobaan sederhana yang bisa kita lakukan di rumah bersama si kecil. Bahan-bahan percobaannya pun gampang dan bisa ditemukan di rumah. Sama halnya dengan mewarnai sawi putih ini yang paling utama dibutuhkan adalah pewarna makanan. Karena di rumah gak ada pewarna jadi saya pagi-pagi sudah main ke pasar demi beli pewarna makanan. 

2. Main Tebak-tebakan Sambil Belajar
kegiatan di rumah

Salah satu yang kami lakukan selama #dirumahaja juga main tebak-tebak, kebetulan banget saya punya beberapa buku Quiz Spinner ini jadi bisa bermain sambil belajar. Jadi mengajarkan pendidikan agama juga dengan pendekatan yang lebih menarik kalau menurut saya, agar anak juga mudah mengingat. Atau jika memang tidak punya juga bisa menggambarnya di kertas polos yang nantinya bisa dimainkan bersama. 

Saya lebih percaya kalau anak-anak lebih menyukai belajar yang fun makanya biar lagi libur juga mencoba belajar dengan cara lain agar si anak juga mudah mengingatnya. Tapi main dengan menggunakan buku Quiz Spinner ini juga sangat menyenangkan sekali, anaknya juga jadi lebih semangat.

3. Belajar dengan Metode PAUD
belajar paud


Walaupun mas Kelvin masih TK B, tapi belajar di rumah memang sudah wajib banget apalagi mau masuk SD nanti bulan Juli 2020. Selain tugas dari sekolah berupa calistung, mewarnai dan membaca, saya juga mengajarkan Kelvin dari beberapa buku yang pernah saya beli untuk mas Kelvin. Tapi memang buku-buku ini semua membantu sekali, didalamnya tuh sudah lengkap banget deh. Mulai dari menulis, membaca, berhitung dan juga mewarnai loh. 

4. Mewarnai 
mewarnai

Sebenarnya dari semua tugas di rumah yang paling disuka anakku mewarnai dan menggambar. Walau gambarnya masih abstrak tapi emang dia paling senang bermain dengan warna-warna. Tapi untuk selama #dirumahaja lebih banyak mewarnai karena mau melatih kesabarannya mas Kelvin, karena dia anaknya gak sabaran banget. Tapi kalau kata bu gurunya sekarang sudah mau lebih bersabar. Apalagi dengan mewarnai dan menggambar dapat memberikan ruang imajinasi mereka masing-masing. 

5. Permainan Edukasi
permainan edukasi

Nah, paling demen deh kalau pas dapat permainan edukasi. Ini salah satu permainan edukasi yang coba saya dan mas Kelvin kerjakan di minggu pertama #dirumahaja kita belajar bagaimana Melindungi Tubuh. Jadi 1 box ini tuh berisi peralatan permainan tentang "Melindungi Tubuhmu". Ini tuh sebenarnya challenge juga untuk saya mengajarkan mas Kelvin tentang pentingnya menjaga anggota tubuh. Jadi memang memberikan pemahaman banget sama mas Kelvin tentang anggota tubuhnya. Menyiapkan permainan edukasi di rumah sangatlah penting bagi saya. 

Share yuk kegiatan apa saja yang sudah dilakukan selama #dirumahaja ini. siapa tau bisa jadi saling sharing secara sekarang liburnya sudah ditambahkan lagi seminggu sampai tanggal 15 April 2020 ini pun jika keadaan sudah kondusif. Semoga semuanya cepat berlalu dan kembali seperti sedia kala. 

Komentar

  1. Bikin aktivitas supaya anak ga bosan selama di rumah terus ya. Senang pasti kalau dikasih kegiatan yang berbeda setiap hari, jadi anak nunggu-nunggu deh ada kegiatan apa ya besok

    BalasHapus
  2. Huwooo, tipsnya sip markosip bangeettt Kak.
    Makasii makasiii sungguh inspiring banget
    apalagi para mamah muda butuh ide2 semacam ini biar ngga mati gaya ye kaannn

    BalasHapus
  3. Iya, semoga aja pertengahan April sudah menunjukkan trend menurun. Aamiin

    Karena anak-anak saya mulai remaja, kesibukan mereka ada yang main musik trus ada juga yang lagi seneng dandan :D

    BalasHapus
  4. Mas Kelvin pastinya seneng banget punya Mama yang kreatif, menjaga biar ga bosen ngisi kegiatan gi rumah. Asik banget inii..

    Kalo aku, berhubung anak lagi PKL dan diliburkan juga, udah sibuk dengan kegiatan sendiri. Palingan yang kompak urusan makanan, iya bikin cemilan dan masak2an hahaha.

    Ah semoga cepet berlalu ya Chi, biar bisa menghirup udara segaaar.

    BalasHapus
  5. Wah kreatif ini ada banyak kegiayan yang bisa dilakukan bersama anak ya mba. Nanti aku coba ah mba ama keponakan deh Hehheh

    BalasHapus
  6. Di Rmah Aja membangkitkan semangat kerja zama divrmh dengan megiatan yg menyenangkan. Si Mama semakin terkuras otaknya utn mencari ide yg gimana lg ya agar anak semakin bergairah nljr atau beraktivitas pa aja betsama ibunda..

    BalasHapus
  7. Ah rajinnya kakak ini bikin activity sama Si Kecil. Hampir 3 minggu ini aku ribet sama tugas anak-anak. Yang kecil ya worksheet ya praktek sains sederhana. Yang gede lebih banyak lagi tugasnya. belum sempat eksplorasi kegiatan rumahan kayak gini. Have fun ya Mbak.

    BalasHapus
  8. Aku ada rencana mau bikin percobaan tapi belum terlaksana. Mood2 dan banget ini, hahaha. Pokoknya kudu semangat selama di rumah aja

    BalasHapus
  9. Kami bikin project "build a house" from stick ice cream.
    Tapi sampai sekarang, belum ada kemajuan, Huhuu..genteng sama rumahnya masih belum bersatu. Tamannya belum jadi.
    Ternyata ga semudah itu yaah...

    Huuhuu~

    Semoga kaka Kelvin sehat selalu.

    BalasHapus
  10. Untuk mengisi waktu luang anak yang masih kecil, perlu emak yang kreatif ya. Selain mengajak mereka bermain sekaligus mengasah motorik anak.

    BalasHapus
  11. Menarik nih kalau terus didampingi oleh ibunya. Laah saya anak di rumah sayanya masih kerja. Kasihan jadinya.

    BalasHapus
  12. Wah menarik nih, jadi pingin prakrikkin di rumah, supaya enggak ganggu kakaknya yang wfh ya...

    BalasHapus
  13. hampir samalah Mba, apa yang mba tulis ini saya juga terapkan sama anak-anak di rumah. pokoknya memang harus jadi multi tasking, bisa semuanya, jadi ibu guru, guru ngaji bahkan menjadi pasien atau pembeli, kalo mereka bermain, hahaha

    BalasHapus
  14. Anak2 sy udah sekolah sd jd dampingi mereka belajar tugas dr sekolah. Tambahannya mereka bantuin kerjaan rmh nyapu cuci piring nyiram bunga heheh

    BalasHapus
  15. Memang harus kreatif yah, biar anak tidak bosan. Sanakku kelas 5 banyak banget tugas dari sekolahnya, sayang saya ga bisa nemenin full soalnya blm WFH

    BalasHapus
  16. Kreatifff
    Aku dah ga ada tenaga sama sekali mau bikin diy main dll hikz

    Btw aku sampe 2 juni masukkk

    BalasHapus
  17. Wah ntr insyaAllah seangkatan sama Maxy ya? Tapi krn corona gak tau nih soal observasinya gmn. Mendadak bayangin ortu yang mungkin blm sempet nyariin sekolah T.T
    Btw itu buku2 buat belajar bacanya apa aja?

    BalasHapus
  18. Waah full kegiatan ya jadi anak nggak bosan ya. Karena anakku udah pada besar jadi meskipun cowok pas musim di rumah ini diberdayakan membantu emaknya memasak. Jadi mereka juga jadi ikutan belajar memasak

    BalasHapus
  19. Yang percobaan ilmiah boleh banget nih dicoba untuk anakku yang udah kelas 4. Kapan hari kubeliin alat peraga yang dijual di toko buku itu. Sukses membuatnya penasaran dan pengin melakukan percobaan yang lain.

    BalasHapus
  20. Kami belum pernah melakukan percobaan mewarnai sawi putih, ntar mau cobain ah. Tapi sepertinya pagi-pagi juga harus ke pasar dulu nih, beli pewarna makanan

    BalasHapus
  21. Itu buat percobaan mewarnai sawi lucu juga ya, Mba. Jadi kepo mau cari di youtube. Kalau saya sama Abang sih lebih mencari ke tutorial masak simple buat ngisi waktu #dirumahaja. Maklum hobinya makan, umminya demen masak. Jadi klop hahaha.. Kalau sama bocil emang sehari2 di rumah jadi yaa.. main seperti biasa.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke personal blog saya, mohon untuk tidak meninggalkan link hidup ya.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *