Nice to meet you!

Holla... Saya Chichie, penggemar hot latte dan americano. Hobinya nenteng kamera karena setiap jepretan adalah cerita yang indah. Indonesian Lifestyle Blogger and love travelling.
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)

What Read Next

7 Tip Foto Menggunakan Kamera Handphone


7 tip foto menggunakan kamera handphone

Kali ini mau sedikit sharing tentang foto menggunakan kamera handphone, dari kapan tau pengen banget nulis ini tapi belum sempat. Jadi ini sebenarnya berbekal dari beberapa kali jadi pembicara mengenai foto menggunakan kamera handphone. Karena masih banyak banget orang berpendapat kalau fotonya bagus harus menggunakan kamera digital atau kamera mirrorless. Gak semua orang paham dengan settingan kamera handphonenya. 

Padahal motret menggunakan kamera handphone juga sangat mengasyikan, bahkan kalau sudah bisa ngulik beberapa aplikasi penunjang pasti males deh motret menggunakan kamera digital. Untuk beberapa orang yang belum memiliki kamera digital, kamera handphone menjadi alat utama mereka untuk menangkap gambar. Belum lagi saat ini banyak sekali kamera handphone yang megapixelnya besar dengan memberikan keunggulan kamera mereka masing-masing. 

Jadi nih masih banyak juga yang suka orang bilang gini:
"Fotonya cakep banget, pakai kamera apa?"
"Handphonenya pasti mahal nih bisa kayak gini fotonya"
"Emang pakai handphone bisa kayak gitu ya fotonya"

Jadi orang tuh kebanyakan nyoba belum tapi sudah pesimis atau nyoba belum tapi sudah nyinyir duluan, hehehehee... Saya sampai hari ini pun masih terus belajar dan ngulik kamera handphone beserta aplikasi yang saya gunakan. Karena kamera itu hanya kita yang tau bagaimana menggunakannya dengan baik.  Saya akan berbagi 7 Tip Foto Menggunakan Kamera Handphone

1. Lensa Kamera Handphone Harus Bersih
foto menggunakan kamera handphone

Tidak hanya bagian layar handphone saja yang harus dibersihkan, tapi lensa kameranya juga kalau bisa selalu dibersihkan. Menempatkan handphone didalam tas juga harus hati-hati sekali karena kalau tidak bagian badan lensa kamera bisa tergores tipis. Nah coba sekarang saya tanya, seberapa sering kalian membersihkan bagian lensa kamera? Jangan cuma lap-lap menggunakan baju saja loh. Usahakan punya lap khusus untuk kamera handphone, atau menggunakan lap kacamata dan tissue kacamata.

Banyak orang dan ini terjadi saat saya memberikan kelas, foto mereka kurang tajam bahkan kurang bersih. Setelah diperhatikan lagi bagian lensa kameranya kotor sekali, bahkan banyak sidik jari hinggap disana. Kalau saya selalu memiliki ritual membersihkan handphone sebelum tidur, termasuk ke lensa kameranya. 

Jadi sebelum motret alangkah baiknya perhatikan bagian lensa kameranya juga, sama halnya motret dengan kamera digital atau mirrorless. Foto yang bagus itu tergantung dari kita sendiri yang membidik. 

2. Jangan Gunakan Mode "ZOOM" 
Motret dengan kamera handphone

Mungkin banyak orang menggunakan zoom karena menurut mereka tampilan gambarnya terlalu kecil dan ingin menangkap dengan gambar yang lebih close up. Tapi harus diperhatikan bahwa menggunakan kamera handphone dan motret menggunakan zoom bisa menghasilkan gambar yang kurang fokus dan bahkan blur. Ini pun masih sering saya jumpai, dibeberapa teman yang kalau motret produk harus di zoom dari kamera handphone. Padahal mereka bisa mengaturnya dari settingan objek tersebut. 

Kalau mau agar gambar yang diambil lebih close up dari aslinya, bisa menggunakan beberapa aplikasi seperti Adobe Lightroom, Snapseed, VSCO dan masih banyak lagi aplikasi penunjang kamera handphone. 

3. Tidak Menggunakan Flash
Flash pada kamera handphone

Ini yang sering dilupakan oleh pengguna kamera handphone, bahwa menggunaka flash kamera akan lebih bagus fotonya. Padahal belum tentu, bahkan tidak pernah menggunakan flash kamera handphone sama sekali. Motret dengan kamera handphone ini berbeda dengan motret menggunakan kamera digital. Saya pun selalu bilang ke teman-teman dan mereka yang ikutan kelas saya bahwa hindari motret makanan, produk atau apapun dengan menggunakan flash kamera. Silakan dicoba motret makanan atau produk menggunakan cahaya yang cukup dengan menggunakan flash kamera. 

Jadi gimana biar fotonya tetap terang dan tidak menggunakan flash dari kamera handphone? Ya foto dengan cahaya yang cukup, maka selain objek yang diambil juga lebih tajam dan lebih enak juga motretnya. Hindari motret didalam ruangan dengan cahaya yang minim atau malam hari. 

4. Tap Fokus Pada Screen Camera Handphone
Fokuskan sebelum motret dari handphone

Banyak juga nih karena motretnya menggunakan kamera handphone dan main tap saja bagian kameranya. Padahal seharusnya yang dilakukan sebelum motret menggunakan kamera handphone adalah "tap fokus pada pada layar sesuai dengan objek yang sudah ditentukan". Karena dengan menggunakan mode fokus ini kita bisa mengunci objek yang akan di foto. 

Pastikan juga komposisi pada framenya pas dan tidak berlebihan, setelah pengaturan frame sudah oke baru dilanjutkan dengan pengaturan fokus. Pengaturan fokus ini bisa menghasilkan foto yang tajam bahkan bisa membuat area belakangnya juga menjadi bokeh. Seperti contoh foto saya ini, saya tap fokus pada botol kopi dan belakangnya automatis langsung membuat bulatan bokeh. 

Masih banyak juga orang yang motret tanpa mengunci fokus di handphonenya, dan ada cara bagaimana megang handphonenya supaya gak shaking saat kita pencet shutternya. 

5. Rule of Third
Membuat Objek Foto Tetap di tengah

Jika mengikuti rule of thirds untuk membuat komposisi foto lebih menarik, kadang saya selalu membuat objek yang foto berada didalam rule of third tersebut. Untuk foto produk atau makanan saya selalu mengambil foto secara vertical, beda lagi kalau traveling biasanya kebanyakan main di horizontal atau lebih gampangnya disebut dengan landscape. 

Rule of Third adalah petunjuk bagaimana caranya memosisikan objek di sepertiga bagian dalam foto agar lebih enak dilihat. Teknik ini juga termasuk dalam mengkomposisikan objek kedalam satu bingkai, dengan posisi yang tepat mengikuti acuan aturan sepertiga itu. Aturan ini mungkin lebih tepat disebut sebagai panduan, sebab tidak selamanya penempatan objek sepertiga bagian foto itu nikmat untuk dilihat bergantung dari objek dan hasil foto yang dihasilkan oleh kita sendiri. 

Semua kamera handphone memiliki settingan rule of third, silakan cari di pengaturan handphonenya masing-masing ya. 

6. Memotret Lebih Banyak Untuk Satu Objek
Foto menggunakan kamera handphone

Kalau saya setiap motret pasti jepretnya bisa lebih dari 3 foto untuk 1 objek, apalagi kalau motret suatu produk bisa motret 10 kali lebih. Begitu juga dengan kamera handphone, sebaiknya tidak hanya 1 kali motretnya, minimal kita harus punya 3 pilihan foto. Apalagi kalau bisa motret dengan angle yang berbeda, berasa semakin banyak nanti fotonya. Ini pun sering saya lakukan kok motret dari beberapa angle berbeda. 

7. Menggunakan Aplikasi Edit Foto
edit menggunakan adobe lightroom

Dalam dunia fotografi tidak ada yang salah untuk editing menggunakan aplikasi apapun yang kita miliki, tapi jangan sampai juga foto yang kita edit keluar dari jalurnya. Selama ini saya lebih banyak editing untuk main ke tone saja, biar beda dikit gitu. Nah beberapa aplikasi foto yang bisa digunakan untuk handphone seperti Adobe Lightroom, Adobe Photoshop, VSCO, Snapseed, Color Story dan masih banyak aplikasi lainnya yang bisa diunduh di handphone. 

Nah, sekarang tinggal bagaimana kita menggunakan kamera handphone dengan maksimal deh. Sebelum tulisan ini saya akhiri, saya kasih beberapa foto yang menggunakan handphone ya. 



Btw, foto-foto yang saya gunakan untuk tulisan disini, semua menggunakan kamera handphone yang saya miliki. Pastikan kalau motret dengan handphone gunakan kamera utama dan jangan difilter. Filter bisa dilakukan melalui aplikasi, biasanya saya hanya mengubah tone saja. Foto yang bagus itu adalah foto yang kita ambil sendiri menggunakan kamera handphone atau kamera digital dan mirrorless. 

Komentar

  1. Hasil foto kak Cici memang selalu memukau deh, kapan-kapan mau lebih dalam lagi ya diajrin tekniknya pakai smartphone, soalnya aku naksir banget sama foto mie instan yang di instagrammu itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mie Sedaap mengalihkan duniaku, boleh mbak Indri nanti aku bikin tulisannya ya.

      Hapus
  2. Saya yang belum dari tips ini tuh menggunakan third of rule. Nggak usah saya kasih tau alasannya, karena emang alasan utamanya males.. hahahaha... jadi kalau ditanya pasti banyak alasannya. Padahal mah cuma 1. Semoga bisa berusaha pakai tips itu deh. Biar makin cantik foto dari HP

    BalasHapus
    Balasan
    1. rules of third ini sebenarnya lebih ke komposisi mbak, biar pas saat kita foto.

      Hapus
  3. Ahh udah ga diragukan lagi kalo Chichie juaraa motretnya. Jujur aku suka banget sama hasil2 poto2nya apalagi poto makanan, feelnya dapet banget meski pake hp yaa.

    Baiklah makasih tipsnya Chi, ntr kupraktekan lagi ..

    BalasHapus
  4. Iya bener kalau foto menggunakan kamera HP jangan pakai flash dan zoom. Kadang kalau minta tolong sama orang lain khawatir dibilang cerewet atau apa hihihihi soalnya jadi ga fokus kan. Padahal tinggal tap doang layarnya. Suka aku kasih contoh duluan dia yg dipotret baru aku, biasanya gitu wkwkwkwkwk.

    BalasHapus
  5. Wah makasih banyak mba ilmunya. Aduh aku masih lemah nih mba di foto. Rasanya itu aku pengen ikut kelas fotografi tapi yang offline. Aku butuh praktek kayaknya. Soalnya kalau dijelasin berupa tulisan aku ga kebayang huhuhu ��. Aku pengen bisa buat menunjang pekerjaan sebagai blogger ikh. Tapi tadi aku udah kebayang beberapa yang mba jelasin. Ada ya nggak tahu juga ini gimana ya hahaha. Emang lama aku bagian ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba tadi aku udah ikutin tips mba buat bersihin lensa kamera sebelum di foto dan hasil fotonya bersih. Maklum blogger mah harus banyak foto ya buat stock kita. Sekalian aku pengen belajar foto ah klo virus corona selesai. Pengen ikut kelasnya aku 😍. Doain ya mba semoga segera terwujud

      Hapus
  6. kalo tangan yang suka gemeter gitu gimana sih mbak tipsnya? fotoku suka ngeblur nih kalo pas foto tanganku gerak2 sendiri. hikz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tangannya tremor mending pakai tripod, buat handphone juga ada kok. Karena memang kalau foto produk lebih enak pakai tripod

      Hapus
  7. makasi udah bagi tips moto menggunkana kamera handphone, waktu ke Jepang pas rempes ngeluarin kamera eh males sih lebih tepatnya hahaha ada beberapa foto yang langsung pakai kamera handphone, mayan hasilnya, karena ngikutin beberapa tips yang di share di atas

    BalasHapus
  8. Uwoww mantul banget tipsnya Kak, hasil fotonya juga kece badai kalau udah tau tekniknya ya.

    BalasHapus
  9. Semua tips di sini seringkali saya praktekin. Tetapi, yang paling sering saya lupa tuh yang pertama. Sering lalai untuk bersihin lensa kamera hp hihihi

    BalasHapus
  10. Aku gagal fokus sama foto-fotonya. Keren pake banget. Mau nyoba ah tipsnya, biar dapat hasil kece juga :)

    BalasHapus
  11. Kadang suka iri lihat foto cakep akhirnya kepoin deh dengan nanya dan belajar.

    Trik bikin foto cakep pakai handphone merupakan usaha mendapatkan job

    BalasHapus
  12. YEAAAAY dapat ilmu smartphone fotografer dari Mbak Chiechie, hehe. Ternyata sesimple itu yah. Aku baru tahu soal rule of third, btw. Oke siap mempraktikkan hehe.

    BalasHapus
  13. Saya masih belum mraktekkin nih rule of third, masih bingung, hehe...

    BalasHapus
  14. Hwaaa...baru di poin pertama (bersihin kamera hp), saya sudah salah (nggak sering bersihin kamera HP). padahal ini krusial banget yaaa....
    Thanks share-nya mbak chie...
    Oh ya, untuk rule of third itu emang butuh sense of art gitu ga sih?

    BalasHapus
  15. Yang di atas itu semua pernah aku dapatkan juga dari mastah fotografer.
    Juga beberapa tutorial di YouTube.
    Memang kudu sering motret ya, biar semakin biasa dan mahir.

    Beberapa hari lalu juga aku baru tahu istilah depth, saat menonton tutorial dari channel YouTube Pixel Viilage. Coba deh.

    Aku pernah melakukannya, namun tidak tahu istilahnya. Ternyata, depth!

    BalasHapus
  16. Saya suka lupa yang nomer 1 itu, tiap hari kudu dibersihkan kayaknya. Karena hampir seharian hape dipegang terus, hahaa...

    Tips nya kece semua, bisa diaplikasikan untuk tone foto. Meski aslinya aku masih belum paham. Gimana kalo bikin artikel lanjutan khusus tentang tone ini?

    BalasHapus
  17. Aku kalau moto pakai hp juga beberapa kali, gak langsung jadi. Kecuali kalau jalan ya, kaya di kendaraan gitu. Kadang bisa bagus, kadang ya seadanya. Untuk editing, aku masih belajar banget

    BalasHapus
  18. Baca blogpost kak Chie, aku langsung sambil praktek doonk..
    Ternyata banyak yang bisa diulik dari smartphone yang sedang kupakai saat ini.
    Nanti pan-kapan mau aku pamerin ke kak Chie aah...hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dapet ilmunya begini, auto-jeprat jepret deeh jadinya.
      Dan sering nyesel kalau cuma ambil foto sekali. Padahal kalau berkali-kali kan bisa milih mana yang paling cakep yaa...

      Hapus
  19. Aaakk, seruuu banget nih tipsnya
    Makasii makasiiii
    Aku juga paling demen poto pake HP karena simpel, ga berat/ribet kan yaa

    BalasHapus
  20. Wah iya, saya suka lupa membersihkan layar HP. Padahal itu sudah keharusan ya.

    BalasHapus
  21. Makacih buanyak ibu potograper atas tipsnya :D
    Aku akhir2 ini suka manfaatin hapeku juga soalnya kameraku lg error sementara blm bisa bawa ke servisnya krn pandemi heuheu. Di rumah aja belajar motret jg seru yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh sama mbak aku juga bersihin kamera hape pakai pembersih kacamata dan sapu tangan/ tissuenya itu. Eh kalau disemprot cairan spray-nya itu gpp kan ya?

      Hapus
  22. Tip nomor satu kayaknya boleh lah dicobain aktivitas sebelum tidur daripada stalking medsos lebih baik ngebersihin handphone bener kan Mbak

    BalasHapus
  23. Selama ini aku cukup puas dengan aplikasi foto Snapseed yang memang membuat foto-foto yang saya edit jadi lebih artistik.

    BalasHapus
  24. Hiks, aku tuh tetap aja kalo foto ga bisa bagus. Kurang sense of artnya kayaknya sih. Di mataku kleiatan bagus, tapi mas dijepret kamera kok malah jelek. gmn ya

    BalasHapus
  25. Ohh ini toh rahasianya...
    Pantesan fotonya cakep cakep. Thx for sharinh mbak

    BalasHapus
  26. yap untuk 1 obyek sampai saya foto puluhan kali. setelah itu pusing milih mana yg terkece. wkwk

    BalasHapus
  27. Wah iya, selama punya handphone saya belum pernah membersihkan bagian lensa kameranya hihihi. Pantas hasilnya suka agak buram. Mulai sekarang harus diperhatikan kebersihan kameranya, deh!

    BalasHapus
  28. Tipsnya bagus banget saya sampe skrang bner2 belum bsa motret secara bagus nih keren deh pokoknya mba chichie mah

    BalasHapus
  29. Noted mba tipsnya, kebetulan saya cuma hp untuk memotret hehe. Saya paling suka aplikasi snapseed terlope deh

    BalasHapus
  30. Aku mesti banyak belajar dari tips ini. Memang foto-fotonya Mbak Chichie selalu juwara. Ternyata bisa ya cuma bermodal HP saja asal tahu ilmunya

    BalasHapus
  31. Makasih sharing nya mba cantik bermanfaat banget. Tapi menurutku baik pegang hp atau kamera sekalipun tergantung orangnya juga, ada orang yg bisa mengambil gambar dari sudut yang pas, kemudian dibarengi editing dan lainnya.

    Buktinya pakai handphone aja bisa kece begini, membuktikan kalau kita mau kamera handphone juga gak kalah keren. Hehehe.

    Pokoknya untuk mendapatkan foto bagus itu ada triknya ya kak..

    BalasHapus
  32. Aaah envy banget sama hasil fotonya mbak, aku nih yang masih suka ngelap kamera HP dengan lap seadanya..

    Btw mbak, dari sekian banyak aplikasi edit foto di atas, kamu lebih sering pakai aplikasi apa?

    BalasHapus
  33. Akunjadang kalau foto udah kira pas.. eh hasilnya blur.. emang mesti berkali2 dengan objek yang sama yah mba. Kalau rule of third aku belum pernah nih.. belum ngerti juga hehehe

    BalasHapus
  34. Keren banget tipsnya jadi bikin foto makin bagus ya dengan tips di atas. Aku juga senang mencoba fotoo yang lebih cakep.

    BalasHapus
  35. mba foto-fotonya kece2 itu pakai hp kah? mantap mba.. aku coba aplikasiin ah karena belum punya camera juga hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke personal blog saya, mohon untuk tidak meninggalkan link hidup ya.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *