Hallo!

Saya Chichie, penggemar hot latte dan es kopi susu. Lifestyle blogger, food & product photographer. Happy wife and mother from The Hariyanto's Family. Part of UploadKompakan, bulur Kompakers Bekasi.
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)

What Read Next

3 Hari Liburan di Yogyakarta Bersama Keluarga


Liburan di Yogyakarta

Mungkin ini adalah liburan terakhir di tahun 2020 saat pandemi belum separah itu, kami masih ke Yogyakarta pada pertengahan Maret 2020. Kami berangkat ke Yogyakarta itu saat Indonesia belum melakukan PSBB, bahkan Yogyakarta saat itu masih aman belum terdapat pasien Covid-19 seingatku. 

Jadi memang sebenarnya ke Yogyakarta tuh bagi saya dan keluarga semacam sudah menjadi kebiasaan, mungkin ini karena saya berdarah Yogyakarta. Salah satu kota yang membuat saya itu pengen balik terus kesana, bahkan tahun 2018 saya dan pak suami memiliki niat untuk pindah ke Yogyakarta. Selalu merasa ingin pulang ke Yogyakarta pokoknya.

Bedanya kali ini kita hanya sebentar ke Yogyakarta, cuma tiga hari doang itu saja mas Kelvin izin gak masuk sekolah pas hari Jumat. Sementara ayah emang lagi off dari pekerjaannya, baru aktif masuk itu tanggal 16 Maret 2020. Jadi kali ini kita emang sengaja pengen quality time saja di hotel, bahkan ini adalah liburan tanpa schedule mau mendatangi tempat wisata. 

Air Asia

Air Asia masih jadi andalan keluargaku nih untuk penerbangan domestik, sebenarnya lebih enak naik bandara Halim Perdanakusuma karena dekat banget dari rumah mamah. Tapi saat itu baik Citilink atau Batik Air yang ke Yogyakarta gak ada yang pas jamnya dengan keinginan kita, hanya si Air Asia inilah yang jamnya cocok. Jadi mau gak mau harus naik dari bandara Soekarno-Hatta deh. 

Harga penerbangan domestik saat itu gak murah dan gak mahal banget tapi untuk ukuran ke Yogyakarta kemarin sih masih masuk akalah harganya. Kenapa milih naik pesawat karena pengen yang cepat sampainya, padahal kepengen naik kereta tapi kadang si bocah suka bosan kalau kelamaan. Pernah waktu itu ke Yogyakarta juga naik kereta dan baru sampai di Bekasi apa ya dia sudah minta turun coba. 

Tapi kemarin waktu mau mendarat kita sempat mengudara selama satu jam, karena landingnya memang antri. Ternyata baru tau kalau pas kemarin itu bandara juga agak diperketat, hanya boleh dua pesawat dulu yang turun agar tidak terjadi penumpukan saat pengambilan bagasi. Nah waktu kita mau balik ke Jakarta, dipintu masuk kita hanya di cek suhu tubuh saja. Untung gak di cek suhu hatinya, hahahahaaa....

Nginepnya di Gallery Prawirotaman
gallery prawirotaman
gallery prawirotaman

Kalau soal penginapan sebenarnya yang pertama kami lihat adalah penginapan di jalan Prawirotaman, palingan kalau gak Adhisthana, Green Host dan Gallery Prawirotaman ini yang menjadi pilihan kami. Kadang kalau liburannya lebih lama kita bisa pindah tempat nginepnya, maksimal cuma dua penginapan sih. Kali ini kita nginep di Gallery Prawirotaman, seingatku waktu itu harga kamar untuk dua malam sekitar 1,5 jutaan deh tapi sudah termasuk dengan sarapan ya. 

Karena ini bukan kali pertama saya nginep di Gallery Prawirotaman, jadi yang mau tau tentang hotelnya bisa baca ulasan saya tentang Staycarion di Gallery Prawirotaman. Siapa tau nanti sehabis pandemi ini berakhir ada yang mau staycation disana jugakan. Kalau saya dan keluarga sih favorit banget sama hotel ini, selain kamarnya yang lumayan ukurannya, bersih, petugasnya pun ramah-ramah, yang paling penting ada kolam renangnya. Kolam renang anak dan dewasa dipisah kalau disini. 

Sapulu Coffee
sapulu coffee
sapulu coffee

Tujuan pertama waktu di Yogyakarta adalah ke Sapulu Coffee, karena pengen nyari es kopi sih tepatnya. Karena apa? Karena Yogyakarta siang itu sedang panas-panasnya dan emang kita cuma mau ngemil sambil ngemil. Ini kali kedua main ke Sapulu Coffee, sebelumnya kesini barengan sama teman-teman. Btw selain kedai kopi disini juga ada penginapannya loh, namanya The Chendela dan kamarnya tuh kece banget dan yang gemas itu pintu kamarnya sih. 

sapulu coffee
sapulu coffee
sapulu coffee

Karena emang tujuan ke Sapulu cuma mau ngopi sambil ngemil jadi yang kita pesan makanan cemilan kayak risoles dan kentang goreng, sayang banget si kentang goreng gak sempat aku foto. Emang selalu juara deh ini Sapulu Coffee, baik kopi dan makanannya menurutku emang enak. Kentang goreng disini tuh isinya banyak banget loh, karena ini pertama kali saya order kentang goreng jadi agak syok waktu kentangnya dateng. Hahahahaaa... 

Nah yang jadi favorit waktu pak suami pesan es kopi susu dong, selain rasanya emang enak dan yang bikin gemas itu botolnya. Waktu mau pulang dihari pertama saya sempat take away es kopi susunya untuk di hotel, karena kepengen si botol yang lucu itu sih sebenarnya. Tapi waktu posting ke instagram story si botol ini tuh banyak yang naksir.

Waktu main ke Sapulu, enak lagi sepi bahkan pengunjung coffee shopnya hanya kami bertiga. Mas Kelvin selama di Sapulu dikasih kertas mewarnai beserta crayon jadi sambil nunggu kentang gorengnya datang dia ngewarnain dan anaknya senang banget. 

Makan Siang ke Tujuan Cafe
tujuan cafe yogyakarta
tujuan cafe yogyakarta

Kebetulan sepupu pak suami yang tinggal di Yogyakarta juga ikutan nginep di gallery Prawirotaman jadi waktu itu kita mencoba makan siang ke Tujuan Cafe. Karena ku tau makanan disini itu enak-enak, apalagi sphagettinya bikin mas Kelvin nagih. Mikirnya waktu itu bakalan sepi si Tujuan karena kita datangnya lewat dari jam makan siang sih, tapi ternyata ramai. 

menu makan siang di tujuan cafe
spaghetti di tujuan cafe

Karena emang kesini tujuannya untuk makan siang, jadi waktu itu saya dan pak suami pesan nasi rames biar berasa kayak di rumah gitu deh. Kalau mas Kelvin sudah pasti kita pesanin spaghetti bolognaise, ini salah satu rekomendasi makanan western terenak disini menurutku ya. Sausnya super enak dan ngeju bangetlah ini, cocoklah sama si mas Kelvin rasanya. 

brownies cokelat dengan ice cream
hot latte

Kalau pergi sama si bocah tuh gak boleh banget gak pesan cemilan, nah kita pesan brownies cokelat yang pakai es krim dong. Udahlah ini tuh salah satu cemilan yang kudu banget dicoba disini, anak-anak pasti doyan. Kalau saya sih dimana makannya harus pesan kopi, padahal sebelumnya saya sudah minum es teh tawar (minuman wajib kalau makan) terus karena disini ada Saparila jadi latah pengen juga. 

Untuk yang demen OOTD kalau kesini pasti suka deh, karena ada satu spot foto di outdoor yang cakep banget. Waktu kesini pengen juga foto disitu padahal tapi ramai dengan ABG jadilah aku yang sudah lewat masa ABGnya rada males. 

Tempo Gelato
Tempo Gelato Prawitoman
Tempo Gelato Prawirotaman

Sebenarnya salah satu alasan memilih penginapan di jalan Prawirotaman itu biar kalau ke Tempo Gelato tinggal jalan kaki doang. Gak deng padahal karena dekat disini tuh ada pasar tradisionalnya ada soto enak kalau pagi. Tempo Gelato ini salah satu jajanan yang setiap kali ke Yogyakarta harus banget dimampirin, bahkan ingat banget awal-awal dulu belinya ngantri dong kadang bisa berantem sama yang ngantri. 

Btw ini Tempo Gelato tempatnya baru loh, entah baru berapa bulan tapi cuma seberangan doang sama yang lama. Yang ini lebih besar tempatnya dan yang penting tuh ada tempat parkirnya, kalau dulu tuh gak ada tempat parkirnya. 

Oleh-oleh dari Yogyakarta
sapulu coffee

Baru ini ke Yogyakarta pada minta oleh-olehnya botol kaca dari Sapulu Coffee, jadi sebenarnya berawal posting di instagram story. Saya pun emang sengaja beli beberapa awalnya untuk koleksi pribadi dan mikirnya tuh bisa buat properti foto kalau pas foto di rumah. Nah gak nyangka waktu itu beberapa teman kirim direct message minta bawain botol ini. Tapi kemarin gak mau bawa banyak-banyak macam orang jastip,tapi yang nitip cuma dapat botolnya doang isinya mah sudah saya habiskan. 

Selama di Yogyakarta kemarin saya juga mengandalkan Go Food karena males keluar, jadi waktu disana tuh kita pesan makanan juga. Gak boleh dilewatkan itu Restoran Bu Ageng dan Gudeg bu Marni apa ya, duh kok jadi lupa sih namanya. Ada gudeg enak ternyata di dekat jalan Prawirotaman, efek iseng milih di menu Go Food dan ternyata enak banget loh. 

Doaku sambil nulis ini tuh berharap bahwa pandemi ini cepat berakhir dan kembali seperti sebelumnya. Semoga teman-teman juga dalam keadaan sehat-sehat ya. 

Komentar

  1. Yogyakarta adalah kota yang ingin ku kunjungi minimal sekali setiap tahun, Mbaaa.
    Dan akan menjadi wish list prioritas setelah pandemi ini berakhir.

    Aaaak, langsung skrinsut tempat tempat nongkrongnya.
    Berkali kali ke Yogya belum pernah mampir ke Sapulu Coffe sama Tujuan Cafenyaa.
    Alhamdulillah yaa, masih bisa refreshing sebelum akhirnya PSBB dimana mana ini.

    Sehat sehat Mba dan sekeluarga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, Yogya memang selalu ngangenin ya. Aku pun sepertinya sehabis pandemi ini akan menjadikan Yogya sebagai tujuan utama untuk traveling.

      Hapus
  2. Keren2 banget ini tempatnya. Memang jogja itu ngangenin, ya. Semoga pandemi segera berlalu

    BalasHapus
  3. Wah, harusnya kalau gak ada pandemi ini rencananya akhir Maret aku barengan temen-temen blogger Bandung pada mau main ke Yogyakarta lhooo. Untung aja belum pada pesen tiket dan hotel. Baca postingan ini malah jadi makin kangen pengen ke Yogya huhuhu.

    Semoga semuanya segera berlalu dan kita diberikan kesehatan biar bisa berjalan normal lagi yaaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah asik banget jalan-jalan sama teman blogger, semoga nanti setelah pandemi ini berakhir bisa melaksanakan keinginannya ya mbak

      Hapus
  4. Tempat-tempat asyik dikunjungi selama di Yogya. Noted, siapa tahu suatu saat nanti setelah pandemi bisa ke Yogya. Saya ke Yogya sudah lama banget, tahun 1995.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, bisa menjadi traveling pertama setelah pandemi nih mbak Uniek

      Hapus
  5. AKu udah rencana ke Jogja tahun ini, kepengen makan sate yang 15K di pinggir Jalan Malioboro dan wedangnya hihihihi :) Sama belanja di Hamzah Batik lagi. eeeh batal deh gegara corona. Itu hotel imoianku banget deh belum kesampaian, mayan kan rate per malamnya hehehe. Ga pernah bosan sama Jogya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun kalau ke Yogya selalu tak lupa makan ke angkringan mbak

      Hapus
  6. Jadi mau coba ke Tujuan Cafe. Penasaran sama spagheti yang disukai mas kevin.. hihihi.. anakku pasti juga suka banget deh. Kayaknya jogja bisa jadi alternatif famtrav kami setelah covid

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini spaghettinya ngeju banget deh, enak banget pokoknya.

      Hapus
  7. Ya ampun, Yogyakarta, kota penuh kenangan selalu ingin kembali ke sana. Baca ini aku beneran pengen traveling, hik hiks. Semoga Pandemi ini segera berlalu yaa. Btw, foto2nya kece mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk Makpon habis pandemi berakhir kita main ke Yogya

      Hapus
  8. Sapulu Coffee ini favoritku juga, betah lama kalau di sana :)
    Daerah prawirotaman memang nggak ada lelahnya buat ditelusuri, banyak yang khas dan unik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mak Indjul, duh aku beneran kangen sekarang dengan kehidupan Yogya

      Hapus
  9. Penginapannya apik banget mba, keliatan nyaman sekali udah gitu Instagramable suasananya. Liburan ke Yogya kemarin jadi quality time banget pasti ya..
    Tempat-tempat yang dikunjungi juga asyik banget
    Bisa jadi refrensi nih saat bertandang kembali' ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, ini salah satu dari tiga hotel didaerah Prawitoman yang menurutku kids friendly.

      Hapus
  10. Foto-fotonya bagus banget, pakai kamera ya mba? Mupeng ya pengen jalan-jalan, nginep di hotel, berenang, ahhh.. kapan bisa kayak gitu lagi. Aku jadi pengen masukin jogja ke wishlist jalan-jalan setelah corona selesai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak, foto-foto diatas semuanya menggunakan kamera handphone kok. Malahan kemarin kameranya jarang banget kesentuh dan senang foto dari hp aja.

      Hapus
  11. Duh kapan ya liburan ke yogya ...mupeng banget..semoga ya pandemi ini segera brakhir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah nanti sehabis pandemi berakhir bisa main ke Yogya lagi ya mbak

      Hapus
  12. Semoga pandemi ini segera berakhir ya, pengen banget jalan-jalan ke jogja lagi ... Bookmark dulu rekomendasinya...

    BalasHapus
  13. Waduuhh aku jadi semakin kangen ke Jogja. Rencananya itu pas tgl 10 April 2020, kan tgl merah dan suami bisa libur 3 hari. Eh, ternyata ada pandemi, ya sudah, cancel semuanya.

    Dan aku penasaran sama Tujuan Cafe itu, menunya kok enak-enak banget. Tempatnya juga instagramable deh.

    BalasHapus
  14. Harusnya sebelum puasa kmrn kami ke Yogya krn utk mengunjungi saudara baru balik dr LN dan memutuskan menetap di Yogya plus liburan sebelum akhirnya anak2 masuk sekolah, tapiiii cuma rencana jdnya :( , untungnya kok msh sempet ketemu di Sby pas nikahan adikku. Duh covid ini memporakporandakan segalanya ya sediiihh.
    Apa kabar penginapannya di masa skrng ya mbak? Apa beralih menjual makanan atau tempat isolasi mandiri jg kyk hotel2 skrng yg berjuang utk gk tutup. Kok aku sedih yaaaa T.T

    BalasHapus
  15. Sekarang Jogja tempat wisatanya sepi mbak. Penjual makanan juga banyak yang tutup. Tempo Gelato juga tutup deh kayaknya.

    BalasHapus
  16. Oh my I really miss traveling so much. Enjoy Jakarta is a great place to visit all the time. I love the hotel where you were staying, it looks beautiful

    BalasHapus
    Balasan
    1. I mean *Jogjakarta.. excuse the autotext 😄

      Hapus
  17. Seru ya mba main ke Jogja. Aku pun tak pernah bosan untuk selalu ke sana dan ke sana terus.
    Sempat nyobain Adhistana, kecil hotelnya tapi menyenangkan. Kamarnya unik lho interiornya. Plus ada kolam renang yang cukup lah dipake untuk mondar-mandir si kecil berenang kecipak-kecipik. Galeri Prawirotaman recomended nih sepertinya.

    BalasHapus
  18. Kka Chie..
    Cafenya bikin aku teringat sama cafe ngopinya artis. Itu loo...TTM. Teman Tapi Menikah.
    Pasangan Ayudia bing Slamet sama Ditto.

    Aseli yaa...suasana hotel sama cafenya vintage sekaliii...
    Cintaaa~

    BalasHapus
  19. Mba aku ngakak baca anaknya pengen turun pas naik kereta ke Yogya di Bekasi wkwkwk belum setengahnya perjalanan yah pdhl..btw cakep nih hotelnya duh semoha yah swgera berakhir pandemi ini biar bisa jalan2

    BalasHapus
  20. Ya ampun jogja niatnya sebelum puasa kalo ga ada pandemi pgn ke Jogja pas bulan Maret ,ehh pandemi cpt datang huhu

    BalasHapus
  21. Yogya bikin kangen ya bisa jalan-jalan lagi, semoga pandemi segera berakhir bisa jalan lagi ke mana-mana. Aku juga kangen Yogya.

    BalasHapus
  22. Maret lalu aku baru rencana mau pelisran juga Mak, tapi ke Bandung. Eh.. apa daya udah pandemi duluan. Sedih sih... Tapi yaaaa mau gimana lagi. InsyaAllah next time udah bisa :')

    BalasHapus
  23. Aduh ngebahas Jogja jadi pengen main ke sana lagi
    banyak yang belum aku kunjungi. Suka banget foto-foto chichie tiap ambil angle keren.

    BalasHapus
  24. Kan kan kan jadi kangen tamasya nih.. Semoga Corona lekas berlalu dan main ke Jogjaku ya mba.

    BalasHapus
  25. Aku langsung kangen Jogja pas baca tulisan ini. Ini adalah salah satu kota yang menurutku ngangenin banget. Kalau ke Jogja, pasti langganan banget ke Tempo Gelatto, deh. Hehe. Rekomendasi tempat lainnya langsung aku simpen. :D

    BalasHapus
  26. penasaran sama sapulu dan pengen ke tujuan, tujuan ini sering wara wiri di timeline
    jogya memang selalu ngangenin

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkujung ke Akuchichie Journey, semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat. Mohon kerjasamanya untuk tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *